Profil Negara Laos Lengkap

Hai, sobat portal-ilmu.com. Hari ini kita akan belajar tentang negara Laos. Yuk kenali negara Laos. Kita akan bahasa tuntas semua hal yang berhubungan dengan Laos. Tujuannya untuk menambah pengetahuan kita tentang negara Laos. Okay, selamat belajar, sobat.

Peta Laos

Bentuk Negara Laos

Bendera Negara Laos

Arti Bendera :

Warna biru dalam bendera melambangkan tentang kekayaan.

Warna merah dalam bendera melambangkan revolusi.

Roda berwarna putih dalam bendera melambangkan bulan bulat.

Lambang Negara

Arti Lambang Negara:

Lambang negara Laos berbentuk bulat. Di sampingnya di hiasi dengan dua ikatan padi yang terdapat di sampingnya.

Gambar Pagoda merupakan suatu peninggalan kuno yang terkenal. Pagoda ini sebagai simbol dari negara Laos.

Roda gigi yang terdapat di lambang negara melambangkan tentang industri.

Bendungan sungai yang terdapat di lambang negara melambangkan tentang tenaga air di Laos.

Hutan dan ladang yang terdapat di lambang negara melambangkan tentang kehutanan.

Sedangkan, padi melambangkan tentang pertanian di Laos.

Pita yang terdapat di lambang negara Laos. Pada kedua sisinya terdapat tulisan tentang semboyan negara, yaitu perdamaian, kemerdekaan, demokrasi, kesatuan, kemakmuran, dan kejayaan.

Pita yang terletak di bagian bawah lambang negara, bertuliskan tentang “Republik Demokratis Rakyat Laos”.

Nama Negara : Republik Demokratik Rakyat Laos
Nama Asli : Sathanalat Paxathipatai Paxaxon Lao
Nama Internasional : People’s Democratic Republic of Laos
Kepala Negara : Presiden
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
Bentuk Negara : Republik Demokrasi
Ibukota : Vientiane (Kota Kayu Cendana)
Pemerintah Lokal : 13 Provinsi
Lagu Kebangsaan : Pheng Xat Lao
Bahasa Resmi : Bahasa Lao
Bahasa (Lain) : Bahasa Prancis dan Bahasa Inggris
Semboyan : Perdamaian, Kemerdekaan, Demokrasi, Persatuan, dan Kemakmuran
Tanggal Bersejarah : 19 Juli 1949 (hari kemerdekaan)
Kemerdekaan : Dari Negara Perancis
Mata Uang : Kip
Zona Waktu : UTC + 7
Kode Negara : 856

Pengantar

Negara Laos apabila ditinjau dari istilahnya, berasal dari kata lan xang. Lan xang berarti kerajaan jutaan gajah. Istilah ini diberikan untuk negara Laos pada abad XIV – XVIII. Negara Laos merupakan satu – satunya negara yang terdapat di Asia yang posisi wilayahnya terjepit. Negara Laos juga merupakan satu – satunya negara yang tidak memiliki laut. Karena tidak memiliki laut, maka negara Laos ini sering dijuluki dengan “The Land Locked Country”. Negara Laos ini berada di tengah Asia Tenggara. Tepatnya, di daratan kelompok negara indocina, yaitu negara Vietnam, Laos, dan Kamboja yang letaknya saling berdekatan satu sama lain.

Laos di masukkan ke dalam golongan negara yang terbelakang dan termiskin di dunia. Kondisi tersebut dilatar belakangi oleh negara Laos sering dijajah oleh bangsa – bangsa asing sejak tahun 1893. Bangsa – bangsa asing yang pernah menjajah negara Laos yaitu Perancis, Jepang, Amerika Serikat, Vietnam, dan Pathet Lao. Negara Laos ini berhasil memerdekakan diri dari penjajahan Jepang, pada tahun 1949. Pada zaman dahulu, awal mulanya muncul negara Laos ini berwal dari kerajaan Nanzhao, Lan Xang (inilah yang menyebabkan negara Laos dijuluki negeri sejuta gajah), hingga penjajahan yang dilakukan oleh negara Perancis dan Jepang.

Demikian sejarah dan julukan yang diberikan oleh negara Laos. Lalu, bagaimana dengan letak astronomi dan letak geografis negara Laos? Hal tersebut akan di jelaskan sebagai berikut.

Letak Astronomis dan Letak Geografis Negara Laos

Negara Laos merupakan salah satu negara yang berada di benua Asia yang memiliki luas wilayah 236.800 km2.  Luas negara Laos ini sama dengan luas Propinsi Kalimantan Timur ditambah dengan propinsi Kalimantan Selatan. Secara astronomi negara Laos terletak di garis lintang antara 140 Lintang Utara (LU) sampai 220 Lintang Utara (LU) dan terletak di garis bujur antara 1000 Bujur Timur (BT) sampai 1070 Bujur Timur (BT).

Secara geografis, negara Laos memiliki batas – batas negara yaitu sebagai berikut:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan negara Republik Rakyat Cina atau RRC dan negara Vietnam.
  2. Sebelah timur berbatasan dengan negara Vietnam.
  3. Sebelah selatan berbatasan dengan negara Thailand dan negara Kamboja.
  4. Sebelah barat berbatasan dengan negara Myanmar dan Thailand.

Penjelasan di atas menunjukkan tentang letak astronomi dan letak geografis dari negara Laos, yang berada di antara negara Vietnam, Thailand, Myanmar, dan RRC. Kemudian, bagaimana kondisi bentangan alam yang dimiliki oleh negara Laos? Pertanyaan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

Bentang Alam Negara Laos

Negara Laos merupakan negara yang terletak di bagian dalam Semenanjung Indocina atau di sebelah utara semenanjung Malaka, ini memiliki bentangan alam sebagai berikut. Secara keseluruhan, wilayah negara Laos ini dihimpit oleh daratan. Wilayah negara Laos bagian utara cukup luas dan mulai menyempit pada bagian tengah, dan kemudian melebar lagi di bagian selatan.

Negara Laos ini terletak pada bagian dalam dari semenanjung Indocina. Negara ini memiliki topografi yang bergunung – gunung dan memiliki hutan – hutan yang lebat. Pada bagian timur negara Laos yang berbatasan dengan negara Vietnam, terdapat jurang yang curam yang berasal dari Pegunungan Kordilera Annam.

Pegunungan Kordilera Annam tersebut, sebagian besar menjadi batasan fisik dari negara Laos dengan negara Vietnam, di sebelah timur. Puncak tertinggi dari pegunungan Kordilera Annam ini yaitu Gunung Phou Bia. Ketinggian Gunung Phou Bia yaitu kurang lebih 2.820 m, di atas permukaan air laut. Lebih lanjut, negara Laos juga memiliki dataran rendah dan dataran tinggi. Dataran rendah tersebut, diantaranya terdapat di bagian barat Pegunungan Kordilera Annam. Kemudian, dataran tinggi atau plato yang terbentang di sebelah selatan negara Laos.

Kemudian, di sebelah barat wilayah negara Laos, terdapat sungai Mekong. Sungai Mekong merupakan batas alamiah antara negara Laos dan negara Thailand. Lembah sungai Mekong ini memiliki lembah – lembah kecil dan merupakan tempat pertemuan untuk anak – anak sungai yang lebih besar. Sungai Mekong ini menjadi sungai paling penting di Negara Laos. Sungai ini dimanfaatkan untuk sarana prasarana lalu lintas. Selain itu, sungai Mekong juga dimanfaatkan untuk irigasi pertanian dan pembangkit listrik atau PLTA.

Selain sungai Mekong, masih terdapat sungai – sungai yang lain, yang mengalir di negara Laos. Sungai tersebut yaitu

  1. Sungai Nam Neun dan Sungai Nam Chu yang terletak di utara.
  2. Sungai Khong dan Sungai Se Donne yang terletak di selatan.
  3. Sungai Xe Banghiang yang melewati negara Laos dan mengalir di Teluk Tonkin, setelah melewati negara Vietnam.

Pemaparan – pemaparan di atas menunjukkan tentang bentangan alam yang terdapat di Negara Laos. Selanjutnya, bagaimana kondisi iklim yang terdapat di negara Laos? Perhatikan penjelasan di bawah ini.

Iklim Negara Laos

Negara Laos merupakan negara yang terletak di daerah iklim tropis. Suhu rata – rata yang terdapat di negara Laos yaitu 260 C sampai 280 C. Temperatur 260 Celcius berada di sebelah utara dekat dengan negara Myanmar dan negara Cina. Sedangkan temperatur 280 Celcius berada di selatan yang berbatasan dengan negara Kamboja.

Sebagai negara yang memiliki iklim tropis, dapat terjadi dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan dapat terjadi pada bulan Mei sampai November. Musim hujan tersebut dipengaruhi oleh angin pasat barat daya yang berasal dari kawasan Pasifik barat. Curah hujan yang terjadi, ketika musim hujan, rata – rata 1500 – 2500 mm/ tahun. Selanjutnya, musim kemarau dapat berlangsung di negara Laos pada bulan Desember sampai April. Dan pergantian kedua musim yaitu hujan dan kemarau tersebut dapat dirasakan dengan sangat jelas.

Demikian penjelasan tentang iklim yang berhembus di negara Laos. Jadi dapat dikatakan bahwa di negara Laos terdapat dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Kemudian, bagaimanakah flora dan fauna yang hidup di negara Laos? Silahkan dipahami penjelasan di bawah ini.

Flora dan Fauna Negara Laos

Keberadaan flora dan fauna yang dimiliki oleh negara Laos dapat dijelaskan sebagai berikut.

Flora Negara Laos

Daerah negara Laos dapat dikatakan masih hijau. Hal tersebut disebabkan dua per tiga dari wilayahnya masih di tutupi oleh hutan. Daerah pegunungan yang terletak di sebelah utara, permukaannya masih ditumbuhi oleh hutan yang lebat. Namun, semakin ke arah selatan, hutan yang ada di negara Laos berwujud hutan musim tropis yang gugur daun. Daerah dataran tinggi yang terletak di wilayah tengah dan selatan, antara lain di plato Bolovens dan plato Xiangkhoang. Keadaan floranya yaitu padang rumput yang diselingi oleh pepohonan. Hal tersebut disebabkan kelembaban udara yang relatif masih rendah. Selanjutnya, bagiamanakah kondisi fauna yang hidup di negara Laos?

Fauna Negara Laos

Dalam suatu negara, tentu saja, selain terdapat flora juga terdapat fauna yang hidup. Hewan yang hidup di negara Laos, antara lain gajah, harimau, dan kerbau liar. Populasi gajah yang hidup di negara Laos ini dimanfaatkan tenaganya oleh penduduk setempat untuk mengangkut kayu olahan.

Penjelasan di atas menunjukkan tentang kondisi flora dan fauna yang hidup dan berkembang di negara Laos. Selanjutnya, setelah memahami tentang flora dan fauna yang ada di negara tersebut, akan di jelaskan tentang keadaan sosial budaya negara Laos.

Sosial Budaya Negara Laos

Hasil survey yang pernaha dilakukan pada tahun 2008, menyatakan bahwa jumlah penduduk negara Laos mencapai 6.677.534 jiwa. Angka pertumbuhan penduduk di negara Laos dapat dikatakan cukup tinggi, yaitu sekitar 4,5 %. Pendapatan perkapita yang dimiliki oleh penduduk negara Laos yaitu hanya US$ 250.

Etnis yang berkembang di negara Laos dapat dikatakan cukup kompleks. Etnis terbesar yang berkembang di negara Laos yaitu etnis Lao. Etnis Lao ini sebanyak 80 % dari jumlah penduduk yang dimiliki oleh negara Laos. Etnis Lao ini terdiri dari Lao Dataran Rendah, Lao Theung, dan Lao Soung. Etnis Lao ini tinggal di pedesaan. Selain, etnis Lao, terdapat suku lain yang berkembang di negara Laos, yaitu Meo atau Hmong, Yao atau Man, dan Thai. Lebih lanjut, agama yang banyak di anut oleh penduduk Laos, yaitu Budha.

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa etnis Lao merupakan etnis yang mayoritas menduduki wilayah negara Laos. Kemudian, bagaimana potensi dari sumber daya alam dan kegiatan ekonomi penduduk Laos? Berikut ini penjelasannya.

Potensi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi

Pertanian merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang utama di negara Laos. Pertanian dijadikan sebagai tumpuan hidup penduduk Laos. Keberadaan sektor pertanian, didukung oleh tersedianya lahan dan curah hujan yang memadai di Laos.Laos merupakan negara yang sangat kaya dengan sumber tenaga air. Sektor pertanian penduduk Laos ini menghasilkan beras, jagung, jeruk, tembakau, dan kopi. Meskipun demikian, sebagain besar penduduk Laos hidup dengan cara yang ilegal. Penduduk Laos ada yang menanam ganja. Sedangkan, hasil alam lain yang dimiliki oleh penduduk Laos, dari sektor pertambangan, yaitu timah dan kayu.

Kemudian, industri di Laos masih terbatas pada pengolahan kayu – kayu. Hal tersebut disebabkan, kegiatan industri di Laos masih lemah. Bahkan, di Laos ini tidak terdapat jalan kereta api. Transportasi penduduk Laos masih banyak mengandalkan jalan raya, angkutan sungai, dan penerbangan.

Sektor pertanian, pertambangan, dan industri merupakan kegiatan perekonomian yang dimiliki oleh penduduk negara Laos. Masing – masing sektor memiliki produksi yang berbeda – beda. Selanjutnya, bagaimanakah pembagian provinsi – provinsi yang terdapat di negara Laos?

Provinsi – Provinsi di Negara Laos

Ada berapakah provinsi di negara Laos? Negara Laos dibagi menjadi 17 Provinsi. Provinsi – provinsi tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Attapeu
  2. Bokeo
  3. Bolikhamsai
  4. Champasak
  5. Houaphanh
  6. Khammouan
  7. Louang Namtha
  8. Luang Prabang
  9. Oudomxay
  10. Phongsaly
  11. Xaignabouli
  12. Salavan
  13. Savannakhet
  14. Sekong
  15. Prefektur Vientiane
  16. Vientiane
  17. Xiangkhoang

Penjabaran di atas merupakan provinsi – provinsi yang terdapat di negara Laos. Selanjutnya, setelah memahami tentang bentangan alam, iklim di Laos, hingga pada provinsi yang terdapat di sana. Selanjutnya, siapa sajakah nama – nama presiden yang pernah memerintah negara Laos?

Daftar Nama Presiden Negara Laos

Sampai saat ini, negara Laos baru mengalami lima kali pergantian presiden. Daftar nama presiden negara Laos yaitu sebagai berikut.

  1. Souphanouvong dengan masa jabatan dari 3 Desember 1975 sampai 15 Agustus 1991.
  2. Kaysone Phomvihane dengan masa jabatan dari 15 Agustus 1991 sampai 21 November 1992.
  3. Nouhak Phoumsavan dengan masa jabatan dari 25 November 1992 sampai 24 Februari 1998.
  4. Khamtai Siphandon dengan masa jabatan dari 24 Februari 1998 sampai 8 Juni 2006.
  5. Choummaly Sayasone dengan masa jabatan dari 8 Juni 2006 sampai sekarang.

Negara Laos pada saat ini dipimpin oleh Choummaly Sayasone. Sebelum menduduki jabatan presiden, Sayasone merupakan seorang menteri pertahanan. Lalu, bagaimanakah kondisi pariwisata yang terdapat di Laos?

Pariwisata Negara Laos

Terdapat berbagai jenis tempat wisata yang ditawarkan oleh negara Laos. Tentu saja, masing – masing tempat wisata memiliki kekhasan yang berbeda – beda. Pariwisata yang terdapat di negara Laos dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Pha That Luang. Merupakan tempat wisata yang berbentuk candi Budha yang dilapisi dengan emas. Tempat wisata ini terdapat di Vientiane, Laos.
  2. Buddha Park. Merupakan tempat wisata yang berbentu taman patung. Nama lain taman ini yaitu Wat Xieng Khuan, sebab mengandung banyak unsur agama. Tempat wisata ini terletak di 25 km sebelah tenggara dari kota Vientiane, Laos.
  3. Musem Lau. Tempat wisata ini merupakan museum nasional, yang terletak di Vientiane, Laos. Museum ini memberikan penjelasan tentang sejarah Laos, mulai dari perjuangan rakyat, hingga membebaskan diri dari penjajah.

Demikian penjelasan tentang negara Laos. Negara yang beribukota di kota Vientiane ini dan memiliki etnis Lao merupakan salah satu negara yang terdapat di Asia Tenggara. Negara Laos memiliki iklim tropis dan mengandalkan sektor pertanian dalam kegiatan ekonominya. Semoga kehadiran artikel ini dapat membantumu dalam memahami tentang negara Laos.

Referensi:

  1. http://indonesian.cri.cn/481/2010/01/06/1s106381.htm
  2. http://www.wikiwand.com/id/Daftar_provinsi_di_Laos
  3. http://www.wikiwand.com/id/Daftar_Presiden_Laos
  4. Dianawati, A. 2006. RPUL Dunia. Jakarta: Wahyu Media.
  5. Adisukarjo, S. 2007.Horizon IPS: Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Yudhistira.
  6. Sukanti, D., Yamti, S, dan Umasih. 2007. Geografi dan Sosiologi: Pelajaran IPS Terpadu untuk SMP. Jakarta: Ganeca Exact.
  7. Sukmayani, R., dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3: untuk SMP/ MTs Kelas IX. Jakarta: Grasindo.
  8. Mu’in, I. 2004. Pengetahuan Sosial: Geografi SMP Kelas 3. Jakarta: Grasindo.
  9. Forum Tentor. 2009. Bahas Tuntas 1001 Soal IPS SD. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
  10. Rahayu, F. Tanpa Tahun. Buku Aktivitas Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI VI A. jakarta: Kompas Ilmu.