Profil Negara Malaysia

Portal-ilmu.com kali ini akan memberikan penjelasan hal-hal yang berhubungan dengan negara Malaysia. Mulai dari letak astonomis dan geografis sampai pada pariwisata yang tersohor di negara penyanyi terkenal, bernama Siti Nurhaliza. Perhatikan baik-baik penjelasan di bawah ini.

Malaysia merupakan negara tetangga yang sangat dekat dengan negara Indonesia. Di mana wilayah Malaysia ini hanya dipisahkan oleh Selat Malaka di wilayah bagian Barat. Sedangkan, di wilayah Timur, yaitu Sabah dan Serawak yang secara langsung berbatasan dengan negara Indonesia.

Malaysia merupakan negara penghasil timah dan karet nomor satu di dunia. Sebagai negara kerajaan, negara Malaysia memiliki negara bagian, yaitu Sabah, Serawak, Johor, Kedah, Kelantan, Pahang, Perak, Perlis, Selangor, Trenggano, negeri Sembilan, dan Malaka.

Konstitusi negara Malaysia menetapkan sembilan penguasa negara bagian. Konstitusi kemudian memilih salah satu diantara sembilan penguasa setiap lima tahun untuk menjadi yang di Pertuan Agung.

Karakteristik Negara Malaysia

Peta negara Malaysia

peta malaysia
via: geology.com

Bendera negara Malaysia

Bendera Negara Malaysia
via: pixabay.com

Jalur Gemilang. Bendera ini digunakan untuk sipil dan negara. Mulai dipakai pada tanggal 26 Mei 1950 dengan bintang berujung 11 dan 11 garis dan pada tanggal 16 September 1963 bintang berujung 14 dan 14 garis.

Rancangan bendera ini 14 garis horizontal merah putih selang- seling, di kiri atas, kotak biru berisikan satu sabit kuning dan bintang berujung 14. Perancang bendera ini yaitu Mohamed Hamzah.

Asal Usul Nama Jalur Gemilang. Nama bendera negara Malaysia diajukan oleh Tun Mahathir bin Mohammad pada malam 31 Agustus 1997. Ini sehubungan dengan peringatan hari kemerdekaan ke-40 negara Malaysia di lapangan Merdeka.

Jalur melambangkan bendera Malaysia yang memiliki 14 jalur merah dan putih. Jalur pada bendera Malaysia ini menggambarkan tentang satu haluan yang luruh, arah tujuan yang sama yang diikuti oleh seluruh rakyat negara Malaysia dari Perilis sampai ke Sabah menuju kegemilangan bangsa dan negara.

Gemilang berarti bercahaya, terang- benderang dan cemerlang. Oleh sebab itu, jalur gemilang ini melambangkan tentang kecermelangan negara Malaysia dan rakyat Malaysia dalam mengarungi kehidupan baik di dalam maupun di luar negeri. Kesungguhan, kegigihan, dan kesanggupan rakyat untuk meningkatkan citra negara, sesungguhnya senantiasa mendapat petunjuk dan pedoman yang terang lagi jelas.

Makna Jalur Gemilang. Jalur gemilang bercorak 14 garis merah dan putih yang sama lebar, di mana jumlah 13 melambangkan jumlah negara bagian atau persekutuan, yaitu Johor, Kedah, Kelantan, Melaka, negeri Sembilan, Pahang, Pulau Pinang, Perak, Perlis, Sabah, Sarawak, Selangor, dan Terengganu.

Bagian yang berwarna biru di atas sebelah kiri membawa ke bawah hingga di atas jalur merah yang keloma melambangkan tentang perpaduan rakyat Malaysia. Bagian biru tua memuat gambar bulan sabit melambangkan Agama Islam merupakan agama resmi Malaysia.

Bintang pecah 14 merupakan tanda perpaduan 13 buah negeri dan kerajaan Persekutuan. Warna kuning pada anak bulan dan bintang merupakan warna Diraja bagi Duli- Duli yang Maha Mulia Raja- raja. Warna merah melambangkan tentang keberanian dan warna putih melambangkan tentang kesucian. Sedangkan warna biru melambangkan tentang perpaduan.

Nama AsliMalaysia
Nama internasionalMalaysia
Bentuk negara MalaysiaFederasi kerajaan
Ibukota negara MalaysiaKuala Lumpur
Kepala negaraYang dipertuan Agung
Yang di-Pertuan Agung Muhammad V yang mana sebelumnya dikenal dengan Tuanku Muhammad Faris Petra sejak tanggal 13 Desember 2016.
Kepala pemerintahanPerdana Menteri
Sejak tanggal 3 April 2009 pendana menteri Mohamed Najib bin Abdul Najib Razak dengan wakil perdana menteri yaitu Ahmad Zahid sejak tanggal 29 Juli 2015.
Pemerintah lokal negara Malaysia13 negara bagian
Luas wilayah329.750 km2.
Jumlah Penduduk negara Malaysia25.180.000 jiwa
BahasaMelayu, Inggris, dan Cina
Suku bangsaMelayu merupakan suku mayoritas di negara Malaysia, Cina dan India
AgamaIslam sebagai agama resmi, Budha, Hindu, Kristen, Khonghucu, dan Taoisme
Lagu kebangsaanNegaraku
SemboyanBersatu tambah mutu (Persatuan adalah kekuatan)
Tanggal bersejarah negara Malaysia31 Agustus 1958 sebagai hari kemerdekaan
Mata uang Ringgit (RM)
Zona waktu UTC+8
Kode telepon60
Hasil tani Beras, karet, kelapa sawit, kayu dan kopra
Sumber alam Timah, minyak, tembaga dan besi.

Letak Astronomis dan Letak Geografis Negara Malaysia

Secara astronomis letak negara  Malaysia berada di antara 10 Lintang Utara (LU) sampai 7030 Lintang Utara (LU) dan 990 Bujur Timur (BT) – 1190 Bujur Timur (BT). Malaysia dibagi menjadi dua bagian yaitu barat (bagian selatan Semenanjung Malaka) dan timur (Serawak dan Sabah) di Pulau Kalimantan bagian utara.

Malaysia Barat merupakan bekas Federasi Malaya. Baik Malaysia barat maupun timur, dipisahkan oleh Laut Cina Selatan. Di mana ibukota administratif negara Malaysia yaitu Putra Jaya.

Sedangkan letak geografis, batas- batas negara Malaysia barat, yaitu sebagai berikut,

  1. Sebelah barat berbatasan dengan Thailand.
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Singapura dan Indonesia, tepatnya Pulau Bintan dan Pulau Batam, sebelah barat Indonesia.
  3. Sebelah timur berbatasan denagn Laut Cina Selatan.

Kemudian, batas negara Malaysia timur, yaitu sebagai berikut.

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan.
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Indonesia.
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan.
  4. Sebelah timur berbatasan dengan Indonesia.

Iklim Negara Malaysia

Iklim di negara Malaysia tidak berbeda jauh dengan iklim yang ada di Indonesia. Di mana iklim yang dimaksud yaitu iklim tropis, dengan pengaruh angin musim. Rata-rata suhu udara tahunan tinggi sebab pengaruh laut yang mengelilinginya.

Variasi curah hujan di negara Malaysia, besar. Meskipun semua tempat menerima curah hujan 1500-4500 mm per tahun. Di mana besarnya curah hujan bergantung pada ketinggian dan kemungkinan masing-masing tempat untuk menerima pengaruh angin musim.

Di pantai barat Semenjung Malaya musim hujan berlangsung dari bulan September sampai Desember. Sedangkan, di bagian pantai timur Semenanjung Malaya dan Malaysia Timur mengalami hujan dari bulan Oktober sampai Februari.

Lebih jelasnya, Malaysia memiliki iklim laut khatulistiwa dengan hujan yang lebat dan suhu tinggi, dan dipengaruhi oleh pembalikan arah angin sesuai dengan musim. Pengaruh kepulauan, menyebabkan suhu rata- rata Malaysia barat dan timur dapat mencapai 270 celcius dengan perubahan kurang dari 20 celcius.

Suhu ini jauh berkurang di daerah pegunungan. Tanah tinggi Cameron atau Malaysia Barat  yang mencapai ketinggian sekitar 1450 m memiliki suhu rata- rata sekitar 180 celcius, sama seperti di daerah- daerah pegunungan. Seperti suhu di Melalap, Sabah, dan Malaysia Timur.

Variasi curah hujan di negara Malaysia dipengaruhi oleh ketinggian tempat dan angin musim. Meskipun demikian  hampir semua tempat menerima curah hujan 2500-5000 per tahun. Gunung Hijau di negara bagian Perak merupakan daerah yang paling banyak menerima curah hujan, yaitu lebih dari 4450 mm per tahun.

Di long Anak, daerah pedalaman Sarawak yang bergunung- gunung, curah hujan mencapai 5000 mm per tahun. Sedangkan, daerah – daerah bayangan hujan, seperti Kuala Klawang dan Banjaran Besa (Malaysia Barat) memiliki curah hujan lebih dari 1500 mm per tahun.

Musim hujan berlangsung dari bulan Oktober sampai Maret. Ketika angin musim timur laut yang mengandung uap air melintasi Malaysia. Bagian – bagian yang terbuka di Semenanjung Malaya Timur dan Sarawak Selatan menerima tidak kurang dari 500 mm curah hujan di bulan Januari.

Pada saat angin musim barat daya dari  bulan April sampai bulan September berembus, curah hujan menjadi berkurang karena terhalang oleh Pulau Sumatra dan Pulau Jawa. Sebagian besar wilayah Malaysia menerima 125-250 mm curah hujan setiap bulan selama musim ini. Dalam hal ini, Malaysia Barat menerima curah hukan yang lebih sedikit dari pada Malaysia Timur.

Bentang Alam Negara Malaysia

Malaysia barat merupakan suatu semenanjung besar yang membujur arah barat laut ke tenggara. Ini dimulai dari provinsi Kedah, Perak, dan Kelantan sampai pada Johor. Sebagian besar wilayah di negara Malaysia barat berupa daerah pegunungan yang merupakan kelajutan dari rangkaian Pegunungan Sirkum Mediterania.

Gunung- gunung tinggi yang ada di Malaysia Barat, antara lain Gunung Tahan dengan ketinggian 2190 m diatas permukaan air laut, Gunung Batu Putch dengan ketinggian kurang lebih 2000 m di atas permukaan air laut.

Dataran rendah di Malaysia Barat yaitu dataran Kedah di utara, dataran Selangor di barat, dataran Johor di selatan, Dataran Pahang di timur, dan dataran Kelantan di timur laut.

Sungai- sungai di Malaysia barat antara lain Sungai Pahang dengan panjang 450 km yang mana merupakan sungai terpanjang di Malaysia barat dan sungai Kelantan. Di mana kedua sungai tersebut bermuara ke Laut Cina Selatan dan Perak yang bermuara ke Selat Malaka. Sedangkan, danau- danau yang ada antara lain danau buatan yang bernama Danau Chenderoh.

Kemudian, di Malaysia timur juga didominasi oleh pegunungan dengan ketinggian di atas 1000 m dari permukaan air laut. Di Sabah, pegunungan Croker yang membujur ke arah timur laut sejajar dengan pantai memuncak di gunung Kinabalu dengan ketinggian 4101 meter.

Gunung Kinabalu merupakan puncak tertinggi di Malaysia. Sabah dan Serawak memiliki dataran pantai yang sempit. Daratan Sabah dan Sarawak sebagian besar berada di ketinggian di atas 1000 m. Tanah tinggi terdiri dari lereng barat pegunungan Kelingkang, pegunungan Kapuas Atas, dan pegunungan Iran di Kalimantan Tengah.

Wilayah Malaysia Timur juga dilintasi oleh sungai- sungai yang besar. Sungai tersebut meliputi sungai Rajang dengan panjang 550 km dan sungai Baram dengan panjang 440 km.

Penduduk dan Mata Pencaharian

Penduduk di negara Malaysia pada pertengahan tahun 2004 berjumlah sekitar 25,6 juta jiwa. Penduduk Malaysia dapat dibedakan menjadi tiga kelompok berdasarkan pada sukunya, yaitu Melayu, Cina, dan India.

Penduduk asli negara Malaysia timur yaitu suku Dayak dan Kadzan. Di mana pertanian memegang peranan yang penting dalam perekonomian Malaysia. Sektor pertanian banyak menyerap tenaga kerja.

Kemudian, pada tahun 2007 penduduk Malaysia berjumlah 27.200.000 jiwa. Penduduk ini terdiri dari suku Malaysia sebanyak 59%, Cina sebanyak 32% dan India sebanyak 9%.

Kegiatan ekonomi utama negara Malaysia terdiri dari pertanian, perkebunan, pertambangan, perdagangan, dan industri. Ekonomi negara Malaysia bergantung pada ekspor bahan mentah, khususnya minyak bumi, karet, kelapa sawit, dan kayu.

Hasil dari sektor pertanian penduduk negara Malaysia yaitu padi, karet, kakao, dan kelapa sawit. Sebagian penduduk negara Malaysia juga bekerja pada sektor industri dan perdagangan.  Bidang industri negara Malaysia menghasilkan barang- barang konsumsi dan ekspor. Pertanian ini menjadi sumber mata pencaharian sekitar 40% penduduk Malaysia.

Selain hasil pertanian, negara Malaysia juga menghasilkan tanaman perkebunan. Hasil perkebunan di negara Malaysia Barat yaitu karet, kelapa sawit, dan kopra. Hasil perkebunan di negara Malaysia Timur yaitu karet, kelapa sawit, dan lada hitam.

Malaysia juga menghasilkan rotan dan kayu. Selain itu, Malaysia merupakan penghasil tambang timah yang terbesar di dunia. Hasil tambang lainnya di negara Malaysia yaitu minyak bumi, bijih besi, bauksit, dan gas alam.

Negara Malaysia juga memiliki industri alat- alat elektronik, tekstil, kimia, dan kerajinan tangan. Pada saat ini, negara Malaysia telah memproduksi mobil buatan sendiri yang dinamakan dengan Proton.

Di mana menara petronas merupakan simbol kemajuan ekonomi dari negara Malaysia. Menara kembar yang tertinggi di dunia ini berlokasi di Kuala Lumpur yang dibangun tahun 1998. Menara kembar ini dibangun dengan ketinggian 88 lantai oleh Adamson Associates Architects dari Kanada bersama dengan Caesar Pelli dari Amerika Serikat.

Dalam sektor perdagangan, Malaysia mengekspor barang- barang antara lain karet, minyak kelapa sawit, minyak bumi, barang manufatur, dan mobil. Selain itu, Malaysia juga melakukan kegiatan impor berbagai alat mesin dan perkakas transportasi, barang manufaktur, makanan, produk minyak bumi, logam, dan tekstil

Lebih lanjut, selain keadaan ekonomi, juga akan diberikan penjelasan tentang keadaan sosial negara Malaysia. Di mana Malaysia merupakan sebuah negara kerajaan dengan ibukota Kuala Lumpur. Malaysia memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Inggris tahun 1957.

Pemerintahan Malaysia berbentuk monarki konstitusional yaitu kerajaan yang berdasarkan pada undang-undang. Kepala negara Malaysia adalah raja dan bergelar yang Dipertuan Agung.

Adapun raja yang Dipertuan Agung merupakan hasil pemilihan dari salah satu di antara sembilan raja dari negara bagian yaitu Kedah, Perak, Selangor, Negeri Sembilan, Penang, Pahang, Trengganu, Serawak, dan Sabah.

Negara Malaysia dengan kepala pemerintahan seorang perdana menteri ini merupakan negara yang penyebaran penduduknya tidak merata. Malaysia barat tujuh kali lebih padat penduduknya dibandingkan dengan Malaysia Timur.

Suku bangsa negara Malaysia disebut Orang melayu. Di mana penduduk Malaysia bagian barat sebagian besar terdiri dari Orang Melayu dengan persentase sebanyak 55%, Cina dengan persentase 35%, India dengan persentase 10%, dan sisanya merupakan orang- orang Eropa dan Asia.

Sedangkan, penduduk Malaysia bagian timur sebagian besar merupakan orang Iban atau suku Dayak pesisir sekitar 40%, orang Kadazan sekitar 20%, dan sisanya suku bangsa lain. Lebih lanjut, bahasa nasional negara ini yaitu bahasa Melayu. Selain itu, bahasa Inggris juga digunakan untuk percakapan antara suku di negara Malaysia.

Sumber Daya Alam Negara Malaysia

Negara Malaysia merupakan penghasil timah yang terbesar yang ada di dunia. Tembaga merupakan mineral yang berharga yang di ekspor oleh negara Malaysia. Sebagian besar persediaan karet alam dunia datang dari negara Malaysia.

Kemudian, di lepas pantai Malaysia, khususnya di Laut Cina Selatan terdapat cadangan minyak dan gas alam yang besar.

Kerja Sama Negara Indonesia dan Malaysia

Hubungan bilateral antara negara Indonesia dan Malaysia, secara keseluruhan tergolong baik. Kerjasama ini antara lain dalam bidang politik dengan membentuk komisi bersama Indonesia – Malaysia, bidang keamanan koordinasi masalah lintas negara, dan kerja sama dalam hal tenaga kerja dan negara.

Lebih lanjut, negara Malaysia merupakan negara yang berbatasan langsung dengan negara Indonesia, baik negara Malaysia Barat maupun Malaysia bagian timur. Selain itu, bangsa Malaysia juga memiliki banyak kesamaan dalam beberapa hal.

Kesamaan tersebut, misalnya bahasa Melayu yang digunakan di Malaysia lebih mendekati bahasa Indonesia, bentuk fisik orang Malaysia juga memiliki kesamaan dekat dengan orang Indonesia. Selain itu, agama yang banyak dianut di negara Malaysia juga memiliki kesamaan dengan di Indonesia.

Sampai saat ini hubungan negara Malaysia dan Indonesia terikat kuat baik dalam kerja sama regional maupun kerja sama bilateral yang terjadi di antara kedua negara. Hubungan negara Indonesia dan Malaysia juga mengalami pasang surut seiring dengan berbagai permasalahan yang dihadapi.

Namun, masalah yang mendera kedua bangsa, baik Malaysia maupun Indonesia tidak pernah menjadikan kedua negara menjadi pecah. Beberapa kasus yang muncul belakangan ini antara Indonesia dan Malaysia antara lain kasus blok Ambalat tentang batas wilayah dan kandungan minyak.

Selain itu, juga adanya kasus tenaga kerja Indonesia yang masuk secara ilegal ke wilayah Malaysia, dan kasus suap dari hutan Indonesia yang masuk ke wilayah Malaysia dan mengganggu kenyamanan warga negara Malaysia.

Selanjutnya, beberapa tahun terakhir Indonesia dan Malaysia dan Thailand membentuk suatu kawasan segitiga pertumbuhan yang dinamakan dengan IMT- Growth Triangle dalam berbagai bidang.

Dalam rangka mengukuhkan kerja sama segitiga pertumbuhan, pada tahun 2004 dilakukan kerja sama dalam bidang telekomunikasi. Beberapa contoh kerja sama Indonesia – Malaysia antara lain dalam bidang IPTEK, keuangan, kepolisian, dan pendidikan.

Kerja sama yang dilakukan dalam bidang IPTEk antara lain kerja sama sistem peringatan dini tsunami dan gempa bumi, teknologi pemanfaatan nuklir, dan riset kelautan. Kerja sama dalam bidang ekonomi antara negara Indonesia dan Malaysia telah terjalin cukup baik. Salah satunya yaitu peningkatan kerja sama di bidang keuangan terutama kerja sama perbankan.

Lebih lanjut sebagai negara tetangga dengan Indonesia. Indonesia dan Malaysia menyadari bahwa masalah perbatasan wilayah negara harus mendapat perhatian  khusus. Oleh sebab itu, kerja sama kepolisian masing- masing negara sangatlah tepat untuk dilakukan. Contohnya, kesepakatan pembentukan komite pemberantasan tindak kriminal yang terjadi di wilayah perbatasan.

Pariwisata di Malaysia

Museum Kesenian Islam Malaysia. Di museum ini ada tiga lantai, di mana kita dapat menemukan sejarah muslim di Malaysia dan di dunia.

Kota Bharu. Terletak di Semenanjung Malaysia dekat dengan perbatasan Thailand. Di sini terdapat atraksi, pusta belanja, dan kuliner. Selain itu, juga terdapat sejarah dan budaya peninggalan Kelantan dengan salah satu museum yang terkenal yaitu museum Royal. Di museum Royal ada banyak foto dan artefak keluarga kerajaan yang mewah dan istana kayu unik.

Melaka. Melaka memegang posisi penting pada rute laut super sibuk antara negara India dan Cina di pesisir barat daya Malaysia. Di mana, Melaka di rebutkan selama berabad- abad oleh pemerintah Indis, Portugis, Inggris, dan Belanda. Hal ini membuat Melaka memiliki arsitektur atau budaya yang baik dan berharga,

Melaka dikenal sebagai tempat campuran berbagai budaya. Melaka terdiri dari beberapa kabupaten di mana masing- masing kabupaten memiliki fitur atraksi yang berbeda- beda. Peninggalan Portugis di tandai dengan villa yang menawan, gereja bersejarah, dan sisa benteng tua.

Kuching. Merupakan kota terbesar di Borneo yang terkenal dengan hutan hujan tropis. Kuching dianggap sebagai kota terbersih di Malaysia, menyajikan tata kota yang unik dengan gedung pencakar langit dan arsitektur modern dan dikelilingi oleh hutan yang rimbun.

Kuching berada di tepi sungai Serawak dengan pemandangan taman yang indah dan tempat- tempat bersejarah seperti Benteng Margherita dan Istana Astana.

Kota Kinabalu. Kota ini dekat dengan pulau tropis, hutan hujan, tempat perlindungan satwa liar, taman nasional, dan puncak tertinggi di Malaysia, Gunung Kinabalu.

Penduduk menyebut kota Kinabalu dengan sebutan KK yang memiliki pusat kota kecil dengan beberapa landmark dan observatorium dengan pemandangan yang indah. Atraksi utama KK berada di luar kota, antara lain Lok Kawi Wildlife Park, Kota Kinabalu Wetland Centre dan Taman Nasional Kinabalu. Yang mana menawarkan satwa liar, antara lain harimau, orangutan, dan gajah dan mendaki gunung, trekking hutan, dan berkemah.

Cameron Highlands. Terletak di pegunungan Titiwangsa merupakan tempat wisata yang paling tua di Malaysia. Bangunannya menggunakan konsep taman Inggris yang mempesona, dataran tinggi yang indah dengan menawarkan pemandangan yang subur, perkebunan bunga yang berwarna- warni, perkebunan teh, hutan, danau, habitat satwa liar, dan rekreasi di alam terbuka.

Di tempat ini juga terdapat Time Tunnel Gallery yang menampilkan tentang sejarah perkembangan masyarakat Cameron. Lokasi yang terkenal di tempat ini, salah satunya yaitu Gunung Brinchang dan Tanah Rata.

Gunung Brinchang merupakan tempat yang menawarkan pemandangan dataran tinggi yang sangat menyegarkan. Mossy Forest menawarkan jungle track yang dapat dinikmati sensasinya untuk menjelajahi ekosistem hutan dengan pemandangan air terjun yang indah.

Lebih lanjut, di Cameron Highlands ini ada banyak perkebunan teh dan kebun bunga, kebun sayur, kebun buah, kebun kupu – kupu, dan peternakan madu yang dapat diakses oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Selain itu, juga terdapat lapangan golf.

Taman Negara. Dikenal sebagai hutan hujan tropis tertua yang ada di dunia. Selain itu, juga dapat digunakan untuk berpetualang di alam liar sambil menikmati ekosistem tanaman langka, burung eksotis, dan satwa langka, antara lain Harimau Malaya, Gajah Asia, dan Badak Sumatera.

Cara menarik untuk menikmati wisata alam liar yaitu dengan hiking, memancing, menjelajah gua, dan 4 WD safari. Tempat yang populer di sini yaitu Canopy Walk, merupakan suatu jembatan gantung yang panjang yang berada di atas puncak pohon.

Berjalan di Canopy walk dapat digunakan untuk menikmati pemandangan eksotis kawanan burung yang terbang bebas di udara. Selain itu, juga tersedia fasilitas safari malam untuk melihat tanaman yang hanya mekar di malam hari, jamur glow in the dark, dan makhluk nokturnal, antara lain burung hantu, kucing macan tutul, dan naga air. Bahkan, juga terdapat restoran terapung di Sungai Kula Tahan.

Penang. Merupakan tempat wisata yang terkenal karena keragaman sejarah di George Town. Tempat ini berada di sepanjang jalur pelayaran dunia, dengan keragaman budaya, arsitektur, dan kuliner.

Lokasi yang dapat dikunjungi di Penang yaitu Botanic Gardens, Bird Sanctuary, Taman Kupu- Kupu, Supreme Bliss, dan pantai berpasir putih Batu Ferringhi yang ada di sepanjang pantai utara.

Kuala Lumpur. Merupakan ibu kota Malaysia dan memiliki banyak tempat wisata. Di sini dapat dijumpai stasiun Kereta Api Kuala Lumpur dengan desain yang unik, campuran antara arsitektur Barat dan Timur.

Selain itu, dapat  pula mengunjungi Kuil Thean Hou, belanja di Berjaya Times Square, mengunjungi Islamic Arts Museum Malaysia, mengunjungi menara KL, Taman Burung, Merdeka Square, Batu Caves, dan Menara Kembar Petronas merupakan ikon dari negara Malaysia.

Langkawi. Berada di lepas pantai barat laut Malaysia, Laut Andaman. Langkawi merupakan kepulauan yang memiliki pantai, hutan hujan, hutan bakau, dan gunung yang indah. Salah satu pantai yang terkenal yaitu Pantai Cenang yang menawarkan beragam restoran dan bar.

Selain itu, di Langkawi terdapat hutan bakau dan tempat wisata dengan pemandangan Air Terjun Telaga Tujuh, burung0- burung eksotis dan biawak atau monyet. Lebih lanjut, keindahan Langkawi dapat dinikmati dari gunung Raya dan gunung Mat Cincang dengan fasilitas berupa gondola dan skybridge.

Taman Nasional Gunung Mulu. Merupakan tempat wisata yang terkenal akan struktur batu kapur yang luas biasa dan sistem gua yang fenomenal. Tempatnya di negara Serawak, dengan sistem gua yang terbesar dan terpanjang di dunia. Salah satunya Sarawak Chamber yang dapat menampung 40 pesawat Boeing 747.

Berada di antara hutan hujan tropis, sungai sejernih kristal, dan pegunungan terjal Taman Nasional Gunung Mulu memiliki fitur Pinnacles. Ini merupakan sinkronisasi batu kapur yang dikenal sebagai taman Eden. Selain itu juga terdapat puncak megah Gunung Mulu dan Gunung Api.

Demikian penjelasan tentang profil negara Malaysia. Semoga bermanfaat.

Referensi:

  • Sukanti, D., Runtuni, S.Y., dan Umasih. 2007. Geografi dan Sosiologi: Pelajaran IPS Terpadu untuk SMP. Jakarta: Ganeca Exact.
  • 2007. Seri IPS Geografi dan Sosiologi 3: SMP Kelas IX. Jakarta: Yudhistira.
  • Dianawati, A. 2006. RPUL DUNia. Jakarta: Wahyu Media.
  • 2015. RPUL Plus. Jakarta: Kawah Media.
  • Munawir, dkk. 2007. Cakrawala Geografi: SMP Kelas IX. Jakarta: Yudhistira.
  • Bendera Malaysia. (Online), www.wikiwand.com, diakses tanggal 5 Juli 2017.
  • 2016. Nama- Nama Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan di Negara ASEAN. (Online), ilmupengetahuanumum.com, diakses tanggal 5 Juli 2017.
  • Anekatempatwisata.com. 2015. Aneka tempat wisata. (Online), anekatempatwisata.com, diakses tanggal 5 Juli 2017.
Jangan Lupa Share & Komentar Ya

5 Replies to “Profil Negara Malaysia”

  1. Wahyu Rivaldo Saputra berkata:

    Di mana letak iklim nya

  2. Syifa Fauziah berkata:

    Sangat bermanfaat 👍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *