Teks Ulasan: Pengertian, Ciri – Ciri dan Contoh

Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang jenis teks yang lain, yaitu teks ulasan. Apakah yang dimaksud dengan teks ulasan? Bagaimanakah struktur dari teks ulasan? Akan dijelaskan semuanya di artikel ini.

Semua hal yang berkaitan dengan teks ulasan akan di bahas untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam pada saudara tentang teks ulasan. Silahkan dicermati dan diperhatikan baik – baik pembahasan ini, agar kamu dapat membedakan teks ulasan dengan jenis – jenis teks yang lain.

Pengertian Teks Ulasan

Apakah yang dimaksud dengan teks ulasan? Teks ulasan atau review text. Merupakan salah satu jenis teks yang memberikan pembahasan atau memberikan ulasan tentang suatu karya seni maupun karya yang dihasilkan oleh orang lain.

Karya – karya yang dapat di ulas, antara lain film, buku, dan karya seni. Pengulasan tersebut, berhubungan dengan kelebihan dan kekurangan dari karya – karya tersebut bagi masyarakat umum. Teks ulasan ini dapat juga disebut dengan resensi.

Pendapat  lain menyatakan bahwa teks ulasan merupakan suatu teks yang berisi tentang ulasan maupun penilaian terhadap suatu karya, baik berupa drama maupun berupa film. Keterampilan berpikir kritis dari penilai tentang suatu karya, baik drama maupun film, sangat dibutuhkan.

Hal tersebut disebabkan penilaian yang kritis akan memberikan masukan bagi drama maupun film tersebut, untuk diproduksi menjadi lebih baik lagi. Ulasan karya dimaksudkan sebagai untuk menarik minat pembaca atau pendengar terhadap suatu karya.

Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa teks ulasan merukan sejenis teks yang membahas atau mengulas tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya seni. Lalu apa sajakah ciri – ciri yang dimiliki oleh teks ulasan? Pertanyaan ini akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya mengenai ciri – ciri dari teks ulasan.

Ciri – Ciri Teks Ulasan

Terdapat beberapa ciri – ciri yang harus diperhatikan dalam teks ulasan. Ciri – ciri tersebut yaitu sebagai berikut.

1# Teks ulasan memiliki tujuan bersifat komunikatif. Artinya teks ulasan disusun untuk memberikan kritikan pada suatu kejadian atau peristiwa atau suatu karya seni. Kritikan ini dilakukan untuk pembaca maupun pendengar khalayak umum.

2# Teks ulasan memiliki beberapa sistematika penulisan yang harus diikuti. Sistematika penulisan tersebut yaitu:

  1. Orientasi, merupakan upaya untuk mengenalkan suatu produk, layanan, maupun karya yang akan diberikan ulasan atau yang di nilai. Pendapat lain menyatakan orientasi dapat pula dikatakan sebagai gambaran umum dari karya, baik film maupun drama yang akan diulas. Gambaran umum ini dapat memberikan latar belakang bagi pembaca maupun pendengar tentang hal – hal yang akan diulas.
  2. Evaluasi, merupakan memberikan penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan dari hal – hal yang terdapat pada karya dan yang diulas. Kelebihan dan kekurangan tersebut dapat berkaitan dengan keunikan karya, kualitas karya, dan tidak dengan mudahnya untuk mengatakan baik maupun buruk.
  3. Interpretasi, merupakan suatu opini atau pendapat yang disampaikan penulis pada pembaca mengenai produk maupun hal yang diulas. Interpretasi dapat dilakukan setelah dijabarkan tentang penilaian atau evaluasi dari produk maupun hal tersebut.
  4. Ringkasan, merupakan suatu kesimpulan maupun komentar dari penulis. Yang ditulis di akhir, setelah produk maupun hal tersebut selesai diulas. Pendapat lain menyatakan bahwa pada bagian kesimpulan ini juga memberikan komentar tentang kelayakan dari suatu karya yang dihasilkan, apakah bernilai atau tidak bernilai untuk ditonton maupun dibaca.

3# Teks ulasan memiliki ciri – ciri kebahasan yang utama. Ciri – ciri kebahasan tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Partisipan yang dipilih bersifat spesifik. Artinya teks ulasan fokus pada partisipan tertentu.
  2. Klausa yang digunakan merupakan klausa yang kompleks atau dapat juga disebut dengan klausa yang panjang.
  3. Gaya bahasa yang digunakan dalam teks ulasan yaitu metafora.

Memahami tentang ciri – ciri dari teks ulasan, baik dari segi tujuan komunikatif, maupun struktur dari penulisan teks ulasan, maupun kebahasaan, tidak akan lengkap tanpa disertai dengan contoh. Pembahasan selanjutnya akan memberikan salah satu contoh dari teks ulasan. Semoga dapat membantu saudara dalam memahami tentang teks ulasan.

Baca juga: Pengertian, Tujuan, dan Prinsip dalam Negosiasi 

Contoh Teks Ulasan

Berikut ini akan disajikan salah satu contoh dari teks ulasan yang mengambil cerita dari sinetron anak jalanan. Sinetron ini pada saat ini sedang menjadi tren dikalangan anak muda, bahkan gaya – gaya para pemainnya, seolah menjadi cerminan gaya anak – anak masa sekarang. Silahkan dicermati baik – baik.

Anak Jalanan

RCTI

 

Anak jalanan merupakan salah satu sinetron yang sedang ramai dibicarakan. Film ini menceritakan tentang geng motor, yang terkadang saing dan diselesaikan dengan cara berkelahi antar geng. Selain, perkelahian antar geng, terdapat juga kisah cinta yang diceritakan dalam film ini. Salah satunya kisah cinta seorang wanita yang sudah menjadi istri orang, namun masih mengejar mantan pacarnya.

Kisah ini dikatakan menarik, dalam segi pemain yang masih muda. Menunjukkan bahwa yang muda pun dapat  berkarya melalui akting dalam sebuah sinetron. Selain itu, sikap mama Boy yang lucu dan terkenal dengan kata “cocok”. Menjadikan ciri khas yang dimiliki oleh mama Boy. Dan kehidupan rumah tangga orang tua Boy yang harmonis dan penuh kebahagiaan, terkadang juga menampilkan kelucuannya.

Namun, sayangnya ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh sinetron ini, yaitu penyelesaian masalah dengan cara berkelahi. Selain itu, sikap membalas dendam terhadap orang yang dianggap musuh dengan cara gerombolan. Kisah percintaan tentang seorang wanita yang telah berstatus istri, namun masih mengejar mantan kekasihnya, karena masih ada perasaan suka.

Kisah ini menarik. Ketika melihat kehidupan rumah tangga orang tua Boy. Hal tersebut dapat memberikan pandangan tentang bagaimana kita harus bersikap terhadap pasangan. Kemudian, ciri khas kata yang dimiliki oleh mama Boy, mengajarkan kita perlunya memiliki sesuatu yang membuat orang lain mudah mengenal kita.

Sedangkan, untuk penyelesaian masalah dengan cara berkelahi secara bergerombolan. Nampaknya perlu untuk di perbaiki kembali, sebab akan dapat mengajarkan pada penonton untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang sama, mengingat sekarang banyak kasus kekerasan di sekolah karena meniru akting dari film yang ditonton. Pengawasan orang tua untuk melihat film ini, perlu untuk digalakkan, sebab orang tua dapat memberikan penilaian tentang hal yang layak untuk ditiru.

Kemudian sikap seorang wanita yang sudah beristri, namun masih mengejar mantan pacar tersebut, seyogyanya tidak ditampilkan secara mencolok. Sebab hal tersebut mengajar pembaca tentang suatu perbuatan yang bisa dilakukan. Meskipun ajaran yang dilakukan secara tidak langsung melalui siaran televisi. Namun, hal tersebut akan memberikan dampak yang cukup signifikan.

Meskipun film ini masih memiliki banyak kekurangan. Namun ada beberapa hal yang bisa dijadikan contoh yang baik dalam kehidupan kita. Sedangkan perilaku yang tidak baik, seperti berkelahi, perlu diberikan pengarahan bagi orang tua pada anak, tentang apa yang pantas dan tidak pantas.

Orientasi

 

 

 

Evaluasi

 

 

 

 

 

 

 

Interpretasi

 

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

Contoh di atas semoga dapat memberikan sedikit gambaran tentang teks ulasan, sehingga dapat membantu kalian dalam mengerjakan tugas guru. Selamat belajar.

Referensi:

1. Yudantoro, E. 2014. Pintar dan Juara Bahasa Inggris SMA. Jakarta: Panda Media.
2. http://www.informasibelajar.com/2015/12/teks-ulasan-pengertian-contoh-teks.html

Materi lain:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *