Tips Lolos Beasiswa Luar Negeri Dikti dari Awardee Ganjar Widhiyoga

by:

Bisa jadi awardee beasiswa untuk studi di luar negeri adalah impian tersendiri bagi banyak orang. Tak heran bila informasi beasiswa menjadi buruan, baik itu beasiswa dalam negeri maupun beasiswa luar negeri. Berbagai upaya pun rela dilakukan demi bisa lolos beasiswa, termasuk dengan berburu informasi dan tips dari para awardee.

Jangan lupa LIKE FP kami

Nah, salah satu beasiswa menarik yang banyak diburu adalah Beasiswa Luar Negeri dari Dikti, yang saat ini namanya berubah menjadi Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPPLN). Beasiswa ini diselenggarakan oleh Ristekdikti bagi para dosen di Indonesia.

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang beasiswa ini? Atau sedang ikut berburu untuk mendapatkan beasiswa ini? Bagi Anda yang tertarik mengetahui seluk beluk dan tips mengenai beasiswa Dikti ini langsung dari awardee-nya, Anda bisa menyimak hasil wawancara kita dengan salah satu awardee beasiswa S3 Luar Negeri Dikti.

Siapa dia? Dia adalah Bapak Ganjar Widhiyoga, yang merupakan dosen Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Slamet Riyadi. Ia sukses mendapatkan Beasiswa Luar Negeri Dikti dan sudah kembali ke tanah air untuk mengabdikan ilmunya lagi di kampus tercinta. Langsung simak saja ya.

Profil Awardee

Nama Lengkap: Ganjar Widhiyoga
Gelar: Ph.D.
Jurusan: Hubungan Internasional
Jenis beasiswa yang diperoleh: Beasiswa Luar Negeri Dikti
Negara tempat studi: United Kingdom
Jenjang beasiswa: S3
Pemberi beasiswa: Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi.
Periode penerimaan beasiswa: 2012-2015

Portal-ilmu : Dari mana Anda mendapat informasi beasiswa Beasiswa Luar Negeri Dikti yang sukses Anda menangkan ini?

Awardee Ganjar : Dari internet dan dari informasi rekan sejawat sesama dosen.

Portal-ilmu : Begitu memutuskan untuk mendaftarkan diri dan memutuskan untuk ikut beasiswa, berapa lama Anda mempersiapkan diri untuk beasiswa Beasiswa Luar Negeri Dikti?

Awardee Ganjar : Satu tahun.

Portal-ilmu : Bagaimana prosedur pendaftaran beasiswa Luar Negeri Dikti?

Awardee Ganjar : prosedur untuk mendapatkan Beasiswa Luar Neger Dikti ini runtut, meliputi

  • Mendapatkan LOA dari universitas yang berada di dalam daftar Dikti.
  • Melamar beasiswa BLN Dikti dan memenuhi syarat-syaratnya, seperti nilai IELTS/iBT, rekomendasi dan lain sebagainya, disesuaikan dengan persyaratan yang diminta oleh penyelenggara beasiswa.
  • Melakukan tes wawancara.
  • Menunggu hasil pengumuman dan penetapan karyasiswa Dikti.

Portal-ilmu : Wah, cukup panjang ya prosedurnya. Untuk itu, apa saja persiapan yang Anda lakukan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta beasiswa Luar Negeri Dikti?

Awardee Ganjar : Persiapan yang dilakukan, seperti :

  • Mempersiapkan bahasa Inggris dengan melakukan latihan IELTS mandiri.
  • Mengambil tes IELTS.
  • Mempersiapkan proposal riset.
  • Menghubungi calon supervisor.
  • Setelah mendapatkan calon supervisor, mendaftar ke universitas yang dituju.
  • Setelah mendapatkan letter of acceptance, mendaftar beasiswa.

Portal-ilmu : Dari segala persiapan dan prosedur yang dilalui, menurut Anda apa saja hal yang paling menantang dalam mengikuti beasiswa Luar Negeri Dikti?

Awardee Ganjar : Hal yang menantang bagi saya adalah

  • Menghubungi calon supervisor ternyata memakan waktu yang panjang. Saya mengirimkan enam email ke para profesor di Australia dan tidak ada yang membalas email saya.
  • Akhirnya, saya mengirim empat email ke para profesor di UK dan alhamdulillah, tiga orang membalas email dan menyatakan minat untuk menjadi supervisor saya.
  • Setelah menimbang berbagai hal (minat riset calon supervisor, kondisi universitas, kondisi dan biaya hidup di kota tersebut dan sebagainya), akhirnya saya memutuskan untuk mendaftar di Newcastle University.
  • Total, perlu enam bulan dari pertama kali mengirim email ke calon supervisor sampai bisa mendapatkan LOA dari Newcastle University.

Portal-ilmu : Bisa dibilang, pemilihan supervisor dan universitas adalah hal berat ya. lantas, apa saja hal yang mudah dalam mengikuti beasiswa Luar Negeri Dikti?

Awardee Ganjar : Tidak ada yang mudah.

Portal-ilmu : Tidak ada yang mudah, karena semua butuh usaha keras ya. Kalau begitu, apa yang menguntungkan dari beasiswa Luar Negeri Dikti?

Awardee Ganjar : Beasiswa Dikti memberikan peluang besar bagi dosen untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Portal-ilmu : Ow ya, beasiswa ini dikhususkan untuk dosen ya. Jika begitu, dalam skema beasiswa ini, seberapa berat tingkat persaingan untuk mendapatkan beasiswa tersebut?

Awardee Ganjar : Karena beasiswa ini khusus untuk dosen dan Dikti (saat itu) memberikan kuota yang banyak maka persaingan tidak terlalu berat. Asalkan memenuhi persyaratan dan dinilai mampu saat seleksi wawancara, insya Allah akan mendapatkan beasiswa.

Portal-ilmu : Tapi tentunya perlu usaha juga untuk bisa memenuhi persyaratan dan wawancara ya. Setelah sukses lolos menjadi awardee Beasiswa Luar Negeri Dikti, bagaimana pengalaman dan kesan Anda?

Awardee Ganjar : Senang, karena ini merupakan sebuah kesempatan berharga bagi saya.

Portal-ilmu : Jika begitu berharga, seberapa berarti beasiswa tersebut bagi Anda dan masa depan Anda?

Awardee Ganjar : Sangat berarti karena bagi seorang dosen, wajib hukumnya untuk menempuh S3. Selain itu, beasiswa ini juga memberikan peluang bagi saya untuk menimba pengalaman belajar ke luar negeri. Ada banyak pengalaman yang akhirnya saya dapatkan saat belajar di UK.

Portal-ilmu : Sangat menarik ya. Tapi yang penting, apakah beasiswa tersebut rutin diselenggarakan setiap tahun?

Awardee Ganjar : Ya, hanya saja saat ini berubah menjadi BPPLN Dikti.

Portal-ilmu : Berarti tetap diselenggarakan dan hanya berubah nama ya. Berarti masih ada kesempatan bagi kawan-kawan lain yang ingin menargetkan mendapatkan BPPLN Dikti ini ya. Lantas, adakah tips khusus untuk lolos dalam BPPLN Dikti? Jika ada, apa itu?

Awardee Ganjar :

  • Siapkan proposal riset yang menarik, baik bagi Anda pribadi maupun bagi calon donor.
  • Pilih calon supervisor yang memilik minat riset sesuai dengan Anda.
  • Pilih negara yang mendukung kehidupan Anda (dan keluarga, jika Anda memutuskan akan membawa keluarga).
  • Siapkan diri Anda untuk memenuhi syarat-syarat beasiswa.

Portal-ilmu : Wah, terima kasih atas sharing yang diberikan. Tips lolos beasiswa dikti ini tentunya sangat bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi kita yang hendak menargetkan beasiswa dari Dikti.

Demikianlah hasil wawancara kita dengan seorang awardee Beasiswa Luar Negeri dari Dikti yakni Ganjar Widhiyoga. Beliau berhasil lolos beasiswa untuk studi S3 hingga sekarang telah menyandang gelar S3. Jadi, Anda berminat menyusul jejak kesuksesan beliau?

Bagikan Jika Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *