Profil Negara Republik Rakyat Cina

Sahabat portal ilmu, kali ini kita akan memberikan informasi dan  belajar tentang materi Ilmu Pengetahuan Sosial, salah satunya tentang profil negara Cina atau Republik Rakyat Cina. Negara Cina yang terletak di Asia Timur ini dikenal dengan hewan panda atau negeri Tirai Bambu atau Tiongkok.

Sahabat pasti sering mendengar nama negara Cina, mengingat banyak produk elektronika, mulai dari handphone sampai televisi yang beredar di Indonesi, salah satunya buatan negara ini. Terlebih lagi dengan isu kereta api cepat yang sedang dicanangkan pemerintah untuk diterapkan di Indonesia. Pasti akan menarik untuk di simak lebih jauh.

Baiklah sahabat, untuk mengenal lebih jauh tentang negara Cina, kita akan memberikan informasi -informasi menarik tentang negara ini, mulai dari karakteristik negara Cina, letak dan luas negara Cina, bentang alam, iklim, perekonomian, penduduk, pariwisata, bahkan sampai pada kerja sama bilateral negara Cina (Republik Rakyat Cina) dengan Indonesia, khususnya. Perhatikan baik- baik penjelasan yang disampaikan di bawah ini ya…

Karakteristik Negara Cina

Wilayah Cina

via: geology.com

Keterangan:

Negara Tiongkok memiliki 34 daerah administrasi tingkat provinsi, di mana 23 provinsi, 5 daerah otonomi, 4 kota setingkat provinsi, dan 2 daerah administrasi khusus.

Empat kota setingkat provinsi tersebut, yaitu:

1# Beijing. Merupakan Ibu kota RRC, secara singkat disebut dengan Jing. Kota ini terletak di barat laut padang datar Huabei. Penobatan sebagai kota pada tahun 1928. Saat ini, kota Beijing memiliki 16 distrik dan 2 kabupaten dengan jumlah penduduk 20 juta jiwa. Beijing merupakan tempat pusat politik dan pemerintahan, sekaligus budaya, iptek, dan pendidikan.

2# Shanghai. Secara singkat disebut dengan Hu. Kota ini terletak di pesisir laut Tiongkok, muara sungai Yangtze. Penobatan sebagai kota, pada tahun 1927. Kota ini memiliki 18 distrik dan 1 kabupaten. Pada tahun 2013, jumlah penduduk di kota ini mencapai 13 juta jiwa. Kota ini merupakan pusat industri, bisnis, dan moneter.

3# Tianjin. Secara singkat disebut dengan Jin. Kota ini terletak di Timur Laut padang datar Huabei. Pada tahun 1928, kota ini ditempatkan sebagai kota yang memiliki 15 distrik dan 3 kabupaten. Luas kota ini mencapai 11.000 km2. Jumlah penduduk kota ini pada tahun 2009 mencapai 12,28 juta jiwa. Kota ini merupakan pusat bisnis dan pelabuhan yang penting bagi penduduk .

4# Chongqing. Secara singkat dinamakn dengan Yu. Kota ini terletak di Timur Tiongkok barat daya, hilir sungai Yangtze. Penobatan sebagai kota terjadi pada tahun 1997. Kota ini memiliki 15 distrik dengan 4 kabupaten dan 4 kabupaten otonomi. Luas wilayah kota ini mencapai 82,3 km2. Jumlah penduduknya pada tahun 2011, mencapai 29,19 juta jiwa. Kota ini merupakan kota industri bagi penduduk RRC.

Sedangkan, dua daerah administrasi khusus, terdiri dari:

1# Hongkong. Kedaulatan untuk Hongkong telah diberikan sejak tanggal 1 Juli 1997. Wilayah ini ditempatkan sebagai daerah administrasi khusus Hongkong. Nama singkatan Hongkong yaitu Gan. Letak Gan berada di muara timur sungai Mutiara, dengan lias 1098,05 km2.

2# Macau. Kedaulatan untuk Macau telah diberikan sejak tanggal 20 Desember 1999. Macau merupakan semenanjung yang terletak di tepi barat muara sungai Mutiara dengan luas 25,8 km2.

Bendera Negara Cina

Keterangan:

Bendera RRC ini dinamakan dengan Bendera Merah Lima Bintang, yang melambangkan tentang Revolusi Rakyat Cina yang bersatu padu. Bendera ini memiliki simbol komunisme yang terkenal, antara lain bidang berwarna merah dan bintang warna kuning.

Bintang besar melambangkan tentang kepemimpinan Partai Komunis di Cina. Sedangkan bintang yang kecil melambangkan tentang empat buah kelas yang diwujudkan dalam sebuah masyarakat menurut faham komunis.

Masyarakat tersebut terdiri dari pekerja, petani, golongan kaya, dan kapitalis yang patriotik. Ada pendapat lain yang menyatakan bahwa bintang yang besar melambangkan tentang kaum majoriti di negara Cina, yaitu Han Cina, dan bintang kecil yang melambangkan masyarakat minoriti Tibet, Manchu, Mongol, dan Uighur.

Warna merah pada bendera RRC melambangkan tentang revolusi. Bintang berpenjuru lima yang besar melambangkan tentang Partai Komunis Cina.

Lambang Negara Cina

via: en.wikipedia.org

Keterangan:

Lambang negara Republik Rakyat Cina ini mengandung makna sebagai representasi gerbang Tiananmen. Gerbang ini merupakan tempat masuk ke dalam Bandar terlarang di Beiinng, yang digambarkan di dalam sebuah bulatan merah.

Kemudian, di atar gambar Gerbang Tiananmen ini terdapat lima butir bintang yang juga ditemukan di dalam bendera negara Cina. Bintang di gambar tersebut memiliki berbagai makna bagi masyarakat Cina.

Ada menyatakan bintang tersebut melambangkan tentang kesatuan seluruh rakyat cina, khususnya tentang kesatuan lima bangsa terbesar di negara Cina. Namun, ada juga yang menyatakan bintang tersebut sebagai lambang kesatuan lima kelas sosial di negara Cina.

Bulatan merah yang terletak di lambang negara Cina ini dikelilingi tangkai bijiran gandum yang melambangkan tentang falsafah Mao. Hal tersebut merupakan revolusi pertanian.

Roda gigi yang terletak di bagian sebelah bawah bagian tengah melambangkan tentang pekerja perindustrian. Kemudian, elemen yang terdapat di dalam jata ini merupakan simbol perjuangan dari rakyat Cina sejak pergerakan empat Mei.

Selain itu, juga melambangkan tentang gabungan rakyat dan proletariat yang berjaya dalam membangun negara Cina.

Lambang negara ini diresmikan sebagai lambang resmi negara Republik Rakyat Cina pada tanggal 20 September 1950.

Nama resmi negara CinaPeople’s Republic of China
Ibu Kota Negara CinaBeijing (Peking)
Bentuk Negara CinaRepublik
Kepala Negara CinaPresiden
Kepala Pemerintahan CinaPerdana Menteri
Bahasa Nasional Negara CinaCina Mandarin, Xiang, Fukien, dan Hakka
Jumlah Penduduk Negara Cina1.273.111.290, pada tahun 2002
Agama negara CinaKonghuchu, Budha, Thao, dan sebagian kecil Islam
Suku bangsa negara CinaCina Han sebanyak 94 %, Mongol, Korea, Turki, Manchu, dan suku bangsa lain sebanyak 6 %
Mata Uang Negara CinaYuan
Lagu Kebangsaan Negara CinaThe March of the People
Tanggal Bersejarah Negara Cina1 Oktober 1912, sebagai hari proklamasi
Luas wilayah negara Cina9.600.000 km2
Iklim negara CinaSub tropis
Hasil pertanian negara CinaPadi – padian, jagung, kacang – kacangan, kedele, gula, teh, kapas, dan tali rami
Sumber alam negara CinaMinyak tungsten, antimonium, batu bara, timah, mangan, dan merkuri
Industri negara CinaTekstil, baja, kimia, semen, plastik, dan truk

Gambaran Umum

Negara Cina pada masa kini dinamakan sebagai raksasa yang sedang bangun dari tidurnya. Ekonomi di negara Cina, pada saat ini dapat dikatakan sedang bangkit, yang ditandai dengan kebangkitan sektor industri.

Cina dikenal sebagai Republik Rakyat Cina. Negara ini merupakan negara yang terletak di bagian kawasan Asia Timur yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. Dari segi budaya, negara Cina ini sangat terkenal dengan peradaban kuni, baik yang berasal dari Dinasti Tsin, Dinasti Ming, dan Dinasti Han.

Republik Rakyat Cina (RRC) yang beribu kota di kota Beijing ini merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk paling banyak di dunia.  Negara Cina merupakan negara yang sangat luas dan sebagai negara terluas keempat di dunia, setelah Rusia, Kanada, dan Amerika Serikat.

Wilayah negara Cina yang sangat luas ini mendapat julukan sebagai Giantic Size. Ciri khas dari Republik Rakyat Cina yaitu

  1. Dijuluki sebagai negara Tirai Bambu.
  2. Memiliki jumlah penduduk yang terbesar di dunia.
  3. Terdapat bangunan tembok besar Cina atau Great Wall sepanjang 2400 km yang terletak di daerah pegunungan Cina Utara.
  4. Merupakan negara penghasil sutera terbaik yang ada di dunia.
  5. Hasil industri di negara Cina merupakan alat rumah tangga, mainan anak- anak, obat- obatan, elektronika, dan mesin.
  6. Hewan khas yang dimiliki negara Cina adalah Panda.
  7. Di negara Cina berkembang ilmu bela diri kungfu.

Masyarakat di negara Cina menyebut negerinya dengan nama Chung Kuo. Arti nama tersebut yaitu negara pusat geografis maupun pusat kebudayaan. Selain itu, di negara Cina ini juga memiliki kepercayaan yang cukup unik, dinamakan dengan Lotus feet.

Lotus feet dianggap sebagai simbol kecantikan bagi rakyat Cina. Di mana kaum wanita di negara ini harus merusak dan membentuk kaki mereka. Hal ini dilakukan karena dipercaya mampu meningkatkan prospek perjodohan bagi kaum wanita muda.

Ukuran panjang yang dinilai sempurna yaitu 3 inci atau sekitar 7,52 cm. Untuk mencapai panjang tersebut, seorang wanita harus merelakan kakinya untuk diikat sepanjang umur hidupnya.

Lotus feet ini juga dinilai sebagai simbol status bagi wanita kalangan menengaj atas di Tiongkok yang tidak menggunakan kaki untuk bekerja. Ikatan kaki ini dapat menyebabkan cacat seumur hidup, namun wanita di Tiongkok cenderung terikat pada tradisi.

Bagaimana letak dan luas negara Cina?

Letak dan Luas

Negara Cina ini terletak di wilayah Asia Timur. Secara geografis, negara Cina terletak antara 180 Lintang Utara (LU) sampai 540 Lintang Utara (LU) dan 730 Bujur Timur (BT) sampai 1350 Bujur Timur (BT).

Negara Cina ini terletak di bagian Timur benua Asia yang menghadap ke Samudra Pasifik. Luas negara Cina ini sekitar 9.592.961 km2. Negara Cina ini merupakan daratan yang memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Mongolia dan Rusia.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Laut Cina Timur, Laut Timur, Korea Utara dan Laut Kuning.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Nepal, Bhutan, India, Myanmar, Laos, dan Vietnam.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Pakistan, Kazakstan, Tadzikistan, dan Afganistan.

Setelah memahami tentang letak dan luas negara Cina. Selanjutnya akan dijelaskan tentang bentang alam di negara Cina, di bawah ini.

Bentang Alam

Secara garis besar, bentang alam negara Cina ini terbagi menjadi dua bagian yang sangat kontras, yaitu Cina utara yang relatif datar dan tanahnya berdebu serta Cina Selatan yang relatif kasar dan banyak dijumpai pegunungan.

Batas antara bentang alam Cina utara dan Cina selatan yaitu pegunungan Tsinling. Bagian timur dari Cina utara (Manchuria) sebagian besar terdiri dari lembah Sungai Sungari yang dikelilingi oleh pegunungan Khingan Besar, Sikhote Alin, dan lembah sungai Huang Ho.

Sungai Huang Ho ini dinamakan juga sebagai Sungai Kuning. Kemudian, bagian barat laut yang berbatasan dengan negara Mongolia merupakan padang pasir yang menjadi bagian dari Gurun Ordos dan Gurun Gobi.

Debu tanh liat halus yang berasal dari Gurun Gobi menutup daerah tenggara Shansi dan merupakan tanah loss yang subur. Sedangkan, di Cina selatan wilayahnya sangat kompleks yang terdiri dari Sungai Yangtze, Pegunungan Cina Selatan, Plato Kapur Yunan, dan Plato Kweichow.

Sungai yang terdapat di wilayah Cina Selatan yaitu sungai Salween, sungai Mekong, sungai Yangtze, dan sungai Yalung. Danau yang banyak dijumpai di negara Cina timur, antara lain Danau Poyang dengan luas 2800 km2 dan Danau Dongting dengan luas 4800 km2.

Secara umum, kondisi alam di negara Cina ini dapat dibedakan menjadi empat wilayah utama, yaitu sebagai berikut.

  1. Stepa Plato Mongolia
  2. Basin-basin atau cekungan Gurun Sinkiang.
  3. Lembah-lembah sungai besar dan tanah tinggi Cina sebelah Timur atau Dataran Tinggi Manchuria.
  4. Plato dan pegunungan tinggi Tibet.

Setelah memahami tentang bentang alam negara Cina. Selanjutnya akan dijelaskan tentang kondisi iklim di negara Cina.

Iklim

Iklim yang berhembus di negara Cina sangat bervariasi. Iklim di wilayah Cina Utara ini terpengaruh oleh iklim arktik yang dingin dan mengalami musim dingin. Kemudian, Cina bagian tengah dan selatan memiliki iklim sub tropis.

Cina di bagian timur di mana terdapat Gurun Gobi memiliki iklim kering. Sedangkan, suhu udara rata-rata di negara Cina bagian tengah dan selatan adalah 40 C sampai 160 C sementara di wilayah Cina bagian utara adalah -50 C sampai 260 C.

Setelah memahami tentang kondisi iklim di negara Cina. Selanjutnya akan dijelaskan tentang kondisi penduduk di negara Cina, di bawah ini.

Penduduk

Pada pertengahan tahun 2006, jumlah penduduk di negara Cina adalah 1.311.400.000 jiwa. Angka kelahiran di negara Cina 12, sedangkan angka kematian negara Cina 7, dan pertumbuhan penduduk rata-rata setiap tahun mencapai 0,6 %. Kepadatan penduduk negara Cina yaitu 136 jiwa/ km2.

Suku bangsa di negara Cina terdiri dari suku Cina han yang jumlahnya mencapai 94 % dan sisanya merupakan suku Mongol, Korea, Turki, serta Manchu.

Agama yang dianut oleh sebagai besar penduduk negara Cina yaitu agama Kong Hu Cu, Budha, dan Tao. Konghucu bukan suatu agama, melainkan suatu filsafat moral dan sosial. Di Provinsi Xiang yang beribukota di Urumchi, terdapat suku Uighur yang menganut agama Islam.

Persentase jumlah umat Islam yang berada di negara Cina kurang lebih mencapai 5% dari jumlah keseluruhan penduduk di negara Cina. Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh masyarakat Cina seperti Beijing, yaitu jika hendak pergi bekerja, mereka mengendarai sepeda. Bahasa resmi dari penduduk negara Cina adalah bahasa Mandarin yang telah digunakan sebanyak 70 % dari penduduk Cina.

Sistem Politik China

Sistem politik China saat ini adalah komunis. Jika merujuk pada sejarah sistem politiknya, China pernah menjalankan sistem politik berbentuk monarki absolut selama ribuan tahun. Negara ini lalu berevolusi sehingga di tahun 1911 China berbentuk negara republik modern.

Negara yang pembentukkannya dipelopori oleh Dr. Sun Yat Sen ini berkembang hanya dalam waktu tiga puluhan tahun sebelum muncullah revolusi Komunisme, yang menandai lahirnya Republik Rakyat China, yakni di tahun 1949.

Secara umum, Sistem politik di China telah mengalami pergantian beberapa kali. Adanya perkembangan sistem politik ini juga berpengaruh pada budaya politik di China. Sistem politik China saat ini telah sama sekali berbeda dengan sistem politik negara komunis yang dipraktikkan di masa Mao Ze Dong.

Kini, China memiliki sistem politik komunis yang khas (Hakam, 2018). China pada dasarnya menerapkan sistem multipartai. Terdapat sembilan partai, yang terdiri dari satu Partai Komunis China (PKC) dan 8 partai lain yang membentuk front persatuan.

Meski China memiliki banyak partai, tapi dalam tataran praktiknya, hanya PKC yang memegang kekuasaan eksekutif, legislatif dan yudikatif. Partai Komunis China menjadi satu-satunya partai yang berkuasa dan memegang wewenang penuh dalam mengisi jabatan struktur pemerintahan China, departemen, lembaga maupun institusi pemerintahan lain di China.

Karena begitu dominannya peran PKC dalam sistem politik China, banyak yang menganggap bahwa China menerapkan sistem satu partai. Padahal, faktanya masih terdapat delapan partai lainnya yang juga hidup dalam sistem politik di China.

Kedelapan partai ini memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam politik meski sangat terbatas di Majelis Permusyawaratan Rakyat ala China (MPR). Jika ingin tetap eksis, kedelapan partai ini harus tunduk, patuh, taat serta menerima peran utama PKC.

Perekonomian

Negara Cina pada saat ini mulai tumbuh dan menjadi salah satu kekuatan ekonomi di Asia. Pendapatan per kapita negara Cina pada tahun 2006 adalah US $6.600. Negara Cina mengembangkan kegiatan perekonomian pada sektor- sektor di bawah ini.

Pertanian. Hasil pertanian utama dari penduduk Cina yaitu beras, gandum, kapas, dan ubi. Di negara Cina ini terdapat dua wilayah pertanian, yaitu terletak di Cina Utara dan Cina Selatan. Cina Utara merupakan wilayah di mana pertanian gandum ditanam pada saat musim semi di sepanjang Mongolis masuk ke wilayah Manchuria.

Cina selatan merupakan daerah pertanian padi dan gandum yang terletak di daerah Yang Tse, pada terletak di daerah Szechwan, padi dan teh terletak di daerah perbukitan atau selatan Yang Tse, dan padi terletak di daerah Cina Barat Laut.

Pertambangan. Negara Cina ini kaya akan barang tambang. Barang tambang tersebut, antara lain batu bara, bijih besi, mangan, timah, merkuri atau raksa, timah hitam, seng, batu bara, dan minyak bumi.

Batu bara ini ditambang di wilayah utara Sungai Yang Tse, Fooshin, Kailan, Huainan, Jixi, Hegang, dan Datong. Sedangkan, minyak bumi ditambang di wilayah Jongaria, Lembah Tsaidam, Karidor Gansu, Lembah Szechwan, dan Tacheng.

Industri. Hasil industri yang dimiliki oleh negara Cina ini, antara lain tekstil, semes, pupuk, alat – alat pertanian, lokomotif, kapal, traktor, dan truk. Kawasan industri di negara Cina ini terpusat di wilayah pantai, terdiri dari Kota Shanghai, Beijing, Tianjin, dan Kota Shen Yang.

Negara Cina ini merupakan salah satu negara industri baja yang terbesar di dunia. Bahkan, industri tekstil Cina ini sangat meningkat, sehingga menjadi salah satu komoditi ekspor utama dari negara Cina.

Perdagangan. Barang – barang yang diimpor oleh negara Cina ini, antara lain mesin, logam, kapas, biji- bijian. Barang ekspor utamanya, antara lain tekstil, kendaraan bermotor, teh, buah – buahan, sayuran, dan minyak bumi.

Mitra dagang terbesar dengan negara Cina, yaitu Jepang, Amerika Serikat, Jerman, dan Singapura.

Perikanan. Negara Cina merupakan negara yang menghasilkan ikan cukup besar di dunia. Rata – rata produksi ikan di negara Cina ini mencapai 6 juta ton/ tahun. Daerah perikanan di negara Cina ini, antara lain Shanghai, Lu Shun, Guangzhou, Yantai, Tsingtau, Kepulauan Chu San, dan muara Sungai Yang Tse.

Pariwisata. Sektor pariwisata yang dimiliki di negara Cina ini juga memegang peranan penting dalam perekonomian negara. Objek wisata yang terkenal di negara Cina ini, antara lain Tembok Besar Cina.

Setelah memahami tentang kegiatan perekonomian negara Cina, yang terdiri dari pertanian, pertambangan, industri, dan dagang. Selanjutnya, akan dipaparkan tentang pariwisata di negara Cina, di bawah ini.

Pariwisata

Di bawah ini akan dijelaskan tentang paristiwa yang terdapat di Republik Rakyat Cina atau negara yang di kenal dengan hewan pandanya.

Danau Xihu atau Danau Barat. Merupakan wilayah untuk hiburan yang paling terkenal di Hangzhou. Danau ini merupakan suatu danau buatan yang telah berumur 1000 tahun lebih. Danau ini memiliki luas 5,6 km2.

Danau tersebut berada di wilayah tengah area hijau di barat daya kota Hangzhou. Danau ini juga dikeliligi oleh gunung, sehingga udaranya terasa bersih dan sejuk. Selain itu, di danau ini juga dapat ditemui tiga jembatan yang salah satunya merupakan jembatan Broken Bridge.

Ketiga jembatan tersebut menyambungkan tiga pulau buatan yang ada di danau XI hu. Pulau- pulau tersebut yaitu San Tang Yin Yue atau tiga kolan yang dapat memantulkan Cahaya Bulan, Huxin Ting atau Paviliun Tengah Danau dan Ruan Dunhuanbi atau Pulau Ruan.

Danau Qinghai. Danau ini terletak di Provinsi Qinghai, dan merupakan danau yang terbesar di wilayah Tiongkok. Danau ini terletak di sekitar 100 km sebelah barat Xining, ibu kota provinsi Qinghai dan berada pada ketinggian 3.205 di atas permukaan laut.

Danau Qinghai yang luasnya 4300 km2 ini merupakan danau air asin pedalaman terbesar di Tiongkok dan menjadi tanah basah penting di dunia dan dijuluki sebagai “Danau Dewa” oleh rakyat setempat.

Danau ini tergolong sebagai daerah yang peka perubahan cuaca global dan rapuh sistem ekologisnya. Namun, selama beberapa tahun ini, danau ini terpengaruh oleh menghangatnya cuaca dan faktor kegiatan manusia, permukaan air Danau Qinghai ini terus menurun an degenerasi sistem ekologi di alirannya semakin parah.

Studi Film Hengdian. Lokasi studio film ini di wilayah Hengdian, Dongyang, Kota Jinhua, Provinsi Zhejiang. Studio film ini dikelola oleh Group Hengdian yang dimiliki oleh Xu Wenrong.

Studio ini merupakan studio terbesar di Asia. Luas lokasinya mencapai 330 hektar dengan luas bangunan sekitar 500.000 m2. Studi ini seringkali dinamakan dengan Tiongkokwod sebagai pemisalan dengan Holywood dan Bolywood.

Tembok besar Cina. Merupakan bangunan yang didirikan dari tembok-tembok kecil yang disusun. Tembok besar ini melibatkan berbagi Dinasti China dan selama bertahun- tahun dalam pembangunannya.

Tujuan didirikannya tembok besar ini adalah untuk perlindungan terhadap invasi orang – orang yang berada di wilayah utara. Panjang tembok besar Cina yaitu 8800 km. Bangunan ini telah dinobatkan sebagai bangunan yang didirikan oleh tangan manusia dan terpanjang di dunia.

Jiuzhaigou. Merupakan lembah dengan banyak air terjun. Tempat ini dapat dijumpai di pegunungan Karst dan tertutup oleh salju, pirus, dan terdapat danau dengan air yang berwarna hijau.  Keunikan dari tempat tersebut yaitu habitat panda raksasa yang terdapat di China.

Kota terlarang. Merupakan istanan dari kekaisaran dinasti Ming dan Qing. Luas kota terlarang ini mencapai 150.000 m2 dengan perumahan sekitar 980 dinobatkan sebagai istana kuno terlarang terlengkap yang ada di dunia.

Bangunan ini telah dibangun sejak tahun 1406 sampai tahun 1420. Kota ini didominasi dengan warna emas dan merah. Bahkan, kota terlarang ini juga dilengkapi dengan ukiran khas dinasti China.

Istana Potala. Merupakan tempat yang digunakan untuk kegiatan berpolitik, beragama, dan tempat tinggal untuk Dalai Lama Tibet. Di dalam istana Potala terdapat istana merah. Istana merah ini menjadi bagian istana Potala.

Kemudian, di dalam Istana merah terdapat pagoda arwah Dalai Lama dan beberapa ruang untuk pemujaan Budha. Keunikan dari pagoda ini adalah dilapisi emas sebanyak 3724 kg dan bertahtakan intan sebanyak 15 ribu lebih.  Selain itu, pagoda juga bertahtakan zamrud, mutiara, giok dan akik yang sangat mahal.

Terracotta Army. Merupakan tempat yang digunakan untuk menaruh kumpulan koleksi patung terakota. Di dalam terakota terdapat patung dengan pakaian militer sebanyak 8099 patung dengan kuda dan dalam ukuran yang asli. Terakota ini terletak di dekat makan Kaisar Pertama Qin Shi Huang.

Mount Huang. Merupakan gunung yang terletak di wilayah Cina bagian timur. Orang – orang di sekitar gunung menyebutnya sebagai yellow mountain. Gunung Huang memiliki beberapa puncak gunung.

Meskipun demikian, terdapat puncak yang paling terkenal dari gunung Huang yaitu Lotus Peak dengan ketinggian 1864 meter, Bright Summit Peak dengan ketinggian 1840 meter, dan Heavenly Capital Peak dengan  ketinggian 1829 meter.

Leshan Giant Buddha. Merupakan patung Budha raksasa. Pembuatannya dimulai pada tahun 713 sampai tahun 803. Waktu yang dibutuhkan dalam membuat patung ini selama 90 tahun,  dengan ketinggian patung mencapai 71 meter.

Setelah memahami tentang pariwisata yang ada di negeri Tirai Bambu  ini. Pembahasan selanjutnya akan dijelaskan tentang kerjasama yang dilakukan oleh negara Cina dengan Indonesia. Perhatikan penjelasan di bawah ini.

Kerja Sama Antara Indonesia dan Cina

Negara Cina telah dikenal sebagai sebuah negara yang menjadi super power di masa depan untuk kehidupan perekonomian dunia. Di negara Cina mulai muncul kebangkitan industrialisasi (Marisa, 2013), antara lain:

  1. Kepemimpinan yang kuar atau strong leadership dan sebuah negara di mana aliran politik komunis memegang kekuasaan yang mutlak. Kebijakan yang dilakukan adalah jelas dan pasti.
  2. Keseriusan dan keberhasilan pemerintahan Cina untuk memberantas korupsi di negaranya. Pejabat publik dan penegak hukum di negara Cina bersih dari kegiatan korupsi karena jika ditemukan atau terbukti melakukan korupsi akan diberikan hukuman yang sangat berat, bahkan samapi hukuman mati.
  3. Keyakinan negara Cina untuk bisa mendirikan industri sendir dan serius untuk menjalankannya. Hal tersebut ditunjukkan dengan setiap berbagai produk barang dapat ditemukan di negara Cina. Produk yang dihasilkan oleh pabrik di negara Cina diekspor ke pasar internasional dengan harga yang murah.
  4. Negara Cina merupakan satu – satunya negara yang tidak pernah terpengaruh dengan adanya krisis ekonomi yang melanda di Asia sejak tahun 1997. Perubahan yang terjadi di negara Cina merupakan suatu tanda yang nyata dari transformasi yang telah mengangkat lebih dari 400 juta orang dari garis kemiskinan, di mana pendapatan satu dolar per hari sejak reformasi telah dimulai pada tahun 1978.

Bahkan, selama periode yang sama, pertumbuhan ekonomi di negara Cina telah mengalami peningkatan secara terus menerus mencapai 9,5 % . Pertumbuhan tersebut digadang-gadang sebagai pertumbuhan ekonomi terbesar di belahan dunia manapun.

Adapun kerja sama yang dilakukan dengan negara – negara di ASEAN, terutama Indonesia, yaitu sebagai berikut.

  1. Kerja sama dalam bidang perdagangan dan investasi. Presiden Tiongkok mengajak negara Indonesia untuk menjaga stabilitas ekonomi. Hal tersebut dilakukan dengan cara mengusulkan membangun bank investasi, infrastruktur asia untuk menyediakan dana bagi negara – negara yang sedang berkembang.
  2. Kerja sama kemitraan strategis, baik ekonomi maupun pembangunan, maritim, dan perikanan maupun hubungan antar masyarakat selama 10 tahun ke depan.
  3. Pembangunan kereta api cepat yang menghubungkan Surabaya dan Jakarta.
  4. Kerja sama di bidang antariksa. Bidang kerja sama ini berhubungan dengan pengembangan satelit yang menggunakan teknologi dari negara Cina.

Demikian pemaparan kami tentang negara Republik Rakyat Cina. Setelah kita membaca secara seksama pembahasan di atas, dapat diketahui bahwa negara ini juga dijuluki sebagai super power di masa depan.

Kegiatan ekonomi yang kuat dan maju dengan sistem komunis lah yang menyebabkan negara Cina menjadi negara dengan ekonomi yang dapat bertahan di tengah krisis. Selain itu, kehidupan industri di negara ini juga berkembang pesat, disamping kehidupan ekonomi yang lainnya, seperti pertanian dan perdagangan.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa negara ini memiliki keyakinan yang dinamakan dengan Konghucu. Di mana konghucu merupakan suatu filsafat moral dan sosial, bukan suatu agama.

Meskipun demikian, negara Cina memiliki tempat wisata yang menarik dan menjadi salah satu keajaiban dunia. Namanya tembok besar Cina (Great Wall of China). Tempat wisata ini menjadi hiburan yang menarik di seluruh dunia, bahkan banyak turis yang ingin berlibur di wilayah tersebut.

Selain memiliki tempat wisata yang menarik, Cina juga melakukan kerjasama dengan negara ASEAN, salah satunya Indonesia. Kerja sama ini terjadi di berbagai bidang ekonomi, untuk menopang kehidupan ekonomi di kedua negara.

Sahabat portal ilmu sudah paham kan tentang profil negara Cina. Selamat belajar.

Daftar Pustaka

  1. Khosim, A dan Lubis, K.M. 2006. Geografi untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Grasindo.
  2. Yani, A dan Ruhimat, M. 2007. Geografi: Menyingkap Fenomena Geosfer untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Grafindo.
  3. Eryadi. 2007. IPSL (Intisari Pengetahuan Sosial Lengkap) SMP. Jakarta: PT Kawan Pustaka.
  4. Kurnia, A. 2007. IPS 3B Terpadu SMP Kelas IX. Bandung: Yudhistira.
  5. Pratiwi, S. 2015. Rangkuman Penting Intisari 4 Mata Pelajaran Utama SD Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia. Jakarta: ARC Media.
  6. Marisa, D. 2013. Hubungan Perdagangan Indonesia – Cina Studi Kasus: Produk Mainan Anak Cina di Indonesia (2008 – 2010). Jurnal Transnasional, (4), (2): 853- 869.
  7. Sari, O. 2016. Perubahan Kebijakan Kerjasama Indonesia – Tiongkok pada Masa Pemerintahan Jokowi (2014-2015). JOM FISIP, (3), (1): 1-14.
  8. Sudjatmiko, T. 2012. Analisa Hubungan Cina-Indonesia terkait Keantariksaan. Berita Dirgantara, (13), (4): 137-146.
  9. www.wikiwand.com
  10. indonesian.china.com
  11. tempatwisataunik.com
  12. www.tionghoa.info
  13. www.tionghoa.info
  14. Hakam, Saiful. 2018. Tiongkok Yang Adaptif: Politik Komunis, Ekonomi Kapitalis. Diakses dari ipsk.lipi.go.id
  15. Hakam, Saiful. 2018. Riwayat Ringkas Delapan Partai Di Tiongkok. Diakses dari ipsk.lipi.go.id