Teks Iklan: Pengertian, Struktur, Ciri – ciri, Fungsi, dan Contoh

Artikel ini akan membahas tentang teks iklan. Apakah yang dimaksud dengan teks iklan? Tentu akan jadi pertanyaan utama dalam pikiran kita, sebelum menginjak ke pembahasan yang lain. Mengetahui pengertian dari teks iklan, akan mendorong kita untuk memahami tentang definisi dari teks iklan.

Setelah itu, kita akan menjelaskan tentang fungsi dari teks iklan. Dan masih banyak hal lagi yang akan dijelaskan di sini, bahkan kami akan menunjukkan contoh dari teks iklan, agar anda dapat memahami bagaimana bentuk dari teks iklan. Agar menambah wawasan, perlu dipelajari juga mengenai Apa itu Iklan? . Jika sudah silahkan diperhatikan baik – baik penjelasan berikut.

Pengertian Teks Iklan

Pembahasan ini akan menjawab pertanyaan tentang apakah yang dimaksud dengan teks iklan. Kita tidak dapat melangkah ke pembahasan selanjutnya, tanpa mengetahui terlebih dahulu tentang pengertiannya, bukan?

Teks iklan sebagai suatu media komunikasi yang sangat efektif untuk digunakan oleh produsen dalam menawarkan barang maupun jasa yang sedang diproduksi. Barang dan jasa tersebut ditujukan untuk masyrakat umum.

Biasanya dalam membuat teks iklan, produsen akan membuat teks iklan yang sangat menarik. Tujuannya agar orang lain bersedia untuk membeli maupun menikmati barang atau jasa yang ditawarkan.

Ketika, seorang pembaca tertarik terhadap teks iklan yang ditawarkan, maka penjual barang atau jasa tersebut akan memperoleh keuntungan dari hasil pembelian seorang konsumen. Berbagai produk bisa ditawarkan dalam teks iklan.

Tentu saja, harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen atau masyarakat. Menjual produk yang tidak memiliki manfaat, bagi masyarakat, akan menjadi produk tersebut gagal di pasaran.

Teks iklan dapat dijumpai, salah satunya melalui televisi. Televisi sebagai media elektronik yang menampilkan berbagai iklan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat umum. Bahkan, teks iklan juga mulai bermunculan di media internet.

Selain dari media televisi dan internet, teks iklan dapat juga kita temui dalam surat kabar, majalah, maupun koran. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada berbagai alternatif pilihan untuk menampilkan teks iklan.

Produsen dapat memilih media manapun untuk menampilkan iklannya. Tentu saja, setiap media yang digunakan produsen memiliki beberapa keuntungan dan kelemahan yang harus dipertimbangan.

Keuntungan dan kelemahan dalam penggunaan media, dapat dilihat dari keefektifan dari media, harga yang ditawarkan apakah mampu dijangkau oleh produsen. Kemudian,banyaknya minat dari pembaca dalam memanfaatkan media tersebut, baik elektronik maupun non elektronik.

Perbedaan dalam penggunaan media yang akan digunakan untuk menampilkan iklan, tetap untuk mencapai satu tujuan, yaitu mengenalkan pada pembaca tentang produk yang ditawarkan.

Sudah mengertikan pengertian dari teks iklan. Bahkan, juga disampaikan pula tentang tujuan dari teks iklan, beserta media yang biasanya digunakan untuk menampilkan teks iklan. Lalu, setelah kita mengetahui tentang pengertian dari teks iklan, apa saja sih struktur dari teks iklan? Sudah penasarankan! Perhatikan pembahasan selanjutnya.

Baca juga: Teks Eksemplum (Pengertian, Karakteristik, Struktur, Ciri – ciri, dan Contoh)

Struktur Teks Iklan

Teks iklan memiliki 3 struktur yang harus diperhatikan, ketika menyusun suatu iklan. Struktur tersebut, yaitu sebagai berikut.

  1. Judul merupakan bagian terpenting dalam teks iklan. Pada umumnya, judul diletakkan di bagian atas. Orang atau pembaca pertama kali akan melihat judul dari iklan terlebih dahulu. Namun, meskipun demikian, ada juga iklan yang tidak menampilkan judul dalam teksnya.
  2. Nama produk maupun jasa. Bagian ini dalam teks iklan berfungsi untuk mengenalkan barang atau jasa pada konsumen. Tujuannya agar pembaca atau konsumen mengetahui dan memahami tentang nama dan jenis barang atau jasa yang ditawarkan.
  3. Deskripsi memberikan penjelasan yang lengkap tentang barang atau jasa yang hendak ditawarkan pada masyarakat. Kalimat yang dituliskan pada bagian deskripsi ini menarik dan memiliki tujuan untuk mengajak orang lain, agar bersedia membeli barang atau jasa tersebut.

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa judul, nama produk, dan deskripsi menjadi bagian yang penting dalam teks iklan. Menghilangkan salah satu dari bagian tersebut akan menjadikan pembaca kurang memahami tentang teks iklan yang ditawarkan.

Semua bagian tersebut saling terkait untuk membuat teks iklan, yang bagus. Selanjutnya, akan dijelaskan tentang ciri – ciri teks iklan, ditinjau dari segi kebahasaan. Mengapa kita perlu mempelajarinya, sebab ketika membuat teks iklan, bahasa sebagai salah satu alat untuk menarik minat pembeli atau konsumen.

Ciri – Ciri Kebahasaan dari Teks Iklan

Ciri –ciri dari teks iklan ditinjau dari kebahasaan, yaitu sebagai berikut.

  1. Kalimat yang digunakan berupa kalimat slogan. Kalimat slogan dalam teks iklan menjadi bagian yang penting, sebab pembaca akan mudah mengingat slogan tersebut dan menjadi tertarik. Slogan sama halnya dengan motto, yang dapat dengan mudahnya melekat pada pikiran seseorang. Slogan dapat pula diartikan sebagai semboyan mengenai produk, baik jasa maupun barang yang ditawarkan. Slogan terdiri dari berbagai jenis, yang bergantung pada produk yang ditawarkan produsen.
  2. Kalimat dalam teks iklan bersifat membujuk atau dinamakan dengan persuasif

Selain penggunaan slogan, kalimat yang digunakan dalam teks iklan merupakan kalimat yang bersifat persuasif. Tujuannya untuk membujuk atau mengajak pembaca agar tertarik. Ketertarikan dari pembaca akan mendorong mereka untuk membeli produk, baik barang atau jasa tersebut. Kalimat persuasif yang bisa dituliskan dalam teks iklan, dibuat seunik mungkin.

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa kalimat slogan dan kalimat persuasif menjadi ciri – ciri kebahasaan yang penting dalam suatu teks iklan. Pembaca akan menjadi tertarik dan penasaran terhadap barang maupun jasa yang ditawarkan.

Teks iklan yang tidak menggunakan kedua jenis kalimat tersebut, akan menyebabkan pembaca ogah untuk melihatnya. Lebih lanjut, sebenarnya apa sih fungsi dari teks iklan? Hal tersebut akan dijelaskan di pembahasan di bawah ini.

Fungsi Teks Iklan

Teks iklan memiliki beberapa fungsi yang perlu untuk dipahami. Apa saja fungsi dari teks iklan? Berikut penjelasannya.

  1. Teks iklan memiliki fungsi informatif. Pada fungsi ini, teks iklan berperan untuk memberikan informasi pada khalayak umum mengenai barang atau jasa yang ditawarkan. Informasi yang diberikan pada pembaca akan menjadikan pembaca memahami tentang maksud dari barang dan jasa tersebut ditawarkan pada mereka.
  2. Teks iklan memiliki fungsi kontaktif. Pada fungsi ini, teks iklan berperan dalam membangun hubungan dengan pembaca. Maksudnya adalah iklan barang dan jasa yang ditawarkan untuk membuat hubungan dengan pembaca agar terpengaruh, sehingga bersedia untuk membeli atau memanfaatkannya. Menciptakan hubungan dengan pembaca dengan menggunakan kata – kata yang bersifat persuasif menjadi penting.
  3. Teks iklan memiliki fungsi apelatif. Pada fungsi ini, dalam teks iklan tentunya perlu disebutkan tentang nama, baik nama produk barang maupun jasa yang ditawarkan, perusahaan maupun lembaga yang bertanggung jawab terhadap penayangan iklan tersebut, tempat dimana pembaca dapat menemukan barang atau jasa tersebut, sehingga memudahkan pembaca dalam melalukan pencarian.

Agar fungsi tersebut dapat tercapai, maka pemilihan kata yang digunakan dalam teks iklan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Di bawah ini akan diberikan salah satu contoh dari teks iklan.

Contoh dari Teks Iklan

Berikut akan ditampilkan contoh tentang teks iklan yang bertemakan penawaran rumah.

Pemaparan di atas memberikan gambaran pada kita tentang Pengertian, Struktur, Ciri – ciri, Fungsi, dan Contoh Teks Iklan. Semoga kehadiran artikel ini akan dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekalian yang membutuhkan informasi tentang teks iklan.

Referensi:

1. http://contoh.in/media-contoh-iklan-menjual-rumah-beserta-tips-membuatnya.htm
2. Purwo, B.K. 2000. Kajian Serba Linguistik: untuk Anton Moeliono Pereksa Bahasa. Jakarta: Gunung Mulia.
2. http://pengertiandefinisi.com/pengertian-slogan-dan-contohnya/
3. http://www.informasibelajar.com/2015/11/pengertian-teks-iklan-struktur-dan-contoh.html#
4. http://www.perumahanmurahbekasi.com/2014/05/brosur-rumah-murah-tambun-bekasi-griya.html

Materi lain:

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *