Yuk Kenali Negara Singapura

Selamat pagi, teman. Hari ini kita akan belajar banyak hal tentang negara Singapura. kita akan mempelajari secara mendetail tentang Singapura, mulai dari bendera negara, perdana menteri yang menjabat, sampai pada pariwisata di sama. Yuk kenali negara Singapura.

Peta Singapura

Bentuk Negara Singapura

Bendera Negara Singapura 

Warna bendera negara Singapura, merah dan putih yang sama dengan warna bendera negara Indonesia. Namun ada perbedaannya, yaitu di bendera di Singapura terdapat gambar bulan sabit dan bintang. Kesamaan warna tersebut sebab merah dan putih merupakan lambang bendera dari kerajaan Majapahit pada zaman dahulu. Hal ini disebabkan, pada zaman Majapahit, kedua wilayah ini, yaitu Indonesia dan Singapura merupakan negara yang berada dalam satu kesatuan wilayah. Akibatnya, kedua negara tersebut memiliki kecenderungan yang sama dalam memilih warna bendera.

Singapura

Adapun makna yang tersirat dari bendera negara Singapura, yaitu sebagai berikut.

Warna merah yang terdapat dalam bendera melambangkan tentang persaudaraan.

Warna putih yang terdapat dalam bendera melambangkan kesucian.

Gambar bulan sabit yang terdapat dalam bendera melambangkan tentang Singapura merupakan negara muda yang terus berkembang.

Gambar lima bintang yang terdapat dalam bendera melambangkan tentang demokrasi, perdamaian, kemajuan, keadilan, dan persamaan hak.

Bendera negara Singapura ini menggantikan Union Jack yang telah berkibar di negara tersebut mulai tahun 1819 – 1959 atau sekitar 140 tahun. Bendera yang diciptakan oleh ebuah komite yang pada saat itu diketuai oleh Wakil Perdana Menteri pada kala itu, Dr. Toh Chin Chye, mulai diperkenalkan ke warga Singapura pada tanggal 3 Desember 1959. Pada saat bendera negara Singapura tersebut diperkenalkan ke rakyat, kala itu sedang diadakan pelantikan Encik Yusof bin Ishak. Bendera negara Singapura tersebut sampai saat  ini masih digunakan.

Lambang Negara Singapura

Nama Asli Negara Singapura : Sing Kung Woh Kwok
Nama Internasional Negara Singapura : Republic of Singapura
Nama Resmi yang lain dari Singapura : Hsi – chia – p’o Kung – ho – kuo (Cina Mandarin)

 

Republik Singapura (Melayu)

Singapore Kudiyarasu (Tamil)

Bentuk Negara Singapura : Republik Parlementer
Ibu Kota Negara : Singapura
Kepala Negara Singapura : Presiden
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
Lagu Kebangsaan Negara Singapura : Majulah Singapura

Lagu ini diciptakan oleh Zubir Said. Zubir Said merupakan laki – laki kelahiran Bukittinggi, tanggal 22 Juli 1907. Selain menciptakan lagu kebangsaan untuk negara Singapura. Zubir Said juga menciptakan lagu resmi yang digunakan untuk Hari Anak Singapura dan Festival Kaum Muda Singapura. Lagu tersebut berjudul Semoga Bahagia.

Semboyan Negara Singapura : Majulah Singapura
Tanggal Bersejarah Negara Singapura : 9 Agustus 1965
Mata Uang Negara Singapura : Dollar Singapura (SGD)
Kode Telepon Negara Singapura : +65 (Dari Malaysia)
Kemerdekaan Negara Singapura : Dari Malaysia
Aksara di negara Singapura : Huruf Latin, Cina disederhanakan, huruf Tamil
Zona Waktu Negara Singapura

: GMT + 8 (= WITA) atau lebih cepat satu jam dibandingkan dengan WIB. Sebenarnya penentuan waktu yang ada di negara Singapura ini seharusnya lebih lambat waktunya dibandingkan dengan WIB. Namun, hal ini disengaja oleh penduduk di negara Singapura. Tujuannya agar penduduk yang tinggal di negara Singapura terbiasa untuk bangun dan bekerja lebih pagi dibandingkan dengan penduduk yang terdapat di negara jirannya.

Format Tanggal Negara Singapura : dd/ mm/ yyy
Lajur Kemudi Negara Singapura : Lajur kiri
Domain Resmi Negara Singapura : .sg

Asal Mula Negara Singapura

Singapura berasal dari kata sansekerta, yaitu Singa dan Pura. Pura Berarti kota. Singapura berarti kota singa. Dalam bahasa inggris, singapura dikenal dengan istilah Lion City.Pada zaman dahulu, kota Singa ini dikenal dengan nama kota Tumasik. Kota ini juga merupakan wilayah bagian dari negara Sriwijaya yang terletak di Palembang. Singapura merupakan negara yang paling maju di antara negara – negara yang kecil di dunia. Negara Singapura yang terletak di ujung paling selatan dari Semenanjung Makaka ini, dibangun oleh Sir Stamford Rafles.

Dengan melihat potensi yang luar biasa dari Singapura, kemudian Rafles melakukan kerja sama dengan Sultan Husein Shah. Sultan Husein Shah merupakan wakil dari The British East India Company.  Kerja sama tersebut dimaksudkan untuk membangun Singapura sebagai tempat untuk perdagangan dan pemukiman. Berkat jasa Rafles tersebut, kemudian Rafles dikenal sebagai pendiri dan sekaligus peletak dasar – dasar negara Singapura.

Singapura sempat diduduki oleh Jepang dan sekaligus dijadikan sebagai pusat strategi invasi Jepang ke wilayah Pasifik. Kejadian tersebut terjadi pada Perang Dunia II. Hingga sampai saat ini, peninggalan masa kolonial Jepang tersebut masih dapat dijumpai di Pulau Sentosa.

Selanjutnya, pada tahun 1959, negara Singapura berdiri sebagai sebuah negara yang berada di bawah pemerintahan Kerajaan Inggris. Pada tahun 1963, Singapura menjadi negara republik, setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris. Selain itu, pada tahun 1963 tersebut, negara Singapura bergabung dengan Malaya, Sabah, dan Serawak untuk membentuk Negara Federasi Malaysia.

Namun, sayangnya, pada tahun 1965, negara Singapura mulai menarik diri dari federasi dan membentuk negara yang terpisah. Singapura menjadi negara mandiri yang dipimpin oleh Perdana Menteri oertama Lee Kuan Yew. Lee Kuan Yew, bahkan dikenal sebagai seorang tokoh pembangunan negara Singapura modern.

Negara yang dibangun tahun 1819 ini, oleh Thomas Stanford Raffles, untuk dijadikan sebagai kota pelabuhan kecil. Namun, untuk saat ini negara Singapura dinyatakan sebagai pelabuhan laut yang terbesar di dunia. Pelabuhan yang ada di Singapura selalu disinggahi oleh kapal – kapal dagang.

Bahkan, dari kondisi ini, pembangunan ekonomi untuk bidang perdagangan menjadi tumbuh pesat. Perdagangan di Singapura menjadi salah satu pusat perdagangan yang terbesar di dunia. Hal tersebut didukung dengan letak Singapura yang strategis, sehingga menjadikan negara ini sebagai tempat transit untuk perdagangan. Maka tidak mengherankan jika negara Singapura dikatakan sebagai sebuah negara yang paling maju perekonomiannya di kawasan Asia Tenggara.

Pemaparan di atas menjelaskan tentang asul mula berdirinya negara Singapura menjadi negara dengan perekonomian yang paling pesat di Asia. Selanjutnya akan dijelaskan tentang letak astronomi, luas negara, dan kondisi geografis yang dimiliki oleh negara Singapura. perhatikan penjelasan di bawah ini.

Letak Astronomis, Letak Geografis, dan Luas Wilayah Negara Singapura

Negara Singapura merupakan negara yang terletak di paling ujung selatan dari Semenanjung Malaka. Negara ini memiliki luas wilayah 660 km2. Luas wilayah negara Singapura ini dapat dikatakan lebih kecil dari negara Brunei Darussalam. Secara astronomis, negara Singapura terletak pada garis lintang di antara 1015’ Lintang Utara (LU) sampau 1026’ Lintang Selatan (LS) dan terletak pada garis bujur di antara 1030 Bujur Timur (BT) sampai 1040 Bujur Timur (BT).

Negara Singapura ini memiliki satu pulau utama dengan 60 pulau – pulau yang lebih kecil. Pulau – pulau kecil yang termasuk ke dalam wilayah Singapura, antara lain Pulau Tekong Besar, Pulau Ubin, Pulau Sentosa, dan Pulau Ayer Chawan. Pulau Jurong, pulau Tekong, pulau Ubin, dan pulau Sentosa merupakan pulau – pulau terbesar di bandingkan dengan pulau – pulau yang lain.

Negara Singapura ini merupakan negara yang telah melakukan reklamasi pantai. Beberapa pulau kecil telah direklamasikan untuk digabung menjadi pulau yang lebih besar. Kegiatan reklamasi di negara Singapura ini telah terjadi sejak tahun 1960-an. Bahkan, di Singapura hutan bakau nyaris telah habis dan berubah menjadi daratan.

Selanjutnya, secara geografis, batas – batas wilayah yang dimiliki oleh negara Singapura, yaitu sebagai berikut.

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Malaysia atau Johor.
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Indonesia atau Selat Malaka, elat Singapura.
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Malaysia dan Laut Cina Selatan.
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Malaysia dan Samudra Hindia.

Di negara Singapura terdapat dua jalur perbatasan yang dihubungkan oleh jembatan yang ada di darat dengan Malaysia, yaitu Johor – Singapore Causeway yang terletak di utara dan Tuas Second Link yang terletak di Singapura bagian barat daya.

Penjelasan di atas menunjukkan luas yang dimiliki oleh negara Singapura, yang mungkin masih akan bertambah karena adanya reklamasi pantai tersebut. Dengan luas wilayah yang demikian, yaitu lebih kecil dari Brunei Darussalam, bagaimana  bentangan alam yang dimiliki oleh negara Singapura?

Bentang Alam Negara Singapura

Negara Singapura berwujud dataran rendah yang rata. Selain itu, di negara ini juga terdapat beberapa bukit kecil. Bukit – bukit dapat ditemui di bagian timur. Sungai yang terletak di Singapura berukuran pendek – pendek. Sungai tersebut memiliki mata air dari daerah bukit.Selain itu, dibagian barat daya dari negara ini, terdiri dari lembah dan rawa. Adapun karakteristik yang dimiliki oleh masing – masing wilayah yang dimiliki oleh negara Singapura, yaitu sebagai berikut.

1# Daerah bukit tengah. Wilayah negara Singapura yang terdapat di bagian utara dan tengah berupa bukit – bukit dengan puncaknya yang berbentuk bulat. Bukit – bukit yang terdapat di wilayah tersebut, antara lain:

  1. Bukit timah dengan ketinggian 178 m. Bukit timah ini juga merupakan titik tertinggi yang dimiliki oleh negara Singapura.
  2. Bukit gombak dengan ketinggian 133 m.
  3. Bukit panjang dengan ketinggian 154 m.
  4. Bukit mandai dengan ketinggian 129 m.

Selain terdapat bukit, wilayah Singapura bagian ini juga mengalir beberapa sungai. Sungai – sungai tersebut dimanfaatkan pemerintah untuk kegiatan irigasi dan pembangkit tenaga listrik. Untuk kegiatan pembangkit tenaga listrik, sungai tersebut dibuatkan suatu bendungan. Lebih lanjut, selain dimanfaatkan untuk irigasi dan pembangkit listrik, sungai tersebut juga dimanfaatkan untuk sarana transportasi.

2# Daerah dataran timur. Wilayah Singapura yang terletak di bagian timur ini berupa dataran rendah. Dataran rendah ini yaitu aluvial dan rawa – rawa. Di wilayah ini, juga mengalir sungai. Namun, sungai yang mengalir, pada umumnya pendek, dangkal, dan alirannya lambat. Akibatnya, sungai tersebut kurang dapat dimanfaatkan.

3# Daerah barat daya. Karakteristik wilayah negara Singapura di bagian barat daya ini bergelombang. Wilayah ini terdiri dari lembah dan rawa. Di wilayah barat daya ini terdapat beberapa bukit yang rendah. Bukit – bukit tersebut, antara lain:

  1. Bukit fiber. Bukit ini merupakan lokasi wisata yang sangat terkenal. Untuk pariwisata di negara Singapura akan dijelaskan pada pembahasan paling akhir.
  2. Bukit pasir panjang.
  3. Bukit sesop.

Singapura bagian barat daya ini, juga terdapat sungai – sungai kecil yang mengalir. Sungai tersebut, antara lain:

  1. Sungai Jurong
  2. Sungai Kranji
  3. Sungai Singapura
  4. Sungai Chua Chu Kang
  5. Sungai Pandan

Lebih lanjut, Selat Johor menjadi pemisah antara negara Singapura dengan Semenanjung Malaka. Bentuk pulau Singapura yaitu belah ketupat. Pulau ini juga dihubungkan dengan tanah semenanjung melalui jalan raya, jalan kereta api, dan saluran pipa yang memiliki panjang 1,5 km.

Demikian penjelasan tentang bentangan alam yang ada di negara Singapura. Dengan kondisi bentang alam yang demikian, di mana terdapat bukit dan dataran rendah. Bagimanakah iklim yang dimiliki oleh negara Singapura? Berikut penjelasannya.

Iklim Negara Singapura

Negara Singapura termasuk negara yang memiliki iklim tropis. Di negara Singapura tidak terjadi perbedaan cuaca yang ekstrem.Negara ini terletak di utara garis khatulistiwa. Karakteristik musim yang dimiliki oleh negara Singapura ini dibedakan berdasarkan pada suhu dan tekanan udara, kelembaban, dan tingkat curah hujan yang terjadi sepanjang tahun.

Suhu rata – rata tahunan di Singapura mencapai 260 C.

Kelembaban rata – rata yaitu 90 % pada pagi hari dan pada sore hari 60 %. Curah hujan yang dimiliki negara Singapura kurang lebih 2500 mm per tahun. Hujan di negara ini berlangsung pada bulan November sampai Maret. Pada periode tersebut, negara Singapura sedang berhembus angin muson timur laut yang basah.

Daerah yang banyak menerima curah hujan, yaitu bagian perbukitan yang tengah. Selanjutnya, pada bulan April sampai Semptember mulai bertiup angin muson barat daya yang kering. Bulan yang terpanas di negara Singapura ini, pada bulan Juni sampai Juli.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa singapura merupakan negara tropis yang dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur. Lalu bagaimana keadaan sosial budaya yang dimiliki oleh negara Singapura?

Sosial Budaya Negara Singapura

Sebagai negara yang memiliki kepadatan penduduk yang tertinggi di dunia. Jumlah penduduk yang dimiliki oleh negara Singapura mencapai 4.608. 167 jiwa pada tahun 2008. Angka pertumbuhan penduduk di negara Singapura mencapai 1,08 %.

Pertumbuhan penduduk tersebut menunjukkan bahwa negara Singapura memiliki populasi yang meningkat dengan pesat. Ciri – ciri penting dari penduduk Singapura yaitu support ratio. Yang berarti bahwa rasio yang digunakan untuk membandingkan antara individu – individu yang dinilai produktif dan individu yang dinilai tidak produktif secara ekonomi.

Sebagian besar penduduk di Singapura berusia produktif. Selain itu, penduduk yang berada di Singapura sebagaian besar merupakan pendatang. Etnis mayoritas yang mendiami wilayah Singapura, yaitu etnis Cina, sekitar 77,3 %. Sedangkan, etnis lain yang iku mendiami wilayah Singapura, yaitu etnis Melayu sekitar 14,1 %, etnis India dan etnis Pakistan sekitar 7,3 %, dan etnis yang lain sebesar 1,3 %.

Kaum Tionghoa atau Etnis Cina

Etnis Cina atau etnis Tionghoa merupakan kelompok etnis yang paling besar di Singapura. hampir tiga perempat penduduk Singapura di dominasi oleh etnis Tionghoa. Akibatnya bahasa, makanan, hiburan, dan festival Tionghoa sangat menonjol di Singapura. kaum Tionghoa sebagian besar dari provinsi – provinsi selatan Tiongkok, termasuk daerah Fujian dan Guandong.  Dialek yang banyak berkembang dari kaum Tionghoa ini, yaitu dialek Hokkian dan dialek Teochew, kemudian muncul anggota dialek Kanton, dialek Hainan, dan kelompok – kelompok kecil yang lain.

Kaum Tionghoa yang pergi ke Singapura ini untuk melarikan diri dari kehidupan yang keras di negara asalnya. Mereka ke Singapura untuk mengadu nasib menjadi kuli dan buruh. Selain itu, juga ada yang menjadi pengusaha yang terkenal dan sukses di negara ini.

Bahkan, di berbagai jenjang masyarakat, politik, bisnis, gelanggang olah raga, dan hiburan juga terdapat kaum Tionghoa. Meskipun, semenjak kepindahan mereka ke Singapura menjadikan budaya tradisional mereka melebur menjadi satu dengan etnis setempat. Namun, kaum Tionghoa masih dapat merayakan imlek dengan antusias untuk mengingat budaya mereka.

Kaum Eurasia

Kelompok etnia eurasia ini terdiri atas individu – individu yang memadukan garis keturunan antara Eropa dan Asia. Kelompok ini telah menetap di Asia sejak awal abad ke -19. Karena orang Eurasia merupakan campuran antara Eropa dan Asia, maka sisi Eropa mereka merupakan bangsa Portugis, Belanda, atau Inggris. Sedangkan, sisi Asia mereka berasal dari Tiongkok, Melayu, dan India.

Kedatangan kaum eurasia ke Singapura ini setelah Inggris mendirikan negara ini. Mereka disambut di daerah Penang dan Malaka. Pada masa penjajahan, banyak kaum eurasia yang menjadi pegawai kantor pemerintahan, bank Eropa, dan berniaga. Sedangkan, kaum eurasia yang wanita menjadi guru dan perawat.

Di Singapura, kaum Eurasia menonjol dalam industri media dan hiburan. Bahasa yang digunakan kaum Eurasia yaitu bahasa Inggris, sedangkan kaum Eurasia yang turunan Portugis menggunakan bahasa Kristang. Orang – orang Eurasia juga memiliki tradisi kuliner sendiri dan berbeda dengan kaum yang lain.

Etnis India

Kelompok etnis yang terbesar ketiga di Singapura yaitu orang India. Bahkan, orang India yang datang ke Singapura merupakan komunitas India yang paling besar di luar negeri. Etnis India yang menetap di Singapura merupakan orang India bagian selatan. Mereka telah menetap di Singapura, setelah Inggris datang ke negara ini.

Sebanyak 60 % penduduk India yang tinggal di Singapura merupakan keturunan Tamil. Agama yang dianut oleh etnis India ini, sebagian beragama Hindu. Etnis India yang datang ke Singapura sebagian besar membuka usaha dan berdagang, mulai dari tekstil hingga perhiasan. Sama seperti etnis yang lain, etnis India juga memiliki makanan favorit, yaitu panekuk gurih atau yang dikenal dengan Thosai dan aneka gorangan tepung atau yang dinamakan dengan Vadai.

Etnis Melayu

Etnis melayu merupakan kelompok etnis yang terbesar kedua di Singapura. Etnis ini juga merupakan pemukim asli di Singapura. Orang Melayu yang tinggal di Singapura berasal dari daerah Jawa dan Bawean, Indonesia.  Selain itu, juga berasal dari semenanjung Malaysia.

Logat bahasa Melayu yang diucapkan oleh penduduk yang tinggal di Singapura lebih menggunakan versi di Semenanjung Malaysia dibandingkan Indonesia. Agama yang dianut oleh etnis Melayu yaitu Muslim.Sedangkan, dari segi makanannya, etnis Melayu memiliki ciri khas berupa nasi lemak dan mie rebus.

Etnis Peranakan

Etnis peranakan merupakan perpaduan antara budaya – budaya yang berkembang di Singapura. Istilah peranakan ini mengacu pada orang – orang keturunan dari laki – laki Tiongkok atau India dan perempuan Melayu lokal atau Indonesia. Bidang pekerjaan dari etnis peranakan ini menjadi seorang pedagang dan membuka toko – toko, properti, pelayaran, dan perbankan. Etnis peranakan ini memiliki pakaian tradisional yang dikenal dengan Kebaya Nonya. Kebaya ini dipengaruhi oleh Sarong Kebaya Melayu.

Lebih lanjut, agama yang dianut oleh mayoritas penduduk negara Singapura yaitu Budha atau Tao dan Konfusius, sekitar 50 %, Islam, Kristen, sekitar 15 %, dan Katolik. Agama Islam, mayoritas di anut oleh penduduk yang beretnis India atau Pakistan.

Lebih lanjut, agama lain yang juga dianut oleh penduduk Singapura yaitu Kong Hu Chu dan Hindu sekitar 5 %.Meskipun terdapat keragaman penduduk, namun di negara Singapura ini tidak pernah terjadi kerusuhan maupun pertikaian yang terjadi di antara umat beragama. Sehingga dapat dikatakan bahwa kehidupan di Singapura ini sangat teratur, aman, dan tenang.

Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk negara Singapura yaitu bahasa Inggris. Sedangkan, bahasa ibu yang pada umumnya digunakan dalam percakapan sehari – hari, antara lain bahasa Melayu, bahasa Mandarin, dan bahasa Tamil. Akibat dari adanya keragaman bahasa yang digunakan, maka bahasa inggris di Singapura mengalami perubahan yang dapat berpengaruh pada logat maupun struktur dari bahasanya. Kondisi tersebut menyebabkan perbedaan dengan bahasa Inggris yang biasa digunakan.

Bahasa Inggris yang dimiliki oleh negara Singapura mengandung struktur melayu. Hak tersebut kadang menjadikan orang asing sulit mengerti. Bahasa Inggri Singapura yang unik ini disebut dengan Singlish atau Singaporean English.

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa etnis Tingohoa merupakan etnis utama yang ada di negara Singapura. Selain itu, agama yang dianut oleh penduduk Singapura juga beragam. Kemudian, bagaimana kondisi perekonomian negara Singapura? hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

Perekonomian Negara Singapura

Singapura merupakan negara yang memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Inggris. Kemerdekaan tersebut diperoleh tahun 1959. Karena memperoleh kemerdekaan dari Inggris, akibatnya, negara Singapura termasuk dalam anggota persemakmuran atau commonwealth dengan Inggris.

Sir Thomas Stamford Raffles sebagai pendiri negara Singapura, sejak semula telah menetapkan negara Singapura menjadi pusat perdagangan. Bahkan, apa yang diinginkan oleh Raffles tersebut, saat ini telah terwujud. Singapura menjadi pusat perdagangan yang ada di wilayah Asia Tenggara. Negara Singapura ini mendapat julukan sebagai macan Asia. Hampir 80 % penduduk Singapura, bekerja pada sektor perdagangan dan Perindustrian. Di negara ini terdapat berbagai sarana dan prasarana yang modern.

Negara Singapura menjadi negara yang memelopori industri di wilayah Asia Tenggara . Industri di Singapura telah berkembang pesat, semenjak pertama kali berdiri sendiri. Wilayah industri yang penting, dapat dijumpai di daerah Jurong. Industri utama yang dihasilkan oleh negara Singapura yaitu industri petrolium, pengolahan karet, makanan dan miniman, cat, semen, kertas, dan barang – barang elektronik. Selain itu, juga terdapat industri baru yang berkembang di negara Singapura dan tidak kalah penting, yaitu industri pembuatan dan perbaikan kapal.

Bahan mentah untuk keperluan industri dan bahan bakar minyak diperoleh Singapura dari kegiatan impor. Kegiatan industri untuk peleburan biji timah dapat dijumpai di Pulau Brani. Sedangkan, pengolahan minyak mentah dapat dijumpai di Pulau Bukum.

Negara Singapura dinyatakan sebagai negara yang memiliki pendapatan terbesar di dunia. Singapura menjadi induk bank dari berbagai negara yang ada di dunia, disamping mengandalkan sektor perdagangan dan industri. Selain itu, negara Singapura juga menjadi tempat tujuan wisata dan pendidikan di seluruh penjuru dunia.

Lebih lanjut, selain dari sektor industri, kegiatan pertanian dan peternakan di negara Singapura juga dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri. Pertanian yang dilakukan di negara Singapura ini dengan cara intensif dan hidroponik (yaitu jenis pertanian dalam air yang mengandung nutrisi bagi tumbuh tanaman). Kegiatan pertanian di negara Singapura ini hanya diminati sebagian kecil dari penduduk Singapura.

Hal tersebut disebabkan semakin sempitnya lahan pertanian di Singapura dan tingginya keuntungan dalam bidang nonagraris di Singapura. Hasil pertanian penduduk Singapura, antara lain buah – buahan, sayur – sayuran, dan bunga anggrek. Sedangkan, hasil peternakan penduduk Singapura yaitu daging babi dan unggas.

Kegiatan ekonomi penduduk Singapura juga mengandalkan sektor jasa. Di bidang jasa, negara Singapura mengembangkan jasa untuk pengepakan barang, jasa pemeriksaan barang, jasa industri, jasa bongkar muat barang di pelabuhan, jasa ekspor dan jasa impor.

Tingkat ekonomi yang dimiliki oleh penduduk Singapura tergolong di atas rata – rata. Bahkan, di negara ini, jumlah penduduk yang miskin sangat sedikit. Pemerintahan Singapura sangat memperhatikan ketenagakerjaan. Hal tersebut untuk menekan pengangguran. Angka pengangguran di Singapura juga rendah, sekitar 3,1 %. Keberhasilan negara Singapura dalam dunia bisnis dan ekonomi menjadikan negara ini menjadi negara kecil yang sangat kaya.

Tingkat pertumbuhan ekonomi negara Singapura ini sebesar 7,7 %. Penduduk Singapura yang bekerja di pabrik, sebanyak 17 %. Penduduk Singapura yang bekerja di bidang bisnis jasa, sekitar 12,4 %. Penduduk Singapura merupakan pekerja kerah putih. Pekerja ini menunjukkan kedewasaan dalam perekonomian yang serius untuk memberikan suatu pelayanan. Bahkan, Singapura telah diakui sebagai pusat keuangan internasional dan telah memperkerjakan 6,1 % penduduk pada sektor keuangan.

Wilayah Singapura yang kecil ini, menjadikan pemerintah mudah untuk mengatur dan mengontrol penduduknya. Penduduk di Singapura dapat menikmati berbagai pelayanan kesehatan dan pelayanan pendidikan yang telah disediakan pemerintah dengan cara yang mudah. Bahkan, masalah – masalah kriminal yang terjadi di negara Singapura ini sangat rendah.

Kekayaan yang dimiliki oleh negara Singapura terutama dari bisnis di bidang pariwisata. Singapura yang dikenal sebagai transit perjalanan antara Asia Timur, Osenia, Eropa, Afrika, dan Timur Tengah ini, mampu mendatangkan 10 juta wisatawan setiap tahun. Pariwisata yang ada di Singapura ini, antara lain wisata belanja dan rekreasi. Pembahasan lebih lanjut tentang pariwisata yang terdapat di Singapura akan dijelaskan di akhir pembahasan.

Merujuk pada penjelasan di ataa menunjukkan bahwa industri menjadi sektor andalan yang dimiliki oleh negara Singapura. Melalui sektor industri ini, negara Singapura mampu menjadi negara dengan pusat perdagangan di dunia. Bukan, hanya sektor industri saja yang maju pesat, bahkan sektor wisata menjadi kontribusi yang utama untuk perekonomian negara yang mendapat julukan macan Asia ini. Selanjutnya, bagaimana hubungan diplomatik yang terjadi antara Indonesia dengan Singapura? pertanyaan tersebut, dapat dilihat pada penjelasan di bawah ini.

Hubungan Diplomatik antara Singapura dengan Indonesia

Hubungan diplomatik yang terjalin antara Indonesia dan Singapura dapat dikatakan terjalin dengan baik. Masing – masing negara tersebut, menempatkan duta besarnya di ibu kota negara, yaitu di Jakarta dan di Singapura.

Kerja sama yang dilakukan antara Singapura dan Indonesia dalam bidang ekonomi, ditunjukkan dengan keterlibatannya di APEC dan WTO. Selain itu, kedua negara, baik Singapura maupun Indonesia juga melakukan kegiatan ekspor dan impor. Nilai ekspor yang dimiliki Indonesia ke negara Singapura ini menempati pada urutan ketiga, setelah negara Jepang dan Amerika Serikat.

  • Ekspor Indonesia ke negara Singapura yaitu minyak mentah, timah, karet, kopra, dan gas alam.
  • Ekspor negara Singapura ke negara Indonesia yaitu kapal, pakaian jadi, hasil sulingan minyak bumi, tekstil, pipa besi dan baja, bahan kimia, dan barang – barang elektronika.

Dalam bidang politik, hubungan kerja sama antara negara Singapura dengan negara Indonesia sedang diupayakan untuk meningkatkan hubungan bilateral di kedua negara tersebut. Hal ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah – masalah penting yang terjadi diantara kedua negara tersebut, yaitu Singapura dan Indonesia. Masalah – masalah yang dialami, antara lain batas maritim, perjanjian ekstradisi, dan persetujuan untuk pembangunan sumber daya air.

Lebih lanjut, wilayah yang membentuk segitiga Sijori, yaitu Singapura, Johor, dan Riau, sedang diupayakan untuk mempererat hubungan di antara ketiga negara tersebut. Akan diadakan pembangunan di wilayah Sijori ini. Pembangunan ini dalam rangka untuk membentuk pusat industri yang baru.

Penjelasan di atas menunjukkan tentang hubungan diplomatik yang terjadi antara kedua negara yaitu negara Singapura dan Negara Indonesia. Bahkan hubungan diplomatik tersebut juga berhubungan dengan pendidikan. Adanya hubungan diplomatik dalam pendidikan, menjadikan kita harus tahu tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, ketika berkunjung ke negara Singapura. Hal tersebut untuk memberikan pemahaman pada kita tentang aturan – aturan yang berkembang dan di anut oleh penduduk Singapura.

Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan di Negara Singapura

Negara Singapura dikenal sebagai fine city atau kota denda. Di setiap sudut kota terdapat aturan yang harus dilakukan dan adanya larangan dan ancaman denda, ketika aturan tersebut dilanggar. Lalu, apa saja yang boleh dilakukan di negara Singapura?

  1. Untuk bertanya terhadap setiap hal yang diragukan dan tidak diketahui. Karena orang – orang Singapura cukup membantu dalam hal ini.
  2. Membiasakan diri untuk menyeberang di tempat yang khusus diperuntukkan penyeberangan.
  3. Mempersiapkan segala perlengkapan dan dokumen yang dibutuhkan.
  4. Mengikuti segala peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan atau berlaku.

Selain, mengatur tentang apa saja yang boleh dilakukan oleh penduduk Singapura. Selanjutnya, apa sajakah yang tidak boleh dilakukan oleh penduduk Singapura? yaitu sebagai berikut.

  1. Dilarang keras untuk merokok di ruangan yang ber-AC dan ditempat – tempat lain yang terdapat larangan merokok, bahkan di kamar kecil.
  2. Dilarang membawa obat – obatan terlarang atau narkotika. Bagi yang melanggar aturan ini bisa dikenai hukuman mati.
  3. Dilarang untuk membawa barang – barang yang berbahaya atau eksplosif, senjata, atau replika senjata. Bahkan, dilarang membawa permen karet dan rokok dalam jumlah yang besar, kecuali hal tersebut telah diklasifikasikan terlebih dahulu.
  4. Dilarang meludah, mengunyah permen karet, atau membuang sampah secara sembarangan. Siapapun yang melakukan pembuangan sampah secara sembarangan akan dihukum kerja sosial dengan menggunakan jaket khusus dan berkeliling kota sambil membersihkan jalanan.
  5. Dilarang untuk makan atau minum di MRT. Apabila merasa lapar, diusahakan untuk makan pada saat sebelum atau sesudah turun dari kereta.
  6. Dilarang untuk menekan tombol darurat escalator atau MRT pada saat tidak ada keadaan darurat atau emergency. Pelanggaran pada aturan ini akan dikenakan denda yang tergolong sangat besar.
  7. Dilarang untuk meninggalkan barang – barang di tempat umum tanpa dijaga. Sebab barang yang tidak dijaga di tempat umum, akan dianggap sebagai barang yang berbahaya dan akan menimbulkan masalah. Sekalipun, Singapura merupakan negara yang dikatakan aman.
  8. Jangan pernah sekalipun berpikir untuk melanggara aturan yang telah ditetapkan, meskipun tidak dapat dilihat polisi. Karena di setiap sudut kota terdapat kamera yang dapat merekam aktivitas yang kita lakukan.
  9. Dilarang untuk memberikan tip di hotel atau di tempat makan, sebab harga yang dibayarkan sudah tergolong pajak untuk pelayanan.

Pemaparan – pemaparan tentang hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika di negara Singapura, semoga memberikan pemahaman yang baik pada kita untuk mentaati aturan tersebut. Selanjutnya, bagaimanakah penggunaan telekomonikasi yang ada di negara Singapura?

Telekomunikasi Negara Singapura

Negara Singapura merupakan negara yang menggunakan telekomunikasi tertinggi di dunia. Banyak telepon umum yang tersedia dengan kondisi yang sangat terawat. Telepon umum dapat menggunakan koin, kartu telepon, dan kartu kredit. Selain fasilitas telepon umum, negara Singapura juga memiliki fasilitas internet, yaitu sebagai berikut.

Internet Negara Singapura

Di Negara Singapura, fasilitas internet dapat dinikmati di manapun. Fasilitas internet dapat dijumpai di tempat – tempat umum, antara lain hotel, mal, apartemen, dan supermarket. Fasilitas internet tersebut melalui jaringan kabel atau hotspot. Fasilitas internet gratis di Singapora juga terdapat di bandara Changi dengan batasan waktu penggunaan internet selama 15 menit, Singapore Visitor Center, Orchard dengan batasan waktu untuk menggunakan internet selama 20 menit.

Dengan fasilitas yang memukau tersebut. Sebenarnya, apa sajakah keunikan yang dimiliki oleh negara Singapura? hal tersebut dapat dijelaskan di bawah ini.

Keunikan Negara Singapura

Sebagai negara yang paling maju di dunia dalam sektor industri dan dengan julukannya yang khas, yaitu negara Macan Asia. Berikut ini dijelaskan tentang keunggulan yang dimiliki oleh negara Singapura.

  1. Memenangkan predikat sebagai kota terbaik dari berbagai media massa dan lembaga peringkat di dunia sebagai kota bisnis yang terbaik dan kota penyelenggara kegiatan konvensi yang terbaik.
  2. Pengelolaan dengan menggunakan manajemen modern yang efektif, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan.
  3. Kehidupan yang harmonis, diantara ketiga suku yang hidup di negara Singapura, yaitu suku Cina, suku Melayu, dan suku India. Suku – suku tersebut dapat hidup dengan cara memelihara nilai – nilai dan kekayaan budaya yang dimiliki oleh masing – masing suku.
  4. Singapura sebagai melting pot antar budaya. Dinyatakan demikian sebab adanya keragaman unsur budaya yang menjadi satu dengan budaya barat yang modern dan kosmopolit. Bahkan, semuanya dapat hidup secara berdampingan dan serasi.
  5. Singapura merupakan surga belanja bagi para wisatawan. Pusat perbelanjaan yang terkenal di dunia, yaitu Orchard Road. Ditempat ini terdapat berbagai produk, mulai dari barang – barang elektronik sampai produk pakaian jadi.
  6. Singapura memiliki sarana pendidikan yang lengkap dan berstandar internasional, muali dari pendidikan tingkat dasar sampai perguruan tinggi.
  7. Singapura memiliki 10 institusi kelas dunia, antara lain INSEAD, MIT, dan Chichago Graduate School of Business.
  8. Negara Singapura dikenal sebagai pusat kesehatan dengan menggunakan standar internasional.
  9. Singapura memiliki tempat untuk menggelar pertemuan dan konferensi yang infrastrukturnya berstandar dunia.
  10. Bandara Changi sebagai bandara yang terkenal di seluruh dunia karena efisiensinya.
  11. Sistem transportasi yang terdapat di negara Singapura dapat dikatakan modern.

Meskipun Singapura menerapkan aturan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh penduduknya. Namun, Singapura sangat menjamin keselamatan penduduk yang tinggal di negara tersebut. Bahkan, negara ini memiliki strategi untuk manajemen bencana. Apa sajakah strategi manajemen bencana tersebut?

Strategi Menejemen Bencana

Negara Singapura merupakan negara yang sangat menghargai kehidupan warganya. Negara ini memiliki badan khusus yang bertanggungjawab terhadap bencana yang terjadi di Singapura. Badan khusus ini dinamakan dengan SCDF atau Singapore Civil Defense Force.

Organisasi SCDF ini merupakan organisasi yang bersifat independen, yang dipimpin oleh seorang Komisi yang di bawahi langsung oleh Departemen Dalam Negeri. Depertemen Dalam Negeri tersebut, antara lain pemadam kebakaran, manajemen darurat, dan fungsi pertahanan negara.

SCDF telah menyiapkan program yang siap siaga terhadap darurat dan menejemen bencana yang diatur oleh tiga undang – undang yang utama. Undang – undang tersebut yaitu Civil Defense Act tahun 1986, Fire Safety Act tahun 1993, dan Civil Defense Shelter tahun 1997. Operasi utama yang dilakukan oleh SCDF ini terdiri dari empat bentuk sistem, yaitu sebagai berikut.

  1. Sistem peringatan. SCDF telah membangun tempat yang dinamakan PWS atau Public Warning System. PWS bertujuan untuk memberikan peringatan pada masyarakat tentang ancaman militer. Selain itu, juga digunakan untuk memberikan tanda bagi penduduk, jika ternyata terdapat kecelakaan industri yang serius maupun terjadi bencana alam.
  2. Sistem perlindungan. Merupakan sistem hunia yang komprehensif. Bangunan bertingkat tinggi berupa perumahan umum telah dibuka pada bulan Januari 1987. SCDF memiliki tanggungjawab untuk sistem perhunian dan unit layanan secara nasional yang nantinya, secara bersama – sama akan melakukan pengelolaan terhadap huniandengan relawan Pertahanan Sipil saat terjadi kondisi yang darurat.
  3. Sistem pertolongan. Selama masa tenang, SCDF dapat melakukan lebih dari satu operasi penyelamatan dan beberapa kejadian kebakaran. Kebakaran tersebut, baik besar maupun kecil.
  4. Sistem C3 atau Command, Control, and Communication. Sistem pertahanan tersebut memiliki sistem komputer yang terintegrasi untuk memastikan kontrol yang efektif atas sumber daya langka. Bahkan, melakukan penyebaran kekuatan atau tenaga untuk bagian pulau – pulau yang sedang dan paling membutuhkan bantuan selama keadaan darurat.

Sistem ini dilengkapi dengan sistem komunikasi dalam negeri, selain itu juga akses ke berbagai data yang dibutuhkan, terintegrasi dengan kamera video yang digunakan untuk memantau. Kamera video ini dipasang di tempat – tempat yang dapat memberikan informasi secara tepat guna. Bahkan, SCDF ini juga bekerja sama dengan lembaga yang terkait, antara lain Building Construction Authority, Public Utulities Board, dan Singapore Police Force. Kerjasama ini dilakukan untuk memulihkan keadaan secepat mungkin.

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa Singapura sebagai negara yang kecil di dunia. Namun, sangat memperhitungkan keselamatan dari warga negaranya. Singapura sangat menghargai betul, kehidupan warga negaranya. Bahkan, Singapura mendirikan suatu penghunian yang digunakan untuk memberikan perlindungan bagi warga negara, jika terjadi bencana alam.

Dengan sistem keamanan dan perlindungan yang demikian, maka tidak mengherankan banyak pendatang yang memiliki untuk hidup di Singapura. Kemudian, bagaimana sistem politik yang berkembang di negara Singapura?

Politik di Negara Singapura

Bagaimanakah sistem politik yang berkembang di Singapura? Singapura merupakan negara yang berdasarkan pada sistem westminster. Sistem ini dipilih sebab Singapura merupakan negara bekas jajahan Inggris. Di mana presiden hanya menempati posisi sebagai simbolis bagi negara ini. Justru perdana menteri yang memiliki kekuasaan dalam pemerintahan. Perdana menteri merupakan seorang ketua partai politik yang memiliki kedudukan mayoritas dalam parlemen.

Partai Aksi Rakyat merupakan partai yang menguasai arena politik. Partai ini telah memerintah semenjak Singapura merdeka. Bahkan Parti Aksi Rakyat ini memperkenalkan undang – undang yang tidak dapat memberikan kesempatan untuk tumbuhnya partai oposisi yang efektif. Sebenarnya apa yang dilakukan oleh partai tersebut dapat dikatakan otoriter, bukan demokrasi. Meskipun demikian, cara tersebut telah mampu membuat negara Singapura menjadi negara yang maju, bebas dari praktik korupsi, dan memiliki pasar ekonomi yang terbuka untuk internasional.

Berdasarkan penjelasan di atas menunjukkan bahwa Partai Aksi Rakyat merupakan partai politik yang menguasai negara Singapura dengan menggunakan sistem otoriter. Lalu, siapa sajakah presiden yang pernah menjabat di negara Singapura?

Daftar Nama Presiden Negara Singapura

Daftar nama presiden yang pernah menjabat di negara Singapura, beserta masa jabatannya, yaitu sebagai berikut.

  1. Yusof Ishak, mulai menjabat pada tanggal 9 Agustus 1965 sampai 23 November 1970.
  2. Benjamin Sheares, mulai menjabat pada tanggal 2 Januari 1971 sampai 12 Mei 1981.
  3. V Devan Nair, mulai menjabat pada tanggal 23 Oktober 1981 sampai 28 Maret 1985.
  4. Wee Kim Wee, mulai menjabat pada tanggal 2 September 1985 sampai 1 September 1993.
  5. Ong Teng Cheong, mulai menjabat pada tanggal 2 September 1993 sampai 31 Agustus 1999.
  6. Sellapan Ramanathan, mulai menjabat pada tanggal 1 September 1999 sampai 31 Agustus 2011.
  7. Tony Tan Keng Yam, mulai menjabat pada tanggal 1 September 2011 sampai sekarang.

Presiden negara Singapura ini, Tony Tan Keng Yam merupakan laki – laki kelahiran 7 Februari 1940. Yam merupakan mantan dari menteri koordinasi pertahanan dan keamanan di negara Singapura. Kemudian, siapa sajakah perdana menteri yang pernah menjabat di negara Singapura?

Daftar Nama Perdana Menteri Negara Singapura

Berikut ini merupakan daftar nama perdana menteri yang pernah menjabat di Singapura, beserta penjelasan tentang masa jabatannya.

  1. Lee Kuan Yew mulai menjabat pada tanggal 3 Juni 1959 sampai 28 November 1990. Dengan daerah pemilihan di Tanjong Pagar.
  2. Goh Chok Tong mulai menjabat pada tanggal 28 November 1990 sampai 12 Agustus 2004. Dengan daerah pemilihan Marine Parade
  3. Lee Hsien Loong mulai menjabat pada tanggal 12 Agustus 2004 sampai sekarang. Dengan daerah pemilihan Ang Mo Kio.

Ketiga perdana menteri tersebut yang pernah memimpin pemerintahan Singapura. lee Hsien Loong, laki – laki kelahiran 10 Februari 1952 ini juga menjabat sebagai menteri keuangan. Loong merupakan anak tertua dari mantan perdana menteri Lee Kuan Yew dan Kwa Geok Choo. Dalam memerintah negara Singapura, tentu saja seorang perdana menteri dibantu oleh seorang wakil perdana menteri. Siapa sajakah perdana menteri yang pernah menjabat di Singapura?

Daftar Wakil Perdana Menteri Negara Singapura

Berikut ini merupakan daftar nama wakil perdana menteri negara Singapura, beserta penjelasan tentang masa jabatannya.

  1. Toh Chin Chye yang menjabat mulai tahun 1959 sampai 1968.
  2. Goh Keng Swee yang menjabat mulai tahun 1968 sampai 1985.
  3. Goh Chok Tong yang menjabat mulai tahun 1985 sampai 1990.
  4. Lee Hsien Loong yang menjabat mulai tahun 1990 sampai 2004.
  5. Shanmugam Jayakumar yang menjabat mulai tahun 2004 sampai 2009.
  6. Teo Chee Hean yang menjabat mulai tahun 2009 sampai sekarang.

Setelah mengetahui daftar nama wakil perdana menteri yang menjabat di negara Singapura, yang telah mengalami enam kali pergantian wakil perdana menteri. Selanjutnya, apa sajakah pariwisata yang ada di negara Singapura? Mengingat negara ini merupakan negara yang sangat maju dan seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa pariwisata sebagai sektor utama untuk perekonomian di Singapura.

Pariwisata Negara Singapura

Tempat wisata merupakan suatu tempat yang memberikan daya tarik bagi wisatawan asing yang ingin mengunjungi suatu negara. Bahkan, pariwisata akan mampu meningkatkan devisa negara. Kemudian, apa sajakah pariwisata – pariwisata kondang yang dimiliki oleh negara Singapura? Berikut penjelasannya.

  1. Merlion Park. Merlion merupakan gabungan dari “Mermaid” atau ikan duyung dan “lion” atau singa. Sehingga merlion merupakan patung dengan kepala berbentuk singa, namun badannya berbentuk badan ikan. Merlion ini merupakan maskot dari negara Singapura. Merlion park ini terletak di depan sungai Singapura.
  2. Universal studio. Merupakan taman hiburan yang terletak di Singapura.
  3. Orchard Road merupakan nama jalan yang sangat terkenal di Singapura sebab merupakan wisata belanja yang harganya dapat dikatakan tidak murah.
  4. Sentosa island. Pulau ini memisah dari negara Singapura, yang dapat dicapai, salah satunya dengan menggunakan kereta gantung.
  5. Bugis street. Merupakan wisata belanja, di mana barang – barang yang dijual di tempat ini, murah – murah.
  6. Chinatown. Merupakan tempat di mana terdapat semua hal yang berhubungan dengan Cina, mulai dari suasana, penduduknya, bangunannya, hiasannya, barang yang dijual, dan lain – lain.
  7. Little India. Merupakan tempat wisata yang mengandalkan kekhasan India, antara lain makanan, minyat untuk pijat, parfum, emas, dan jasa untuk meramalkan nasib seseorang.
  8. Arab street. Di tempat ini, para wisatawan dimanjakan dengan semua hal yang berhubungan dengan budaya timur tengah, antara lain busana Muslim, perlengkapan ibadah, parfum, karpet, batik khas Indonesia, dan kain – kain yang berwarna – warni.
  9. Haw Par Villa. Merupakan tempat rekreasi yang kental dengan budaya Cina. Di tempat ini terdapat lebih dari 1000 patung dan lebih dari 150 diorama yang bertemakan tentang kisah rakyat Cina, serta legenda Cina.
  10. Raflless Landing Site. Merupakan tempat untuk mengenang jasa – jasa dari Rafles, patung replika dari Rafles, sejarah Singapura, budaya singapura, dan lain – lain.
  11. Esplanade. Merupakan pusat seni di Singapura yang paling aktif dan sibuk di dunia. Di tempat ini, antara lain terdapat ruang konser, teater dalam ruangan, teater luar ruangan, perpustakaan, dan tempat untuk pameran lukisan.
  12. Gardens by the Bay. Merupakan tanaman yang berbentuk unik dan terdapat di sekitar Marina Bay. Di tempat ini terdapat Cloud Forest dan Flower Dome.
  13. Singapore flyer. Merupakan tempat wisata yang berbentuk bianglala dengan ukuran yang sangat besar dan paling besar di dunia, dengan ketinggian 165 meter.
  14. Henderso Waves Bridge. Merupakan jembatan yang terbuat dari kayu dan berbentuk seperti gelombang ombak.
  15. Marina Bay Sands. Merupakan pusat hiburan di Singapura dan resort. Di bangunan Marina Bay ini terdapat bangunan yang berbentuk seperti perahu di atas gedung. Bangunan tersebut merupakan kolam renang terpanjang di dunia, sepanjang 150 meter, dan berada di atas ketinggian 200 meter.
  16. Helix Bridge. Merupakan jembatan dengan arsitektur yang berbentuk sangat menawan. Jembatan ini sepanjang 280 meter dan harus ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Jembatan ini berbentuk spiral seperti DNA.
  17. Art Science Museum. Merupakan museum yang berbentuk seperti bunga teratai dan terletak di tepi danau Marina Bay. Museum ini berbentuk teratai sebab digunakan untuk mengumpulkan air hujan. Kemudian, air hujan tersebut dialirkan menjadi sebuah air terjun.
  18. Singapore Botanical Gardens. Di tempat ini akan ditemukan berbagai jenis tanaman yang terdapat di seluruh belahan dunia. Selain tanaman, tempat ini juga terdapat danau angsa dan sebuah danau yang terdapat panggung di bagian tengahnya.
  19. Singapore river. Merupakan sungai yang mengalir di tengah negara Singapura. Wisatawan dapat menggunakan perahu listrik yang canggih untuk menyusuri sungai ini.
  20. Singapore zoo. Merupakan kebun binatang yang berada di wilayah Singapura. Di kebun binatang ini terdapat koleksi binatang langka dan area bermain untuk anak – anak.
  21. Jurong Bird Park. Merupakan tempat wisata yang berupa taman burung yang paling besar di dunia. Di sini terdapat 8000 ekor burung dari 600 spesies yang berbeda – beda. Wisata ini dapat dinikmati dengan berjalan kaki atau menggunakan monorail.
  22. Andrew’s Cathedral. Merupakan gereja yang pertama dan paling besar di negara Singapura.
  23. Masjid Sultan, merupakan bangunan yang terletak di Kampung Glam dan menjadi masjid pertaman yang terdapat di Singapura. Masjid ini memiliki kubah yang berwarna emas.
  24. Singapore flight Experience. Merupakan salah satu tempat wisata dimana para wisatawan dapat mencoba menjadi seorang pilot yang dapat menerbangkan pesawat – pesawat besar ke bandara yang terkenal di seluruh dunia atau dapat dikatakan sebagai simulator.
  25. Madame Tussauds. Merupakan salah satu tempat wisata yang terdapat di Singapura, di mana di tempat ini terdapat replika dari tokoh – tokoh dunia, artis terkenal, dan model yang terkenal. Replika tersebut terbuat dari lilin dan sangat mirip dengan bentuk aslinya.
  26. Marine Life Park. Merupakan salah satu tempat wisata, di mana para wisatawan dapat melihat kehidupan di bawah laut. Di tempat ini terdapat ikan yang berbentuk unik dengan ukuran yang besar, bahkan juga dapat melihat predator, dan biota laut yang lain.
  27. Wild – wild Wet. Merupakan tempat wisata keluarga yang berwujud kolam renang atau water boom di Singapura.
  28. Singapore Discovery Centre atau SDC. Merupakan salah satu tempat wisata keluarga untuk kegiatan outbond dan pintball.
  29. Safari Night Singapore. Merupakan salah satu tempat wisata yang berbentuk kebun binatang dengan konsep malam hari.
  30. River Safari Wildpark Singapore. Merupakan tempat wisata mengarungi sungai yang terdapat di dalam taman tematik. Di tempat ini, wisatawan akan dapat berjumpa, antara lain dengan berang – berang raksasa, ikan lele yang berbentuk raksasa, dan tokek raksasa.
  31. East coast park Singapore. Merupakan salah satu tempat wisata yang berbentuk taman yang besar dan terletak di pantai tenggara Singapura. Bahkan, di tempat ini wisatawan dapat melihat pantai yang dihasilkan dari reklamasi dan wisatawan juga dapat berenang, bersepeda, memancing, jogging, dan bermain pasir.

Penjelasan di atas menunjukkan berbagai tempat wisata yang ditawarkan oleh negara Singapura. Masing – masing tempat wisata menawarkan keindahan yang beragam. Tempat wisata tersebut merupakan tempat wisata yang terkenal di dunia.

Demikian penjelasan tentang negara Singapura. Negara yang beribukota di Singapura ini, dijuluki sebagai macan Asia. Negara ini juga merupakan negara yang kecil di dunia, namun memiliki perkembangan ekonomi yang sangat pesat, terutama dalam bidang industri dan pariwisata. Kemudian, Partai Aksi Rakyat merupakan partai yang menguasai Singapura dan berhasil menjadikan negara ini menjadi negara yang maju.

Semoga kehadiran artikel ini dapat memberikan penjelasan yang gamblang tentang negara Singapura. Sukses selalu, sobat portal-ilmu.com.

Referensi:

1. http://www.re-tawon.com/2016/05/makna-bendera-negara-negara-asia.html
2. http://www.yoursingapore.com/id_id/about-singapore/people-of-singapore.html
3. http://www.academia.edu/8224341/Republik_Singapura_Bendera_Lambang_Negara
4. http://www.wikiwand.com/id/Daftar_Wakil_Perdana_Menteri_Singapura
5. http://www.wikiwand.com/id/Daftar_Perdana_Menteri_Singapura
6. http://www.wikiwand.com/id/Daftar_Presiden_Singapura
7. http://www.wikiwand.com/id/Lee_Hsien_Loong
8. http://www.wikiwand.com/id/Tony_Tan_Keng_Yam
9. http://anekatempatwisata.com/24-tempat-wisata-di-singapura-yang-paling-menarik/#
10. http://tempatwisataseru.com/tempat-wisata-di-singapore/
11. Sukmayani, R., dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3: untuk SMP/ MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
12. Kosim. M. 2010. Belajar dari Negara Tetangga; Catatan Wisata Ilmiah ke Singapura.Karsa, (XVIII), (2): 96-113.
13. Dianawati, A. 2006. RPUL Dunia. Jakarta: PT Wahyu Media.
14. Angkasa, K.T dan Prasetyo, I. Tanpa Tahun. Solusi Jitu menghadapi Ulangan Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI Kelas 6. Jakarta: Grasindo.
15. Sutrisno, A dan Basuki. 2006. Super Ilmu Pengetahuan Sosial: untuk Sekolah Dasar Kelas VI. Jakarta: Erlangga.
16. Satu, V dan Murdwiati, F. 2009. Seri Panduan Belajar dan Evaluasi Geografi: untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Grasindo.
Mumtaz, F. 2014. 50 Kisah Sukses dan Inspiratif Diaspora Indonesia: Lintas Negara, Lintas Bidang. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.
17. Sulistyo, B. 2009. Budget Traveling Singapore. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
18. Supriatna, N., dkk. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial (Geografi, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi) untuk Kelas IX Sekolah Menengah Pertama.Jakarta: Grafindo.
19. Forum Tentor. 2009. Bahas Tuntas 1001 Soal IPS SD. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
20. Sukanti, D., dkk. 2007. Geografi dan Sosiologi: Pelajaran IPS Terpadu untuk SMP.Ganeca Exact.
21. Rahayu, F. Tanpa Tahun. Buku Aktivitas Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI VI A. Jakarta: PT Kompas Ilmu.
22. http://www-wds.worldbank.org/external/default/WDSContentServer/WDSP/IB/2013/03/27/000356161_20130327161624/Rendered/PDF/478060BAHASA0S00Box374370B00PUBLIC0.pdf