Pengertian Telegram dan 4 Macam Telegram

Sebelum tahun 1990, nama telegram bisa dikatakan cukup populer sebagai salah satu sarana komunikasi. Namun, mulai tahun 1990 hingga menjelang tahun 2000, telegram makin lama makin kurang populer. Popularitas telegram ini digeser oleh perkembangan tekonologi komunikasi yang semakin berkembang, terutama telepon.

Apalagi, kini telepon seluler sudah diproduksi menjadi telepon pintar yang mampu memanfaatkan jaringan internet untuk memperlancar arus komunikasi. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dewasa ini yang begitu canggih inilah yang membuat telegram hampir tak pernah lagi terdengar keberadaannya.

Meski demikian, tak dipungkiri kalau telegram pernah memegang peran penting dan memberikan banyak manfaat terhadap komunikasi publik di Indonesia, bahkan seluruh dunia. Penggunaan telegram ini pun juga dipelajari secara mendalam di sekolah -sekolah, terutama untuk administrasi perkantoran.

Sebab, dulu telegram jauh lebih sering digunakan dibanding dengan telepon. Telepon justru dianggap kurang efektif lantaran hanya sebagian kecil orang atau instansi yang memiliki telepon. Bahkan, banyak pula instansi -instansi pemerintah di tahun 1980 -an yang belum memiliki pesawat telepon.

Karenanya, digunakanlah surat sebagai alat komunikasi. Namun, karena pengiriman surat yang dianggap masih lambat, untuk mengirimkan pesan yang penting, telegram jadi pilihan yang terbaik.

Apa itu Telegram?

Karena pernah begitu jaya, tak ada salahnya kalau kita yang hidup di era modern ini tetap mempelajari telegram. Telegram adalah suatu cara pengiriman berita secara tertulis secara cepat. Agar pengiriman cepat lebih efisien, telegram hanya digunakan untuk pengiriman berita yang penting.

Secara etimologi, telegram berasal dari kata tele dan gram. Tele berarti suatu pemindahan atau adanya jarak, sedangkan gram berarti tanda atau tulisan yang dipindahkan atau dikirimkan dari jarak jauh.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pengiriman telegram adalah ongkos pengiriman telegram yang dihitung berdasarkan banyaknya atau jumlah kata yang ditulis dalam telegram.

Simak juga: Contoh Surat Panggilan Kerja

Macam Macam Telegram

Telegram bisa dibagi ke dalam beberapa macam. Berikut adalah macam macam telegram :

1. Macam telegram menurut jangkauannya

Telegram dalam negeri

Telegram luar negeri

2. Macam telegram menurut pengirimannya

Telegram biasa

Telegram segera atau penting

3. Macam telegram menurut tujuannya

Telegram pers

Telegram radio

Telegram berganda

4. Macam telegram menurut segi yang mengirimnya

Telegram pemerintah

Telegram partikelir

Telegram Radio

Telegram radio adalah telegram yang dikirimkan melalui perhubungan -perhubungan telekomunikasi dari dinas bergerak. Telegram radio juga bisa dikirimkan dan bisa diterima oleh kapal yang sedang berlayar. Telegram radio yang demikian, disebut juga sebagai telegram radio kapal.

Dalam telegram radio kapal, alamat harus ditulis dengan lengkap, yang terdiri dari :

  1. Nama si alamat
  2. Jabatan atau pangkat si alamat
  3. Nama stasiun kapal
  4. Nama stasiun pantai

Telegram Berganda

Telegram berganda adalah telegram yang ditujukan kepada beberapa orang dengan alamat yang berbeda -beda atau tidak sama. Jadi, telegram berganda ini bisa dikirimkan kepada :

  1. Beberapa alamat di satu tempat, dan
  2. Beberapa alamat di beberapa tempat yang ditangani oleh satu kantor telegram.

Telegram berganda dikirimkan dengan mempergunakan petunjuk alamat dalam satu tempat atau kota.

Contoh alamat telegram berganda :

  1. 4

Margono jlnbungur satu jakarta

Marini jlnberbah dua jakarta

Danangandi jlnmerpati satu jakarta

Didiharto jlnmurai lima jakarta

Untuk biaya telegram berganda, tetap dibayarkan satu telegram saja. Tapi, semua alamat harus ditulis dan dihitung dalam pembayaran.

Telegram Dalam Negeri

Telegram dalam negeri adalah telegram yang dikirimkan antar daerah, antar kota dan masih di dalam negeri.

Telegram Luar Negeri

Telegram luar negeri adalah telegram yang berasal dari suatu negara dan ditujukan ke negara lain, baik yang dikirimkan perorangan maupun oleh suatu badan usaha pemerintah atau pun swasta.

Telegram Biasa

Telegram biasa adalah telegram yang dikirimkan dengan ongkos atau biaya pengiriman biasa sesuai dengan ketentuan dari Perum Postel.

Telegram Segera atau Penting

Telegram jenis ini adalah telegram yang dikirimkan dengan ongkos pengiriman dua kali dari ongkos pengiriman telegram biasa. Untuk telegram pemerintah yang dikirimkan dengan segera, menggunakan petunjuk NS, yang menunjukkan sifat telegram penting. Sedangkan untuk telegram pemerintah biasa, menggunakan petunjuk dinas N, yang menunjukkan telegram biasa untuk pemerintah.

Telegram Pers

Telegram pers adalah telegram yang ditujukan kepada surat kabar, majalah, agen pers, kantor penerangan pemerintah atau pun partikelir, maskapai -maskapai dan stasiun siaran radio.

Telegram pers ini bisa dikirim dalam negeri atau pun ke luar negeri. Telegram pers ke luar negeri harus mendapatkan izin tertulis dari Kantor Pusat Pos Telepon dan Telegrap (PTT), Bagian telegrap di Bandung.

Telegram Pemerintah

Telegram pemerintah adalah telegram yang dikirimkan oleh kantor atau instansi pemerintah. Untuk mengajukan telegram pemerintah, dipergunakan formulir khusus yang dapat diperoleh secara cuma -cuma di setiap kantor telegram.

Telegram Partikelir

Telegram partikelir adalah telegram yang dikirimkan oleh badan -badan swasta atau oleh perorangan secara pribadi (prive).

Bagian Bagian Telegram

Telegram terdiri dari 4 bagian, yakni :

  1. Petunjuk dinas dibayar
  2. Alamat yang dituju
  3. Isi telegram
  4. Sebutan si pengirim

Contoh Telegram

Zczc zxb983mdn801/18

Aceh 28/26 181100

segera

drs darmanto kep seksi data statistik patal senayan Jakarta

sdri handayani belum dapat masuk kerja berhubung karna sulitnya tempat/ticket pesawat sehingga terlambat ttk

alamsyah +++

coll wxb983 ach8012/18

ptp ach-jkt exp

Referensi :

Wursanto, IG. 1988. Dasar Dasar Ilmu Tata Usaha. Jakarta : Pustaka Dian.

Materi lain:

Tinggalkan Balasan 2

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Bellaoktavi

Bellaoktavi

Hallo min saat ini kalau ingin menjumpai telegram bisa lihat dimana yah. Penasaran sekali dengan cara kerjanya

portal-ilmu.com

portal-ilmu.com

Hallo Kak, terima kasih pertanyaannya.
Kalau saat ini memang sudah tidak tersedia layanan telegram ya. Jadi, bisa melihat ulasan-ulasan buku lama/ sejarah/ museum.