Mengenal Dunia Survey dan Survey Online

Riset dan pengembangan bagi suatu perusahaan adalah hal penting. Hal ini dilakukan perusahaan untuk bisa mencapai target dan menjadi lebih baik. Salah satu langkah yang dilakukan dalam riset dan pengembangan ini dilakukan melalui metode survey.

Pengertian survey

Pengertian survey adalah suatu metode yang digunakan dalam penelitian sosial untuk mengumpulkan informasi dari responden dengan menggunakan angket atau kuesioner. Tujuannya adalah bisa memperoleh data dan gambaran terkait suatu hal yang ingin diteliti.

Misalnya saja, survey dilakukan untuk mengetahui seberapa tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk A. Bisa juga, survey dilakukan untuk mengetahui preferensi masyarakat terhadap produk dengan desain kemasan simple atau penuh warna.

Bagi dunia usaha, survey adalah hal yang penting. Survey dapat membantu dunia usaha untuk berkembang sesuai dengan keinginan pasar. Inilah yang membuat survey menjadi hal menarik dan banyak berkembang.

Survey Online

Untuk bisa mendapatkan data dari responden, angket atau kuisioner biasanya didistribusikan langsung kepada para responden. Namun, seiring perkembangan teknologi, media online yang semakin berkembang pun mulai banyak dimanfaatkan untuk survey online.

Survey online adalah sebutan bagi metode survey yang memanfaatkan media online untuk mengumpulkan data dari para responden, dengan mendistribusikan angket atau kuisioner secara online.

Dalam survey online, komunikasi hingga proses pengisian dan pengembalian angket dilakukan melalui media online. Bisa dikatakan, cara ini merupakan terobosan yang menarik dan membuat teknis pelaksanaan survey jadi lebih praktis.

Hanya dengan modal teknologi dan akses internet, kita bisa menjangkau responden dalam jumlah besar dan dalam wilayah yang luas serta beragam. Tentunya, langkah ini juga sekaligus menghemat waktu dan tenaga dalam melaksanakan survey.

Menariknya, survey online kini sering jadi tempat bagi orang-orang untuk mendapatkan uang. Kenapa? Karena para responden yang bersedia menjawab pertanyaan dalam survey ini bisa memperoleh bayaran.

Survey online adalah layanan di internet yang sering dikenal sebagai tempat berburu dollar. Banyak orang yang mencoba mengikuti survey online ini, demi berusaha mendapatkan nominal uang tertentu.

Pada dasarnya, sistem survey online ini memang sangat mudah diikuti. Kira bisa mencari uang lewai survey online dengan mendaftarkan diri, lalu mengisi pertanyaan-pertanyaan atau penilaian yang muncul. Hanya dengan cara ini, kita sudah bisa mendapatkan uang. Menarik bukan?

Mengapa survey online bisa membayar Anda?

Pertanyaan menarik muncul ketika banyak orang heran kenapa kita bisa mendapatkan uang secara mudah, hanya dengan menjawab pertanyaan dalam survey online. Hal ini sebetulnya adalah hal logis.

Ini lantaran banyak perusahaan perlu untuk mengetahui pendapat konsumen agar bisa mengembangkan produk, layanan atau usahanya. Suatu perusahaan yang hendak mengembangkan usahanya, akan berusaha mengetahui pendapat dari masyarakat sebagai target pasarnya.

Karena kebutuhan inilah, perusahaan bersedia untuk membayar pihak ketiga untuk bisa memperoleh data survey pelanggannya. Biasanya, perusahaan akan memilih pihak ketiga sebagai penyedia layanan situs online atau media yang melaksanakan survei.

Penyedia survey online inilah yang akan mencari para kontributor atau responden untuk mengisi kebutuhan survey kliennya. Agar lebih menarik minat para responden, biasanya media akan menawarkan sejumlah uang sebagai komisi bagi para responden yang bersedia mengisi survey.

Jika mampu menjadi kontributor survey dalam sejumlah survey, tentu komisi yang diperoleh juga akan semakin besar. Inilah yang membuat survey online semakin banyak peminat dan bahkan sering dijadikan sebagai ladang mencari rejeki.

Referensi:

  • Damasha, Kyla. 2019. Survey Berbayar untuk Mendapatkan Uang Tambahan? Gampang Banget! Diakses dari https://www.cekaja.com/info/survey-berbayar-untuk-mendapatkan-uang-tambahan-gampang-banget/
  • Noviyanto. Tt. Cara Memanfaatkan Jasa Survey Online Untuk Pengembangan Bisnis. Diakses dari https://koinworks.com/blog/memanfaatkan-jasa-survey-online/
  • Sosiologis. 2018. Metode Survey: Pengertian & Proses Penelitiannya. Diakses dari http://sosiologis.com/metode-survey

Bacaan lain:

Tinggalkan Balasan 1

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Yani Musfida

Yani Musfida

Suatu Perusahaan untuk mengembang kan perusahaan harus memperluas cabang cabang nya sampai ke pelosok desa tidak hanya di perkotaan saja.
buka cabang yang banyak penduduknya