BELAJAR NIKMATNYA BERSYUKUR KEPADA ALLAH SWT.

Ketika kita diberikan nikmat oleh Allah swt., tentu kita tidak boleh begitu saja melupakannya. Sudah menjadi perintah Allah swt. yang tidak boleh kita lupakan untuk senantiasa bersyukur atas berbagai nikmat-Nya.

Syukur sudah menjadi barang yang wajib kita lakukan sebagai salah satu bentuk ketaatan dan ibadah kita kepada Allah swt. Dengan bersyukur tentu Allah swt. akan menambahkan pula kenikmatan kepada hamba-Nya. Akan tetapi ketika mengingkari kenikmatan-Nya. sudah pasti nikmat Allah swt. tidak terhitung jumlahnya.

Sepenggal Kisah Singkat

Sewaktu pulang sekolah Agus dan Budi pulang bersamaan. Mereka berdua berangkat dan pulang sekolah bersamaan. Suatu hari Budi melihat sepatu Agus ternyata ganti baru. Agus pun berkata kepada Budi. “Budi, Lihat sepatuku baru…, kemarin aku minta dibelikan oleh bapakku, dan akhirnya dibelikan juga”.

Sembari menuju pulang, Budi pun juga mempunyai keinginan yang sama dengan Agus agar bisa mempunyai dan memakai sepatu baru juga besok waktu sekolah. Waktu pun berganti malam. Setelah dari masjid menjalankan shalat Isya’ Budi menyampaikan keinginannya kepada Bapaknya: “ Pak, tolong belikan aku sepatu yang baru, tadi Agus memakai sepatunya yang baru”.

Mendengar permintaan anaknya tersebut bapaknya memberikan jawaban : “Anakku, sepatumu kan masih bagus dan masih pantas dipakai, Bapak akan beli sepatu buat adikmu dulu yang mau masuk di Sekolah Dasar (SD)”.

Setelah mendengar jawaban dari Bapaknya ternyata akan membelikan sepatu untuk adiknya yang mau sekolah, Budi pun menjawab: “Baik Bapak, kalau begitu jangan beli dulu soalnya masih bagus, beli sepatu buat adik dulu saja”. Bapaknya pun berkata : “Alhamdulillah, baik anakku”
====.

Dari sepenggal kisah singkat di atas, kita akan belajar tentang nikmatnya bersyukur dan bagaimana sikap bersyukur .

A. Nikmatnya Bersyukur

Bersyukur adalah rasa berterima kasih kita kepada Allah swt. Kita sebagai makhluk Allah swt. tentu diberikan banyak nikmat, kasih sayang beserta karunia-Nya. Sebagai rasa syukur, pasti tidak hanya dengan mengucapkan alhamdulillah saja. Tetapi juga harus menggunakannya untuk beribadah kepada Allah swt. dengan baik dan benar.

Adapun kebalikan dari syukur nikmat ini adalah kufur nikmat. Maksudnya adalah mengingkari atau tidak menyadari bahwa semua nikmat yang didapatnya dan diperolehnya adalah dari jerih payah dan usahanya sendiri, tidak berasal dari Allah swt.

Dalam al-Qur’an, Allah swt. berkalam:

وَإِذۡ تَأَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَئِن شَكَرۡتُمۡ لَأَزِيدَنَّكُمۡۖ وَلَئِن كَفَرۡتُمۡ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٞ ( ٧ )

Artinya:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim (14): 7)

Sebagai seorang hamba, tentu harus mengetahui betapa pentingnya manfaat dari bersyukur ini. Manfaat penting dari sikap bersyukur ini adalah:

  1. Allah swt. akan menambahkan nikmat kepada para hamba-hambanya yang bersyukur.
  2. Menghindarkan diri kita dari perilaku sombong
  3. Menjauhkan diri kita dari sifat kufur nikmat atau ingkar atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah swt.
  4. Selalu ber-khusnudzon (berbaik sangka) kepada Allah swt. juga kepada sesama manusia
  5. Hati menjadi lapang, tenang, dan bahagia.

B. Sikap Bersyukur

Begitu banyak nikmat Allah swt. yang diberikan kepada makhluk-makhluk-Nya. Dari sinilah kita harus senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur kepada Allah swt. Ketika mendapatkan nikmat sudah menjadi keharusan bagi kita semuanya untuk melakukan beberapa hal di bawah ini, diantaranya:

  1. Jangan lupa mengucapkan hamdalah (alhamdulillaah) sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah swt.
  2. Melakukan sesuatu agar menjadi lebih baik dari sebelumnya
  3. Berbuat baik kepada sesama manusia
  4. Meninggalkan perbuatan yang buruk dan tercela
  5. Berbagi sedekah kepada orang lain sebagai bentuk berbagi nikmat dari Allah swt.
  6. Menggunakan nikmat yang diberikan Allah swt., untuk lebih mendekatkan diri lagi kepada Allah swt.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang nikmatnya bersyukur dan bagaimana sikap bersyukur ketika mendapatkan nikmat. Tentu bisa kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Serta jangan lupa senantiasa membaca alhamdulillah mendapatkan berbagai macam nikmat. Baik itu nikmat sehat, nikmat harta, dan lain sebagainya

Ditambah lagi, jangan lupa mengerjakan ibadah, dan belajar dengan sebaik-baiknya agar diberikan oleh Allah swt. hasil yang terbaik pula.

Sumber:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kelas III, (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), 2018
Software al-Qur’an in Word v.2.2
Software Kamus Besar Bahasa Indonesia v.1.1