Pengertian, Unsur, dan Jenis Jenis Poster

Pernahkah kamu melihat seperti pada gambar yang di bawah? Itu merupakan salah satu contoh dari poster. Gambarnya menarik bukan? Seolah – olah mengajak pembaca agar mau membaca. Poster di bawah mengajak pembaca untuk membaca agar pintar.

Sebab kepintaran tidak akan diperoleh tanpa membaca. Lalu apakah yang dimaksud dengan poster? Pastinya semua ingin tahu banyak hal tentang poster. Baiklah, artikel ini akan membahas semua hal yang berkaitan dengan poster. Selamat membaca.

via: makalahproposal.blogspot.com

Pengertian Poster

Poster merupakan salah satu metode yang banyak yang digunakan untuk menawarkan suatu produk, baik barang maupun jasa. Poster merupakan wacana yang dapat berbentuk deskriptif maupun persuasif.

Yang dimaksudkan deskriptif di sini yaitu memberikan suatu gambaran pada pembaca maupun pendengar. Sedangkan persuasif dimaksudkan sebagai untuk mengajak maupun membujuk pembaca terhadap barang maupun jasa yang ditawarkan.

Poster bertujuan untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan pada masyarakat. Ditinjau dari segi perorangan, poster dapat digunakan untuk membeli maupun menjual produk – produk tertentu.

Poster selain memiliki tujuan, juga memiliki fungsi. Apa sajakah fungsi dari poster? Poster berfungsi sebagai kebutuhan individu untuk memberitahukan atau mengkomunikasikan suatu pesan. Pesan tersebut dapat bersifat komersial, pribadi, maupun sosial.

Poster sebagai suatu karya seni yang memiliki komposisi dari huruf dan gambar – gambar. Poster dibuat dalam kertas yang berukuran besar. Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI menyatakan bahwa poster merupakan sebuah plakat yang dipasang di tempat – tempat umum dan pada umumnya berwujud pengumuman dan iklan.

Berdasarkan paparan pendapat di atas dapat diketahui bahwa poster merupakan salah satu metode secara deskriptif maupun persuasif untuk mengajak maupun memberitahukan pada pembaca tentang barang maupun jasa yang ditawarkan.

Lalu bagaimanakah bahasa dalam poster tersebut? Apakah kita harus membuat kalimat yang panjang – panjang untuk mendeskripsikan tentang produk yang ditawarkan dari pembuat poster. Pembahasan di bawah ini akan menjelaskan tentang kalimat yang digunakan dalam poster.

Kalimat maupun Bahasa yang digunakan dalam Poster

Poster merupakan salah satu jenis iklan yang mengunggulkan dalam penggunaan kata – kata untuk menarik pembaca. Kata – kata menjadi kekuatan utama dalam poster. Kata – kata yang disampaikan dalam poster perlu disampaikan secara sederhana.

Penulisan kata dalam poster, tidak boleh berbelit – belit. Hal ini dapat memicu pembaca mengalami kebingungan, ketika membaca informasi dalam poster apabila menggunakan bahasa yang berbelit – belit.

Poster memberikan penekanan pada perpaduan antara gambar iklan dengan kalimat maupun kata – kata. Pada umumnya, poster dipasang di tempat – tempat umum, yang letaknya strategis. Mengapa demikian?

Sebab agar mudah dilihat orang, sehingga orang lain paham yang diinformasikan dalam poster tersebut. Kalimat yang dituliskan di poster harus singkat dan jelas. Selain jelas dan singkat, harus menggunakan kata – kata yang sugestif dan mudah diingat oleh pembaca.

Kalimat persuasif mendorong pembaca agar terpengaruh dengan maksud yang kehendaki dalam poster tersebut. Selanjutnya, bahasa yang ditampilkan tidak boleh menyinggung perasaan pembaca.

Ternyata setelah membaca pembahasan di atas dapat diketahui bahwa dalam pembuatan poster, bahasa yang digunakan sesederhana mungkin. Penulis tidak boleh berbelit – belit, harus singkat dana mudah dipahami. Lalu unsur – unsur apa saja yang terkandung dalam poster? Silahkan diperhatikan pembahasan di bawah ini

Pelajari juga: Pengertian dan Jenis – Jenis Konjungsi 

Unsur- unsur Poster

Membuat poster akan tidak lengkap rasanya, tanpa mengetahui unsur – unsur apa saja yang harus terkandung dalam poster. Tujuannya adalah agar barang maupun jasa yang ditampilkan dalam poster dapat dipahami oleh pembaca. Dan pembaca memperoleh gambaran yang jelas tentang barang maupun jasa tersebut. Unsur – unsur poster yaitu sebagai berikut.

  1. Harus ada produk yang ditawarkan, baik barang maupun jasa.
  2. Memiliki sasaran yang jelas tentang produk dan jasa yang ditawarkan. Sasaran dapat ditujukan pada anak –anak, remaja, dewasa, maupun tua.
  3. Harus ada yang bertanggung jawab terhadap poster yang ditampilkan.
  4. Bahasa yang digunakan dalam poster harus menarik dan jelas. Warna dan pemilihan jenis huruf yang digunakan dalam poster perlu diperhatikan, sebab menjadi salah satu daya tarik bagi pembaca. Selain itu, hal yang harus diperhatikan yang lain, yaitu cara meletakkan tulisan dalam poster.
  5. Memiliki batasan waktu, agar pembaca dapat mengetahui kapan pembaca tersebut dapat memperoleh barang atau jasa tersebut.
  6. Memiliki slogan produk untuk menarik pembaca dan sebagai jaminan yang diperoleh konsumen, jika membeli maupun memanfaatkan barang atau jasa di poster tersebut.
  7. Perlu adanya logo dan nama perusahaan, sehingga jelas, siapa yang menghasilkan produk barang maupun jasa tersebut dan dapat meningkatkan kepercayaan pembaca.
  8. Foto – foto dari produk, baik barang maupun jasa, harus ditampilkan dalam poster. Tujuannya untuk menunjukkan penampilan produk yang ditawarkan.

Poster yang ditampilkan dalam radio maupun televisi, perlu diberikan tampilan dialog dan gerakan hidup atau dinamakan dengan animasi. Untuk menambah daya tarik, perlu ditambahkan pula musik. Pengaruh yang diberikan poster, bergantung pada kondisi yang berada di sekitar poster. Dalam artian kondisi pembaca, di mana poster tersebut disebarkan.

Oleh karena itu, penyebaran poster harus dipikirkan pula sasaran yang hendak diraih. Selain siapa sasarannya, juga perlu dipikirkan tentang kemampuan dari sasaran tersebut terhadap produk dan jasa yang ditawarkan.

Minat pembaca terhadap poster memberikan pengaruh yang besar, terhadap produk yang ditampilkan. Karena tanpa minat pembaca, pembaca tidak akan tertarik untuk melihat, bahkan membaca informasi yang disampaikan dalam poster.

Sudah pahamkan tentang unsur – unsur yang perlu diperhatikan dalam membuat poster. Dan bagaimana pengaruh poster terhadap mereka yang membaca maupun mendengar dari televisi dan radio.

Selanjutnya,untuk menambahkan pemahaman kita, marilah kita pelajari tentang jenis – jenis poster, agar kita bisa memahami perbedaan dari poster yang ditampilkan di jalan, toko, maupun di tempat – tempat yang lain. Perhatikan baik – baik, siapa tahu kita menemukan salah satu jenis poster itu atau suatu saat kita akan membuat poster untuk menawarkan produk, baik jasa maupun barang.

Jenis – Jenis Poster

Ada beberapa jenis dari poster, yang dibedakan berdasarkan isi dari informasi yang disampaikan dalam poster tersebut, yaitu sebagai berikut.

#1 Poster kegiatan

Poster ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang suatu kegiatan, yang biasanya dimuat tentang nama acara, lokasi, dan waktu. Sehingga orang – orang dapat hadir untuk melihat acara tersebut.

Contoh Poster Kegiatan

bi

#2 Poster layanan masyarakat

Poster ini berisi tentang sosialisasi dari program – program baru yang dibuat oleh pemerintah terhadap masyarakat.

Contoh Poster Layanan Masyarakat

via: kelasindonesia.com

#3 Poster pendidikan

Poster ini berisi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan, antara lain sosialisasi program dan ajakan untuk giat belajar.

Contoh Poster Pendidikan

contoh poster pendidikan
via: www.facebook.com/Kemdikbud.RI

#4 Poster niaga

Berisi tentang produk yang ditawarkan pada masyarakat dan banyak digunakan oleh produsen untuk mengenalkan produk yang dijualnya pada masyarakat umum dalam rangka meningkatkan penjualan.

Contoh Poster Niaga

via: mcdonalds.co.id

Penjelasan – penjelasan di atas memberikan gambaran pada kita tentang poster. Silahkan dipelajari dan dipahami dengan seksama.

Referensi:

1. Redaksi Kawan Pustaka. 2008. Latihan Soal & Pembahasan Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA. Jakarta: PT Kawan Pustaka.
2. Yustinah dan Iskak, A. 2008. Bahasa Indonesia Tataran Unggul untuk SMK dan MAK Kelas XII Standar Isi 2006. Jakarta: Erlangga.
3. Supadi, dk.. 2009. Fokus Menyelesaikan Soal – Soal Ujian Nasional SMA IPA 2009. Jakarta: Kawan Pustaka.
4. www.informasibelajar.com/2015/10/pengertian-poster-jenis-jenisnya-cara.html

Materi lain:

Tinggalkan Balasan 6

Your email address will not be published. Required fields are marked *


JamesEveme

JamesEveme

thank you 🙂

Naila

Naila

Kalau Contoh poster tentang unsur terbentuk ya negara kayak apa min?

portal-ilmu.com

portal-ilmu.com

Maaf Kak, barangkali bisa didetailkan lagi pertanyaannya. klo unsur terbentuknya negara biasanya kog bukan poster ya?