Tutorial Membuat Conditional Formatting Microsoft Excel

Conditional formatting berfungsi untuk mengubah tampilan sell berdasarkan kondisi tertentu. Sebagai contoh, kita akan merubah warna background tabel dibawah ini sesuai dengan nilainya.

1

Kita akan memberikan sebuah kondisi pada nilai-nilai tersebut.

  • Siswa yang mendapat nilai dibawah 51 maka akan berwarna merah pada kolomnya
  • Siswa yang mendapat nilai diatas 50 sampai dengan 80  maka akan berwarna kuning  pada kolomnya
  • Siswa yang mendapat nilai diatas 80 sampai dengan 100 maka akan berwarna biru pada kolomnya

Langkah pertama, blok terlebih dulu angka-angka yang akan kita beri conditional formatting, kemudian klik pada tab home, conditional formatting pilih color scale, more rule.

2

Maka akan muncul jendela baru, pilih Format Only Cells that Contain. Pada “Format only cells with” pilih cell value dan pilih pilihan less than. Kemudian isikan 51 untuk value nya. Setelah itu klik format.

3

Maka akan muncul jendela baru, pilih pada menu tab fill, dan pilih warna merah. Ini bearti kita telah memberikan warna merah untuk nilai yang kurang dari 51,  Klik OK. Selesai untuk kondisi yang pertama.

4

Selanjutnya kita akan memberikan warna kuning untuk nilai diatas 50 sampai edngan 80, caranya sama, hanya bedanya kita pilih pilihan between, seperti gambar dibawah

5

 

6

Yang terakhir kita akan memberikan warna biru untuk nilai diatas 80 sampai dengan 100, caranya sama, seperti gambar dibawah

7

 

8

Selesai, Maka hasilnya adalah seperti gambar dibawah ini

9

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *