Tips Desain Powerpoint untuk Suskeskan Presentasi Anda

Slide presentasi menjadi salah satu aspek penting yang mampu mendukung suksesnya presentasi Anda. Kepiawaian seorang presenter, ditambah daya tarik slide-slide yang ditampilkan, dapat menjadi magnet guna menarik minat audiens sehingga informasi yang akan disajikan tepat sasaran. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda butuh desain powerpoint yang mumpuni.

Tak hanya menarik dilihat, power point harus dirancang sedemikian rupa sehingga informasi yang dimuat dapat mudah dipahami dan tepat. Bahkan, kekurangan seorang presenter dalam berpresentasi juga bisa tertutupi dengan powerpoint. Powerpoint menjadi daya dukung yang juga mampu menambah rasa percaya diri seorang presenter. Sebab, menjadi seorang presenter memang bukan perkara mudah.

Padahal, seorang pebisnis, marketing, peneliti, pelajar, atau pemilik profesi lain perlu untuk memiliki kemampuan presentasi yang baik. Di sinilah pentingnya menyiapkan pendukung yang tepat berupa desain powerpoint yang mumpuni.

Untuk mendukung usaha Anda menjadi seorang presenter yang baik, berikut adalah tips menyajikan desain powerpoint untuk sukseskan tujuan Anda.

Opening Slide yang Memukau

Kesan pertama menjadi kunci penting untuk membuka perhatian audiens. Manfaatkan kesempatan ini dengan menampilkan opening slide yang memukau sehingga audiens terkesima. Gunakan gambar yang unik, menarik disertai warna warni mencolok yang nikmat untuk dilihat. Awal presentasi yang bagus akan menjaga audiens tetap memperhatikan slide presentasi Anda selanjutnya.

Perhatikan Harmonisasi Warna

Warna-warna yang mencolok maupun kalem bisa saja Anda pilih untuk menguatkan power point Anda. Tapi, pastikan bahwa tiap-tiap warna yang Anda tampilkan memiliki harmonisasi warna yang tepat. Harmonisasi warna akan menunjukkan profesionalitas dalam presentasi. Untuk mendapatkan “rasa” dalam harmonisasi warna, Anda bisa memanfaatkan referensi color scheme yang tersedia di Power Point.

Perkaya dengan Stunning Visuals

Slide Power Point adalah media komunikasi visual. Oleh karena itu, sangat penting menarik perhatian melalui visual. Daripada sekadar menuliskan rangkaian peristiwa dan data menggunakan bullet and numbering, cobalah perkaya slide presentasi dengan gambar, diagram, tabel maupun tampilan visual menarik lain. Tampilan visual ini dapat membantu audiens menangka informasi dengan lebih cepat.

Konten dengan Poin yang Padat

Tahukah Anda bahwa fungsi utama Power Point adalah menguatkan penyampaian informasi melalui sajian poin-poin penting dalam slide? Karenanya, informasi yang disajikan dalam Power Point harus ringkas, padat dan jelas. Sampaikan konten hanya pada poin pentingnya saja, sementara uraian penjelasan bisa Anda tambahkan secara lisan. Sampaikan sesedikit mungkin konten pada slide presentasi, tanpa mengurangi inti dari presentasi. Cara ini sekaligus mengikat audiens agar selalu memperhatikan penjelasan Anda.

Teks yang Mudah Dibaca

Menggunakan aneka jenis teks menarik mungkin bisa mengundang perhatian. Tapi, perhatikan tentang keterbacaan teksnya. Teks yang cantik dan menarik hanya akan membuat kesal audiens jika susah dibaca. Jadi, pastikan teks yang Anda pilih tepat. Selain enak dilihat, juga mudah dibaca. Bentuk, ukuran dan jumlah teks dalam satu slide harus disusun sehingga seluruh audiens bisa membaca dari sudut ruang terjauh.

Alur Slide

Alur slide yang baik akan mengantarkan pembaca lebih mudah memahami konten presentasi Anda. Desain powerpoint yang baik harus perhatikan kesinambungan antara satu slide dengan lainnya. Bagaimana slide pertama mampu mengantarkan pembaca memahami slide kedua, dan seterusnya. Alur slide harus jelas, runtut dan teratur. Tunjukkan dengan tegas mana slide pembuka, penjelasan, dan penutup. Sertakan keterangan jika ada slide lanjutan dengan sub judul yang masih menginduk di slide sebelumnya. Jangan buat audiens Anda kebingungan karena alur slide yang melompat.

Gunakan theme custom

Program office pembuat slide power point biasanya memiliki berbagai theme custom sebagai tema built in yang bisa langsung digunakan. Jika Anda merasa kesulitan membangun harmonisasi slide-slide Anda, cobalah menggunakan theme custom yang ada. Namun, tema built in gratis memang cenderung membosankan dan ala kadarnya. Sebagai alternatif, Anda bisa berburu theme custom yang saat ini banyak beredar di web penyedia tema Power Point.

Power point sebagai pendukung presentasi harus mampu menyimpan kekayaan gagasan. Slide-slide tidak hanya berfungsi menampilkan seperangkat warna, font dan gambar, melainkan harus mampu menyajikan gagasan presenter agar bisa ditangkap secara tepat oleh audiens. Tentu saja, proses ini bukanlah perkara mudah. Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan jasa para professional untuk menghadirkan desain powerpoint yang mumpuni.

Lewatkan kerja keras untuk menata slide power point, dan fokuslah untuk mengembangkan konten dan kepiawaian Anda dalam berpresentasi. Salah satu rekomendasi jasa professional yang bisa Anda manfaatkan adalah Fastwork.id, melalui link berikut: https://fastwork.id/presentation. Fastwork menyediakan jasa pembuatan PowerPoint dari freelancer berpengalaman.

Dengan setumpuk pengalaman yang dimiliki, Fastwork mampu menghadirkan desain powerpoint yang mumpuni sehingga seluruh pesan yang ingin Anda sampaikan kepada audiens dapat optimal. Diskusikan saja ide dan desain slide presentasi yang diinginkan dengan para professional di Fastwork. Jika Anda sudah memiliki dokumen presentasi yang menurut Anda belum memuaskan, Fastwork juga bisa membantu Anda.

Pastikan slide presentasi Anda tampak professional sehingga mampu memukau audiens. Dengan begitu, audiens juga akan mampu menilai kredibilitas Anda sebagai seorang presenter professional. Menariknya, jasa yang ditawarkan Fastwork terbilang murah, dengan tetap menjanjikan kualitas serta dukungan visual yang kreatif.

Hanya mulai Rp 20.000, atau dengan bujet yang bisa menyesuaikan, Anda sudah bisa memiliki slide-slide professional. Selain itu, pembayaran hanya akan diminta setelah pekerjaan Anda selesai dilakukan. Jadi, apa yang perlu dikhawatirkan?

Referensi:

1. Afifah Cinthia Pasha. 2019. Cara Membuat Power Point yang Menarik, Cocok untuk Para Profesional. Diakses dari https://www.liputan6.com/tekno/read/3906169/cara-membuat-power-point-yang-menarik-cocok-untuk-para-profesional
2. Fastwork. Tt. Jasa Pembuatan Presentasi / Desain PowerPoint. Diakses dari https://fastwork.id/presentation
3. Lea. 2019. 18 Cara membuat Power Point yang menarik, cepat dan mudah. Diakses dari https://www.brilio.net/gadget/18-cara-membuat-power-point-yang-menarik-cepat-dan-mudah-191122v.html
4. Sudiarto Putra. 2019. Cara Membuat PPT yang Menarik, Perhatikan 5 Hal Ini! Diakses dari https://wolipop.detik.com/worklife/d-4811845/cara-membuat-ppt-yang-menarik-perhatikan-5-hal-ini

Bacaan lain: