Tips Menguatkan Daya Tahan Tubuh Melalui Sistem Imun Secara Alami

Dalam melakukan aktifitas selama 24 jam sehari, tentu tubuh manusia akan mengalami penurunan daya tahan tubuhnya. Yang mana jika di ‘forsir’ berlebihan bisa mengakibatkan tubuh menjadi letih dan lemas, bahkan bisa sampai sakit. Hal ini terjadi karena sistem imun kita yang kurang sehat.

Dalam hal kesehatan, tentu kita semua mengenal tentang berbagai obat-obatan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita supaya tidak terlalu lemas. Tapi perlu diketahui, sebagaian obat tersebut bisa jadi hanya memberikan spirit untuk tetap semangat kerja dalam otak kita.

Jadi meskipun tubuh sebenarnya sudah mengalami rasa letih dan lemas kita tidak bisa merasakan hal tersebut. Hal ini bisa mengakibatkan berbagai macam gangguan pada daya tahan tubuh dan sistem imun yang ada pada tubuh kita. Mulai dari pusing, mual, tubuh terasa lemas dan lain sebagainya.

Untuk itu dalam hal ini ada beberapa tips yang harus kita ketahui supaya daya tahan tubuh serta sistem imun yang ada dalam badan kita tetap ‘sehat’ dan terjaga kondisinya.

1. Jangan meminum obat sembarangan dan hindari operasi yang jelas tidak diperlukan.

Point pertama ini menjelaskan bahwa jangan mengonsumsi obat yang sifatnya anti biotik secara berlebih, juga jauhi suntik vaksin. Sudah banyak bukti tentang vaksin ini, terutama  ketika dilakukan pada anak-anak balita yang sistem imunnya sedang mengalami perkembangan malah menjadikan sistem imunnya mengalami banyak gangguan.

Terus…. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan. Jika anda memakai sabun dengan detergen atau anti bakteri maka jangan terlalu sering, kalau bisa hindari karena tubuh kita juga perlu mengenal jenis bakteri baru yang ada. Pemakaian sabun anti bakteri, hanya membuat bakteri tersebut menjadi lebih kebal terhadap sistem imun kita.

Kemudian ketika kita menderita sakit berat yang membutuhkan operasi, jangan sampai menghilangkan organ-organ penting dalam tubuh kecuali dengan alasan yang wajar. Seperti: limpa, tonsil, apendiks, dan lain sebagainya

2. Jauhi sinar matahari yang berlebihan serta jauhi radiasi dari gelombang elektromagnetik

Jika kita sering berjemur di pagi hari untuk mendapatkan vitamin D yang bisa membantu metabolisme dan mengurangi berbagai jenis penyakit. Maka, jangan lupa untuk tidak berlama-lama, karena yang terjadi malah bisa sebaliknya.

Sinar matahari yang juga mengandung sinar ultraviolet juga perlu kita perhatikan. Radiasi yang diakibatkan dari terik matahari ini bisa membuat sistem imun dalam tubuh kita melemah. Jika kulit kita sering terkena dari radiasi sinar ultraviolet ini maka akan mengakibatkan sel-sel darah putih yang ada dalam tubuh kita menjadi terhambat. Padahal, sel-sel darah putihlah yang menghasilkan sistem antibodi tersebut.

Dampak dari sinar ultra violet ini juga bisa menembus bagian kulit kita yang terlindungi (tidak terkena secara langsung). Hal ini mengakibatkan tubuh kita tidak bisa memproduks antigen yang sangat diperlukan guna melindungi diri dari berbagai macam penyakit.

Sedangkan untuk radiasi gelombang elektromagnetik ini juga bisa mengakibatkan gangguan kesehatan pada tubuh kita. Mulai dari sistem saraf, sistem darah, sistem reproduksi, psikologis, dan lain sebagainya.

Radiasi elektromagnetik ini berasal dari alat elektromagnetik yang ada di sekitar kita, yang intinya ada kandungan listrik di dalam alat tersebut. Seperti: televisi, radio, laptop, handphone, smartphone, oven dan lain-lain.

3. Waspadai zat-zat kimia yang membahayakan

Zat-zat kimia sekarang sudah banyak beredar mulai dari segi kesehatan, kosmetik, bahkan sampai makanan. Utamanya adalah jenis logam. Banyak kita jumpai banyak orang yang keracunan akibat unsur logam ini.

Gejala-gejala yang kita jumpai akibat keracunan logam biasanya adalah sakit kepala, darah tinggi, nyeri sendi, sistem pencernaan yang terganggu, hormon yang tidak seimbang, atau orang tersebut sering merasa murung serta bingung

4. Atur pola makanan yang dikonsumsi.

Untuk mengatur pola makan ini ada beberapa point yang perlu diperhatikan dan dijaga:

a.    Usahakan makan makanan yang asli alias tanpa bahan campuran.
b.    Makanlah sesuai dengan kebutuhan dan utamakan makanan yang bergizi
c.    Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan rempah-rempah
d.    Hati-hati terhadap makanan siap saji (fast food)
e.    Kunyahlah makanan sampai ‘lembut’
f.    Kurangi gula, baik gula putih ataupun gula tepung
g.    Kurangi makanan yang berlemak
h.    Hindari untuk meminum air yang ada kandungan klorinnya

5. Mengatur pola hidup yang sehat. Tidak jauh beda dengan mengatur pola makan.

Menerapkan pola hidup yang sehat dalam keseharian tentu juga membutuhkan beberapa tahapan. Yang mana dengan pola hidup sehat ini tentunya juga bisa membantu untuk menguatkan sistem imun yang ada dalam tubuh kita.

  1. Lalu, apa saja tahapan-tahapan yang dibutuhkan untuk mengatur pola hidup sehat tersebut.
    Usahakan diri anda untuk jauh dari rasa atau sikap stres. Karena stress ini menjadi salah satu sebab utama tubuh seseorang tidak sehat.
  2. Hindari minuman ber-alkohol. Mengkonsumsi alkohol menyebabkan kondisi tubuh kekurangan nutrisi dan menjadikan organ dalam menjadi rusak. Ditambah lagi berbahaya bagi si janin
  3. Usahakan untuk tidak merokok secara berlebihan. Karena hal tersebut juga menjadikan sistem imun seseorang menjadi lemah.
  4. Jagalah kwantitas dan kwalitas tidur. Tidurlah yang cukup. Karena dengan tidur inilah sistem imun kita bisa tetap terjaga dengan normal. Serta diperbaharuinya sel-sel tubuh kita oleh hormon pertumbuhan yang bekerja dengan baik.
  5. Berolahragalah secara teratur. Minimal dua kali dalam satu minggu. Karena dengan berolahraga ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita terhadap penyakit.
  6. Berfikir positif dalam kehidupan (positive thinking / khusnudzon)

6. Cinta dan gaya hidup

Cinta…, setiap manusia tentu punya perasaan yang namanya cinta. Sistem imun akan berfungsi lebih optimal jika jiwa seseorang dalam keadaan tenang dan nyaman tidak dalam kondisi sebaliknya. Inilah salah satu bukti betapa manusia juga membutuhkan rasa cinta..

Adapun untuk mengatur gaya hidup usahakan untuk selalu tenang dan rileks dalam menjalankan sesuatunya serta usahakan untuk tidak tergesa-gesa dan berkeluh kesah. Karena hormon cinta ini berkaitan erat dengan bioritme (ritme biologi) kehidupan kita.

7. Melatih sistem imun yang ada dalam tubuh kita

Melatih sistem imun berkaitan dengan regenerasi seseorang. Oleh karena itu kedua orang tua juga harus benar-benar memperhatikan dirinya supaya tetap dalam kondisi fit, tenang, dan bahagia.

Proses pelatihan imun ini tentu lebih cenderung pada seseorang ibu yang akan melahirkan anaknya kelak. Karena, segala sesuatu yang dialami seorang ibu senantiasa akan dibagi dengan anak yang dikandungnya. Oleh karena itulah, sebagai kedua orang berusaha semaksimal mungkin dalam kondisi prima, bahagia dan senantiasa berbaik sangka, ketika anak masih dalam kandungan

Jauhkan diri dari rasa cemas, takut, sedih, murung, bingung, dan hal-hal lain yang negatif. Supaya kelak ketika anak itu lahir dan beranjak dalam umur dewasa mempunyai setting-an seperti dalam kondisinya ketika ibunya mengandung. Karena sistem imun tersebut sudah ‘terdidik’ dan ter-regenasi dengan baik dalam kandungan.

Demikian beberapa tips singkat untuk menguatkan daya tahan tubuh melalui sestem imun yang baik dan secara alami tanpa ada campur tangan yang sifatnya membahayakan. Semoga dari tips singkat ini bisa kita ambil manfaatnya.

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *