Latihan Soal Tes Kemampuan Dasar (TKD)

by:

Kemampuan untuk bisa mengerjakan soal-soal tes intelegensi umum (Soal TIU) atau yang juga sering disebut soal-soal Tes Kemampuan Dasar (Soal TKD) adalah hal penting. Kenapa penting? Ini karena jenis tes ini sering digunakan untuk seleksi, baik itu seleksi untuk pekerjaan maupun untuk memasuki perguruan tinggi.

Dalam tes Calon Pegawai Negeri Sipil (Tes CPNS), salah satu komponen soal yang digunakan adalah soal TIU. Ketika kita mendaftar ke BUMN pun, terkadang kita juga akan diminta untuk mengerjakan TIU. Beberapa tes pekerjaan juga sering mengharuskan untuk seleksi dengan soal TIU.

Selain itu, ketika kita hendak lanjut mendaftar ke perguruan tinggi, kita juga akan diminta untuk mengukur kemampuan intelegensi kita dengan menggunakan Tes Kemampuan Dasar atau TKD ini. Cukup banyak juga ya manfaat tes ini?

Pada dasarnya, tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan dasar atau kemampuan intelegensi kita secara umum. Di dalam jenis Tes Intelegensi Umum, biasanya terdapat beberapa komponen soal, yang terdiri dari tes kemampuan verbal, tes kemampuan numerik, tes kemampuan berpikir logis, serta tes kemampuan berpikir analitis.

Tes kemampuan verbal adalah tes yang secara lebih spesifik bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. Di dalam tes ini, terdapat komponen tes meliputi tes sinonim/ persamaan kata, tes antonim/ lawan kata, tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.

Tes kemampuan numerik adalah tes yang digunakan secara spesifik untuk mengukur kemampuan seseorang dalam melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka – angka. Jadi, di dalam tes ini akan tersaji banyak hitungan angka matematis praktis.

Tes kemampuan berpikir logis secara khusus dapat berguna untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam melakukan penalaran secara runtut dan sistematis. Di dalamnya akan ada soal-soal cerita/ premis yang menuntut kita untuk dapat mengambil kesimpulan tepat, yang terkait dengan runtutan tertentu.

Adapun tes kemampuan berpikir analitis digunakan secara khusus guna mengukur kemampuan seseorang untuk mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Tes ini disajikan dalam bentuk soal cerita dengan permasalahan yang butuh untuk kita selesaikan.

Soal-soal TIU atau Soal-soal TKD ini sering dianggap sebagai soal yang susah oleh sebagian orang. Padahal, sebetulnya soal-soal ini tidaklah terlalu sukar, asalkan kita sudah terbiasa mengerjakan soal-soal serupa.

Artinya, kita butuh untuk berlatih soal-soal TKD atau TIU ini sesering mungkin. Bagi Anda yang ingin latihan soal TIU atau latihan soal TKD, Anda bisa menjajal sajian soal-soal yang telah disusun dan dirangkum oleh tim portal-ilmu.com. Latihan soal ini dibuat semirip mungkin dengan konsep soal pada TIU atau TKD pada umumnya.

Secara rutin, tim kami juga akan berusaha untuk terus menambahkan latihan soal ini agar Anda bisa menambah porsi latihan Anda. Tak lupa, kami ikut mendoakan teman-teman semua yang menjajal latihan soal ini agar bisa sukses dengan target masing-masing.

Loading...

Jangan lupa untuk SHARE latihan soal yang disediakan di sini kepada teman-teman Anda lainnya, agar mereka bisa ikut menjajal ya.

Kemampuan verbal

Tes Sinonim

  1. Tes Sinonim 1
  2. Tes Sinonim 2

Tes Antonim

  1. Tes Antonim 1
  2. Tes Antonim 2

Tes Padanan Hubungan Kata

  1. Tes Padanan Hubungan Kata 1
  2. Tes Padanan Hubungan Kata 2

Tes Pengelompokan Kata

  1. Tes Pengelompokan Kata 1
  2. Tes Pengelompokan Kata 2

Selamat mencoba, semoga beruntung dan sukses selalu.

Bagikan Jika Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *