Ini Dia Rahasia Agar Proposal Bisnis Lebih Meyakinkan

Dalam suatu usaha, suatu proposal bisnis menjadi hal yang begitu penting. Melalui proposal dan presentasi bisnis –lah, maka suatu kesepakatan dapat berhasil atau justru gagal. Tentunya, anda ingin agar proposal bisnis yang anda ajukan dapat sukses dan diterima oleh klien bukan?

Untuk itu, wajib bagi anda untuk memastikan bahwa anda bisa menghasilkan suatu proposal bisnis yang bermutu. Proposal bisnis yang bermutu artinya, di dalam proposal tersebut, termuat bagaimana anda mampu mewujudkan strategi penjualan yang sukses dan menunjukkan bahwa anda memahami kebutuhan klien. Selain itu, anda pun punya kemampuan untuk melampaui harapan klien ketika anda diberi kesempatan.

Dengan proposal bisnis serta presentasi bisnis yang bermutu inilah, maka berbagai kontrak bisnis dapat terwujud. Nah, salah satu poin penting untuk mewujudkan kesepakatan dengan klien adalah dengan membuat mereka sepenuhnya yakin pada anda.

Proposal bisnis perlu lebih dari sekedar ‘fakta semata’

Untuk bisa membuat klien anda merasa yakin pada anda, apalagi kalau sebelumnya anda belum pernah berhubungan dengan mereka, maka anda butuh usaha ekstra. Banyak yang berpikir kalau untuk membuat klien yakin akan proposal bisnis kita, maka kita butuh menampilkan fakta.

Ya, tentu saja menampilkan fakta adalah hal penting. Dengan fakta, maka kita bisa memberikan bukti, dan bukan hanya sekedar janji. Hal ini sepertinya sudah jadi standar tersendiri dalam sebuah proposal bisnis.

Tapi, tahukah anda kalau sebetulnya, ada rahasia yang bisa membuat proposal bisnis lebih meyakinkan. Anda tak hanya butuh ‘fakta semata’ untuk membuat mereka yakin. Lebih dari itu, anda butuh ‘pembenaran’ bahwa anda mampu melakukan persis apa yang mereka minta, bahkan anda pun mempunyai kemampuan lebih dan kualifikasi unik yang membedakan anda dari para pesaing bisnis anda.

Untuk itu, anda bisa memanfaatkan pertanyaan klien. Gunakan apa yang kira –kira ingin klien anda ketahui, lalu buat pertanyaan itu untuk membingkai keuntungan anda selama penyusunan proposal. Anda pun harus konsisten untuk menyoroti apa yang membuat perusahaan atau organisasi anda istimewa.

Tunjukkan bahwa anda memahami klien

Pastikan anda mampu menjawab pertanyaan klien dengan lengkap, sekaligus sediakan juga ruang untuk mengembangkan kelebihan anda sehingga mereka tak punya kesempatan untuk menyoroti kekurangan anda.

Caranya, adalah dengan memberikan respon lansung serta menunjukkan bahwa anda sungguh memahami apa yang klien anda butuhkan. Tunjukkan pula kalau anda mampu memberikan produk atau pelayanan yang tak tertandingi.

Kuncinya adalah, jangan cuma hadirkan ‘fakta semata’ tapi tunjukkan ‘pembenaran’. Masih bingung bagaimana cara menyampaikannya? Coba simak contoh proposal bisnis dengan perkiraan pertanyaan klien berikut ini:

Pertanyaan : “Berapa presentase pelanggan yang anda pertahankan setiap tahunnya?”

Fakta semata : “Kami mempertahankan rata –rata 90 persen pelanggan tiap tahunnya.”

Pembenaran : “Pelanggan yang mampu kami pertahankan berada pada tingkat tertinggi dalam industri yang kami jalankan, yakni 90 persen. Selain itu, dedikasi kami kepada pelanggan pun telah diakui oleh Business Associates Award sebagai kategori Pelayanan Pelanggan yang Luar Biasa.”

Pertanyaan : “Apakah semua produk yang anda berikan sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku?”

Fakta semata : “Ya, semua lini produk kami telah sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku.”

Pembenaran : “Ya, produk kami telah memenuhi seluruh standar keselamtan. Bahkan, dua produk yang menawarkan solusi terbaik bagi kebutuhan klien telah diakui sebagai yang teraman di industri kami. Hal ini berdasarkan pada laporan 10.000 lebih pengguna dalam periode 5 tahun terakhir.”

Pertanyaan : “Akahkah anda menjamin bahwa tidakanda tidak akan menaikan harga dalam dua tahun?”

Fakta semata : “Ya, kami menjamin tidak ada perubahan harga dalam dua tahun.”

Pembenaran : “Kami menawarkan jaminan harga yang sama selama dua tahun, dengan sejarah harga yang tetap sama selama lima tahun lebih. Hubungan jangka panjang dengan para pemasok membuat kami menerima potongan harga spesial. Dengan pemotongan harga tersebut diteruskan bagi pelanggan dalam bentuk harga rendah yang konsisten.”

Penting untuk memastikan bahwa anda istimewa

Ingat, memastikan bahwa perusahaan anda istimewa adalah hal wajib. Sebab, klien biasanya mempunyai beberapa vendor berkualifikasi yang saling bersaing untuk bisa menjalin relasi bisnis dengannya. Karenanya, tentu mereka tak akan sekedar memilih rekan bisnis yang hanya mampu “memenuhi kebutuhan”. Mereka akan memilih bisnis yang benar –benar terlihat paling unggul.

Jadi, ada tiga kunci utama yang perlu anda ingat agar proposal bisnis lebih meyakinkan.

Pertama, bersikaplah penuh peluang. Ambillah setiap peluang yang ada untuk menekankan bahwa anda punya kelebihan di sepanjang isi proposal bisnis anda. Lakukan dengan cara menyoroti poin penjualan dasar serta tanggapan anda pada pertanyaan mereka.

Kedua, bicarakan lebih dari ‘sekedar fakta’. Sampaikan apa yang ingin diketahui klien secara langsung, tapi sertakan pula informasi yang menunjukkan bahwa memilih anda sebagai vendor dapat memberikan keuntungan tersendiri.

Ketiga, lampaui harapan. Buat proposal bisnis yang mampu menyatakan bahwa anda mampu ‘melampaui harapan’, dan bukan hanya ‘memenuhi harapan’.

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *