Profil Negara Yordania Lengkap

Yordania merupakan negara yang berada di Benua Asia tepatnya di wilayah Timur Tengah. Negara ini juga dikenal sebagai The Hashimete Kingdom of Jordan atau al-Mamlakah al-Urduniyyah al-Hāshimiyyah. Amman yang merupakan ibu kota dari negara Yordania termasuk ke dalam kategori kota tertua di dunia yang sudah ada sejak abad 13 SM, terdapat bukti-bukti arkeologis yang ditemukan di wilayah tersebut.

Di negara ini juga terdapat salah satu situs 7 keajaiban dunia, yaitu Petra. Petra merupakan kota yang bangunannya terbuat dari batu. Dulunya kota ini menjadi ibu kota pada saat Kerajaan Nabath masih berjaya. Bahkan, hingga sekarang masyarakat badui masih tinggal di kota tersebut diantaranya banyak yang menjadi tour guide  juga penjual sovenir.

Selanjutnya, setelah kita mengenal sedikit tentang Negara Yordania mari kita simak artikel berikut yang akan memaparkan lebih detail lagi mengenai Yordania.  Dalam artikel ini kita akan membahas tentang profil umum, sejarah sampai dengan sistem pemerintahan dan politik Negara Yordania.

Profil umum Yordania

Ibukota: Amman
Kepala Negara  : Raja Abdullāh bin al-Hussein (Abdullah II)
Kepala Pemerintahan    : Perdana Menteri Hani Mulki
Menteri Luar Negeri dan Ekspatriat: Ayman Hussein Al-Safadi​
Luas Wilayah: 89.342 km²
Penduduk          : 9,5 juta jiwa (Sensus Nasional 2015)
Mata Uang: Dinar Yordania
GDP: US$ 38,2 miliar (2015, Bank Dunia)
GDP per kapita (PPP): US$ 5.599 (2015, Bank Dunia)
Pertumbuhan Ekonomi: 2,8% (2015, Bank Dunia)

Bendera

Bendera tersebut melambangkan the Kingdom’s roots in the Great Arab Revolt of 1916, seperti yang diadaptasi dari banner pemberontakan.

warna hitam melambangkan dinasti Abbasiyah Arab.

warna putih melambangkan dinasti Umayyah. 

warna hijau melambangkan dinasti Fatimiyah.

warna merah segitiga melambangkan dinasti Hashemite, dan

tujuh runcing Bintang Islam  di tengah segitiga merah merupakan ayat-ayat satu sampai dengan tujuh Surat Al-Fatihah, surah pertama dalam Al-Qura’n.

Sejarah Yordania

Sejarah Negara Yordania telah dimulai sejak zaman jordan kuno. Yordania merupakan wilayah yang kaya akan peninggalan arkeologi dan tradisi agama. Gurun Yordania menjadi rumah bagi para pemburu pada periode awal paleotik, ditemukan batu api yang tersebar di seluruh wilayah tersebut. Pada tahun 1300-1000 SM Yordania dan wilayah-wilayah sekitarnya berada di bawah kekuasaan nabi daud, dan setelah kematian nabi daud pada tahun 960 SM kemudian wilayah Yordania dikuasai oleh nabi sulaiman.

Wilayah Yordania juga pernah dikuasai oleh kerajaan-kerajaan kuno, seperti kerajaan Gilead di utara, Moab di Yordania tengah, dan Midian di selatan. Yordania juga pernah dikuasai oleh kekaisaran-kekaisaran kuno, seperti bizantium, persia dan romawi. Sebelum muncul sistem negara bangsa terakhir kali Yordania dikuasai oleh turki utsamani atau dinasti ottoman dan  kemudian kekuasaan tersebut direbut oleh Inggris karena kekalahan dinasti ottoman pada perangdunia I. Setelah ada mandat Inggris pada tahun 1920an muncul istilah yang dikenal dengan Transjordan atau Transyordania, dan kekuasaan tersebut sesuai mandat Inggris diserahkan kepada Abdullah. Tahun 1922 Dewan Liga Bangsa-Bangsa mengakui Transyordania sebagai negara di bawah pengawasan Inggris. 24 tahun setelah itu tepatnya pada tahun 1946 Perserikatan Bangsa-Bangsa mengakui Yordania sebagai kerajaan berdaulat yang independen.

Geografi

Negara Yordania memiliki luas wilayah sebesar 89.342 km², lebih kecil sedikit dibandingkan dengan Negara Portugal. Di bagian utara Yordania berbatasan dengan Negara Suriah, bagian timur berrbatasan dengan Irak, bagian tenggara dan selatan berbatasan dengan Arab Saudi, dan di bagian barat berbatasan dengan Israel dan Tepi Barat. Yordania memiliki tiga wilayah utama yang terdiri dari gurun, dataran tinggi di timur sungai jordan, dan lembah jordan.

Wilayah gurun sebagaian besar merupakan gurun Syria yang menempati bagian timur dan selatan negara tesebut, mencakup lebih dari empat perlima wilayah Yordania. Bagian utara gurun terdiri dari batuan vulkanik dan basal, sedangkan bagian selatan berupa batu pasir dan granit.

Dataran tinggi di bagian timur sungai jordan terdiri dari lereng curam yang memiliki ketinggian rata-rata 2000-3000 kaki (600-900 meter), di wilayah ini juga terdapat gunung Ramn yang merupakan puncak tertinggi Yordania dengan ketinggian 5755 kaki (1754 meter). Lembah jordan merupakan sebidang tanah subur yang membentang di sepanjang Tepi Barat, di sebelah timur dataran tinggi tengah. Ketinggiannya mencapai 1410 kaki(430 meter) di bawah permukaan laut.

Peta

foto: britannica.com

Iklim

Negara yordania memiliki iklim yang bervariasi, dimulai dari mediterania di bagian barat sampai dengan gurun di bagian timur dan selatan. Namun, pada umumnya tanah di negara ini gersang. Iklim di Yordania dipengaruhi oleh wilayah Yordania yang berdekatan dengan laut mediterania.

Suhu rata-rata di bagian utara atau kota Amman berkisar antara 46 dan 78 ° F (8 dan 26 ° C), sedangkan di ujung selatan atau Aqabah berkisar antara 60 dan 91 ° F (16 dan 33 ° C). Angin di Negara Yordania bertiup dari barat ke barat daya, selain itu juga terdapat angin panas, angin keirng, dan yang sering tejadi yaitu angin berdebu yang bertiup dari tenggara atau semenanjung arab.

Angin berdebu dikenal sebagai Khamsin, angin ini paling sering terjadi di awal dan akhir musim panas dan dapat berlangsung selama beberapa hari. Intensitas curah hujan di bagian barat sekitar sungai Yordania rata-rata mencapai 100-400 mm. Sedangkan di dataran tinggi sekitar timur sungan yordania curah hujan mencapai 355 mm, dan di daerah lembah memiliki curah hujan rata-rata 200 mm. Di dataran tinggi kadang juga terjadi salju dan embun beku.

Flora dan Fauna

Jenis flora yang tedapat di Yordania terbagi dalam 3 jenis, yaitu mediterania, stepa (dataran tanpa pohon), dan gurun.

  • Mediterania : di dataran tipe ini didominasi oleh semak belukar yang lebat dan pohon-pohon kecil.
  • Stepa : spesies dari genus Artemisia (apsintus) paling sering ditemukan. Rerumputan merupakan vegetasi yang umum di padang rumput, namun juga terdapat tumbuhan teratai dan mount Atlas pistachio. 
  • Gurun : hanya terdapat sedikit tumbuh-tumbuhan, sebagian besar para petani mendapat bibit dari pemerintah sebagai langkah  reboisasi. Bibit tersebut berupa sayuran dan bunga.

Bunga nasional dari negara yordania adalah bunga iris hitam (iris nigricans).

Di ngarai dan oasis ‘Ayn al-Azraq terdapat satwa liar yang bervariasi termasuk babi hutan, ibex, dan spesies kambing liar, kelinci, serigala, rubah,kucing liar, heyna, rusa, musang dan juga macan tutul. Lipan, kalajengking, dan berbagai jenis kadal juga ditemukan. Burung yang ada yaitu elang emas dan burung nasar, sedangkan unggas liarnya termasuk merpati dan ayam hutan.

Kelompok Etnis

Sepeti kita ketahui negara-negara di Timur Tengan sebagian besar merupakan keturan dari arab termasuk juga dengan Yordania yang mayoritas penduduknya juga berasal dari keturunan arab. Sebelum perang Arab-Isarel pada tahun 1948-1949 dan 1967 wilayah Yordania didominasi oleh suku badui, namun saat ini suku badui justru menempati minoritas di negara tersebut.

Selain itu, minoritas Yordania juga terdiri dari pengungsi-pengungsi negara tetangga, seperti dari Palestina, pengungsi Suriah yang melarikan diri ke Yordania karena Perang Saudara Suriah, serta sejumlah warga Irak yang mengungsi ke Yordania akibat Perang Teluk Persia dan Perang Irak. 

Ada juga minoritas dengan skala yang lebih kecil atau yang lebih dikenal dengan Cherkess atau Jarkas dan Armenia. Sejumlah kecil orang Turkmenistan (yang berbicara dalam bentuk bahasa Turkmenistan kuno atau bahasa Azeri) juga tinggal di Yordania.

Komposisi etnis yang ada di Yordania adalah sebagai berikut:

  • 69,4 % berasal dari Yordania
  • 13,3 % berasal dari suriah
  • 6,7 % berasal dari palestina
  • 6,7 % berasal dari Mesir
  • 1,4 % berasal dari Irak, dan
  • 2,5 % berasal dari etnis-etnis lain

Sosial Budaya Negara Yordania

Seperti halnya dengan negara-negara Timur Tengah lain, sosial dan berbagai tradisi budaya yang ada di Yordania relatif sama. Penduduk pedesaan badui masih menggunakan cara hidup yang tradisional, sehingga Pelestarian adat istiadat masih terus dilakukan dari generasi hingga ke generasi berikutnya.

Modernitas hanya ada dalam bentuk transportasi. Sebaliknya,bagi masyarakat modern yordania atau masyarakat perkotaan  sudah terbiasa dengan pertunjukan opera, balet, konser dan juga teater. Sebagian besar di kota-kota besar memiliki bioskop yang menyajikan film Arab dan film asing. 

Ekonomi Negara Yordania

Pertumbuhan ekonomi di Negara Yordania relatif kecil namun tetap mengalami kenaikan. Bidang perdagangan menyumbang kurang lebih sepertiga dari produk domestik bruto (PDP) negara tersebut. Ditambah dengan bidang transportasi, komunikasi, sarana dan prasarana umum serta konstruksi menyumbang seperlima dari total PDB.

Kemudian sisanya adalah bidang pertambangan dan manufaktur. Sumber utama devisa negara ini adalah warganya yang bekerja di luar negeri. Letak geografis Yordania turut mempengaruhi kestabilan ekonomi di negara tersebut. Bahkan, pada saat persitiwa perang Irak-Iran Yordania mendapat sanksi perdagangan oleh Perserikatan bangsa-bangsa karena karean telah memberikan akses ke pelabuhan ‘Aqabah kepada Irak. 

Sistem Pemerintahan Dan Politik Negara Yordania

Negara Yordania atau Kerajaan Hasymiah Yordania merupakan negara dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional. Raja memegang kekuasaan sebagai kepala negara, kepala pemerintahan dan komandan angkatan bersenjata. Dalam melakukan tugas eksekutifnya rajadibantu oleh perdana menteri dan kabinetnya. Badan legislatif yang terdiri dari senat dan House of Deputies menjadi tanggung jawab kabinet.

Di yordania kekuasaan yudisial menjadi cabang pemerintahan yang independen, namun pada realitanya raja tetap menjadi penguasa mutlak artinya semua berada dibawah kekuasaan Raja. Ada yang menarik dalam hal  ini, bahwasannya Hasyimiah sendiri berarti keturunan dari Nabi Muhammad SAW, yang berarti raja-raja dari Yordania merupakan keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW.

Tahun – tahun penting dalam sejarah Yordania:

1922

Dewan Liga Bangsa-Bangsa mengakui Transyordania sebagai negara di bawah pengawasan Inggris.

1946

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengakui Yordania sebagai kerajaan berdaulat yang independen.

1948

Negara Israel dibentuk atas mandat Inggris di Palestina. Ribuan orang Palestina melarikan diri dari pertempuran Arab-Israel ke Tepi Barat dan Yordania.

1950

Yordania mencaplok Tepi Barat.

Juli 1951

Raja Abdullah dibunuh oleh pria bersenjata Palestina yang marah atas kolusi yang terlihat dengan Israel dalam pembagian Palestina.

Agustus 1952

Hussein diumumkan sebagai raja setelah ayahnya, Talal, dinyatakan tidak sehat secara mental untuk memerintah.

1957

Inggris menarik semua pasukan mereka dari Yordania.

1967

Israel menguasai Yerusalem dan Tepi Barat selama Perang Enam Hari, gelombang besar pengungsi terjadi ke Yordania.

1970

Bentrokan besar pecah antara pasukan pemerintah dan gerilyawan Palestina yang mengakibatkan ribuan korban dalam perang saudara yang dikenang sebagai September Hitam.

1972

Upaya kudeta militer digagalkan.

1986

Hussein memutuskan hubungan politik dengan PLO dan memerintahkan kantor utamanya agar ditutup.

1989

Kerusuhan di beberapa kota karena kenaikan harga.

1989

Pemilihan umum pertama sejak 1967, hanya diikuti oleh calon independen karena larangan partai politik pada 1963.

Kesepakatan damai ditandatangani

1994

Yordania menandatangani perjanjian damai dengan Israel, mengakhiri perang Negara secara resmi selama 46 tahun.

1996

Terjadi kerusuhan harga pangan setelah subsidi dicabut berdasarkan rencana ekonomi yang diawasi oleh Dana Moneter Internasional.

Raja Hussein meninggal

Februari 1999

Raja Hussein meninggal, dan digantikan oleh putra sulungnya Putra Mahkota Abdullah.

September 2000

Pengadilan militer menghukum mati enam pria karena merencanakan serangan terhadap sasaran Israel dan AS.

Maret 2001

Raja Abdullah dan presiden Bashar al-Assad dari Suriah dan Hosni Mubarak dari Mesir meresmikan saluran listrik senilai $ 300 juta (£ 207 juta) yang menghubungkan jaringan listrik ketiga negara.

Januari 2002

Kerusuhan meletus di kota selatan Maan, gangguan publik terburuk lebih dari tiga tahun, setelah kematian seorang pemuda dalam tahanan.

September 2002

Yordania dan Israel menyetujui rencana untuk mengalirkan air dari Laut Merah ke Laut Mati yang menyusut. Proyek, dengan biaya $ 800 juta, adalah usaha patungan terbesar kedua negara hingga saat ini.

Oktober 2002

Diplomat senior AS Laurence Foley ditembak mati di luar rumahnya di Amman oleh pejuang al-Qaeda, dalam pembunuhan pertama seorang diplomat Barat di Yordania. Puluhan aktivis politik ditangkap.

Juni 2003

Pemilihan parlemen pertama di bawah Raja Abdullah II. Kandidat independen yang setia kepada raja memenangkan dua pertiga kursi.

Februaru 2004

Raja Abdullah dan Presiden Suriah Bashar al-Assad meluncurkan proyek Bendungan Wahdah pada sebuah upacara di Sungai Yarmuk.

Teror

April 2004

Pihak berwenang menyita mobil yang berisi bahan peledak dan menangkap beberapa tersangka yang dikatakan terkait dengan al-Qaeda dan merencanakan serangan bom kimia di markas intelijen di Amman.

Maret 2005

Yordania mengembalikan duta besarnya untuk Israel setelah empat tahun absen. Amman memanggil utusannya pada tahun 2000 setelah pecahnya pemberontakan Palestina.

April 2005

Kabinet baru dilantik, dipimpin oleh Perdana Menteri Adnan Badran, setelah pemerintah sebelumnya mengundurkan diri di tengah laporan ketidaksepakatannya raja atas langkah reformasi.

Agustus 2005

Al-Qaeda menembakkan tiga rudal dari dalam Yordania, dua di antaranya nyaris meleset dari kapal angkatan laut AS di pelabuhan Aqaba sementara yang ketiga mendarat di dekat bandara Eilat di Israel. Seorang tentara Yordania terbunuh.

November 2005

Enam puluh orang tewas dalam pemboman bunuh diri di tiga hotel internasional di Amman. Al-Qaeda di Irak mengaku bertanggung jawab. Sebagian besar korban adalah warga Yordania. Hari berkabung diumumkan.

Juni 2006

Perdana menteri Irak mengumumkan bahwa Abu Musab al-Zarqawi yang lahir di Yordania, pemimpin al-Qaeda di Irak, telah tewas dalam serangan udara.

Juli 2007

Pemilu lokal pertama sejak 1999. Partai oposisi utama, Front Aksi Islam, mundur setelah menuduh pemerintah melakukan kecurangan.

November 2007

Pemilihan parlemen memperkuat posisi pemimpin suku dan kandidat pro-pemerintah lainnya. Nasib oposisi Front Aksi Islam menurun. Politisi moderat Nader Dahabi ditunjuk sebagai perdana menteri.

Agustus 2008

Raja Abdullah mengunjungi Irak. Dia adalah pemimpin Arab pertama yang mengunjungi negara itu sejak invasi AS pada 2003.

Reformasi dan protes

November 2009

King membubarkan parlemen setengah jalan melalui masa jabatan empat tahunnya

Desember 2009

Raja Abdullah menunjuk perdana menteri baru untuk mendorong reformasi ekonomi.

Mei 2010

Undang-undang pemilu baru diperkenalkan. Para pegiat pro-reformasi mengatakan bahwa tidak banyak yang dapat membuat sistem lebih representatif.

Oktober 2010

Pemimpin kelompok militan Islam dipenjara karena merencanakan serangan terhadap tentara.

November 2010

Pemilihan parlemen, diboikot oleh oposisi Front Aksi Islam. Kerusuhan pecah setelah diumumkan bahwa kandidat pro-pemerintah telah meraih kemenangan besar.

Januari 2011

Protes jalanan Tunisia yang menggulingkan presiden mendorong demonstrasi serupa di negara lain, termasuk Yordania.

Februari 2011

Dengan latar belakang protes jalanan berskala besar, Raja Abdullah menunjuk perdana menteri baru, mantan jenderal angkatan darat Marouf Bakhit, dan menuduhnya melakukan reformasi politik.

Oktober 2011

Protes terus berlanjut sepanjang musim panas, meskipun dalam skala yang lebih kecil, mendorong Raja Abdullah untuk menggantikan Perdana Menteri Bakhit dengan Awn al-Khasawneh, seorang hakim di Mahkamah Internasional.

April 2012

Perdana Menteri Awn al-Khasawneh mengundurkan diri secara tiba-tiba, karena tidak dapat memenuhi tuntutan reformasi atau ketakutan pendirian untuk memberdayakan oposisi Islam. Raja Abdullah menunjuk mantan perdana menteri Fayez al-Tarawneh untuk menggantikannya.

Oktober 2012

Raja Abdullah menyerukan pemilihan parlemen untuk awal Januari. Sayap politik Ikhwanul Muslimin, Front Aksi Islam, memutuskan untuk terus memboikot mereka sebagai protes atas ukuran konstituensi yang tidak setara dan kurangnya kekuatan parlemen yang sebenarnya. Raja menunjuk Abdullah Ensour, mantan menteri dan pendukung vokal reformasi demokrasi, sebagai perdana menteri.

November 2012

Bentrokan antara pengunjuk rasa dan pendukung raja menyusul demonstrasi massa di Amman yang menentang pencabutan subsidi bahan bakar, di mana seruan untuk mengakhiri monarki terdengar. Tiga orang tewas.

Januari 2013

Kandidat pro-pemerintah menang dalam pemilihan parlemen yang diboikot oleh oposisi utama Front Aksi Islam.

Maret 2013

Pemerintahan baru dilantik, dengan petahana Abdullah Ensour dilantik kembali sebagai perdana menteri setelah konsultasi yang belum pernah terjadi sebelumnya antara raja dan parlemen.

Juni 2014

Pengkhotbah radikal Muslim Abu Qatada, dideportasi dari Inggris setelah pertarungan hukum yang panjang, dinyatakan tidak bersalah atas pelanggaran terorisme oleh pengadilan di Yordania atas dugaan plot pada tahun 1998.

Memerangi ISIS

September 2014

Yordania adalah satu dari empat negara Arab yang ambil bagian, bersama dengan AS, dalam serangan udara terhadap militan ISIS di Suriah.

November 2014

Otoritas Yordania menangkap wakil ketua organisasi Ikhwanul Muslimin negara itu, dalam penangkapan pertama tokoh oposisi utama di Yordania selama beberapa tahun.

Februari 2015

ISIS mempublikasikan video yang dimaksudkan untuk menunjukkan pilot Yordania yang ditangkap Muath Kasasbeh sedang dibakar hidup-hidup. Yordania merespons dengan meningkatkan kampanye udara anti-ISIS dan mengeksekusi tahanan.

Uni Eropa mengatakan pihaknya memberikan pinjaman 100 juta euro ($ 113 juta) kepada Yordania untuk membantunya menangani dampak dari krisis di Suriah dan Irak.

Maret 2015

Yordania ambil bagian dalam serangan udara pimpinan Saudi terhadap pemberontak Houthi di Yaman.

September 2016

Pemilihan parlemen pertama di bawah perwakilan proporsional sejak 1989.

Desember 2016

Sepuluh orang, termasuk seorang turis, tewas dalam serangan yang diklaim oleh kelompok Negara Islam di sebuah kastil Tentara Salib di kota Karak.

Agustus 2017

Yordania dan Irak membuka kembali penyeberangan perbatasan utama mereka untuk pertama kalinya dalam dua tahun setelah militan ISIS diusir dari jalan raya utama ke Baghdad.

Juni 2018

Protes jalanan terhadap kenaikan pajak dan langkah-langkah lain yang diperkenalkan sebagai bagian dari program penghematan menyebabkan jatuhnya Perdana Menteri Hani Mulki dan penggantinya dengan menteri pendidikan dan ekonom, Omar al-Razzaz.

Daftar Pustaka

1. Irvine, V. E. (2020). Jordan. Retrieved Agustus 2020, from britannica.com: https://www.britannica.com/place/Jordan
2. Jordan, E. o. (2008). FLAG OF JORDAN. Retrieved Agustus 14, 2020, from jordanembassyus.org: http://www.jordanembassyus.org/page/flag-jordan#:~:text=The flag symbolizes the Kingdom's,band represents the Umayyad dynasties.&text=The crimson triangle joining the bands represents the Hashemite dynasty.
3. KEMLU. (2018). Sekilas Yordania. Retrieved Agustus 2020, from kemlu.go.id: https://kemlu.go.id/amman/id/pages/sekilas_yordania/2411/etc-menu
4. Kompas.com. (2019). Sejarah Petra, Kota Batu Kuno yang Menawan di Yordania. Retrieved Agustus 14, 2020, from KOMPAS.com: https://travel.kompas.com/read/2019/05/10/141700427/sejarah-petra-kota-batu-kuno-yang-menawan-di-yordania
5. News, B. (2018, Juni 5). Jordan profile - Timeline. Retrieved Agustus 15, 2020, from bbc.com: https://www.bbc.com/news/world-middle-east-14636713
6. Santoso, A. S. (2019). 6 Fakta Unik Yordania, Negara yang Punya Ibu Kota Tertua. Retrieved Agustus 14, 2020, from travel.tribunnews.com: https://travel.tribunnews.com/2019/11/25/6-fakta-unik-yordania-negara-yang-punya-ibu-kota-tertua
Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *