Tata Ruang Kantor Bersekat atau Berkamar (Ciri, Keuntungan dan Kerugian)

Ketika bekerja di suatu kantor, tentunya Anda akan dihadapkan dengan tata ruang kantor tertentu. Tata ruang kantor ini pada dasarnya berhubungan erat dengan kenyamanan Anda dan juga para pengguna kantor lain ketika bekerja. Dengan tata ruang kantor yang baik, maka kinerja para pegawai atau karyawan bisa jadi lebih lancar dan maksimal.

Adanya penataan ruang kantor adalah salah satu faktor penting yang bisa menentukan kelancaran pelaksanaan tata usaha perkantoran. Tata ruang yang baik akan memberikan manfaat bagi organisasi yang bersangkutan untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya sampai tercapainya tujuan yang diharapkan.

Tata ruang kantor ini bisa bermacam -macam. Macam tata ruang kantor secara umum yang dikenal ada empat, yakni tata ruang kantor bersekat/ berkamar, tata ruang kantor terbuka, tata ruang kantor berhias/ berpanorama/ bertaman, dan tata ruang kantor gabungan.

Masing -masing dari tata ruang kantor ini mempunyai ciri khasnya masing -masing sekaligus keuntungan dan kerugiannya. Nah, kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai jenis tata ruang kantor yang pertama, yakni tata ruang kantor bersekat/ berkamar.

Bentuk Tata Ruang Kantor Bersekat/ Berkamar

Tata ruang kantor bersekat atau berkamar ini juga disebut dengan cubicle type offices. Jenis tata ruang kantor bersekat/ berkamar (cubicle type offices) ini adalah tata ruangan untuk bekerja yang dipisahkan atau dibagi -bagi ke dalam sekat -sekat kerja atau ke dalam kamar -kamar.

Sekat -sekat atau kamar kerja tersebut dipisahkan dengan tembok atau penyekat yang terbuat dari kayu. Tata ruang kantor besekat/ berkamar itu juga disebut dengan tata ruang kantor tertutup. Jadi, masing -masing pekerja akan bekerja di dalam sekat -sekat tersebut.

Keuntungan tata ruang kantor bersekat/ berkamar

Tata ruang kantor bersekat atau berkamar ini memiliki keuntungan tersendiri. Keuntungan tata ruang kantor bersekat atau berkamar, meliputi:

  • Konsentrasi terhadap pekerjaan bisa lebih terjamin.
  • Kerahasiaan pekerjaan bisa lebih terjamin atau terlindungai, baik dari segi pembincaraan, dokumen, atau pun aset perusahaan yang berharga lainnya.
  • Dapat meningkatkan kewibawaan para pekerja atau pegawai, terutama yang mempunyai jabatan. Karenanya, status pejabat dapat selalu terpelihara berkat adanya kewibawaan pejabat/ pemimpin tersebut.
  • Bisa menjamin keberhasilan kerja para pekerja serta membuat para pekerja merasa ikut bertanggung jawab atas ruangan dan tumbuhnya rasa memiliki akan ruangan tersebut.
  • Menunjukkan lebih menghargai tamu yang datang.

Kerugian Tata Ruang Kantor Bersekat/ Berkamar

Meski mempunyai berbagai keunggulan, tapi tata ruang kantor bersekat/ berkamar juga mempunyai kerugian tertentu. Kerugian tata ruang kantor bersekat/ nerkamar, misalnya

  • Komunikasi langsung antar pegawai dapat menjadi tidak lancar karena adanya pemisahan atau sekat tersebut, sehingga kesempatan untuk melakukan komunikasi menjadi berkurang.
  • Pemisahan ruang kantor dengan cara bersekat/ berkamar akan memerlukan biaya yang cukup besar, terutama biaya untuk pemeliharaan ruangan, pengaturan penerangan, dan juga biaya peralatan lain.
  • Penggunaan ruagnan menjadi kurang luwes jika terjadi perubahan atau perkembangan organisasi.
  • Pemisahan ruang kantor dapat membuat pengawasan jadi lebih sulit.
  • Tata ruang kantor bersekat/ berkamar membutuhkan ruangan yang luas.

Referensi :

Widiyanti, Ika. 2002. Administrasi Perkantoran : Bidang Keahlian Bisnis dan Menejemen. Surabaya : Yudhistira.

Materi lain:

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *