Teks Tantangan (Pengertian, Struktur, dan Contoh)

  • 2
    Shares

Artikel ini akan memberikan pembahasan yang lengkap tentang teks tantangan. Sudah pernahkah kamu mendengar tentang teks tantang? Bagaimana struktur dari teks tantangan. Lalu bagaimanakah bentuk dari teks tantangan?

Semua pertanyaan tersebut akan dijawab di pembahasan di bawah ini. Perhatikan baik – baik setiap pembahasan yang ada dalam artikel ini. Akan kehadiran artikel ini dapat memberikan manfaat bagi adik – adik untuk belajar. Selamat membaca!.

Jangan lupa LIKE FP kami

Pengertian Teks Tantangan

Apakah yang dimaksud dengan teks tantangan? Teks tantangan dapat dikatakan sebagai teks yang bersifat kontra atau melawan. Teks tantangan merupakan suatu teks yang memberikan informasi tentang bantahan atau penolakan terhadap suatu hal atau kondisi atau peristiwa yang bersifat kontroversial.

Peristiwa atau hal tersebut, tentu daja yang sedang berkembang di masyarakat. Bantahan tersebut dilengkapi dengan argumen dan data – data yang diperlukan untuk memberikan penguatan terhadapa bantahan tersebut. Teks tantangan dapat dijumpai dalam kegiatan debat.

Pendapat lain menyatakan bahwa teks tantangan berisikan tentang bantahan atau sanggahan terhadap peristiwa yang kontroversial. Jadi bukan peristiwa biasa, namun peristiwa yang cukup memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan masyarakat. Peristiwa tersebut dapat berupa peristiwa yang sedang berkembang atau peristiwa yang telah terjadi, namun tidak ada kejelasannya atau penyelesaiannya.

Selanjutnya, pendapat lain lagi menyatakan bahwa teks tantangan memberikan bantahan terhadap peristiwa sosial  atau konflik sosial dengan disertai bukti yang valid untuk membantah argumen yang tidak benar.

Kemunculan teks tantangan, pada umumnya terjadi pada saat ada ketidaksesuaian antara kenyataan dengan hal yang diberitakan. Terdapat pihak yang tidak setuju, kemudian melakukan suatu debat untuk memberikan sanggahan.

Selain dengan berdebat, pihak yang tidak setuju dapat membuat suatu selebaran pengakuan tentang suatu peristiwa yang sedang dibicarakan yang sesuai dengan topik di teks tantangan.

Bantahan tersebut menunjukkan ketidaksetujuan dari individu mengenai topik yang sedang dibahas. Penggunaan bukti dan data menjadi bagian yang penting dapat teks tantangan. Sebab dapat digunakan untuk mempertahankan argumentasinya dan dapat dipertimbangkan pendapatnya.

Berdasarkan penjelasan di atas sudah dapat dimengertikan, bahwa teks tantangan itu merupakan penolakan atau bantahan terhadap suatu kondisi. Jika teks tantangan itu sebagai bantahan, lalu apa sajakah struktur dari teks tantangan? Berikut ini akan dijelaskan tentang struktur dari teks tantangan.

Struktur Teks Tantangan

Bagaimanakah struktur dari teks tantangan? Perhatikan penjelasan sebagai berikut. Terdapat tiga hal pokok dalam struktur teks tantangan. Hal tersebut yaitu:

  1. Merupakan bagian dari teks tantangan yang berisikan tentang topik yang akan dibantah. Pada umumnya, topik yang dibicarakan merupakan isu yang sedang berkembang. Topik menjadi bagian penting dalam teks tantangan, sebab topik itu nantinya yang akan dicarikan bukti yang valid untuk memperkuat argumen.
  2. Merupakan bagian dari teks tantangan yang berisikan tentang alasan atau bukti – bukti. Bukti tersebut memiliki fungsi untuk memberikan dukungan terhadap bantahan dari topik yang sedang dibicarakan. Bukti yang ditunjukkan dalam teks tantangan, bersifat valid. Valid artinya dapat dipercaya sumbernya.
  3. Merupakan bagian dari teks tantangan yang berisi tentang pernyataan. Pernyataan tersebut dimaksudkan untuk menegaskan suatu bantahan.

Sudah pahamkan tentang struktur dari teks tantangan. Ternyata teks tantangan tersebut memiliki beberapa struktur yang harus diperhatikan. Kemudian bagaimanakah bentuk kebahasaan yang harus termuat dalam teks tantangan. Hal tersebut akan dijelaskan di pembahasan selanjutnya.

Baca juga: Teks Eksemplum (Pengertian, Karakteristik, Struktur, Ciri – ciri, dan Contoh)

Kebahasaan Teks Tantangan

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan pada kebahasaan di teks tantangan. Hal – hal tersebut, yaitu sebagai berikut.

  1. Kata rujukan. Merupakan suatu kata yang memberikan informasi. Informasi tersebut menunjukkan rujukan yang di ambil.
  2. Pilihan kata. Gagasan atau ide yang disampaikan dalam teks tantangan, perlu menggunakan kata – kata yang baik.
  3. Kata hubung. Merupakan bagian dari kebahasaan teks tantangan yang berfungsi untuk menghubungkan kata dalam teks.
  4. Kalimat yang digunakan, yaitu kalimat kompleks. Merupakan suatu kalimat yang memiliki struktur lebih dari satu. Bukan hanya, strukturnya saja yang lebih dari satu, bahkan verba yang digunakan juga lebih dari satu.

Penjabaran di atas menunjukkan tentang kaidah kebahasaan yang harus di muat dalam teks tantangan. Menuliskan teks tantangan, perlu memperhatikan kaidah kebahasaan yang akan digunakan.

Tujuannya agar bahasa yang dituliskan, baik dan jelas. Mempelajari tentang teks tantangan tidak akan lengkap rasanya, tanpa mengetahui contoh dari teks tantangan. Pembahasan selanjutnya, akan memberikan salah satu contoh dari teks tantangan. Silahkan diperhatikan baik – baik. Setelah mempelajari teks tantangan pelajari juga Metode Pidato untuk meningkatkan kemampuan verbalmu.

Contoh Teks Tantangan

Berikut ini akan diberikan salah satu contoh dari teks tantangan yang akan dapat membantumu dalam lebih memahami teks tersebut. Silahkan diperhatikan baik – baik.

Teks Tantangan tentang Penggunaan Gadget

Gadget merupakan salah satu alat komunikasi yang saat ini sedang menjadi tren untuk dimiliki oleh setiap orang. Salah satu gadget yang saat ini sering digunakan oleh manusia, yaitu handphone. Handphone merupakan salah satu alat komunikasi yang digunakan untuk menghubungi orang lain dengan menggunakan pesawat telepon yang dapat di bawa kemana mana. Banyak yang berpendapat bahwa handphone dapat memberikan kerugian bagi banyak pihak. Hal tersebut disebabkan orang yang sudah menggunakan handphone akan menjadi lupa akan waktu, dan menghabiskan kegiatannya hanya untuk bermain handphone, baik untuk bermain game maupun untuk kegiatan lain.

Namun, penilaian di atas tidak sepenuhnya benar. Handphone sebagai salah satu alat komunikasi dapat membantu menghubungkan individu yang letaknya berjauhan dengan individu yang lainnya. Jika, dulu kita selalu menggunakan surat untuk mengetahui kondisi atau kabar saudara maupun teman kita yang letaknya sangat berjauhan dengan kita. Sekarang penggunaan handphone dapat membantu dalam mengatasi kondisi tersebut. Handphone dipandang lebih efektif dan efisien untuk mengetahui kondisi atau kabar atau untuk berkomunikasi dengan orang lain. Orang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh informasi.

Selain untuk komunikasi, handphone bisa digunakan untuk mencari informasi dari internet. Informasi tersebut tentu saja informasi yang bermanfaat dalam bidang pendidikan atau untuk meningkatkan kualitas pekerjaan. Apabila anda melihat orang menggunakan handphone hanya untuk bermain game atau hanya menggunakan media sosial saja, itu berarti orang tersebut belum paham benar tentang manfaat dari handphone. Handphone yang seharusnya bisa menjadi sarana yang menguntungkan untuk membantunya dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan, justru menjadi momok yang menakutkan untuk mengurangi kualitas diri pribadi individu.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi saudara untuk memperoleh informasi tentang teks tantangan. Di mana teks tantangan merupakan bacaan yang berisi tentang sanggahan dari peristiwa yang sedang berkembang dengan disertai data – data yang relevan untuk digunakan individu dalam memperkuat argumentasinya. Selanjutnya, melalui contoh saudara akan dapat lebih memahami tentang teks tantangan dan membuat teks tantangan. Selamat mempelajari teks tantangan.

Referensi:

www.informasibelajar.com

7 Replies to “Teks Tantangan (Pengertian, Struktur, dan Contoh)”

  1. Andre Ferdinan Arianto berkata:

    Sipp

  2. Hazmi berkata:

    Kenapa struktur teks nya ada argumen manfaat, bukan nya teks tantagan mah argumen nya membantah semua?

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Halo Hazmi. Betul sekali. Teks tantangan berisi argumen bantahan. Hanya saja, argumen manfaat tersebut merupakan bagian dari contoh teks tantangan. Dalam contoh teks tantangan tersebut, hal yang dibantah adalah penggunaan handphone yang dianggap “merugikan”. Karenanya, tantangan atau bantahan dari argumen umum tersebut adalah mengenai “manfaat handphone” yang merupakan kebalikan dari argumen utama yang dibantah. Jadi, argumen manfaat di sini bukan bagian dari struktur teks tantangan. Hanya kebetulan saja tema yang diangkat demikian. Misal argumen yang dibantah adalah gajah itu besar, maka kita akan membantah dengan gajah itu kecil. Begitu pula jika ada argumen bahwa transportasi massal Indonesia itu kuno, maka kita akan membantahnya dengan menyatakan bahwa transportasi masal milik Indonesia sudah modern. Semoga jawabannya membantu ya …
      Terima kasih sudah berkunjung. 🙂

  3. asep berkata:

    mantap maakasih ya jadi bahan buat saya

  4. fardha berkata:

    tolong sebut in contoh kalimat yang menggunakan kata yakni,merupakan,yaitu,adalah,karena yang bernada tantangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close