Kisah Sukses Andrie Wongso dari Bisnis Kata Mutiara

Menjadi seorang motivator handal dan dikenal memang bukan perkara mudah. Untuk mencapai tataran sebagai motivator kenamaan, tentu ada banyak kemampuan plus pengalaman hebat. Yah, begitu pula halnya dengan Andrie Wongso.

Masyarakat Indonesia mengenal Andrie Wongso sebagai seorang yang begitu handal dalam hal memotivasi. Ia adalah motivator ternama yang bayarannya bisa bisa mencapai Rp 50.000.000 setiap kali acara. Setiap orang tentu setuju kalau kehidupan Andriw Wongso yang sekarang ini begitu “nyaman dan enak”.

Harta baginya seolah bukan lagi perkara besar. Toh bayaran sebagai motivator lumayan besar. Belum lagi, bisnisnya yang juga berjalan lancar. Tapi, apakah Anda sudah tahu kalau untuk mencapai tataran tersebut, ia pun juga harus melalui pengalaman panjang yang juga melelahkan?

Kisah sukses Andrie Wongso

Andrie Wongso tidak terlahir dalam keluarga yang bergelimangan harta. Sebaliknya, ia bahkan tidak lulus sekolah dasar karena kemiskinan. Sebetulnya, ia sempat bersekolah. Hanya saja, SD mandarin tempatnya bersekolah terpaksa ditutup lantaran kerusuhan politik tahun 1965.

Karena tidak punya biaya, ia pun tidak bisa pindah ke SD umum. Selepas putus sekolah Andrie kecil melanjutkan hidupnya dengan ikut membantu orang tuanya membuat kue. Kue -kue itu dititipkannya di pasar -pasar.

Tahun 1985, Andrie yang sudah menginjak dewasa mulai ingin berbisnis sendiri. Tapi, bisnis apa yang bisa ia mulai dengan modal yang minim, atau bahkan tanpa modal? Jawabannya, adalah bisnis kata mutiara. Hmm, bisnis yang aneh memang. Tapi, bagi Andrie, bisnis itu tetap layak dicoba.

Ia pun mulai membuat kartu ucapan di atas kertas kecil. Kertas yang biasa digunakan sebagai pembatas buku itu dihiasinya dengan kata -kata mutiara indah hasil karyanya sendiri. Kata -kata mutiara yang dituliskannya dalam kartu ucapan tersebut mulai didistribusikannya di bawah bendera Harvest.

Ia berkeliling Jakarta, menuju ke toko -toko, dan menawarkan kartu -kartu ucapan bikinannya sendiri. Sayang, kartu ucapan berisi kata mutiara itu dianggap hal yang kurang berharga. Toko -toko yang ia datangi menolak untuk menjualnya.

Beruntung, ketika putus asa hampir saja meruntuhkan niat bisnisnya, ada sebuah toko di Pasar Pagi, Mangga Dua yang rela menerima produknya. Produk Andrie dijual dengan harga Rp 100 per lembarnya.

Tak disangka, produk tersebut mendapat sambutan positif dari pasar. Bahkan, kartu ucapan dengan kata mutiaranya itu menjadi trend di kalangan anak muda. Bisnis kartu ucapan alias kata mutiara Harvest pun mulai berkembang semakin pesat.

Kemudian, berbagai toko ternama pun mulai ikut menjual produk kartu ucapan Harvest. Melihat respon pasar yang luar biasa antusias, Andrie mendirikan Harvest Fans Club. Ini adalah wadah untuk para penggemar produk Harvest agar bisa saling berkomunikasi serta bertukar koleksi produk Harvest.

Tahun 1990 hingga tahun 2000, kata mutiara Andrie jadi begitu ternama. Bisnis kartu ucapan Harvest merajai bidang bisnis yang terbilang jarang pesaing ini. Kartu ucapan Harvest bahkan bisa terjual hingga 10 juta lembar dalam semusim. Biasanya, permintaan kartu ucapan akan meningkat ketika musim lebaran, tahun baru, natal, juga valentine.

Belum puas dengan kartu ucapan saja, Harvest melebarkan sayap bisnisnya ke produk buku catatan kecil, buku tulis, stiker, kertas kado dan tas. Kini, ketika bisnis kartu ucapan meredup lantaran tergeser perkembangan gadget dan teknologi yang pesat, tapi Andrie Wongso masih bisa berdiri dengan Harvest- nya.

Baca juga: Kisah Sukses Pengusaha dari Ide Bisnis Unik yang Dianggap Tidak Masuk Akal

Menjadi seorang motivator

Andrie Wongso juga tak hanya piawai dalam bidang bisnis. Kenyataannya, ia justru lebih terkenal sebagai seorang motivator. Ya, Andrie Wongso memang sekarang telah menjadi seorang motivator handal. Dan bisnis motivasi ini pun juga termasuk salah satu langkahnya dalam mengembangkan sayap bisnis.

Ia punya pengalaman yang hebat dan kemampuannya dalam mengelola Harvest pun juga terbukti hebat. Dengan bekal pengalaman hidup dan bisnis Harvest inilah, Andrie Wongso merambah dunia motivator. Awalnya, ia sering mendapat undangan sebagai pembicara untuk memberi motivasi pada publik.

Ia diminta berbagi pengalaman dan kisah hidupnya yang penuh perjuangan. Karena begitu sering diundang untuk memberi motivasi pada publik, akhirnya nama Andrie Wongso semakin dikenal sebagai seorang motivator.

Dari sini, ia pun mulai mantap untuk berkiprah sebagai seorang motivator. Profesi sebagai motivator pun dilakoninya dengan maksimal. Ia bahkan membuat majalah, buku dan compact disk bertemakan motivasi. Publik menyambut sang motivator ini dengan sangat baik.

Buktinya, majalah Luar Biasa yang ia buat mampu tercetak hingga 30.000 eksemplar tiap bulan. Bahkan, ketika ia diundang sebagai seorang motivator, honornya bisa mencapai lebih dari Rp 50.000.000.

Kegemarannya dalam membuat kata mutiara pun juga tetap dilakukan. Ia mempunyai jaringan toko AW Success Shop yang menjual berbagai pernak -pernik menarik berhiaskan kata mutiara. Ada kaos hingga bantal. Bisnis kata mutiara yang begitu menarik bukan?

Tinggalkan Balasan 4

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Bima Saputra

Bima Saputra

kita hidup di dunia tidak butuh banyak hal, tapi yang kita butuhkan adalah motivasi untuk mendapatkan banyak hal

Portal-Ilmu

Portal-Ilmu

setuja dengan Mas Bima.. 🙂

KangFarhan

KangFarhan

Memang terkadang kita harus belajar dari beberapa kisah sukses dari beberapa orang untuk melejitkan semangat untuk bangkit dan meraih mimpi…. kadang kita itu sering melihat orang kalau sudah suksesnya tanpa tahu beratnya mendaki kesuksesan ya mas… 🙂

Portal-Ilmu

Portal-Ilmu

semoga kita bisa sukses minimal seperti mereka.. 🙂 amin..