Mengenal Lebih Jauh Negara Mongolia

Siapa yang tidak kenal dengan negara Mongolia? Negara yang terletak di Asia bagian timur ini. Di mana pada zaman dahulu terdapat tokoh dari negara Mongolia yang sangat terkenal. Bernama Genghis Khan.

Genghis Khan merupakan seorang tokoh yang dijuluki oleh penakluk besar dan hidup pada abad ke -13. Nama Genghis Khan diabadikan di mana –mana. Namanya dapat ditemukan di bandara, peremen, bahkan merek minuman. Bagaimana bisa demikian?

Selayang Pandang Negara Mongolia

Nama Genghis Khan seolah mudah sekali ditemukan di Ulan Bator. Pemerintah sangat getol untuk menjadikan Genghis Khan sebagai ikon di kota Ulan Bator. Bandara internasional Mongolia yang terletak di ibu kotanya, tepatnya Ulan Bator diberikan nama Chinggis Khan dalam ejaan Mongolia. Terdapat juga nama Chinggis Khan untuk nama jalan, kedai kopi, restoran, hotel, universitas, diskotek, vodka, permen.

Lebih hebatnya lagi, pemerintah akan menamakan mobil nasional dengan nama Chinggis Khan Royal. Mobil nasional tersebut akan diproduksi oleh Kh. Battulga. Battulga merupakan seorang pengusaha, pejudo, sekaligus menteri transportasi Negara Mongolia.

Penggunaan nama Genghis Khan untuk mobil, jalan, miniman, dan lain- lain, bukannya tanpa tujuan. Mereka menggunakan nama itu untuk mengingat kejayaan yang pernah di peroleh oleh negara Mongolia pada masa lalu. Bahkan, dalam dunia pendidikan, terdapat mata pelajaran yang secara khusus membahas tentang kejayaan Genghis Khan.

Lalu bagaimana kehebatan  yang pernah ditinggalkan oleh Genghis Khan, sehingga hal tersebut menjadi membekas dalam diri rakyat Mongolia?

Semenjak kecil, Genghis Khan merupakan seorang anak yatim yang bernama Temujin. Meskipun, Genghis Khan merupakan anak yatim, namun, dia berhasil untuk menyatukan suku –suku nomaden di Mongolia. Kehebatan terbesar Genghis Khan yaitu mampu menaklukkan bangsa –bangsa yang berada di Asia Barat, Asia Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, Tiongkok, bahkan sebagian kecil dari benua Eropa.

Kekaisaran Mongol yang dibangun pada tahun 1206 tersebut telah mampu menguasai wilayah seluas 24 juta km2. Pada masa kejayaannya, Kekaisaran Mongol telah memerintah lebih dari 100 juta penduduk.

Banyak penduduk di Mongolia sangat memuja Genghis Khan. Patung – patung yang berbentuk Genghis Khan didirikan di daerah Ulan Bator. Patung yang sangat terkenal dari Genghis Khan di Ulan Bator yaitu patung yang terbuat dari perunggu. Patung dari perunggu tersebut dibuat dengan model Genghis Khan dalam posisi sedang duduk di depan istana negara Saaral Ordon. Disamping patung tersebut, terdapat patung kecil dua pewaris Genghis Khan, yaitu Ogedei Khan dan Kublai Khan.

Patung – patung tersebut dijaga dengan sangat ketat. Penjagaannya selayaknya tempat suci. Bahkan, masyrakat umum tidak diperbolehkan untuk menyentuhnya, apa lagi untuk berdiri lama –lama di samping patung tersebut.

Selain patung Genghis Khan yang terbuat dari perunggu, masih ada patung lain, yang terbuat dari perak. Patung tersebut berada di kota kelahiran kaisar Genghis Khan, tepatnya di Tsongin Boldog. Patung perak Genghis Khan tersebut dibuat dengan ketinggian 40 meter.

Di bawah patung perak Genghis Khan terdapat museum yang digunakan untuk menyimpan barang – barang yang ditinggalkan oleh Kekaisaran Mongol. Keunikan dari bangunan museum tersebut adalah terdapat 36 jendela yang merepresentasikan tentang 36 Khan dalam Kekaisaran Mongol.

Untuk mengenang jasa Genghis Khan tidak berhenti di situ saja. Di Ulan Bator tersebut akan dibangun miniatur dari pusat pemerintahan Kekaisaran Mongol pada masa puncak kejayaan Genghis Khan yang seluas 212 hektare. Tujuan pembuatan kompleks tersebut untuk memperkenalkan pada dunia tentang kehebatan dari Kekaisaran Mongol pada abad ke -13 dan ke -14.

Lebih lanjut, cucu dari Genghis Khan juga tidak kalah hebatnya. Dia bernama Kublai Khan. Kublai Khan juga merupakan penguasa dari Dinasti Mongol Yuan dan pernah melakukan ekspedisi dan menaklukkan tanah jawa. Sebanyak seribu kapal dari Kublai Khan pernah berlayar dan menyerang kerajaan Majapahit.

Penyerangan Kublai Khan pada Majapahit terjadi pada 1290. Penyerangan tersebut dijadikan sebagai tonggak bahwa negara Mongolia pernah berkuasa hingga Asia Tenggara.

Namun, dalam sejarah dunia. Pasukan Kublai Khan pernah melakukan ekspansi sampai tanah jawa. Hal tersebut dilakukan bukan untuk menundukkan kerajaan Majapahit, namun menundukkan kerajaan Singosari. Hal tersebut disebabkan Majapahit baru berdiri pada tahun 1293.

Raden Wijaya merupakan raja pertama dari kerajaan Majapahit, memanfaatkan pasukan Mongolia. Hal tersebut bertujuan untuk menghancurkan Singosari. Kemudian, Raden Wijaya lantas melakukan pembantaian pada pasukan Mongol dan mulai membangun Majapahit.

Meskipun demikian, Genghis Khan tetap menjadi ikon penting bagi negara Mongolia. Bahkan, pada saat komunisme di Mongolia mulai runtuh, pada awal tahun 1990, pemerintah mempromosikan Genghis Khan sebagai identitas nasional. Untuk memperingati jasa Genghis Khan ini, setiap tahun digelar Naadam festival.

Festival tersebut diselenggarakan dalam rangka untuk menunjukkan kehebatan dari seorang Genghis Khan. Dalam festival tersebut akan diadakan olahraga pacuan kuda, gulat, dan memanah.

Demikian selayang pandang tentang tokoh Genghis Khan. Tokoh yang sangat dipuja oleh bangsa Mongolia ini, karena kehebatannya dalam menaklukkan beberapa wilayah di dunia. Untuk mengenang jasanya, pemerintah dan perusahaan di Mongolia menggunakan nama Genghis Khan dalam setiap nama produknya. Selain itu, mengenang jasanya, juga digunakan untuk mengenang masa kejayaan dari Genghis Khan.

Seyogyanya, apa yang dijadikan oleh negara Mongolia ini pantas dijadikan contoh oleh negara yang ada di dunia. Bahwa masih ada suatu negara yang mengenang jasa para pahlawannya, ditengah –tengah keterpurukan yang dialami.

Lalu, bagaimana gambaran dari negara Mongolia ini? Mulai dari bentuk negara, nama presiden, bahkan kegiatan ekonominya. Pembahasan selanjutnya akan mengupas tuntas akan negara di mana Genghis Khan dilahirkan. Silahkan diperhatikan dengan baik –baik.

Keadaan Umum Negara Mongolia

Bentuk Negara Mongolia

Peta Mongolia

Bendera Negara Mongolia

Bendera Negara Mongolia

Keterangan:

Bendera negara Mongolia menunjukkan kombinasi warna merah –biru –merah yang berbentuk vertikal. Kemudian di bagian kiri bendera negara Mongolia terdapat simbol yang berwarna kuning. Warna dan simbol dalam bendera tersebut, masing- masing memiliki makna.Adapun penjelasan dari warna dan disimbol di bendera negara Mongolia, yaitu sebagai berikut.

Warna merah dalam bendera negara Mongolia melambangkan tentang kemajuan dan kemakmuran.

Warna biru dalam bendera negara Mongolia melambangkan tentang langit dan keabadian.

Sedangkan, simbol yang berwarna kuning di bendera negara Mongolia pada bagian kiri, dinamakan dengan Soyombo.

Unsur –unsur yang terdapat dalam soyombo ini memiliki makna, yaitu sebagai berikut.

Simbol api yang terletak pada bagian atas soyombo, melambangkan tentang keberhasilan dan kekayaan negara Mongolia.

Lidah tiga api yang terdapat di soyombo melambangkan tentang masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Lingkaran dan sabit yang terdapat dalam soyombo, melambangkan tentang matahari dan bulan. Pemakaian kedua benda langit tersebut yaitu matahari dan bulan, melambangkan tentang keabadian.

Dua segitiga yang terdapat dalam soyombo dan mengarah ke bawah menunjukkan mata tombak. Hal tersebut melambangkan tentang tunduknya musuh yang berada di dalam dan di luar negara Mongolia.

Dua persegi panjang horizontal dalam soyombo, melambangkan tentang kejujuran masyarakat Mongolia. Hal tersebut tanpa memperhatikan golongan masyarakat tersebut, apakah golongan atas maupun golongan kelas bawah.

Lingkaran yang terletak di antara dua persegi panjang di dalam soyombo ini merupakan yin –yang. Hal tersebut melambangkan tentang dua unsur kehidupan yang saling melengkapi satu sama lain.

Dua persegi panjang vertikal yang terletak pada bagian sisi soyombo melambangkan tentang persatuan dan kekuatan. Selain itu, juga melambangkan tentang dua orang teman lebih kuat dari pada batu.

Lambang Negara Mongolia

Keterangan:

Lingkaran luar dari lambang negara Mongolia menunjukkan tentang tumen nasan. Hal tersebut melambangkan tentang keabadian.

Mengelilingi lingkaran biru, melambangkan langit.

Pada bagian tengah, terdapat perpaduan antara simbol Soyombo dan kuda angin. Kuda angin merupakan kuda mulia yang berharga. Hal tersebut melambangkan tentang kemerdekaan, kedaulatan, dan semangat negara Mongolia.

Mahkota Cintamani yang terdapat dipuncak lambang ini, melambangkan tentang tri ratna atau tiga permata dalam Buddhisme. Menurut legenda Mongolia, tiga permata Buddhisme ini merupakan permata ajaib yang dapat memenuhi permintaan.

Pada bagian bawah lambang negara Mongolia, terdapat  pegunungan hijau dengan Chakra Dharma di bagian tengahnya.

Kemudian, pada bagian bawah pegunungan dan roda dharma terdapat khadag selendang upacara tradisional negara Mongolia.

Nama Asli Bughut Nairamdakh Mongol Arat Ulus
Nama Internasional Mongolian People’s Republic
Nama lain Mongolia luar
Terletak di Asia Timur
Bentuk Negara Mongolia Republik Demokrasi
Ibu Kota Negara Mongolia Ulan Bator. Ulan Bator ini merupakan kota terbesar di negara Mongolia.
Kepala Negara Mongolia Presiden
Kepala Pemerintahan Negara Mongolia Perdana Menteri. Perdana menteri di negara Mongolia merupakan anggota tertinggi dalam pemerintahan Mongolia. Perdana menteri juga memimpin kabinet pemerintahan. Perdana menteri ini dipilih oleh parlemen dan dapat diturunkan dari jabatan tersebut melalui mosi tidak percaya.
Menteri Luar Negeri Luvsanvandan Bold
Pemerintahan Lokal Negara Mongolia 18 provinsi dan dua otonomi kotapraja
Luas Wilayah Negara Mongolia 1.565.000 km2. Terbagi menjadi 21 provinsi atau aymguud dan 1 kotamadya atau hot, yang setingkat provinsi.
Letak atau topografi Negara Mongolia RRC atau Republik Rakyat Cina memiliki perbatasan darat sepanjang 8.200 km, dengan negara Cina dan Rusia
Koordinat Geografis Negara Mongolia Terletak di antara 46 00 Lintang Utara dan 105 00 Bujur Timur
Kota Besar ata Wisata Negara Mongolia Ulan Bator, Erdenet, Darkhan, Chibalsan
Penduduk Negara Mongolia 3.041.142 jiwa. Berdasarkan survei yang dilakukan pada bulan Juli 2009.
Kepadatan Penduduk Negara Mongolia 12 jiwa per km2.
Agama yang Dianut Penduduk Mongolia Budha sebanyak 50 %

 

Shamanist sebanyak 6 %

Kristen sebanyak 6 %

Islam sebanyak 4 %

Bahasa Resmi Negara Mongolia Bahasa Mongol, Bahasa Khalkha Mongolian
Suku Bangsa Mongolia Suku Khalkha Mongol sebanyak 94,9 %

 

Suku Kazakh atau Turki sebanyak 5 %

Cina dan Rusia sebanyak 0,1 %

Berdasarkan survei tahun 2000

Agama Penduduk Negara Mongolia Budha Tibet
Lagu Kebangsaan Negara Mongolia Bugd Nairamdakh Mongol, Our Free Rovolutionary
Merdeka Tahun 1921
Tanggal Bersejarah Negara Mongolia 11 Juli 1921. Tanggal ini sekaligus merupakan hari kemerdekaan negara Mongolia.

 

26 November 1924. Tanggal ini merupakan tanggal republik negara Mongolia.

Kemerdekaan Negara Mongolia Republik Cina. Kemerdekaan ini diperoleh dengan bantuan dari Uni Soviet.
Mata Uang Negara Mongolia Togrog atau Tughrik. Untuk 1 Tugrik bernilai 100 mongo.
Harapan Utama Negara Mongolia 62 tahun untuk laki – laki
66 tahun untuk perempuan
Zona Waktu Negara Mongolia UTC +7, UTC +8
Kode Telepon Negara Mongolia 976
Iklim Negara Mongolia Kontinental
Hasil Tani Penduduk Negara Mongolia Gandum, barli, dan bahan pangan
Sumber Daya Alam Negara Mongolia Batu bara, tungsten, tembaga, emas, minyak, tembaga, molybdenum, timah, nikel, seng, fluorspar, perak, besi, dan timah
Hasil Industri Negara Mongolia Kimia, semen, plastik, tekstil, dan lain -lain
Ekspor Utama Negara Mongolia Tembaga, dehaired cashmere, textiles, hides

Penjelasan:

Negara Mongolia menjadi terkenal dan besar, pada saat di bawah kekuasaan Kublai Khan. Hal tersebut terjadi pada abad ke -13. Nama – nama besar dari negara Mongolia, selain Kublai Khan yaitu Ganghis Khan dan Timurleng.

Salah satu kehebatan yang dimiliki oleh tentara Mongolia yaitu keberhasilannya untuk menaklukkan kerajaan Abasiyah atau Irak. Penaklukan tersebut dilakukan pada abad ke -12. Pada hal, pada masa itu kerajaan Abasiyah merupakan kerajaan Islam yang sangat besar dan berpusat di Baghdad.

Nilai –nilai budaya Islam, terutama yang berhubungan dengan Ilmu Pengetahuan yang dihimpun dalam naskah dan buku, dimusnahkan oleh bangsa Mongol. Peristiwa tersebut dijadikan sebagai akhir dari masa kejayaan Islam. Semenjak terjadinya pemusnahan kebudayan Islam, dampak yang ditimbulkan menjadi sangat luas dan berkepanjangan. Sampai pada abad ke -20, Islam pada kondisi status quo.

Bahkan, di wilayah Asia Selatan, terutama di India, Islam mengalami kemunduran. Meskipun, sampai saat ini kejayaan Islam di negara India masih dipelihara dengan baik. tanda kejayaan Islam tersebut, antara lain Museum Syah Jehan, yang masih tetap indah dan mempesona.

Wilayah negara Mongolia, sebagian besar berada di daerah Gurun Gobi. Mongolia merupakan salah satu negara komunis. Di mana sistem pertahanan dan sistem pendidikan di bawah pengawasan Uni Soviet. Negara ini terletak di Asia Timur, antara Siberia, Rusai di utara, dan Cina di selatan.Namun, pada tahun 1991, negara Mongolia membubarkan diri dari negara komunis.

Negara Mongolia terkenal sebagai bangsa yang agresif. Selain itu, negara Mongolia memiliki mobilitas yang tinggi dalam menguasai negara yang menjadi jajahannya. Nekad, ulet dan pantang menyerah merupakan keunggulan yang dimiliki oleh tentara Mongol.

Lebih lanjut, mayoritas penduduk Mongolia ini merupakan etnis Mongol. Etnis Mongol ini menganut agama Budha Tibet dengan kehidupan yang berpindah –pindah atau nomaden.

Jumlah ternak yang terdapat di negara Mongolia dapat dikatakan memiliki jumlah ternak yang cukup banyak. Populasi kuda di negara Mongolia dinyataka sebagai tertinggi di dunia. Bahkan, banyaknya jumlah kuda di negara Mongolia melampaui jumlah penduduk.

Penjelasan di atas memberikan gambaran secara garis besar dari negara Mongolia. Siapakah sosok Genghis Khan. Pembahasan selanjutnya, akan memberikan pemaparan tentang sosok Genghis Khan.

Genghis Khan

Genghis Khan sebenarnya bukanlah nama yang sebenarnya. Genghis Khan merupakan julukan yang diberikan oleh suku –suku Mongol. Genghis Khan ini berarti kaisar semesta atau penguasa semester.

Julukan Genghis Khan ini diberikan pada Temujin. Karena kemampuannya untuk menyatukan dan menguasai suku –suku Mongol. Temujin terlahir pada tahun 1162. Dia lahir di dekat Danau Baikal, Mongol. Daerah Danau Baikal ini merupakan salah satu daerah yang terbelakang di dunia.

Mongolia merupakan negeri yang tandus, bahkan kering kerontang. Kehidupan masyarakatnya juga masih primitif. Mereka hidup dengan cara berburu dan berpindah –pindah atau nomaden. Suku Mongol ini terdiri dari beberapa suku, yang saling berebut, berperang, dan berbaku hantam.

Meskipun kondisi suku Mongol sangat primitif. Namun, dari sini tokoh penakluk dunia terlahir. Ayah Temujin bernama Yesugei. Yesugei merupakan kepala suku Borjigin yang dibunuh oleh suku Tatar, pada saat usia Temujin sembilan tahun. Suku Tatar ini merupakan lawan dari Yesugei.

Kematian dari Yesugei membuat suku Taychiut mengambil alih kekuasaan untuk memimpin sukunya. Kemudian suku Taychiut ini menawan Temujin dengan cara memborgol leher Temujin dengan kayu.

Hingga pada suatu malam, Temujin berhasil mengalahkan penjaga dan kemudian melarikan diri. Kehidupan keluarga Temujin menjadi berantakan, keluarganya hidup sengsara dan terlunta – lunta. Namun, ketika Temujin sudah beranjak dewasa, dia mulai menggantikan ayahnya untuk menjadi kepala suku kecil, yang terdiri dari sebuah keluarga besar.

Kemudian, Temujin menikah dengan gadis yang berasal dari suku lain. Gadis tersebut bernama Borte. Borte merupakan anak dari teman ayah Temujin.

Sayangnya, pada masa itu, di Mongol bertempur untuk merebut dan mencuri istri orang merupakan hal yang biasa. Temujin mengalami kondisi tersebut, di mana istrinya dirampas dan diculik oleh kelompok suku yang lain. Namun, dengan bantuan Toghril, kepala suku Kireit yang telah menjadi sahabat dari mendiang ayah Temujin. Temujin mampu merebut kembali, istrinya dan mulai mengembalikan reputasinya sebagai kepala suku yang disegani.

Mulai dari kejadian tersebut, kehebatan dan keberanian Temujin telah dikenal di mana –mana. Temujin juga berhasil mengalahkan suku Merkit dan suku Tatar. Reputasi Temujin yang terus meningkat, menyebabkan banyak kelompok yang bergabung dan meminta perlindungan pada Temujin. Namun, hal tersebut justru menjadikkan Jamuka menjadi Iri dan dengki.

Jamuka juga ingin menjadi penguasa di Mongol. Jamuka melakukan serangan yang mendadak dan tidak disangka –sangka. Serangan tersebut membuat pasukan Temujin hancur. Kemudian, Temujin memutuskan untuk mundur dan membangun kembali pasukannya.

Pembangunan pasukan Temujin bermaksud untuk melakukan serangan balasan. Dan hebatnya, serangan balasan dari Temujin ini berhasil dan Jamuka mendapatkan hukuman mati. Kemenangan ini menjadikan banyak suku Mongol yang ingin bergabung dengan Temujin.

Kematian Jamuka, menjadikan Temujin sebagai satu –satunya penguasa Mongol yang sangat disegani. Hingga akhirnya gelar genghis Khan tersebut diperolehnya. Genghis Khan sangat yakin bahwa dirinya ditakdirkan untuk menjadi penguasa dunia. Keyakinan tersebut membuat Genghis Khan terus melakukan penyerangan di negara –negara lain, salah satunya Cina.

Kerajaan Hsi Hsia merupakan kerajaan pertama yang dia taklukkan. Kemudian, pada tahun 1211, Genghis Khan melakukan penyerangan terhadap kaisaran Chin di Cina Utara. Serangan yang dilakukan oleh Genghis Khan sangat membabi buta, hingga dalam waktu sekejab. Genghis Khan telah menguasai Cina.

Setelah itu, pada tahun 1219 Genghis Khan melakukan penyerangan ke Asia Tengah dan Persia. Dan Genghis Khan berhasil menguasai kedua wilayah tersebut. Serangan tersebut dilakukan dalam rangka kemurkaan Genghis Khan karena Raja Persia mengirimkan kepala dari pasukan yang diutus oleh Genghis Khan.

Tidak berhenti di situ saja, pada tahun 1222, kerajaan Khawarezm Shah berhasil dikuasai oleh Genghis Khan. Bahkan, Genghis Khan terus melakukan penyerbuan hingga ke wilayah Afganistan dan India bagian utara. Sebagian pasukan Genghis Khan juga melakukan penyerbuan ke Rusia. Sampai akhirnya, pada tanggal 18 Agustus 1227, Genghis Khan wafat.

Meskipun Genghis Khan dianggap sebagai sosok yangbrutal, bengir, dan tidak mengenal rasa perikemanusiaan. Namun, Genhis Khan memiliki visi yang luar biasa. Genghis Khan hanya ingin membangun ibu kota kerajaannya yang bernama Karakorum dengan cara anggun dan artistik. Genghis Khan ingin meniru dan mempelajari kebudayaan Cina untuk diterapkan dalam pembangunan ibu kotanya.

Mungkin, visi dari Genghis Khan itulah yang menyebabkan rakyat dan pemerintahan Mongolia berupaya sekuat tenaga untuk mengenang kejayaan Genghis Khan. Di balik sifatnya yang dapat dikatakan buruk. Namun, sejatinya itu bertujuan untuk memberikan kehidupan yang lebih baik di kemudian hari.

Setelah berakhirnya pemaparan tentang sosok Genghis Khan dan perjuangannya. Pembahasan selanjutnya, akan memberikan penjelasan tentang perkembangan demokratis di negara Mongolia. Namun, jika masih penasaran dengan kisah Genghis Khan, silahkan baca artikel ini. Seperti yang kita ketahui, bahwa negara Mongolia ini dahulu merupakan negara komunis. Kemudian setelah tahun 1991, masa kepemimpinan komunis telah berakhir.

Pengembangan Demokratis

Negara Mongolia selama 70 tahun telah dipimpin oleh partai komunis. Partai tersebut bernama Mongolian People’s Revolutionary Party yang disingkat dengan MPRP.

Revolusi demokratis di negara Mongolia pada Eropa Timur baru dimulai, terinspirasi dari protes yang dilakukan di jalanan ibu kota, Ulan Bator. Peristiwa tersebut terjadi pada bulan Desember 1989. Komite pembuat kebijakan pokok dari partai komunis, MPRP memilih untuk mengundurkan diri secara massal, pada bulan Maret 1990.

Sejak saat itu, negara Mongolia membuat transisi secara cepat dari satu kekuasaan parta komunis menjadi multi partai parlemen demokratis. Pada bulan Mei 1990, amandemen konstitusi monopoli kekuatan MPRP berakhir dan dibentuk presiden terpilih secara langsung. Pada tahun 1992, sebuah konstituasi demokratis yang baru menjamin seperangkat hak dan kebebasan, memilih presiden secara langsung, dan mendirikan multi partai, yang dipilih secara langsung, memilih dewan legislatif tunggal, the State Great Hural atau parlemen.

Semenjak saat itu, negara Mongolia telah mengadakan enam kali pemilihan presiden secara langsung. Bahkan, juga melakukan enam kali pemilihan parlemen secara langsung.

Selanjutnya, Negara Mongolia merevisi “Konsep Keamanan Nasional” yang disahkan oleh parlemen Mongolia pada tahun 2010. Revisi tersebut berhubungan dengan penegasan kembali komitmen negara Mongolia untuk demokrasi. Dengan menyatakan bahwa pemerintahan parlemen dibangun  dengan memberikan penghormatan pada hak asasi dan kebebasanmanusia, aturan hukum, serta struktur negara demokratis yang dibangun menurut stabilitas sosial akan memberikan jaminan unggulan untuk jaminan keamanan nasional.

Resoluasi kongres sebelumnya telah memberikan ucapan selamat untu negara Mongolia karena telah melakukan serangkaian pemilihan umum yang berlangsung secara bebas dan adil. Bahkan, Departemen Luar Negeri Mongolia pada tahun 2013 mengatakan bahwa pada umumnya menghormati kebebasan dalam berbicara, pers, perkumpulan, dan asosiasi.

Penjelasan di atas menunjukkan perubahan bentuk negara Mongolia dari komunis menjadi demokratis, mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Bahkan, ucapan selamat atas perubahan bentuk pemerintahan tersebut, disampaikan pula oleh Departemen Luar Negeri. Kemudian, dalam merubah bentuk pemerintah dari komunis menjadi demokratis, bukannya tanpa halangan atau tantangan. Bagimanakah tantangan yang dihadapi oleh negara Mongolia dalam mengubah bentuk pemerintahan demokratis?

Tantangan Demokrasi dan Hak Asasi Manusia di Negara Mongolia

Perkembangan dari bentuk pemerintahan yang demokratis di Negara Mongolia telah menunjukkan sebuah kemajuan.  Laporan tentang praktek hak asasi manusia di negera Mongolia pada tahun 2013 menunjukkan masalah yang memprihatinkan. Hal tersebut telah disoroti oleh Departemen Luar Negeri. Masalah tersebut berhubungan dengan kekerasan polisi terhadap para tahanan, korupsi, dan kurangnya transparasi dari pemerintah untuk semua hal yang berhubungan dengan urusan pemerintahan.

Masalah di atas merupakan kekhawatiran bagi mereka yang melihat kekuatan demokrasi di negara Mongolia, sehingga penting untuk menjaga Mongolia agar tetap netral. Sebagai negara yang berdaulat dan tetap mampu berdiri di atas kepentingannya untuk menghadapai negara tetangga yang kuat. Negara yang dimaksud yaitu China dan Rusia.

Selanjutnya, negara Mongolia masih menghadapi kasus korupsi. Korupsi tersebut terjadi untuk tender sektor publik dan kontraktor. Terdapat laporan yang memperingatkan bahwa jika sektor swasta juga melakukan korupsi, maka negara Mongolia rentan terhadap pemerintahan yang buruk.  Selain itu, dampak lain yang lebih buruk yaitu ketimbangan pendapatan yang parah diantara warga negara Mongolia.

Pada tahun 2013, Transparency International atau yang disingkat dengan IT menunjukkan peringkat Indek Persepsi Korupsi atau yang disingkat dengan CPI untuk negara Mongolia. Negara Mongolia ini berada pada peringkat 83 dari 177 negara. Sedangkan, peringkat atas diduduk oleh negara Denmark, yang mengalami sedikit sekali kasus korupsi. Selain Mongolia, juga terdapat negara lain yang mengalami kasus korupsi yang cukup memprihatikan yaitu Burkina Faso, El Savador, Jamaica, Liberia, Peru, Trinidad dan Tobago, dan Zambia.

Meskipun, permasalah lain ini cukup memprihatinkan, masih terdapat permasalah lain yang diangkat oleh Departemen Luar Negeri. Permasalahan tersebut, antara lain penangkapan warga yang sewenang –wenang, kemiskinan di pusat penahanan, campur tangan pemerintah terhadap media, diskriminasi agama. Diskriminasi agama ini, dilanjutkan dengan penolakan dari beberapa pemerintah provinsi untuk mendaftarkan gereja Kristen.

Lebih lanjut, permasalahan lain yang diangkat oleh Departemen Luar Negeri yaitu penolakan visa keluar dan imigrasi pada warga negara asing. Kemudian, permasalahan kekerasan perempuan dalam rumah tangga, perdagangan manusia, gay, biseksual, dan orang –orang trangender atau LGBT.

Beradsarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kasus korupsi yang terjadi dalam suatu bangsa dapat berpengaruh terhadap kondisi demokrasi bangsa tersebut. Korupsi menjadi momok yang menakutkan bagi kedaulatan demokrasi suatu bangsa. Bangsa hal tersebut menjadi masalah pokok yang harus dihadapi dan di atasi oleh bangsa. Hal tersebut perlu dilakukan apabila suatu negara ingin maju atau berkembang.

Setelah membaca tentang permasalahan demokrasi yang dihadapi negara Mongolia. Selanjutnya, bagaimanakah masalah ekonomi yang dihadapi oleh negara Mongolia?

Masalah Ekonomi Negara Mongolia

Negara Mongolia memiliki kekayaan mineral yang sangat luas. Jika kekayaan mineral tersebut dikelola dengan baik, maka akan menjadikan negara Mongolia sebagai negara demokrasi yang semakin kaya.

Selain kaya akan mineral, negara Mongolia juga kaya akan cadangan batu bara, tembaga, emas, timah, dan uranium. Kemudian, negara ini juga memiliki cadangan besi, fosfat, nikel, seng, minyak bumi, dan lain –lain. Cadangan kekayaan yang dimiliki oleh negara Mongolia hanya mampu dimanfaatkan sebagian kecil saja.

Dalam jangka pendek, negara Mongolia dihadapkan pada penurunan investasi langsung, ekspor mineral yang lemah, tingginya inflasi, dan peningkatan yang pesat pada pinjaman non- performing dalam sektor perbankan. Bahkan, pada bulan Juni 2014, Bank Dunia menyerukan suatu perubahan struktural dalam kerangka kebijakan ekonomi yang bertujuan untuk memulihkan ekonomi dan stabilitas keuangan. Hal tersebut dilakukan dengan cara fokus pada kebijakan moneter yang ketat dan penegakan peraturan pinjaman yang lebih baik dan hukum stabilitas fiskal untuk Mongolia.

Kondisi di atas memberikan seruan pada negara Mongolia untuk lebih bijaksana dalam manajemen sistem pengelolaan sumber daya. Negara Mongolia diharapkan dapat mulai mengumpulkan tabungan yang diperoleh dari pendapatan sumber daya alam.

Terdapat pertanyaan serius yang harus dipikirkan oleh pemerintahan negara Mongolia. Pertanyaan tersebut berhubungan dengan bagaimana menghindari “kutukan sumber daya alam” yang telah membuat  menderita beberapa negara kaya yang ada di dunia. Kutukan sumber daya alam ini juga melibatkan masalah yang lain, sepertu tekanan mata uang, menggembungnya anggaran pemerintah, korupsi, dan penurunan lingkungan.

Sebenarnya, negara Mongolia juga mengalami permasalahan yang sedang dihadapi oleh semua negara. Namun, para ekonom tidak menilai hal tersebut belum menjadi bagian penuh dari adanya “kutukan sumber daya alam”.

Tantangan kedua yang dihadapi oleh negara Mongolia yaitu bagaimana menyeimbangkan kebutuhan jaminan hukum bagi para investor asing dengan kebutuhan yang dirasakan untuk menjadi responsif terhadap tekanan negosiasi kembali, secara demokratis. Atau apabila tidak mengubah persyaratan kontrak, maka dapat memberikan negara Mongolia dan publik dengan imbalan yang lebih besar, terutama pada industri ekstraktif.

Tantangan ketiga yang dihadapi oleh negara Mongolia yaitu bagaimana mengatasi kendala yang berhubungan dengan daratan yang tertutup di Mongolia dan keterbatasan jaringan transportasi domestik. Semua barang yang masuk ke negara Mongolia, harus melewati salah satu wilayah dari dua negara tetangga yang kuat pengaruhnya. Dua negara yang dimaksud yaitu Cina dan Rusia.

Tantangan terakhir yang dihadapi oleh negara Mongolia yaitu bagaimana mencegah dominasi ekonomi dari negara tetangga yaitu Cina, yang kegiatan ekonominya terbesar nomor kedua di dunia. Selain itu, tantangan yang harus dihadapi negara Mongolia tentang bagaimana mengurangi ketergantungan yang besar dari negara Mongolia terhadap Rusia untuk persediaan energi. Pada saat ini, Cina menjadi investor asing yang besar di Mongolia dan merupakan pasangan perdagangan yang terbesar dengan negara Mongolia.

Demikian penjelasan tentang kondisi ekonomi dan permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh negara Mongolia. Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa selama ini Cina dan Rusia memberikan pengaruh yang besar terhadap keadaan ekonomi penduduk Mongolia. Bahkan, negara Cina merupakan investor terbesar di negara Mongolia. Selain itu, persediaan energi Mongolia masih bergantung pada Rusia.

Pada hal, seperti yang telah dijelaskan, negara Mongolia ini kaya akan kekayaan alam. Hanya saja, negara ini belum mampu memanfaatkan secara maksimal. Akibatnya, banyak investor asing yang melirik negara Mongolia untuk melakukan investasi dalam rangka mengelola sumber daya alam yang dimiliki negara ini.Sebenarnya, bagaimana letak wilayah dari negara Mongolia ini?

Letak Wilayah dan Bentangan Alam Negara Mongolia

Negara Mongolia merupakan salah satu negara yang terdapat di Asia. Secara geografis, negara Mongolia ini memiliki batas – batas wilayah sebagai berikut.

  • Sebelah barat berbatasan dengan propinsi Sinkiang, Cina.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Manchuria.
  • Sebelah utara berbatasan dengan Siberia.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Tembok besar Cina.

Bentangan alam yang terdapat di negara Mongolia yaitu dataran tinggi dengan Gurun Gobi yang terletak di bagian tengah negara ini. Pendapat lain menyatakan bahwa negara Mongolia ini mencakup daerah luas yang terdiri dari empat wilayah geografis. Keempat wilayah tersebut, dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Pada bagian barat negara Mongolia terdapat serangkaian pegunungan Altai. Daerah ini merupakan daerah yang berbukit –bukit dan didiami oleh banyak suku nomaden.
  • Pada bagian utara negara Mongolia terdapat danau – danau besar, padang rumput, dan hutan taiga yang lebat. Taiga merupakan sebuah hutan yang dipenuhi oleh pohon –pohon pinus, konifer, dan sequoia, nama lain dari pohon kayu merah.
  • Pada bagian tengah sampai bagian timurnegara Mongolia, terbentang padang rumput. Namun, rumput yang tumbuh di tempat ini pendek –pendek. Selain terdapat padang rumput, juga terdapat dataran tinggi atau plato.
  • Pada bagian selatan negara Mongolia, didominasi oleh gurun Gobi. Di daerah gurun Gobi ini sangat jarang penduduknya.

Pemaparan di atas menunjukkan tentang batas –batas wilayah dan bentangan alam yang dimiliki oleh negara Mongolia. Bentangan alam di Negara Mongolia ini, salah satunya di dominasi oleh gurun Gobi.Sebagai bentangan alam yang mendominasi wilayah Mongolia, bagaimanakah gurun gobi ini? Hal tersebut akan dijelaskan secara singkat di bawah ini.

Gurun Gobi

Gurun Gobi merupakan gurun yang membentang luas di wilayah China dan Mongolia. Gurun Luas gurun Gobi mencapai 1.295.000 km2. Gobi yang terletak di Asia ini, terbentuk karena letaknya yang terlalu jauh dengan laut. Akibatnya angin yang membawa hujan tidak dapat mencapai daerah tersebut.

Gurun Gobi pernah tertutup oleh bukit pasir, rawa, dan sungai, selama akhir zaman Kapur. Gurun Gobi memiliki tumbuhan yang cukup dapat digunakan untuk mendukung keaneka ragaman dari dinosaurus, kadal, dan mamalia.

Pada tahun 1922, terdapat sebuah ekspedisi Amerika. Ekspedisi ini dipimpin oleh Roy Chapman Andrews. Andrews berangkat ke gurun Gobi untuk meneliti peninggalan manusia awal.

Namun sayangnya, ekspedisi ini terhenti di Flaming Cliffs atau Tebing Menyala. Hal tersebut disebabkan mereka tersesat. Regu ekspedisi ini tidak memiliki banyak waktu untuk meneliti di tebing ini. Namun, setahun kemudian mereka kembali untuk menemukan sarang dinosaurus di gurun Gobi.

Sebenarnya, Andrews telah kembali sebanyak tiga kali ke gurun Gobi. Hal itu dia lakukan untuk mencari dinosaurus. Namun, pada tahun 1930 sampai 1990, bangsa Amerika diusir dari Mongolia karena alasan politik.

Penjelasan di atas memberikan gambaran singkat tentang kehidupan yang pernah ada di gurun Gobi yang telah mendominasi wilayah Mongolia. Selanjutnya, dengan didominasi oleh gurun Gobi, bagaimanakah kondisi iklim yang dimiliki oleh negara Mongolia? Hal tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

Iklim Negara Mongolia

Negara Mongolia sebenarnya memiliki dua iklim. Iklim tersebut yaitu iklim gurun pasir dan iklim kontinental, dengan musim dingin yang lama dan musim panas yang pendek. Pada masa musim dingin, suhu di ibu kota Mongolia atau Ulan Bator bisa mencapau -400 C. Bahkan, pernah hingga mencapai suhu -600 C di daerah Taiga.

Namun, berbeda ketika sedang mengalami musim panas. Musim panas di negara Mongolia berlangsung pada bulan Juni sampai Agustus. Suhu pada musim panas bisa mencapai 25/ 300 C. Bahkan, pada bulan Juli dan Agustus, di negara Mongolia mengalami turunnya hujan, yang dapat menimbulkan banjir.

Berdasarkan pemaparan di atas dapat diketahui bahwa di negara Mongolia mengalami dua musim, yaitu panas dan dingin. Dengan kondisi musim yang demikian, bagaimanakah kondisi fauna yang terdapat di negara Mongolia? Hal tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

Fauna Negara Mongolia

Penduduk Mongolia memiliki tradisi dan kebiasaan yang diturunkan dari generasi ke generasi. Sampai saat ini, aspek utama dalam kehidupan sehari –hari bangsa Mongolia ini berhubungan erat terhadap sikap mereka yang sangat menghormati alam. Selain menghormati alam, bangsa Mongolia juga menghormati makhluk hidup yang lain.

Sebagai contoh yang dapat diambil, yaitu bentu sepatu penduduk Mongolia yang dinamakan gutul. Dinamakan gutul sebab sepatu khas penduduk Mongolia ini memiliki ujung yang mencuat ke atas. Tujuannya agar tidak melukai binatang –binatang kecil yang ada di tanah, pada saat digunakan untuk berjalan kaki.

Bangsa Mongolia juga mempercayai akan adanya binatang yang suci. Binatang yang dimaksud berjumlah lima. Binatang itu adalah kuda, unta, yak, kambing, dan domba. Selain binatang yang dianggap suci, di negara Mongolia ini juga masih terdapat binatang yang langka.

Binatang langka tersebut adalah tikus kangguru, beruang Gobi, unta liar, kuda przewalski, dan macan tutul salju. Macan tutul salju ini telah melegenda. Binatang –binatang tersebut bebas berkeliaran di pengunungan Altai. Namun, sayangnya jumlah binatang langka di negara Mongolia ini sudah semakin menipis.

Pemaparan di atas menunjukkan bahwa fauna yang terdapat di negara Mongolia juga akan mengalami kepunahan. Bahkan, fauna yang mengalami kepunahan tersebut merupakan binatang –binatang yang langka. Hal tersebut mendorong pemerintah untuk melakukan suatu tindakan dalam rangka melindungi binatang yang hampir punah.

Berbicara tentang pemerintahan. Siapa sajakah nama –nama presiden yang telah dan sedang menjabat di negara Mongolia? Di bawah ini akan dipaparkan tentang daftar nama presiden di negara Mongolia.

Daftar Nama Presiden Negara Mongolia

Pembahasan di bawah ini akan memaparkan tentang daftar nama presiden yang pernah menjabat di negara Mongolia. Berikut ini daftar nama presiden Mongolia, beserta masa jabatannya

  • Navaandorjiyn Jadambaa, mulai menjabat pada tanggal 28 November 1924 sampai 29 November 1924, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Peljidiyn Ganden, mulai menjabat pada tanggal 29 November 1924 sampai 15 November 1927, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Jamtsangiyn Damdinsuren, mulai menjabat pada tanggal 16 November 1927 sampai 23 Januari 1929, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Khorloogiyn Choybalsan, mulai menjabat pada tanggal 24 Januari 1929 sampai 27 April 1930, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Losolyn Laagan, mulai menjabat pada tanggal 27 April 1930 sampai 2 Juli 1932, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Agdanbuugiyn Amar, mulai menjabat pada tanggal 2 Juli 1932 sampai 22 Maret 1936, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Dansrabilegiyn Dogsom, mulai menjabat pada tanggal 22 Maret 1936 sampai 9 Juli 1939, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Kekosongan pemerintahan karena tidak ada presiden yang dipilih.
  • Gonchigiyn Bumtsend, mulai menjabat pada tanggal 6 Juli 1940 sampai 23 September 1953, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Suhbaataryn Yanjmaa, hanya sementara, mulai menjabat pada tanggal 23 September 1953 sampai 7 Juli 1954, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Jamtsarangiyn Sambuu, mulai menjabat pada tanggal 7 Juli 1954 sampai 20 Mei 1972, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Tsagaanlamyn Dugersuren, hanya sementara, mulai menjabat pada tanggal 20 Mei 1972 sampai 29 Juni 1972, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Sonomyn Luvsan, hanya sementara, mulai menjabat pada tanggal 29 Juni 1972 sampai 11 Juni 1974, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Yumjaagiyn Tsedenbal, mulai menjabat pada tanggal 11 Juni 1974 sampai 23 Agustus 1984, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Nyamyn Jagvaral, hanya sementara, mulai menjabat pada tanggal 23 Agustus 1984 sampai 12 Desember 1984, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Jambyn Batmonh, mulai menjabat pada tanggal 12 Desember 1984 sampai 21 Maret 1990, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Punsalmaagiyn Ochirbat, mulai menjabat pada tanggal 21 Maret 1990 sampai 20 Juni 1997, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Natsagiyn Bagabandi, mulai menjabat pada tanggal 20 Juni 1997 sampai 24 Juni 2005, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Nambaryn Enkhbayar, mulai menjabat pada tanggal 24 Juni 2005 sampai 18 Juni 2009, partai yang menaunginya yaitu Partai Revolusioner Rakyat.
  • Tsakhiagiin Elbegdorj, mulai menjabat pada tanggal 18 Juni 2009 sampai sekarang, partai yang menaunginya yaitu Demokrat. Merupakan laki –laki kelahiran 30 Maret, di Zereg.

Berdasarkan penjelasan di atas menunjukkan bahwa negara Mongolia telah mengalami dua puluh kali pergantian kepemimpinan seorang presiden. Kemudian, dalam menjalankan pemerintahan di negara Mongolia, presiden dibantu oleh perdana menteri. Siapa sajakah perdana menteri yang pernah menjabat di negara Mongolia? Hal tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

Daftar Nama Perdana Menteri Negara Mongolia

Pada bagian ini akan dijelaskan tentang perdana menteri yang pernah menjabat di negara Mongolia. Berikut ini daftar nama perdana menteri negara Mongolia beserta masa jabatannya.

  • Sajnnojonkhan Shirindambyn Namnansuren, mulai menjabat pada bulan November 1912 sampai April 1919, tidak ada partai yang menaunginya.
  • Kekosongan kekuasaan perdana menteri, mulai bulan April 1919 sampai 15 Februari 1921.
  • Khatan –Baatar Sandagdorjiyn Maksarjav, mulai menjabat pada tanggal 15 Februari 1921 sampai 13 Maret 1921, tidak ada partai yang menaunginya.
  • Dambyn Chadarjav, mulai menjabat pada tanggal 13 Maret 1921 sampai 16 April 1921, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.
  • Dogsomyn Bodoo, mulai menjabat pada tanggal 16 April 1921 sampai 7 Januari 1922, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.
  • Sodnomyn Damdinbazar, mulai menjabat pada tanggal 3 Maret 1922 sampai 23 Juni 1923, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.
  • Balingiyn Tserendorj Beyse, mulai menjabat pada tanggal 28 September 1923 sampai 13 Februari 1928, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.
  • Agdanbuugiyn Amar, untuk periode pertama, mulai menjabat pada tanggal 21 Februari 1928 sampai 27 April 1930, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.
  • Tsngeltiyn Jigjidav, mulai menjabat pada tanggal 27 April 1930 sampai 2 Juli 1932, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.
  • Peljidiyn Genden, mulai menjabat pada tanggal 2 Juli 1932 sampai 2 Maret 1936, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.
  • Agdanbuugiyn Amar, untuk periode kedua, mulai menjabat pada tanggal 22 Maret 1936 sampai 7 Maret 1939, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.
  • Horloogiyn Choybalsan, mulai menjabat pada tanggal 24 Maret 1939 sampai 26 Januari 1952, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.
  • Yumjaagiyn Tsedenbal, mulai menjabat pada tanggal 26 Januari 1952 sampai 11 Juni 1974, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.
  • Jambyn Batmonh, mulai menjabat pada tanggal 11 Juni 1974 sampai 12 Desember 1984, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.
  • Dumaagiyn Sodnom, mulai menjabat pada tanggal 12 Desember 1984 sampai 21 Maret 1990, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.
  • Sharavyn Gungaadorj, mulai menjabat pada tanggal 21 Maret 1990 sampai 11 September 1990, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.
  • Dashiyn Byambasuren, mulai menjabat pada tanggal 11 September 1990 sampai 21 Juli 1992, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.
  • Puntsagiyn Jasray, mulai menjabat pada tanggal 21 Juli 1992 sampai 19 Juli 1996, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.
  • Mendsayhany Enkhasaikhan, mulai menjabat pada tanggal 19 Juli 1996 sampai 23 April 1998, partai yang menaunginya yaitu Demokrat.
  • Taskhiagiyn Elbegdorj untuk periode ke -1, mulai menjabat pada tanggal 23 April 1998 sampai 9 Desember 1998, partai yang menaunginya yaitu Demokrat.
  • Janlavyn Narantsatsralt, mulai menjabat pada tanggal 9 Desember 1998 sampai 22 Juli 1999, partai yang menaunginya yaitu Demokrat.
  • Nyam –Osoryn Tuyaa (pejabat), mulai menjabat pada tanggal 22 Juli 1999 sampai 30 Juli 1999, partai yang menaunginya yaitu Demokrat.
  • Rinchinnyamyn Amarjargal, mulai menjabat pada tanggal 30 Juli 1999 sampai 26 Juli 2000, partai yang menaunginya yaitu Demokrat.
  • Nambaryn Enkhbayar, mulai menjabat pada tanggal 26 Juli 2000 sampai 20 Agustus 2004, partai yang menaunginya yaituRevolusioner.
  • Tskhiagiyn Elbegdorj, untuk periode ke -2, mulai menjabat pada tanggal 20 Agustus 2004 sampai 11 Januari 2006, partai yang menaunginya yaitu Demokrat.
  • Miyeegombo Enkhbold, mulai menjabat pada tanggal 25 Januari 2006 sampai sekarang, partai yang menaunginya yaitu Revolusioner.

Pemaparan di atas menunjukkan sederetan perdana menteri yang pernah menjabat di negara Mongolia. Berdasarkan data di atas dapat diketahui bahwa Negara Mongolia telah mengalami pergantian perdana menteri sebanyak 26 kali. Selanjutnya, bagaimanakah hubungan diplomatik yang terjalin antara negara Indonesia dengan negara Mongolia?

Hubungan Diplomatik antara Negara Indonesia dengan Negara Mongolia

Hubungan diplomatik yang terjalin antara negara Indonesia dan negara Mongolia, ditinjau dari hubungan bidang politik serta hubungan dalam bidang ekonomi dan sosial budaya.Hubungan diplomatik yang terjalin antara Indonesia dan Mongolia dapat dikatakan berjalan baik. Bahkan, hubungan diplomatik yang terjalin diantara kedua negara terus meningkat.

Pada hal di antara kedua negara, baik Mongolia dan Indonesia, sama –sama tidak memiliki kantor duta besar di masing –masing negara.

Pada saat ini kegiatan yang berhubungan urusan Mongolia dirangkap KBRI di Beijing. Kemudian, kedubes Mongolia di Bangkok juga merangkap segala urusan Indonesia. Lalu bagaimana hubungan diplomatik yang telah terjalin?

Bidang Politik

Hubungan diplomatik dalam bidang politik antara negara Indonesia dengan negara Mongolia pada tahun 2011 semakin intensif. Hal tersebut ditunjukkan dengan partisipasi aktif negara Mongolia pada serangkaian kegiatan internasional yang diadakan di Indonesia. Kegiatan internasional tersebut, antara lain

  • ASEAN Regional Forum atau ARF yang diadakan di Bali, pada tanggal 23 Juli 2011. Pada saat itu perwakilan dari negara Mongolia yaitu Menludag Gombojav Zandanshatar.
  • World Economic Forum atau WEF yang diadakan di Jakarta, pada tanggal 12 Juni 2011. Pada saat perwakilan dari negara Mongolia yang hadir adalah Perdana Menteri Sukhbaataryn Batbold.
  • Bali Democracy Forum yang diadakan di Bali, pada bulan Desember 2011. Pada saat itu perwakilan dari negara Mongolia yang hadir adalah Perdana Menteri Sukhbaataryn Batbold.

Bidang Ekonomi dan Sosial dan Budaya

Tren yang ditunjukkan dari hubungan sosial dan budaya antara negara Indonesia dengan negara Mongolia menunjukkan hasil yang positif. Salah satunya, dalam kegiatan perdagangan.

Namun sayangnya kerja sama perdagangan antara Indonesia dengan Mongolia belum optimal. Hal tersebut disebabkan faktor geografis yang mengakibatkan harga cost yang relatif tinggi.Kondisi lain yang memicu belum optimalnya perdagangan diantara kedua negara yaitu minimnya animo kalangan pengusaha Indonesia untuk menggali potensi ekonomi negara Mongolia.

Kerja sama antara Indonesia dan Mongolia terutama pada bidang energi dan pangan. Pada bulan Oktober 2011, KBRI Beijing mengadakan kegiatan promosi TTI di Ulan Batar. Kegiatan promosi ini melibatkan instansi pemerintah dan kalangan swasta di antara kedua negara. Terdapat beberapa sektor yang dijajaki, yaitu pertambangan, peternakan, kebutuhan memproduksi peralatan rumah tangga sehari –hari, dan minyak kelapa sawit.

Sedangkan, hubungan diplomatik antara negara Indonesia dengan negara Mongolia, tertuju pada capacity building.

Berdasarkan pemaparan di atas menunjukkan bahwa negara Indonesia menjalin hubungan bilateral dengan negara Mongolia mencakup dua bidang. Hubungan yang terjalin di antara kedua negara dapat dikatakan baik, sebab terjadi hasil tren yang positif. Setelah memahami tentang hubungan diplomatik yang terjadi diantara kedua negara, selanjutnya apa sajakah provinsi yang terdapat di negara Mongolia? Berikut daftar nama provinsi yang terdapat di negara Mongolia.

Nama –Nama Provinsi Negara Mongolia

Pembahasan di bab ini akan memberikan penjelasan tentang provinsi –provinsi yang terdapat di Negara Mongolia. Berikut ini merupakan daftar nama provinsi yang berada di negara Mongolia.

  • Provinsi Arkhangai
  • Provinsi Darkhan –Uul
  • Provinsi Govi –Altai
  • Provinsi Khovsgol
  • Provinsi Tov
  • Provinsi Ovorkhangai
  • Provinsi Bayan –Olgii
  • Provinsi Dornod
  • Provinsi Guvisumber
  • Provinsi Orkhon
  • Provinsi Uvs
  • Ulan Bator
  • Provinsi Bayankhongor
  • Provinsi Dundgovi
  • Provinsi Khentii
  • Provinsi Selenge
  • Provinsi Zavkhan
  • Provinsi Bulgan
  • Provinsi Khovd
  • Provinsi Sukhbaatar
  • Provinsi Omnogovi

Berdasarkan pemaparan di atas dapat diketahui bahwa negara Mongolia memiliki 21 provinsi. Selanjutnya, apa sajakah pariwisata –pariwisata yang disuguhkan oleh negara Mongolia dan dapat dikunjungi wisawatawan asing? Berikut ini akan diberikan penjelasan tentang jenis –jenis pariwisata yang terdapat di negara Mongolia.

Pariwisata di Negara Mongolia

Negara Mongolia merupakan salah satu negara yang terletak di benua Asia. Negara yang terkenal akan keberadaan dari gurun gobi ini, memiliki beberapa pilihan wisata yang dapat dikunjungi. Berikut ini pariwisata yang terdapat di negara Mongolia.

  • Merasakan kehidupan sehari –hari para peternak di negara Mongolia dan menemukan cara unik untuk hidup dengan cara nomaden atau berpindah –pindah. Tempat wisata yang dapat dikunjungi, antara lain kehidupan Nomaden di Terelj, kehidupan nomaden di Orkhon Valley, dan bertemu dengan orang nomaden di Arkhangai.
  • Menunggangi koda Mongolia untuk berkuda di stepa yang sangat luas di negara Mongolia. Bahkan, di tempat wisata ini dapat menemukan sebuah negara di mana kuda berada di pusat budaya. Wisata yang dimaksud, antara lain perjalanan dengan menggunakan kuda poni di Orkhon Valley dan perjalanan besar dari Orkhon Valley sampai tepi danau Hovsgol.
  • Perjalanan di pegunungan tinggi Altai. Pegunungan Altai ini merupakan wilayah yang paling jauh dari lautan, di mana suku falconer Kazakhtan ini hidup.
  • Bertemu dengan Dukhans. Dukhans merupakan rusa peternak tradisional dari etnis minoritas yang tinggal di kedalaman yang gelap di Taiga, yang terletak di utara negara Mongolia.
  • Melintasi gurun gobi. Gurun gobi merupakan padang pasir yang legendaris dengan pemandangan bulan. Bahkan, di gurun Gobi, juga dapat ditemukan ngarai beku dan pasir.
  • Menggali kehidupan spiritual negara Mongolia, antara kegiatan perdukunan dan Buddhisme. Hal tersebut merupakan langkah untuk melestarikan budaya yang telah lama, semenjak jatuhnya komunisme. Pariwisata yang dimaksud yaitu perdukunan yang ada di stepa.

Demikian, beberapa alternatif pariwisata yang berada di negara Mongolia. Mulai dari kegiatan berkuda, menjelajahi pegunungan, melintasi gurun Gobi, hingga pada praktek perdukunan. Bagi yang ingin mengunjungi negara Mongolia, dapat memilih wisata yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Berdasarkan penjelasan yang telah disampaikan di atas dapat diketahui bahwa ibu kota negara Mongolia yaitu Ulan Bator. Negara ini dulu pernah dipimpin oleh seorang kaisar yang terkenal karena kemampuannya untuk menaklukkan dunia. Nama kaisar tersebut yaitu Genghis Khan. Setelah sepeninggal dari Genghis Khan dan tokoh terkenal lainnya, negara Mongolia memiliki bentuk perintah komunis.

Kemudian, seiring berjalannya waktu, bentuk pemerintahan tersebut telah berubah menjadi republik. Perubahan dari komunis ke republik, bukanlah perkara yang mudah. Terdapat beberapa hambatan yang dialami, antara lain berhubungan dengan korupsi, penyiksaan tahanan, persoalan visa, dan lain –lain. Meskipun demikian, negara Mongolia memiliki beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi karena keelokan dan keunikannya.

Sekian penjelasan tentang negara Mongolia, semoga dapat memberikan beberapa manfaat untuk kalian.

Referensi:

1. Komandoko, G. 2010. Ensiklopedia Pelajar dan Umum. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
2. Susilawati, T. 2010. Lembah Tulang Raksasa.Jakarta: Libri.
3. Davidson, S., dkk.2006. Atlas Dinosaurus. Jakarta: Erlangga.
4. Dhiyaulhaq. 2015. RPUL Plus. Jakarta: Wahyu Qolbu.
5. Dianawati, A. 2006. RPUL Dunia. Jakarta: PT. Wahyu Media.
6. Gayo, M.I. 2002. Buku Pintar: Seri Junior. Jakarta: Upaya Warga Negara.
7. Dhiyaulhaq. 2015. RPUL Plus. Jakarta: Wahyu Qolbu.
8. Lawrence, S.V. 2014. Mongolia: Issues for Congress. Congressional Research Service, 3 September 2014.
9. Turnbull, S dan Helbrough, E. 2007. Atlas Dunia untu Anak: Link Internet. Jakarta: Erlangga.
10. Zazuli, M. 2009. 60 Tokoh Dunia Sepanjang Masa. Yogyakarta: Narasi.
11. Denne, B. 2008. Atlas Stiker Bendera. Jakarta: Erlangga.
12. Anonim. 1973. Ensiklopedi Umum. Yogyakarta: Kanisius.
13. Utoyo, B. 2007. Geografi: Membuka Cakrawala Dunia. Bandung: PT Setia Purna Inves.
14. Bennet, P dan Taylor, B. 2006. Planet Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
15. Sukmayani, R., dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3: untuk SMP/ MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
16. Kemenlu. Tanpa Tahun. Diplomasi Indonesia 2011. Jakarta: Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.
17. http://www.jpnn.com/read/2012/09/06/138799/Genghis-Khan,-Legenda-Bangsa-Mongolia-yang-Terus-Dipuja-
18. http://www.re-tawon.com/2014/08/makna-bendera-negara-negara-asia-timur.html
19. http://prezi.com/sbk-7zxgmlyt/copy-of-republik-rakyat-mongolia/
20. http://www.kemlu.go.id/beijing/id/Pages/Mongolia.aspx
21. http://www.wikiwand.com/id/Daftar_Presiden_Mongolia
22. http://www.wikiwand.com/id/Tsakhiagiin_Elbegdorj
23. http://www.wikiwand.com/id/Daftar_Perdana_Menteri_Mongolia
24. http://www.mapnall.com/id/Peta-Mongolia_1072684.html
25. http://www.mongolia-trips.com/
Tinggalkan Balasan 8

Your email address will not be published. Required fields are marked *


wallpes

wallpes

lengkap banget tehhh… maksih infonya ya…
ternyata mongolia tidak indentik dengan china

Admin

Admin

Terima kasih sudah berkunjung kakak 🙂

Ojan

Ojan

Waaaaah terima kasih kakk udh membuka wawasan yang kias tentang negara Mongolia? sedari dulu penasaran, kek gimana kondisi di Mongolia.. banyak bgt yang udh aku dapet dari artikel ini? semangat terus kak

Admin

Admin

Terima kasih kak sudah berkunjung. Jangan lupa bagikan artikel ini ya. 😀

ashima

ashima

suku mongolianya memang sedikit yahh? :v

portal-ilmu.com

portal-ilmu.com

Hallo Kak?
Jumlah Suku Mongolia di dunia ya Kak? Untuk sekarang ini memang boleh dikata sedikit. Menurut sumber dari wordsmeter(dot)info, presentase Suku MOngolia di dunia hanya 0.04 % dari total populasi dunia, atau sebanyak 3,121,772 di tahun 2018 ini. Ini berarti jumlah Suku Mongolia berada di peringkat 137 terbanyak di dunia.

Semoga membantu..

diky

diky

thank,s info . sangat bermanfaat.

portal-ilmu.com

portal-ilmu.com

Terima kasih sudah berkunjung 🙂