Kumpulan Soal Latihan Psikotes Berbasis Online


Dalam tahap seleksi kerja, perusahaan-perusahaan sering menerapkan psikotes. Soal psikotes sering disajikan untuk mengetahui watak para pelamar kerja, dari berbagai segi, mulai dari kepribadian, ketertarikan, intelegensi hingga attitudenya.

Kini, banyak perusahaan atau instansi yang meminta para calon pekerjanya untuk mengerjakan soal psikotes terlebih dahulu. Bahkan, sekolah-sekolah juga mulai menerapkan tes psikotes ini untuk mencari kandidat yang dianggap sesuai dengan visi misinya.

Hasil psikotes yang dikerjakan dianggap cukup mampu memberikan gambaran terkait kecocokan seorang pelamar untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jadi, intinya adalah cocok atau tidak cocok, bukannya benar atau salah.

Ada banyak jenis soal psikotes yang bisa digunakan. Namun, yang paling populer atau paling sering digunakan ada tujuh jenis soal, yang meliputi :

1. Tes Psikotes untuk Kemampuan Verbal

Tes ini berperan dalam menilai kemampuan seseorang dalam menghadapi kondisi tertentu, apakah ia cukup mampu menebak dan memahami sebab akibat dari permasalahan atau tidak.

2. Tes Psikotes Wartegg

Tes ini berperan dalam mengenali karakter dalam diri seseorang, serta bagaimana kemampuannya dalam menyelesaikan masalah, beradaptasi, juga mengetahui keuletan dan kemauannya.

3. Tes Psikotes Logika Aritmatika

Tes ini berperan mengetahui daya fokus dan konsentrasi seseorang ketika menghadapi masalah. Tes ini bisa disusun dalam bentuk tes matematika dasar, tes kemampuan kuantitatif dan tes kemampuan analitik.

4. Tes Psikotes Logika Deret Gambar (Penalaran)

Tes ini berperan dalam mengasah konsentrasi seseorang dan seberapa kuat penalarannya.

5. Tes Kraepelin/ Pauli (Tes Koran)

Tes ini berperan untuk menilai kesungguhan seseorang dan kemampuan berkonsentrasinya.

6. Tes Menggambar Orang atau Menggambar Pohon

Tes ini berperan dalam mengetahui tingkat kejelian seseorang dalam menilai suatu hal atau masalah.

7. Tes Psikotes Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Tes ini berperan dalam menggambarkan kepribadian dan karakter seseorang secara detail.

Untuk bisa menghadapi soal psikotes dengan baik, tentunya akan lebih baik jika Anda berlatih terlebih dahulu. Setidaknya, ketika Anda memiliki gambaran tentang tes yang akan dihadapi, Anda akan merasa lebih siap dan percaya diri. Alhasil, tes psikotes yang Anda lalui bisa lebih memuaskan.

Untuk membantu Anda latihan psikotes, berikut tersedia kumpulan soal psikotes yang bisa Anda kerjakan. Soal psikotes yang tersedia bisa dikerjakan secara online dalam laman ini. Selamat mencoba dan semoga beruntung.

Soal Psikotes untuk Kemampuan Verbal

  1. Tes Psikotes untuk Kemampuan Verbal #1

Soal Psikotes Wartegg

Soal Psikotes Logika Aritmatika

Soal Psikotes Logika Deret Gambar (Penalaran)

Soal Kraeplien/Pauli (Koran)

Soal Menggambar Orang atau Menggambar Pohon

Soal Psikotes Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)


Oleh:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *