37 Ide Bisnis Modal Kecil Ini Mungkin Pas Buat Kamu

Bingung mencari uang tambahan? Kalau mau, ada banyak peluang usaha yang bisa kamu lakukan loh. Berbagai peluang bisnis tersedia selama kamu mau berpikir kreatif dan bertindak kreatif pula.

Jangan berpikir kalau berbagai ide bisnis yang ada membutuhkan modal yang besar. Kenyataannya, ada banyak ide bisnis modal kecil yang bisa kamu lakukan. Ya, ada begitu banyak deretan ide peluang usaha atau peluang bisnis yang bisa kamu lakukan hanya dengan modal sangat kecil, bahkan bisa bisa juga bisnis tanpa modal.

Tapi, bagi yang belum berpengalaman, kamu mungkin bingung soal apa saja ide bisnis modal kecil yang bisa kamu lakukan. Jangan khawatir. Bagi kamu yang masih bingung mencari – cari peluang bisnis, berikut ini akan disajikan ide bisnis modal kecil yang bisa kamu coba.

 1. Desainer Grafis

Bagi kamu yang punya latar belakang kemampuan desain grafis, kemampuanmu bisa sangat berguna. Meski masih kemampuan dasar yang minim, tapi kamu bisa mengembangkannya lagi. Jadikan kemampuanmu itu sebagai pondasi membuka jasa desain grafis atas nama kamu sendiri.

Kamu cuma butuh kemampuan desain, kreativitas dan motivasi. Bahkan kalau kamu suka menggambar tapi belum punya kemampuan desain grafis, kamu bisa mengambil kursus desain grafis. Biaya kursus desain grafis terbilang murah, tapi hasil yang bisa kamu dapat bisa tak terhingga.

2. Web Design

Sama halnya dengan jasa desain grafis, jasa web desain juga cukup diminati di era teknologi seperti sekarang ini. Kemampuan untuk mendesain web sangat berharga dan memiliki peluang yang bagus. Jadi, kalau kamu memiliki minat dan kemampuan di bidang ini, kembangkan dan jadikan peluang bisnis kamu sendiri.

3. Penjualan dengan Komisi

Melakukan penjualan dengan komisi adalah peluang usaha paling gampang yang seharusnya bisa dilakukan oleh siapa pun. Kamu hanya perlu menemukan orang -orang yang mempunyai barang -barang dagangan untuk dijual. Bantu mereka menjualkan barang -barang tersebut, dan terima komisinya ketika kamu sukses menjualkan.

Kamu tak perlu modal untuk membeli barang tersebut terlebih dahulu. Lakukan kesepakatan agar kamu bisa membawa barang tersebut untuk dijualkan. Baru setelah barang laku, kamu mendapatkan komisi dari penjual, atau kamu bisa mengambil keuntungan kamu sendiri saat menjualnya.

4. Kursus Online

Jika kamu punya suatu keahlian tertentu, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan uang. Ini adalah ide bisnis modal kecil yang gampang dan menyenangkan. Sebab, kamu cuma perlu mengajarkan apa yang kamu senangi dan kamu kuasai kepada orang lain.

Misalnya saja, kamu punya keahlian menjahit, publik speaking, beternak, bertani, bermain sulap, merajut, menulis, bermain alat musik, atau keahlian lainnya. Promosikan keahlianmu itu dan buka kursus secara online. Kursus online akan memungkinkan kamu menjaring lebih banyak orang.

5. Menjual eBooks

Bagi yang gemar menulis dan punya hobi atau keahlian tertentu, kamu bisa menuangkannya dalam bentuk tulisan. Lalu, ubah menjadi e book. E book inilah yang bisa kamu jual via online untuk mendapatkan uang.

Kamu bisa menulis berbagai hal yang kamu senangi, atau melakukan reportase dari hal -hal menarik yang ada di sekitar kamu. Ada banyak ide yang bisa kamu tulis. Semisal panduan wisata di daerah kamu, kerajinan dan budaya di daerah kamu, konsep peternakan yang ada di dekat rumah kamu, atau sekedar kisah -kisah inspiratif yang menarik.

6. Instagram Marketing

Bagi yang gemar bermedia sosial instagram, manfaatkanlah untuk membangun kerajaan bisnismu. Jika kamu bisa mendapatkan follower yang banyak di instagram, maka akan ada banyak perusahaan, brand dan pebisnis lain yang mendekatimu dan rela membayar untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Sangat mudah bukan?

7. Berjualan di Amazon

Setiap orang bisa berjualan di Amazon. Jika kamu punya barang -barang, baik produk buatanmu sendiri atau kawanmu, kamu bisa menjualnya di Amazon. Ada banyak barang yang bisa dijual dengan nilai tinggi di Amazon. Jadi, datanglah ke situs Amazon, pelajari syarat dan ketentuannya dan segera tentukan langkah bisnis untuk berjualan di Amazon.

8. Konsultan Bisnis Lokal

Bagi kamu yang pernah atau sedang bekerja di perusahaan penjualan, maka kamu bisa memanfaatkan pengetahuan atau pengalaman kerjamu untuk menjadi konsultan bisnis lokal. Bahkan, di industri mana pun kamu pernah bekerja, kamu bisa menjadi konsultan di bidang industri tersebut.

Perusahaan -perusahaan kecil atau perusahaan baru sangat butuh bimbingan untuk mengembangkan bisnisnya. Jika kamu pengalaman dalam industri makanan, maka kamu bisa memberikan konsultasi untuk para pebisnis makanan. Bantu mereka menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Akan lebih menguntungkan lagi, kalau berpengalaman sebagai seorang marketing.

9. Bisnis Casing HP

Kamu tentu setuju kalau HP adalah produk yang paling banyak berkembang. Hampir tiap orang kini memiliki HP, seolah HP bukan lagi barang mewah. Karenanya, bisnis seputaran HP pun juga ikut mengalami perkembangan yang pesat, termasuk dalam aksesoris HP.

Salah satu peluang bisnis yang bisa kamu ambil dari bisnis HP ini adalah dengan menjual casing HP. Buat casing HP yang unik dan menarik, lalu jual pada teman -temanmu. Bila ingin pasar yang lebih luas lagi, jual ke situs penjualan seperti Etsy, Amazon Handmade, Fancy. OLX, Jualo dan lainnya.

10. Affiliasi Penjualan atau Marketing

Jika kamu mempunyai banyak relasi dan pkamui dalam hal pemasaran, maka menjadi marketing atau afiliasi penjualan bisa jadi ide bisnis modal kecil yang pas. Kamu bisa menyediakan jasa penjualan atau pemasaran bagi para produsen yang kesulitan menjualkan produknya.

Jasa pemasaran ini bisa kamu lakukan secara langsung, dan bisa juga via online. Tentu saja menyediakan jasa pemasaran via online akan lebih menguntungkan di era digital seperti sekarang.

Apalagi, kalau kamu sudah punya website dengan target pengunjung tertentu yang tinggi. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menjual produk -produk dengan target pasar yang sesuai dengan website kamu. Kamu juga bisa membuka program afiliasi di website dan menunggu para pebisnis lain tertarik untuk beriklan di laman website kamu.

11. Tutor / Guru Bahasa Inggris Jarak Jauh

Mengajar bahasa Inggris adalah ide bisnis menarik yang dapat menghasilkan banyak pendapatan. Jika kamu punya kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, maka manfaatkanlah. Caranya pun cukup sederhana.

Kamu bisa menjadi tutor bahasa Inggris jarak jauh. Ada banyak orang yang ingin belajar bahasa Inggris dengan cara yang fleksibel. Jadi, kamu bisa melakukan pertemuan via online, seperti Skype. Mudah bukan?

12. Pengelola Sosial Media

Banyak orang menghabiskan waktu yang cukup panjang hanya untuk mengotak -atik Facebook, Twitter, Instagram dan aneka aplikasi sosial media lainnya. Jika kamu termasuk aktif dalam sosial media, kenapa tidak memanfaatkannya untuk menambah penghasilan?

Kamu bisa menawarkan jasa untuk melakukan pengelolaan sosial media dan mendapatkan bayaran darinya. Banyak perusahaan, terutama perusahaan baru atau perusahaan retail yang kewalahan mengelola sosial medianya. Kamu bisa mengambil kesempatan ini dan membantu mereka membangun brand melalui sosial media mereka. Menarik bukan?

13. Iklan dari Google

Bagi kamu yang senang blogging atau membangun website, kamu punya kesempatan untuk mendapatkan bayaran dari Google. Goolgle menawarkan bayaran yang lumayan tinggi untuk bisa menampilkan iklan -iklan dari para pengiklan di laman website kamu.

Bahkan, jika kamu menggelutinya dengan serius, hasil yang didapatkan bisa sangat lumayan. Puluhan juta hingga ratusan juta per bulan pun bukan tidak mungkin. Tentunya, website kamu juga harus memenuhi stkamur dari Goolgle.

14. Blogging

Serupa dengan mendapatkan uang dengan menampilkan iklan dari google, masih ada program afiliasi dari pengiklan lain yang bisa kamu manfaatkan. Dengan melakukan kegiatan blogging, kamu bisa mendapatkan tambahan penghasilan yang lumayan.

Kamu bisa mendapatkan bayaran via program afiliasi marketing, sponsor, dan lainnya. Asalkan blog kamu punya pengunjung yang tinggi, maka mendapatkan uang dari kegiatan blogging akan semakin mudah.

15. Konsultan Desain Presentasi

Presentasi adalah hal yang penting bagi dunia bisnis dan dunia akademis. Sayangnya, banyak orang yang tidak mampu mendesain presentasi yang menarik dan tepat sasaran. Jika kamu memiliki kemampuan yang baik dalam membuat slide presentasi, maka kamu bisa memanfaatkannya.

Tawarkan jasa pembuatan presentasi untuk meeting, menarik investasi, atau pengajaran. Jika Kamu benar -benar unggul, penghasilan untuk jasa ini bisa sangat lumayan. Adam Noar dari Presentation Pkamu adalah contoh nyata yang sukses mengembangkan bisnis ini.

16. Konsultan Perjalanan Wisata

Menjadi konsultan perjalanan wisata bisa jadi pilihan ide bisnis yang paling tepat bagi kamu yang senang berwisata. Kamu bisa memberikan rekomendasi -rekomendasi tentang wisata sebagai seorang agen perjalanan wisata pribadi.

Bantu para pewisata untuk mendapatkan perjalanan yang menyenangkan sesuai keinginan mereka. Mulai dari pencarian tiket perjalanan, penginapan, juga tujuan wisata mana saja yang tepat. Akan lebih baik lagi kalau kamu memiliki spesialisasi tujuan wisata tersendiri yang akan membuat kamu lebih spesial.

17. Konsultan Desain Interior

Ide bisnis ini bisa dijalankan bagi kamu yang punya ketertarikan tersendiri dengan bidang desain interior. Ada banyak orang yang membutuhkan rekomendasi untuk membangun dapur, ruang tamu, ruang kerja dan ruangan lain di rumah mau pun di kantornya.

18. Penata Taman / Kebun Rumah

Bagi kamu yang senang berkebun di rumah, kenapa tidak memanfaatkan kesenanganmu untuk membantu orang berkebun, sekaligus mendapatkan tambahan penghasilan? Kamu bisa jadi seorang konsultan taman alias penata taman.

Ada banyak orang yang kesulitan untuk mendesain taman -taman di rumahnya. Jadi, kamu bisa membantu mereka memilihkan tanaman dan menatanya menjadi menarik. Bahkan, kamu juga sekaligus bisa membantu melakukan perawatan taman secara berkala.

19. Housesitter

Banyak orang kaya yang memiliki cukup banyak rumah, tapi sebagian dari rumahnya dibiarkan tidak berpenghuni. Kalau kamu mempunyai banyak kenalan seperti itu, atau kamu bisa membangun bisnis yang terpercaya, maka kamu bisa menjadi seorang houseitter atau penunggu rumah.

Hmm, tentu bukan penunggu rumah seperti hantu ya? Kamu bisa mambantu mereka mengurus rumah -rumah mereka sementara mereka sibuk berpergian atau tinggal di luar kota, bahkan di luar negeri. Tapi tentunya, butuh reputasi yang baik untuk bisa menjalankan bisnis seperti ini.

20. Babysitter

Babysitter tidak hanya mereka yang tinggal dan mengurus bayi di rumah majikan saja. Kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu untuk menjadi seorang babysitter pada beberapa waktu saja atau pada akhir pekan saja. Kamu juga bisa membantu mereka menjaga bayi di rumahmu sendiri dengan membuka tempat penitipan anak.

21. Pengelola Properti atau Makelar

Jika kamu banyak mendapat informasi mengenai rumah, tanah atau properti lain yang dijual atau sedang dicari, maka kamu bisa menjadi makelar alias pengelola properti. Kamu cukup mencari orang yang perlu menjual properti mereka, dan juga orang yang sedang mencari properti. Selama kamu aktif bergerak, penghasilan peluang usaha yang satu ini akan begitu menggiurkan.

22. Jasa Menulis Essai dan Pidato

Banyak para pejabat, ketua organisasi tertentu, juga para pelajar yang butuh untuk menulis pidato atau pun essay. Sayangnya, tidak semuanya punya kemampuan dan juga waktu untuk menuliskannya. Jika kamu pintar merangkai kata -kata yang menarik, maka kamu bisa membantu mereka dan mendapatkan bayaran yang lumayan dari peluang usaha ini.

Baca juga: Kisah Sukses Andrie Wongso dari Bisnis Kata Mutiara

23. Fotografer Freelance

Jika kamu punya kamera, maka tak ada salahnya kamu membuka jasa foto. Menjadi fotografer freelance untuk memotret acara -acara tertentu, prewedding, foto keluarga, foto bayi, foto diri, foto produk dan lainnya bisa jadi usaha yang cukup menghasilkan. Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu dengan lebih fleksibel.

24. Persewaan Mobil

Ide bisnis yang satu ini sangat sederhana. Sebetulnya, bisa dilakukan tanpa modal atau dengan modal kecil. Tapi, sebelumnya kamu sudah harus mempunyai mobil. Jika kamu sudah memiliki mobil sendiri dan jarang dipakai, maka manfaatkanlah untuk digunakan sebagai persewaan mobil.

Tapi, jika kamu memang belum punya mobil, maka pilihan bisnis ini akan membutuhkan modal yang terbilang besar.

25. Jasa Antar Jemput

Masih jika kamu punya mobil, maka kamu bisa juga memanfaatkannya untuk membuka jasa antar jemput. Bisa antar jemput anak sekolah, atau antar jemput para pegawai kantor. Selain menggunakan mobil, kamu bisa juga memanfaatkan sepeda motor. Tapi, tentunya daya angkutnya akan jauh lebih sedikit ketimbang mobil.

26. Bisnis Katering

Bisnis katering bisa juga dimulai dengan modal kecil. Jika kamu sudah punya peralatan memasak, maka kamu sudah bisa memulainya. Cukup terima pesanan untuk masakan -masakan jumlah kecil, snack untuk arisan dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa membuka jasa katering keluarga. Jadi, kamu akan menyediakan masakan pada para langganan setiap harinya. Selain itu, jasa katering untuk bekal anak -anak sekolah juga cukup menarik dan membutuhkan modal yang kecil pula. Jika modal sudah semakin banyak, baru kamu bisa merambah katering untuk pernikahan dengan jumlah porsi yang jauh lebih banyak.

27. Editor dan Korektor Freelance

Menjadi editor dan kotektor lepas bisa jadi pilihan ide bisnis yang terbilang mudah, terutama bagi kamu yang gemar membaca dan menulis. Kamu bisa membantu para penulis untuk membaca ulang tulisan mereka dan melakukan koreksi bila ada kesalahan ketik atau ejaan yang kurang tepat.

28. Personal Fitness Trainer

Jika kamu gemar olahraga fitness, cobalah menjadi seorang personal fitness trainer atau yang juga populer sebagai PT (Personal Trainer). Menjadi PT cukup sederhana. Kamu hanya perlu membantu seseorang menjalankan program diet dan latihan untuk membentuk tubuh mereka jadi lebih ideal seperti yang diinginkannya.

Tentunya, kamu harus paham betul mengenai apa yang kamu programkan agar program tersebut benar -benar sukses dan dapat dipertanggung jawabkan.

29. Youtuber

Menjadi youtuber mungkin akan jadi pilihan bisnis nomor terakhir bagi Anda yang kurang melek teknologi dan juga minim peralatan teknologi. Tapi, kalau Anda sudah punya HP berkamera atau video recorder dan jaringan internet, maka youtuber bisa jadi pilihan bisnis menarik.

Apalagi, kalau kamu adalah seorang yang kreatif dan punya banyak ide. Kamu bisa menuangkan ide -idemu ke dalam video dan upload di youtube. Kamu pun bisa membuat video tutorial akan hobi atau keahlianmu. Setelah itu, lakukan monetisasi dan dapatkan uang dari videomu.

30. Penerjemah

Jika kamu pandai dalam berbahasa asing, baik itu bahasa Inggris, Jepang, Jerman, Mandarin dan lainnya, kenapa tidak memanfaatkan kepandaianmu untuk menjadi seorang penerjemah? Menjadi seorang penerjemah bisa menghasilkan cukup banyak uang. Tapi, waktu kerjamu bisa sangat fleksibel. Tawarkan saja jasa terjemahan via online.

31. Tour Guide

Menjadi seorang tour guide sangat tepat bagi kamu yang senang berwisata, dan tinggal di daerah yang memiliki banyak tempat wisata. Tak perlu pergi terlalu jauh untuk menjadi tour guide. Cukup jadi pendamping wisata dari para wisatawan yang datang ke daerahmu. Kamu bisa menawarkan jasamu lewat online, atau langsung menawarkan diri pada turis -turis di hotel atau di tempat wisata.

32. Ghostwriter

Bagi kamu yang pandai menulis, kamu bisa menambah penghasilan dengan menjadi seorang ghostwriter. Ghostwriter adalah seorang yang menulis atas nama orang lain. Jadi, ya, namamu memang tidak akan tercantum di karyamu itu karena kamu menulis dengan nama orang lain.

Banyak orang, terutama orang penting yang membutuhkan suatu publikasi atau autobiografi untuk meningkatkan popularitasnya. Nah, untuk merekalah, kamu bisa menjadi seorang ghostwriter.

33. Jasa Pembersih Rumah

Membersihkan rumah bisa jadi pekerjaan yang sangat menyebalkan bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang sibuk bekerja. Kamu bisa memanfaatkan kondisi ini dengan membuka jasa membersihkan rumah.

House cleaning services atau jasa pembersih rumah meliputi lantai, karpet, garasi, halaman, dinding, atap, kamar mandi, dan bagian lain dari rumah sesuai yang diinginkan oleh pemakai jasa. Biasanya, mereka akan membutuhkan bantuan jasa pembersih rumah ketika akan kedatangan tamu atau hendak mengadakan acara tertentu.

34. Pengajar Komputer

Punya kemampuan yang baik dalam mengoperasikan komputer? Mari buka bisnis untuk jasa pengajaran komputer. Ada banyak orang yang belum paham bagaimana mengoperasikan komputer bersama dengan program -program yang ada di dalamnya, seperti Microsoft office. Karenanya, kamu bisa mencoba menjadi seorang pengajar bagi mereka.

35. Jasa Laundry

Bisnis laundry mungkin akan membutuhkan banyak modal bila kamu membuat konsep yang lebih professional. Tapi, jika kamu mau memulainya dengan cara yang sederhana, maka modal yang kamu butuhkan bisa sangat minim.

Cukup bermodalkan mesin cuci pakaian biasa dan setrika, lengkap dengan sabun dan pengharum pakaian. Kamu sudah bisa membuka jasa laundry pakaian. Asal kualitas dan pelayanan kamu memuaskan, usaha laundry yang kamu jalankan bisa cepat berkembang.

36. Jasa Make Up

Kalau kamu tahu bagaimana tampil cantik dengan memakai make up, maka bukalah jasa make up. Kamu bisa memulainya dengan menawarkan jasa make up di rumah atau jasa make up panggilan. Banyak orang yang membutuhkan jasa make up ini untuk acara wisuda, ke pesta atau ke acara -acara penting lainnya.

Hanya dengan modal kemampuan make up dan alat make up sederhana, kamu sudah bisa memulai bisnis satu ini. Bahkan, kalau kamu sudah cukup mahir, kamu bisa menawarkan diri untuk jasa make up pengantin yang lebih professional.

37. Jasa Vermak dan Jahit

Asalkan kamu sudah punya mesin jahir sederhana, kamu sudah bisa memulai bisnis yang satu ini. Jasa permak jahitan adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Kamu bisa mendapatkan tambahan uang dengan membantu orang -orang membenahi kancing baju mereka yang lepas, pakaian robek, resleting rusak dan sebagainya.

Jika kamu punya skil menjahit yang lebih baik, kamu juga bisa mencoba membuka jasa membuat baju. Bahkan, kamu juga bisa menjahit sarung bantal, selimut, celemek, lap, dan benda sederhana lain sesuai kemampuanmu. Kemudian, kamu tinggal menjualnya. Mudah bukan?

Nah, itu dulu ide bisnis modal kecil yang bisa kamu pilih ya. Sudah ada yang cocok? Atau kamu punya ide bisnis lain yang lebih menarik?