40+ Pengertian Leadership Menurut Para Ahli

Setiap dari kita terlahir sebagai seorang pemimpin. Setidaknya, kita harus bertugas untuk memimpin diri kita sendiri ke arah yang terbaik. Pengertian kepemimpinan seperti ini memang bisa dimaknai secara luas dan lebih abstrak. Namun, bagaimana dengan pengertian leadership menurut para ahli, yang dipahami sebagai pemaknaan suatu ilmu?

Untuk bisa memahami bagaimana konsep kepemimpinan atau leadership ini, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli di bidang terkait mengenai kepemimpinan. Berikut ini telah dirangkum mengenai berbagai pengertian leadership menurut para ahli.

  1. Pengertian leadership menurut G.L.Feman & E.K.aylor (1950) : suatu kemampuan dalam menciptakan kegiatan kelompok dengan tujuan untuk mencapai visi organisasi dengan efektifitas maksimal dan kerjasama dari masing -masing individu.
  2. Pengertian leadership menurut Georger R. Terry : kegiatan yang mempengaruhi orang-orang agar bersedia untuk berusaha mencapai tujuan mereka bersama.
  3. Pengertian leadership menurut Moejiono (2002) : akibat dari pengaruh yang berlangsung satu arah, dikarenakan pemimpin yang mungkin mempunyai kualitas-kualitas tertentu yang membedakan dirinya dengan pengikutnya, serta cenderung merupakan pemaksaan atau pendesakan pengaruh yang dilakukan secara tidak langsung, sebagai sarana membentuk suatu kelompok yang sesuai dengan keinginan pemimpin.
  4. Pengertian leadership menurut Ordway Tead (1929) : perpaduan perangai yang memungkinkan individu mempunyai kemampuan khusus untuk mendorong pihak lain agar menyelesaikan tugasnya.
  5. Pengertian leadership menurut Ott (1996) : proses hubungan antarpribadi, yang di dalam hubungan tersebut terdapat seseorang yang berpengaruh terhadap sikap, kepercayaan, khususnya terhadap perilaku orang lain.
  1. Pengertian leadership menurut P. Pigors (1935) : proses saling mendorong, yang dilakukan melalui keberhasilan interaksi dari aneka perbedaan individu, dan dilakukan dengan cara mengontrol daya manusia saat mengejar tujuan bersama.
  2. Pengertian leadership menurut Hemhiel dan Coons (1957:7) : perilaku dari seorang individu, yang memimpin aktivitas-aktivitas kelompok tertentu agar supaya sampai pada suatu tujuan yang hendak dicapai bersama (shared goal).
  3. Pengertian leadership menurut Harold Koontz (1989) : pengaruh, seni, atau pun proses dalam mempengaruhi orang-orang, supaya orang -orang tersebut bersedia untuk berusaha mencapai tujuan kelompok dengan kemauan dan antusiasme.
  4. Pengertian leadership menurut Davis (1977) : kemampuan dalam mengajak orang lain untuk mencapai tujuan sesuai yang telah ditentukan bersama dengan penuh semangat.
  5. Pengertian leadership menurut Dr. Thomas Gordon “Group Centered Leadership”: “A way of releasing creative power of groups yang aritnya suatu cara untuk memunculkan kekuatan kreatif kelompok. Konsep kepemimpinan di sini dapat diwujudkan dalam bentuk interaksi yang terjadi di antara seseorang dengan kelompok, atau antara seseorang dengan anggota kelompoknya, yang masing -masing peserta dalam interaksi tersebut berperan secara khusus dan dengan cara-cara tertentu, peranan tersebut harus dipilah-pilahkan. Dasar pemilahan merupakan bagian dari pengaruh pemimpin dalam mempengaruhi serta orang lain yang dipengaruhi.
  1. Pengertian leadership menurut Fiedler (1967) : pola hubungan yang berlangsung antarindividu yang menggunakan wewenangnya serta pengaruhnya terhadap kelompok orang lain untuk bisa bekerja secara bersama-sama demi mencapai tujuan.
  2. Pengertian leadership menurut G U. Cleeton dan C.W Mason (1934) : suatu kemampuan dalam mempengaruhi orang-orang dan demi mencapai hasil yang dilakukan melalui himbauan emosional. Cara ini lebih baik dibanding dengan penggunaan kekuasaan.
  3. Pengertian leadership menurut James M. Black (1961) : kemampuan dalam meyakinkan orang lain, sehingga bersedia melakukan kerjasama di bawah pimpinannya, sebagai tim, demi mencapai tujuan tertentu.
  4. Pengertian leadership menurut John Pfiffner : kemampuan mengkoordinasi serta memotivasi orang-orang beserta kelompok demi mencapai tujuan yang diinginkan.
  5. Pengertian leadership menurut Kartini Kartono (1994 : 48) : suatu yang bersifat spesifik, khas, dan diperlukan dalam situasi khusus, yakni di dalam kelompok yang melakukan aktivitas¬aktivitas tertentu, serta mempunyai tujuan dan peralatan¬peralatan khusus. Pemimpin kelompok yang memiliki karakteristik inilah yang dianggap sebagai fungsi dari situasi khusus.
  1. Pengertian leadership menurut Katz & Kahn (1978) : suatu usaha peningkatan pengaruh yang dilakukan dengan sedikit demi sedikit terhadap suatu kelompok orang dan berada di atas kepatuhan mekanis, terhadap pengarahan-pengarahan rutin organisasi.
  2. Pengertian leadership menurut Koontz & O’donnel : suatu proses untuk mempengaruhi sekelompok orang supaya bersedia untuk bekerja dengan sungguh-sungguh demi meraih tujuan kelompok.
  3. Pengertian leadership menurut Locke & Associates (1997) : proses untuk membujuk (inducing) beberapa orang lain, agar bersedia untuk mengambil langkah menuju sasaran yang ingin dicapai bersama.
  4. Pengertian leadership menurut Tead; Terry; Hoyt (dalam Kartono, 2003) : kegiatan atau seni mempengaruhi orang lain agar bersedia bekerjasama, dengan didasarkan pada kemampuan orang tersebut, untuk membimbing orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok.
  5. Pengertian leadership menurut Duben (1954) : aktifitas dari para pemegang kekuasaan dan yang membuat keputusan.
  1. Pengertian leadership menurut F.A.Nigro (1965), inti kepemimpinan merpakan suatu aktivitas dalam mempengaruhi kegiatan orang-orang lain.
  2. Pengertian leadership menurut Young (dalam Kartono, 2003) : bentuk dominasi yang didasari atas kemampuan pribadi, sehingga mampu untuk mendorong atau mengajak orang lain supaya berbuat sesuatu, dengan berdasar pada penerimaan oleh kelompoknya, dan memiliki keahlian khusus serta tepat bagi situasi khusus tersebut.
  3. Pengertian leadership menurut Jacobs dan Jacques (1990:281) : proses untuk memberi arti terhadap suatu usaha kolektif, dan mengakibatkan adanya kesediaan untuk melakukan usaha yang hendak dicapai sesuai sasaran.
  4. Pengertian leadership menurut Ralph M. Stogdill dalam Sutarto (1998b:13) : suatu proses untuk mempengaruhi kegiatan-kegiatan dari kelompok orang yang terorganisasi, di dalam usaha mereka demi menetapkan dan mencapai tujuannya.
  5. Pengertian leadership menurut Stone : proses yang dilakukan terkait pengarahan dan usaha demi mempengaruhi kegiatan yang berhubungan dengan para anggota kelompok.
  1. Pengertian leadership menurut Sutarto (1998b:25) : rangkaian dari kegiatan penataan yang berupa kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain, di dalam suatu situasi tertentu, sehingga bersedia untuk bekerja sama demi mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
  2. Pengertian leadership menurut Wahjosumidjo (1987:11) : sesuatu yang melekat pada diri seseorang (pemimpin), yang berupa sifat-sifat tertentu, sifat -sifat tersebut seperti: kepribadian (personality), kemampuan (ability) dan kesanggupan (capability). Kepemimpinan juga merupakan suatu rangkaian kegiatan (activity) dari pemimpin yang tidak dapat dipisahkan dari kedudukan (posisi) dan juga dari gaya atau perilaku pemimpin itu sendiri.
  3. Pengertian leadership menurut R.K. Merton “ The Social Nature of Leadership”, American Journal of Nuns, (1969) : suatu hubungan yang terjalin antarpribadi yang mana ada pihak lain yang mengadakan penyesuaian karena mereka berkeinginan untuk mencapai hal tersebut, dan bukannya karena mereka harus berbuat demikian.
  4. Pengertian leadership menurut Rauch & Behling (1984) : suatu proses dalam mempengaruhi aktifitas-aktifitas dari sebuah kelompok yang diorganisasikan ke arah pencapaian tujuan.
  5. Pengertian leadership menurut Reed (1976) : cara dalam mempengaruhi tingkah laku manusia, agar perjuangan tersebut dapat dilaksanakan dengan mengikuti kehendak pemimpin.
  1. Pengertian leadership menurut Stephen J.Carrol & Henry L.Tosj (1977) : proses untuk mempengaruhi orang-orang lain agar melakukan apa yang diinginkan seorang pemimpin dari mereka mengerjakannya.
  2. Pengertian leadership menurut Tannenbaum, Weschler,& Massarik (1961) : suatu pengaruh antarpribadi, yang dijalankan pada situasi tertentu, dan diarahkan melalui suatu proses komunikasi, menuju ke arah pencapaian terhadap satu atau beberapa tujuan tertentu.
  3. Pengertian leadership menurut Theo Haiman & William G.Scott (1974) : proses di mana orang-orang diarahkan, dipimpin, serta dipengaruhi dalam suatu kegiatan pemilihan dan pencapaian tujuan.
  4. Pengertian leadership menurut Wexley & Yuki (1977) : suatu aktivitas mempengaruhi orang lain agar mau lebih berusaha untuk mengarahkan tenaga, dalam tugasnya atau merubah tingkah laku mereka.
  5. Pengertian leadership menurut William G.Scott (1962) : suatu proses mempengaruhi kegiatan yang diorganisir, yang ada di dalam kelompok, dan dalam usahanya mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan.
  1. Pengertian leadership menurut F. I. Munson : suatu kemampuan agar dapat mengatasi orang-orang lain, sehingga ia mampu mencapai hasil yang maksimal dengan kemungkinan gesekan terkecil, dan dengan pembentukan kemungkinan terbesar dari kerjasama.
  2. Pengertian leadership menurut F. A. Nigro (1965) : suatu kegiatan kepemimpinan untuk mempengaruhi aktifitas orang lain.
  3. Pengertian leadership menurut Ordway Tead (1929) : suatu temperamen merger yang dapat membuat seseorang mungkin dapat melakukan dorongan terhadap beberapa orang lain untuk dapat menyelesaikan pekerjaan.
  4. Pengertian leadership menurut Theo Haiman : suatu proses dari beberapa orang, dengan dipimpin dalam pemilihan dan pencapaian tujuan.
  5. Pengertian leadership menurut H. Kootz “Principles” : suatu kegiatan untuk dapat membujuk orang lain agar bersedia bekerja sama demi mencapai tujuan bersama.
  6. Pengertian leadership menurut C. Schenk “Leadership” : kemampuan untuk mengetahui orang dengan cara persuasi, serta melalui inspirasi daripada dengan melalui briefing, ataupun ancaman yang terselubung.

Demikianlah berbagai pengertian leadership menurut para ahli yang berhasil dikumpulkan oleh portal-ilmu.com. Pengertian leadership ini dikumpulkan dari berbagai sumber agar memudahkan kita untuk mempelajarinya. Semoga bermanfaat.

Referensi :

  1. Dr. Sopiah, MM., M.Pd. 2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta : Penerbit Andi.
  2. Husain Umar. 2000. Bussines an Introduction . Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
  3. 1935. Art of Leadership oleh Ordyway Tead. New York : Whittlesey House.
  4. Wirawan. 2014. Kepemimpinan – Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian – Contoh Aplikasi untuk Kepemimpinan Wanita, Organisasi Bisnis, Pendidikan, dan Militer. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *