Resensi Buku Psikologi Who Am I

Mengenali lebih jauh tentang diri kita dan mengembangkan potensi diri sendiri memang hal penting. Itu sebabnya, kita perlu terus melakukan perbaikan diri. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan membaca buku. Nah, bagi Anda yang tertarik mencari buku psikologi menarik, Anda mungkin bisa mencoba buku Who Am I.

Berikut adalah resensi buku Psikologi Who Am I. Simak ulasannya ya..

Identitas Buku:

Judul : Who Am I : Personality Test.
Penerbit : PT. Tangga Pustaka, Jl. H. Montong No. 57, Cuganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12630.

Jumlah Halaman : 254 halaman+cover
Penulis : @psikologID
Ukuran : 13 x 19 cm

Kali ini saya akan menuliskan sebuah resensi buku atau yang biasanya ditulis dalam sebuah koran dan majalah disebut sebagai “Ulasan”. Resensi buku yang akan saya sajikan kali ini adalah salah satu seri dari Buku Psikologi, yakni (2) Love is You : Love & Personality Test dan (3) Who Am I 3 : Personality Test.

Sebagai informasi, menurut saya, buku ini bukan seperti buku-buku psikologi yang menjelaskan akan sesuatu secara luas dan detail seperti buku-buku teori. Namun, buku ini berupa kuesioner-kuesioner yang nantinya bisa kalian jawab.

Buku ini juga memiliki beberapa bab dan setiap babnya memiliki fokus kuesioner tersendiri misalkan, mengenai keluarga, personal, teman dan masih banyak lagi. Buku ini dibuat dengan ditujukan kepada para pembaca agar lebih mengenal diri sendiri dan juga untuk meng-upgrade diri sendiri.

Selama ini, merupakan hal sulit dalam mengetahui tentang seperti apa diri kita ini, lebih mudah dan lebih sering kita lakukan adalah mengamati, memahami dan menilai orang lain.

Jadi, buku ini dibuat agar kita tahu seperti apa diri kita ini dan dapat menilai serta memahami diri kita sendiri. Buku ini sendiri memiliki banyak seri. Akan tetapi, di sini saya hanya membahas buku yang pernah saya baca dan yang saya miliki.

Di sini saya memiliki 3 seri, yang pertama adalah “Who Am I : Personality Test, Kenali & Upgrade Dirimu”. Di buku seri yang pertama ini membahas mengenai personal atau diri kita sendiri seperti, golongan introvert atau ekstrovert kah diri kita ini, cara belajar apa yang cocok dengan kita, mengenai kemandirian kita, mengenai minat karier kita, dan masih ada banyak lagi.

Buku seri yang kedua, “Love is You : love & Personality Test, Seberapa Serius Cintamu Padanya”. Di buku yang kedua ini, ada love dan personality test yang kuesionernya tertuju mengenai persoalan cinta diri sendiri seperti, analogi cinta, juga ada test berdasarkan cara kita menulis, mengenai tipe pasangan yang sesuai dengan tempramen kita, PDKT seperti apa yang bisa kita lakukan dan masih banyak lagi.

Namun, kita tidak boleh hanya terpaku pada buku itu saja. Perlu kita ketahui bahwa tidak selamanya manusia memiliki personal yang selalu sama. Manusia juga mengalami perkembangan, baik fisik maupun pikiran kita.

Apalagi mengenai cinta, setiap orang ditakdirkan memiliki pasangannya masing-masing. Jadi, kembali lagi ke realita, yang seperti apa pasangan kita kelak tidak akan ada yang tahu kecuali Tuhan sendiri. Jadi, saya ingatkan lagi jangan terpaku sepenuhnya pada buku ini saja. Kalian juga dapat meng-upgrade dan meng-eksplor diri sendiri dengan cara kita sendiri.

Dan buku yang ketiga, “Who Am I 3 : Personality Test, Kenali & Upgrade dirimu”. Hampir sama seperti buku seri yang pertama. Namun, karena buku ini diterbitkan setelah seri pertama, tentu saja isi dan bobot pertanyaan untuk kuisionernya lebih terbaru dan masih seputar personal atau pribadi kita serta lingkungan kita.

Kelebihan Buku

Kelebihan buku ini adalah, buku ini cocok untuk banyak kalangan, baik yang muda maupun yang tua. Ini karena buku ini bersifat universal. Siapapun dapat membacanya. Selain itu, bahasanya juga mudah dimengerti. Bahasa yang digunakan mudah untuk kita pahami.

Agar tidak jenuh dengan banyaknya tulisan, buku ini juga menyisipkan beberapa gambar dan juga terdapat quotes yang dapat memotivasi diri kita saat membacanya. terkait masalah harga, harganyapun juga terjangkau. Bukunya juga tidak terlalu tebal, bahan kertasnya juga pas, tidak terlalu tipis dan juga tidak terlalu tebal.

Kelemahan Buku

Kelemahan buku ini adalah, buku ini adalah sebuah buku yang memuat kuisioner, yang dalam pembuatannya diperlukan banyak sekali uji coba agar akurat meskipun tidak 100% tepat. Namun, buku ini hanya lebih mengarah ke kecenderungan diri kita.

Buku ini tidak berwarna. Gambarannya pun hanya menggunakan 2 warna hitam dan putih atau biru dan putih. Buku ini harus terus di update karena buku ini mengikuti perkembangan manusia. Jadi, apabila kuesionernya tidak terus di update maka keakuratannya menurun.

Sekian ulasan mengenai buku psikologi yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *