8 Tutorial Dasar Ms Word

by:

1# Cara Mengatur Ukuran Kertas

Ketika kita hendak menulis dalam sebuah kertas digital di laman Ms. Word, maka kita perlu menyesuaikan ukuran kertas sesuai kebutuhan. Dalam Microsoft Word, tersedia banyak pilihan ukuran kertas. Ada ukuran legal, A4, lettter, ukuran amplop, dan berbagai ukuran lain.

Jangan lupa LIKE FP kami

Umumnya, ukuran kertas default  atau yang terbuka pertama kali saat kita membuka Ms Word diatur pada jenis kertas ‘Letter’ (bila tidak diatur ulang). Padahal, di Indonesia, kita sangat jarang menggunakan ukuran kertas Letter.

Untuk itu, kita perlu mengatur ukuran kertas terlebih dahulu agar sesuai dengan kebutuhan kita. Nah, berikut ini ada tutorial cara mengatur ukuran kertas di ms Word. Contoh kali ini dibuat dengan memilih ukuran kertas A4, karena ukuran kertas A4 adalah ukuran yang sering digunakan, seperti misalnya sebagai ukuran standar surat –menyurat.

Cara mengatur ukuran kertas

Langkah paling awal tentunya adalah membuka laman micorsoft word. Berikutnya, ikuti langkah berikut ini:

  1. Klik “PAGE LAYOUT” yang terletak di bagian header
  2. Klik “SIZE” atau yang terdapat gambar kertas dengan tanda anak panah vertikal horizontal. Tanda ini menunjukkan pilihan pengaturan ukuran kertas.
  3. Setelah klik “SIZE” akan muncul menu bar ke bawah berupa pilihan ukuran kertas yang tersedia. Pilih ukuran kertas yang diinginkan. Contoh di sini adalah ukuran kertas standar surat A4, jadi klik ‘A4’.
  4. Ukuran kertas akan berubah menjadi A4.

Catatan:

Bila ukuran kertas yang diinginkan tidak tersedia, pilih pilihan paling bawah, yakni “MORE PAPER SIZE”. Lalu akan muncul kotak dialog yang bisa diisikan ukuran kertas sesuai keinginan.

Agar lebih jelas, bisa diperhatikan pada tutorial seperti dalam gambar berikut ini.

2# Cara Membuka Dokumen Baru di Ms Word

Setelah membuka Ms Word, ada kalanya kita perlu untuk membuka dokumen atau halaman file baru lagi dalam Ms Word. Untuk membuka dokumen baru di Ms Word, bisa diikuti langkah –langkah sederhana berikut ini :

  1. Klik bagian pojok kiri atas halaman. Jika pada Ms Word 2007, akan ada ikon bulat untuk diklik (seperti pada gambar di bawah). Sedangkan pada Ms Word 2010, bisa klik pada tulisan “FILE”, yang juga terletak pada pojok kiri atas.
  2. Muncul menu bar ke bawah, dan pilih tulisan “NEW”. Pada Ms Word 2007, tulisan “NEW” terletak di paling atas, sedangkan pada Ms Word 2010, pilihan “NEW” akan terletak di bagian tengah.
  3. Setelah itu, akan muncul dokumen baru yang bisa langsung digunakan, atau jika muncul kotak dialog pilihan lagi, pilih “BLANK DOCUMENT”.

Bisa dilihat pada gambar untuk lebih jelasnya.

3# Cara Mengatur Posisi Kertas

Ketika pertama kali membuka program Ms. Word, maka kertas umumnya akan ada pada posisi Portrait atau tegak atau vertikal. Ada kalanya, kita perlu membuat kertas kerja kita berada pada posisi horizontal atau tidur, atau dalam istilah di Ms Word disebut Landscape.

Cara mengatur posisi kertas atau cara mengubah posisi kertas dari portrait menjadi landscape sangat mudah. Berikut langkah –langkahnya :

  1. Pilih atau klik “PAGE LAYOUT” yang ada pada bagian atas menu bar.
  2. Akan muncul pilihan, pilih gambar yang menunjukkan “ORIENTATION”.
  3. Akan muncul dua pilihan, dengan gambar dan keterangan posisi kertas “Portrait” dan “Landscape”, pilih “landscape”, atau sesuai kebutuhan.

Agar lebih jelas lagi, bisa perhatikan totorial pada gambar berikut ini.

4# Cara Mengatur Jarak Tepi Kertas atau Margin

Tidak setiap format penulisan menggunakan standar ukuran tepi kertas atau standar margin yang sama. Istilah margin dalam ms Word adalah jarak tepi kertas terhadap posisi tulisan yang berada di paling tepi, baik tepi atas, tepi bawah, tepi kanan maupun tepi kiri.

Ada kalanya, kita harus membuat margin tulisan ini cukup lebar, dan ada kalanya dibuat sangat sempit. Untuk itu, kita perlu mengatur margin dengan menyesuaikan kebutuhan kita.

Berikut ini adalah cara mengatur margin pada ms word, atau cara mengatur jarak terpi kertas.

  1. Klik “PAGE LAYOUT” yang terdapat pada menu bar bagian atas.
  2. Muncul pilihan di bawahnya, klik bagian “MARGIN”.
  3. Akan muncul pilihan ke bawah berupa berbagai ukuran margin yang tersedia. Jika margin yang diinginkan tersedia, bisa langsung klik pada bagian yang sesuai.
  4. Jika tidak ada ukuran tepi kertas yang diinginkan, pilih pilihan paling bawah yakni “CUSTOM MARGIN”
  5. Akan muncul kotak dialog lagi untuk mengatur margin. Silahkan isi ukuran margin sesuai yang diinginkan.
    • Top : untuk jarak bagian tepi atas
    • Left : untuk jarak bagian tepi kiri
    • Bottom : untuk jarak bagian tepi bawah
    • Right : untuk jarak bagian tepi kanan
  6. Setelah diisi lebar margin yang diinginkan, klik “OK”, dan ukuran margin akan berubah sesuai pengaturan yang telah dilakukan.

Agar lebih jelas tentang cara mengatur ukuran margin, bisa dilihat pada gambar berikut ini.

5# Cara Mengatur Jarak Antarparagraf

Ketika kita mengetik pada Ms Word, maka pengaturan dasar yang tersedia terkadang membuat jarak antarparagraf menjadi sangat renggang atau mungkin saja justru sangat sempit.

Jika jarak antarparagraf tidak sesuai yang diinginkan, maka kita perlu mengatur jarak antarparagraf. Berikut adalah cara mengatur jarak antarparagraf pada microsoft word, secara mudah.

  1. Klik “PAGE LAYOUT” pada menu bar bagian atas.
  2. Pilih kotak “SPACING”, lalu isikan berapa jarak yang diinginkan pada kotak “BEFORE” dan “AFTER”. Jika diisikan dengan angka “0” pt, artinya jarak antarparagraf sama dengan jarak antarkalimat yang sudah diatur. Jika diisi dengan angka atau “auto”, maka jarak antarparagraf akan menjadi lebih lebar.
  3. Jika sudah diisi sesuai keinginan, tekan “ENTER” pada keyboard komputer atau leptop.

6# Aneka Fungsi “HOME” pada Menu Bar

Ketika mengetik dengan menggunakan program Ms Word, tentu kita ingin agar hasil ketikan kita terlihat rapi bukan? Untuk itu, kita perlu tahu cara mengatur spasi dan paragraf, serta pengaturan standar lain yang tersedia pada menu bar “HOME”.

Pada menu bar “HOME” ini tersedia beberapa pengaturan sederhana yang bisa membuat tulisan kita terlihat rapi. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang terdapat pada menu bar “HOME”, yang meliputi cara mengatur spasi dan paragraf, serta pengaturan huruf.

  1. Klik pada menu bar bagian atas “HOME”. Akan muncul beberapa kotak pilihan untuk mengatur spasi, paragraf, dan huruf.
  2. Pilihan “B I U” adalah untuk mengatur tampilan huruf, yakni :
    • B = untuk BOLD atau tulisan tebal
    • I = untuk ITALIC atau tulisan miring
    • U = untuk UNDERLINE atau tulisan bergaris bawah
  3. Mengatur model huruf : Pada kotak berisi “TIMES NEW ROMAN” yang bersebelahan dengan angka (lihat gambar), adalah untuk mengatur model huruf. Standar tulisan umumnya menggunakan jenis huruf TIMES NEW ROMAN, tapi bisa juga diganti dengan jenis tulisan lain, dengan cara “klik” tombol anak panah kecil pada samping kotak huruf. Akan muncul pilihan huruf yang tersedia, dan klik sesuai yang diinginkan.
  4. Mengatur ukuran huruf : Kotak angka pada samping menu huruf digunakan untuk mengatur ukuran huruf yang diinginkan. Standar ukuran tulisan pada umumnya adalah 12pt. Tapi, Anda bisa mengatur ukuran tulisan sesuai keinginan dengan mengganti ukuran angka yang tersedia pada kotak tersebut.
  5. Mengatur jarak spasi antarikalimat : kotak spasi digunakan untuk mengatur jarak antar kalimat. Umumnya, jarak yang digunakan adalah 1,5 pt. Tapi, jarak tersebut bisa diatur sesuai kebutuhan, bisa 1pt (single); 1,15pt (multiple); 1,5 pt; 2pt (double); 2,5; atau 3. Klik sesuai kebutuhan.

Agar lebih jelas, bisa perhatikan pada gambar berikut ini.

Loading...

7# Cara Mengganti Model Huruf

Kita mungkin tidak suka dengan model huruf yang sedang kita gunakan, atau kita ingin membuat tampilan model huruf yang berbeda –beda. Cara mengatur model huruf pada Ms Word cukup mudah. Berikut adalah tutorial cara mengganti model huruf yang bisa Anda ikuti.

  1. Blok kalimat yang akan diganti model hurufnya.
  2. Dalam kondisi kalimat di-‘blok’, pilih menu bar “HOME”. Pilih kotak pilihan model huruf seperti pada gambar. Klik anak panah kecil di bagian samping kanannya.
  3. Muncul aneka pilihan model huruf. Pilih sesuai model huruf yang diinginkan. Klik.

8# Cara Menyalin dan Memindahkan Kata

Cara menyalin dan memindakan kata pada Ms Word ini berhubungan dengan fungsi menu “copy”, “cut”, dan “paste”.

  • Copy = untuk fungsi menyalin
  • Cut = untuk fungsi memotong atau memindahkan
  • Paste = untuk fungsi meletakkan salinan atau pindahan

Adapun cara menggunakan fungsi copy cut paste ini, sebagai berikut :

  1. Blok bagian kalimat yang akan disalin atau dipindahkankan.
  2. Klik fungsi “copy” jika ingin menyalin, atau “cut” jika ingin memindahkan kalimat yang diblok tadi.
  3. Letakkan cursor atau garis aktif di baris baru atau tempat di mana kalimat baru akan diletakkan.
  4. Klik ‘paste’.
  5. Maka bagian kalimat baru hasil salinan atau pindahan akan muncul di tempat yang diinginkan.

Bagikan Jika Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *