Mengenal Lebih Jauh Negara Irlandia Secara Lengkap

Hallo sobat portal-ilmu.com, sudah siapkah kau untuk belajar hari ini?

Yuk kita belajar tentang negara Irlandia. Menurut sumber yang bisa dipercaya, negara Irlandia ini, kini telah menjadi negara yang terkaya kedua di benua Eropa. Hebat bukan? Sedangkan negara terkaya yang pertama yaitu Luxemburg.

Selayang Pandang Negara Irlandia

Bagimana negara Irlandia menjadi negara terkaya kedua. Sementara kita tahu, bahwa di negara Irlandia ini selama ratusan tahun, dikenal karena adanya imigrasi para warganya. Selain itu, negara Irlandia ini juga dikenal akan terjadinya perang saudara, karya ilmiah, seperti puisi yang dihasilkan oleh negara ini, juga terkenal tragis. Bahkan, yang tak lebih menakutkan lagi, negara Irlandia, dikenal akan penyakit lepra yang diderita oleh penduduknya.

Meskipun, negara Irlandia ini dikenal dengan sederet keburukannya. Namun, sekarang lihatlah, negara ini justru berhasil menduduki peringkat kedua menjadi negara terkaya di benua Eropa. Banyak inovasi yang dilakukan oleh negara – negara yang terletak dipinggiran Eropa, yang menganut paham globalisasi dengan cara mereka sendiri – sendiri.

Perubahan pada negara Irlandia ini dimulai pada akhir tahun 1960 – an. Pada kala itu, pemerintah mulai mengadakan sekolah menengah yang gratis. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan pada anak – anak kelas bawah agar bisa menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah maupun di sekolah teknik. Pada tahun 1973, negara Irlandia bergabung dengan Uni Eropa. Hasil dari penggabungan tersebut adalah, mereka mampu mengandalkan tenaga kerja berpendidikan.

Keuntungan awal menjadi anggota Uni Eropa, pernah diraih Irlandia pada pertengahan 1980 – an. Namun, sayangnya, negara Irlandia belum memiliki suatu produk yang kompetitif untuk dihasilkan. Akibatnya banyak sarjana yang imigrasi ke luar negeri karena negara mengalami kebangkrutan.

Kemudian, negara Irlandia pun melakukan perubahan. Pemerintah, serikat pekerja, petani, dan kalangan industri bersama – sama melakukan perubahan fiskal. Selain itu, mereka juga memotong pajak korporasi hingga 12,5 %, mengurangi harga dan gaji, dan mulai mendekati para investor asing. Negara Irlandia mulai menggratiskan pendidikan tinggi untuk meningkatkan tenaga kerja berpendidikan. Hal tersebut terjadi pada tahun 1996.

Dan sekarang, hasil yang dilakukan oleh negara Irlandia, menjadi sangat fenomenal. Terdapat 9 dari 10 perusahaan farmasi yang paling besar di dunia, memiliki pabrik di Irlandia. Selain itu, 7 dari 10 perusahaan yang membuat peranti lunak ada di negara Irlandia. Bahkan, investasi Amerika di negara Irlandia sangat banyak.

Dari semua kondisi tersebut, pendapatan pajak pemerintah mulai meningkat. Intel juga mulai membuka pabrik chip pertamanya di Irlandia, pada tahun 1993. Lebih menakjubkan lagi, bahwa dua juta angkatan kerja di Irlandia, tidak ada satupun yang tidak memiliki pekerjaan. Bahkan, termasuk 200 ribu pekerja asing yang mendatangi Irlandia untuk mencari pekerjaan.

Beberapa hal yang bisa dijadikan cerminan bangsa – bangsa di dunia, tentang kemajuan ekonomi yang dimiliki oleh negara Irlandia, yaitu sebagai berikut.

  1. Pendidikan gratis pada tingkat menengah dan tingkat tinggi.
  2. Pajak korporasi yang sederhana, rendah, dan bersifat transparan.
  3. Aktif untuk mencari dan bekerja sama dengan perusahaan global.
  4. Membuka perekonomian untuk kompetisi.
  5. Berbicara dengan menggunakan bahasa inggris.
  6. Menciptakan suatu kebijakan fiskal yang tertib.
  7. Menciptakan konsensus keenam hal di atas dengan buruh dan manajemen.
  8. Setia

Inilah beberapa hal yang patutu dicontoh oleh negara – negara yang ada di dunia untuk menjadi negara yang maju, kaya, dan makmur. Irlandia telah membuktikan dengan melaksanakan kedelapan hal tersebut, kini mereka telah menjadi negara yang terkaya nomor dua di dunia.

Demikian penjelasan tentang selayang pandang dari negara Irlandia. Di mana dalam pembahasan tersebut terdapat beberapa hal yang patut dijadikan pembelajaran bagi kita semua, terutama bangsa agar bisa menjadi negara yang bisa mengurangi pengangguran. Selanjutnya, alangkah baiknya, kita mengenal tentang sistem pemerintahan dan berbagai hal yang berkaitan dengan negara Irlandia. Sehingga, bisa menjadikan negara ini menjadi negara yang terkaya kedua di Eropa.

Bentuk Negara Irlandia

Peta Irlandia

Bendera Negara Irlandia

Bendera Irlandia

Keterangan:

Bendera ini diperkenalkan pertama kali oleh Thomas Francis Meagher pada tahun 1848. Jika melihat pada bendera tersebut, terdapat tiga warna dalam bendera negara Irlandia, yaitu hijau, putih, dan orange. Warna – warna dalam bendera tersebut tersusun secara vertikal.

Warna hijau dalam bendera melambangkan tentang golongan agama katolik.

Warna orange dalam bendera melambangkan tentang golongan agama protestan.

Warna putih dalam bendera melambangkan tentang perdamaian di antara kedua agama, yaitu katolik dan protestan.

Pemilihan dua warna dalam bendera tersebut disebabkan pernah terjadinya konflik agama yang terjadi antara katolik dan protestan.

Nama Asli Negara Irlandia: Eire Poplacht Na H Eireann
Nama Internasional

: Republic of Ireland. Republik Irlandia juga disebut dengan Eire

Bentuk Negara Irlandia: Republik
Ibukota Negara Irlandia: Dublin
Bentuk Pemerintah Negara Irlandia: Demokrasi Parlementer
Nama Presiden atau Kepala Negara: Michael D.Higgins
Nama Taoiseach atau Perdana Menteri: Enda Kenny
Kepala Pemerintahan Negara Irlandia: Perdana Menteri
Pemerintahan Lokal Negara Irlandia: 26 Kabupaten
Luas Wilayah Negara Irlandia: 70.273 km2
Semboyan Negara Irlandia: Eire go deo atau Irlandia selamanya
Jumlah Penduduk Negara Irlandia: 3.917.336 jiwa
Bahasa Negara Irlandia

: Bahasa Irlandia atau Gaelic – Irlandia dan Bahasa Inggris. Keduanya merupakan bahasa resmi penduduk Irlandia.

Suku Bangsa Irlandia: Irlandia
Agama Negara Irlandia

: Katholik, Anglikan. Agama Katholik merupakan agama utama penduduk Irlandia.

Paham Kebangsaan Negara Irlandia

: Nasionalime agama. Merupakan suatu paham nasionalisme yang terbentuk, disebabkan oleh negara memperoleh legitimasi politik dari persamaan agama.

Contoh: pada abad ke –18, nasionalime negara Irlandia dipimpin oleh yang menganut agama protestan. Gerakan ini, bukan hanya berjuang untuk memartabatkan teologi.

Namun, mereka juga berjuang untuk menegakkan paham yang berhubungan dengan negara Irlandia merupakan sebuah negara yang merdeka, terutama dalam hal budaya Irlandia.

Lagu Kebangsaan Negara Irlandia: Amhran na bhFiann atau nyanyian tentara
Tanggal Bersejarah Negara Irlandia

1# Kemerdekaan Negara Irlandia – 24 April 1916;


2# Deklarasi Kemerdekaan Negara Irlandia – 21 Januari 1919;

3# Perjanjian Kemerdekaan antara Inggris dan Irlandia – 6 Desember 1921;

4# Statuta Wesminster (Undang – Undang Parlemen yang dikeluarkan oleh Britania Raya), pada tanggal 11 Desember 1931;

5# Undang – undang Republik Negara Irlandia – 18 April 1949

Penduduk Negara Irlandia

: 4.609.600. Berdasarkan sensus pada tahun 2014, dengan kepadatan penduduk 65,3/ km2.Nilai PDB atau Produk Domestic Bruto dilihat dari keseimbangan kemampuan berbelanja yaitu $ 235. 850 miliar.

Sedangkan, per kapita PDB nya yaitu $ 48.78. PDB secara keseluruhan $ 252.640 miliar, dengan pendapatan per kapita $ 52.256.

Kemudian, kesenjangan antara pendapatan dan kekayaan atau GINI pada tahun 2011, berada pada tingkat yang rendah, yaitu 29,8. Indeks Pembangunan Manusia atau IPM negara Irlandia dapat dikatakan sangat tinggi, yaitu 0,899, pada tahun 2013.

IPM atau Indeks Pembangunan Manusia ini bertujuan untuk mengklasifikasikan suatu negara sebagai negara yang maju, negara yang berkembang, negara yang terbelakang, dan untuk mengukur kebijakan ekonomi suatu bangsa terhadap kualitas hidup penduduk di negara tersebut.

Kemerdekaan Negera Irlandia

: Diperoleh dari Inggris, melalui Perjanjian Anglo – Irish Treaty

Mata Uang Negara Irlandia

: Euro. Mata uang negara Irlandia sebelum tahun 1999 yaitu pound

Ranah Internet Negara Irlandia: .ie
Zona Waktu Negara Irlandia: WET atau UTC
Pada Saat Musim Panas: Waktu Standar Irlandia (IST) (UTC + 1)
Kode Negara Irlandia: 353
Lajur Kemudi Negara Irlandia: Kiri

Negara Irlandia merupakan  bagian dari Eropa Barat. Dulu, negara Irlandia pernah menjadi bagian dari Inggris. Namun, sejak tahun 1949, negara Irlandia telah memisahkan diri dari negara Inggris. Negara Irlandia terbagi menjadi dua bagian, yaitu Irlandia utara yang masih masuk ke dalam kerajaan Inggris dan Irlandia sebagai negara yang merdeka.  The Republic of Ireland atau The Irish Republic atau Republik Irlandia merupakan negara yang terletak di bagian selatan pulau Irlandia.

Cerita Rakyat dan Mitos tentang Negara Irlandia

Salah satu cerita rakyat yang terkenal di negara Irlandia yaitu Clurichaun. Clurichaun merupakan makhluk cebol yang kadang – kadang terlihat di daerah peternakan atau di daerah ladang pada petani Irlandia. Sifat mereka sebenarnya tidak menganggu. Namun, jika mereka merasa terganggu, maka mereka akan menjadikan ladang atau peternakan petani sebagai sasaran.

Cerita tentang clurichaun ini sudah didengar oleh masyarakat Irlandia secara turun temurun. Clurichaun ini sejenis kurcaci yang sangat senang akan minum minuman keras. Karena minuman keras telah menjadi hobi mereka, maka terkadang mereka menunjukkan sifat yang terkesan menyebalkan, bahkan terkadang juga konyol. Aktivitas dari clurichaun ini terdengar di malam hari.

Clurichaun ini bersenda gurau dengan teman – teman mereka di gudang anggur para petani di malam hari. Bahkan, mereka juga gemar menaiki domba – domba dan anjing yang dimiliki oleh petani, di malam hari. Mereka dapat melakukan berbagai hal yang konyol, ketika sedang mabuk. Yang ada di pikiran mereka hanyalah minuman keras.

Clurichaun ini juga tidak berniat untuk mengganggu kegiatan manusia. Bahkan, ada petani yang menyatakan bahwa, apabila baik pada para clurichaun ini, maka mereka akan menjaga peternakan dari para pencuri. Begitu pula sebaliknya, apabila petani tidak dapat bersahabat dengan para clurichaun, maka mereka akan merusak peternakan dan gudang anggur milik petani.

Demikianlah gambaran mitos yang berkembang di negara Irlandia. Mereka mengenal dan mempercayai adanya clurichaun. Makhluk cebol yang sebenarnya baik, namun akan menjadi jahat, ketika para petani tidak ramah dengan mereka. Lebih lanjut, bagaimana sejarah negara Irlandia? Pertanyaan tersebut akan di jawab pada pembahasan di bawah ini.

Sejarah Negara Irlandia

Sejarah tentang negara Irlandia ini, dimulai dari penandatanganan perjanjian antara pemimpin Irlandia Selatan dan pemerintah Britani Raya. Perjanjian tersebut berhubungan dengan kemerdekaan dari negara Irlandia. Tepatnya, pada 29 Desember 1937, penandatanganan perjanjian kemerdekaan tersebut terjadi.Setelah penandatanganan perjanjian tersebut, sayangnya pemerintah Inggris tidak melaksanakan isi dari perjanjian kemerdekaan yang telah disepakati.

Pada saat itu, pemerintah Inggris beralasan karena sedang berlangsung perang dunia II. Setelah perang dunia II berakhir pada tahun 1949, rakyat Irlandia Selatan yang sebagian besar menganut agama Katolik, memberikan pengumuman secara resmi tentang kemerdekaan negara Irlandia. Kemerdekaan yang diperoleh dari Britania Raya. Selama delapan abad, negara Irlandia terus berjuang untuk melakukan perlawanan terhadap Britania Raya. Sampai akhirnya, mereka telah berhasil memperoleh kemerdekaan selama penantiannya.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa kemerdekaan negara Irlandia diperoleh  dari Britania Raya pada 1949. Setelah penduduk di negara Irlandia, melewati penantian yang panjang, delapan abad. Kemudian, bagaimanakah kondisi geografi negara Irlandia yang diperjuangkan para penduduk? Hal tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

Kondisi Geografi Negara Irlandia

Luas wilayah negara Irlandia sekitar 70.273 km2. Atau dapat dikatakan 83 % dari luas Pulau Irlandia pada bagian selatan. Sedangkan, sisanya 17 % merupakan wilayah Irlandia Utara. Secara geografis, batas – batas negara Irlandia dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik.
  2. Sebelah timur berbatasan dengan Laut Irlandia. Laut Irlandia ini berhubungan dengan samudra melalui selat St.George dan Laut Keltik.

Lebih lanjut, bentangan alam yang terdapat di negara Irlandia bagian pesisir barat, terdiri dari tebing, bukit, dan gunung – gunung kecil. Sedangkan, negara Irlandia pada bagian dalam, dilewati oleh sungai – sungai. Salah satu sungai yang melewati di bagian dalam negara Irlandia yaitu sungai Shannon.

Negara Irlandia merupakan sebuah dataran rendah yang dikeliling tanah – tanah yang tinggi. Tanah bawah negara Irlandia berupa batu gamping. Sedangkan, pantai laut di negara Irlandia ini sangat beragam. Pantai laut tersebut, antara lain Pulau Achil, Pulau Valentina, dan Kepulauan Aran. Lebih lanjut, di pantai laut timur negara Irlandia ini, reliefnya lebih teratur. Namun, hampir tidak memiliki pulau lepas pantai.

Tanda – tanda dari bekas kikisan es ini dapat di lihat di lapisan kulit bumi negara Irlandia. Sedangkan, pada kawasan pegunungan di negara Irlandia ini, dapat ditemukan banyak sekali bekas erosi glasial. Selain itu, juga ditemukan bahan fluvioglasial yang tebal. Kondisi alam tersebut dapat dilihat secara memanjang dari timur ke barat, berselang – seling, dan sejajar dengan lembah – lembah dan batu gamping.

Pada rangakaian pegunungan yang terdapat di negara Irlandia. Terdapat pegunung McGillicuddy’s Reeks. Pegunungan ini memiliki puncak tertinggi yang dinamakan dengan gunung Carrauntoohill. Ketinggian puncak pegunungan tersebut yaitu 1041 m di atas permukaan air laut.

Kemudian, ditinjau dari kondisi iklim yang berhembus di negara Irlandia. Iklim di negara Irlandia merupakan iklim sedang. Iklim ini dipengaruhi oleh arus Atlantik Utara. Pada saat terjadi musim panas, hawa di negara Irlandia, menjadi tidak begitu panas. Sedangkan, pada saat musim dingin, hawa di negara Irlandia juga menjadi tidak begitu dingin. Beberapa bagian dari negara Irlandia memperoleh 275 hari dengan curah hujan dalam setahun.

Demikian, kondisi geografi yang dimiliki negara Irlandia, ditinjau dari luas wilayah, batas – batas negara, bentangan alam, dan iklim yang berhembus di negara Irlandia. Penjelasan selanjutnya, akan dijelaskan tentang kondisi politik yang ada di negara Irlandia.

Kondisi Politik Negara Irlandia

Negara Irlandia merupakan negara republik yang menganut sistem parlementer dalam pemerintahannya. Presiden yang telah dipilih di negara Irlandia menempati posisi sebagai seorang kepala negara. Masa jabatan seorang presiden di negara Irlandia yaitu 7 tahun. Jangka waktu posisi presiden ditentukan oleh konstitusi dengan bantuan dari Dewan Negara. Dewan Negara ini merupakan seorang penasihat.

Di bawah konstitusi negara Irlandia, pemilihan umum parlemen dalam dilakukan setelah 7 tahun, dan ini merupakan periode terpanjang. Namun, dapat juga menggunakan periode yang lebih pendek yang berdasarkan pada hukum. Periode terpendek untuk pemilihan umum di negara Irlandia, yaitu 5 tahun. Parlemen di negara Irlandia bahkan memiliki partai kecil yaitu Sinn Fein.

Dengan kondisi politik yang demikian, di mana pemilihan umum dapat dilakukan dengan jangka waktu minimun 5 tahun dan berdasarkan pada hukum yang berlaku. Selanjutnya, jangka waktu yang panjang untuk pemilihan umum 7 tahun, lalu bagaimana kehidupan ekonomi yang terjadi di negara Irlandia, ketika terjadi krisis ekonomi. Kondisi krisis ekonomi yang dialami oleh negara Irlandia, akan dijelaskan sebagai berikut.

Krisis Ekonomi Negara Irlandia

Sebagai negara yang kecil di Eropa, negara Irlandia mulai menggunakan mata uang euro. Penggunaan mata uang euro ini bersama dengan 12 anggota uni eropa lainnya. Hal tersebut dimulai semenjak tanggal 1 Januari 2002. Kondisi ekonomi di negara Irlandia tumbuh dengan sangat pesat, pada tahun 1995 sampai 2007. Rata – rata pertumbuhan PDB waktu itu sebesar 6 %.

Kemudian, pada tahun 2007, ketika dibandingkan dengan skala Eropa disekitarnya, pertumbuhan ekonomi di Irlandia menjadi cukup tinggi. Pertumbuhan ekonomi tersebut sekitar 5 %. Kemudian, pada tahun 2008, pertumbuhan ekonomi sekitar 6,5 %. Sayangnya, semenjak terjadinya krisi ekonomi global, tepatnya pada tahun 2008, kegiatan ekonomi dalam negeri menjadi menurun. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap kondisi ekonomi negara Irlandia.

Negara Irlandia merupakan negara kedua dari benua Eropa yang mengalami krisis ekonomi. Setelah sebelumnya dialami oleh negara Yunani. Krisis ekonomi tersebut disebabkan karena defisit dari anggara pemerintah yang terus membesar dan rasio hutang per PDB. Kondisi tersebut sama dengan yang dialami oleh Yunani. Akibat dari membengkaknya anggaran pemerintah dan hutan negara, negara Irlandia memperoleh defisit yang terbatas.

Selain itu, krisis ekonomi yang terjadi di negara Irlandia juga disebabkan oleh peminjaman yang tidak dikendalikan pada sektor properti nasional. Bahkan, pasar kontruksi juga tidak mendapat jaminan untuk pertumbuhannya. Kemudian, pemerintah berusaha memperbaiki perbaikan ekonomi di negara Irlandia dengan cara pengetatan anggaran dengan mengurangi gaji pegawai negeri, membentuk Badan Pengelola Aset Nasional.

Langkah – langkah di atas masih dinilai tidak cukup. Sampai akhirnya, pada tahun 2010, defisit negara Irlandia mengalami kenaikan yang cukup besar di kawasan Eropa, 32,4 %. Adanya, defisit yang begitu besar, menyebabkan pemerintah Irlandia meminta bantuan pada Uni Eropa, sebesar €22.500.000.000 dan IMF atau lembaga Moneter Internasional. Semenjak itu, negara irlandia menjadi satu – satunya negara di Eropa yang mampu mengatasi dan menangani perbaikan ekonomi dengan cepat. Bahkan, pada tahun 2011, negara Irlandia mampu mencapai kondisi ekonomi yang stabil.

Dengan kondisi ekonomi yang stabil, melalui bantuan dari Uni Eropa dan IMF menjadikan negara ini mengalami perkembangan yang pesat. Meskipun demikian, negara Irlandia tidak terlepas dari konflik yang terjadi dalam negerinya. Irlandia memiliki tentara khusus untuk menangai konflik yang terjadi. Hal tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

Tentara Negara Irlandia: Tentara Republik Irlandia atau Irish Republican Army atau IRA
Kelahiran IRA: 25 November 1918
Bentuk Organisasi IRA: Militer
Pemimpin IRA: Dewan Tentara IRA
Markas IRA: Dublin
Wilayah Operasional IRA: Irlandia
Pecahan dari: Irish Defence Force

Penjelasan di atas memberikan gambaran tentang krisis ekonomi yang terjadi di negara Irlandia. Meskipun terjadi krisis ekonomi, negara Irlandia tidak lantas menyerah untuk menstabilkan kondisi ekonomi di negaranya. Sehingga pada akhirnya, tahun 2011, kestabilan ekonomi berhasil di raih oleh negara Irlandia.

Kestabilan ekonomi tidak lantas meninggalkan kedamaian di penduduk negara Irlandia. Terdapat beberapa konflik yang terjadi di negara tersebut, setelah tercipta kestabilan ekonomi. Tentara Irlandaia, memiliki peran untuk mengatasi konflik tersebut. Tentara yang dikenal dengan sebutan IRA atau Irish Republician Army.

Selanjutnya, bagaimanakah pembagian provinsi di negara Irlandia? Perhatikan di bawah ini.

Provinsi dan Daerah Negara Irlandia

Pada pembahasan bagian ini akan dijelaskan tentang provinsi dan daerah negara Irlandia. Negara Irlandia dibagi menjadi 26 county atau daerah. Ke 26 county tersebut merupakan bagian dari 4 provinsi, yaitu provinsi Connacht, provinsi Ulster, provinsi Leinster, dan provinsi Munster.

Daerah yang terdapat di negara Irlandia dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Dublin
  2. Wicklow
  3. Wexford
  4. Carlow
  5. Kildare
  6. Meath
  7. Louth
  8. Monaghan
  9. Cavan
  10. Longford
  11. Westmeath
  12. Offaly
  13. Laois
  14. Kilkenny
  15. Waterford
  16. Cork
  17. Kerry
  18. Limerick
  19. Tipperary
  20. Clare
  21. Galway
  22. Mayo
  23. Roscommon
  24. Sligo
  25. Leitrimm
  26. Donegal

Pembagian daerah – daerah yang terdapat di negara Irlandia ini, jika di dasarkan pada provinsi yang menaungi, maka dapat dijelaskan sebagai berikut.

1# Provinsi Connacht. Pada provinsi ini, daerah – daerahnya, terdiri dari

  1. Galway atau Galway City
  2. Leitrim
  3. Mayo
  4. Roscommon
  5. Sligo

2# Provinsi Munster. Pada provinsi ini, daerah – daerahnya, terdiri dari

  1. Clare
  2. Cork atau Cork City
  3. Kerry
  4. Limerick atau Limerick City
  5. Tipperary, yang terdiri dari North Tipperary dan South Tipperary
  6. Waterford atau Waterford City

3# Provinsi Leinster. Pada provinsi ini, daerah – daerahnya, terdiri dari

  1. Carlow
  2. Dublin, yang terdiri dari Dublin City, Dun Laoghaire – Rathdown, Fingal, South Dublin.
  3. Kildare
  4. Kilkenny
  5. Laois
  6. Longford
  7. Louth
  8. Meath
  9. Offaly
  10. Westmeath
  11. Wexford
  12. Wicklow

4# Provinsi Ulster. Pada provinsi ini, daerah – daerahnya, terdiri dari

  1. Cavan
  2. Donegal
  3. Monaghan
  4. Antrim
  5. Armagh
  6. Down
  7. Fermanagh
  8. Londonderry
  9. Tyrome

Daerah – daerah di negara Irlandia ini, dikelompokkan kembali menjadi wilayah – wilayah. Hal tersebut dilakukan dalam rangka untuk keperluan statistik. Pengelompokkan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Border atau perbatasan, yang terdiri daerah Cavan, Donegal, Leitrim, Louth, Monaghan, dan Sligo.
  2. West atau barat, yang terdiri dari daerah Galway, Mayo, dan Roscommon.
  3. Midland atau tengah, yang terdiri dari daerah Laois, Longford, Offaly, dan Westmeath.
  4. Mid – East atau timur tengah, yang terdiri dari daerah Kildare, Meath, dan Wicklow.
  5. Dublin, yang terdiri dari Kota Dublin dan daerah Dun Laoghaire – Rathdown, Fingal, dan South Dublin.
  6. South – East atau tenggara, yang terdiri dari daerah Carlow, Kilkenny, South Tipperary, Waterford, dan Wexford.
  7. South – West atau barat daya, yang terdiri dari daerah Cork dan Kerry.
  8. Mid – West atau barat tengah, yang terdiri dari daerah Clare, Limerick, dan North Tipperary.

Lebih lanjut, dapat dijelaskan bahwa secara administratif, sebanyak 26 daerah tersebut telah mengalami strukturisasi kembali. Sebagai contoh daerah Dublin yang telah dihapus dan dipecah menjadi tiga dewan daerah. Hal tersebut terjadi pada tahun 1900 – an. Daerah Tipperary, secara administratif, kota ini dibagi menjadi dua daerah. Perpisahan tersebut terjadi semenjak tahun 1890 – an.

Akibatnya, pada saat ini, telah ada 29 daerah administratif dan 5 kota, yaitu Dublin, Cork, Limerick, Galway, dan Waterford. Sebenarnya, Kilkenny juga merupakan sebuah kota. Namun, sayangnya Kilkenny tidak memiliki dewan kota.

Negara Irlandia yang saat ini telah memiliki 29 daerah tentu saja dipimpin oleh seorang presiden sebagai kepala negara. Siapa sajakah presiden yang pernah menjabat di negara Irlandia dan berapa masa jabatannya? Daftar nama presiden negara Irlandia dapat dijelaskan sebagai berikut.

Daftar Nama Presiden Negara Irlandia

Republik Irlandia memiliki seorang presiden yang menjabat sebagai kepala negara. Kepala negara tersebut memiliki masa jabatan 7 tahun. Adapun daftar nama presiden di negara Irlandia, yaitu sebagai berikut.

  1. Douglas Hyde, mulai menjabat pada tanggal 25 Juni 1938 sampai 24 Juni 1945, dan tidak ada partai politik yang menaungi.
  2. Sean T. O’Kelly, mulai menjabat pada tanggal 25 Juni 1945 sampai 24 Juni 1959, dengan partai yang menaungi Fianna Fail.
  3. Eamon de Valera, mulai menjabat pada tanggal 25 Juni 1959 sampai 24 Juni 1973, dengan partai yang menaungi Fianna Fail.
  4. Erskine H. Childers, mulai menjabat pada tanggal 25 Juni 1973 sampai 17 November 1974, dengan partai yang menangungi Fianna Fail.
  5. Cearbhall o Dalaigh, mulai menjabat pada tanggal 19 Desember 1974 sampai 22 Oktober 1976, dan tidak ada partai yang menaungi.
  6. Patrick Hillery, mulai menjabat pada tanggal 3 Desember 1976 sampai 2 Desember 1990, dengan partai yang menaungi Fianna Fail.
  7. Mary Robinson, mulai menjabat pada tanggal 3 Desember 1990 sampai 12 September 1997, dengan partai yang menaungi Labour Party, Workers’ Party dan Independent.
  8. Mary McALeese, mulai menjabat pada tanggal 10 November 1997 sampai 10 November 2011, dengan partai yang menaungi Fianna Fail dan Independent.
  9. Michael D. Higgins, mulai menjabat pada tanggal 11 November 2011 sampai sekarang, dengan partai yang menaungi Labour Party.

Berdasarkan nama – nama presiden yang pernah menjabat di negara Irlandia, terdapat dua orang perempuan yang pernah menjadi kepala negara di negara terkaya kedua ini. Mary Robinson, kelahiran 21 Mei 1944, sebagai wanita pertama yang menjabat sebagai kepala negara. Kemudian, disusul oleh Mary McAleese.

Lebih lanjut, Michael D. Higgins merupakan presiden ke sembilan di negara Irlandia. Higgins merupakan laki – laki kelahiran Limerick, pada tanggal 18 April 1941. Meskipun, dilahirkan di Limerick, Higgins dibesarkan di daerah Clare. Sebelum mengenyam pendidikan tinggi, Higgins merupakan seorang pekerja pabrik dan seorang petugas.

Kemudian, Higgins mulai mengenyam pendidikan tinggi di University College Galway, University Manchester, dan Indiana University. Setelah itu, Higgins menjadi dosen ilmu politik di National University of Ireland, Galway. Sebagai dosen, dia menghabiskan waktunya untuk memberikan kelas malam pada warga Irlandia Barat, yang merasa tertarik untuk mengikutinya.

Selanjutnya, selain kepala negara, negara Irlandia juga memiliki taoiseach. Taoiseach merupakan perdana menteri. Siapa sajakah perdana menteri yang pernah menjabat di negara Irlandia? Berikut ini akan diberikan daftar nama perdana menteri negara Irlandia.

Perdana Menteri atau Taoiseach Negara Irlandia

Pembahasan ini akan menjelaskan tentang perdana menteri yang pernah menjabat di negara Irlandia. Selain, menjelaskan tentang nama dari perdana menteri tersebut, juga akan dijelaskan tentang masa jabatan yang dimiliki oleh masing – masing perdana menteri, beserta dengan partai yang menaungi.

Daftar nama Perdana Menteri atau Taoiseach negara Irlandia, sebagai berikut.

  1. Eamon de Valera (periode pertama), mulai menjabat pada tanggal 29 Desember 1937 sampai 18 Februari 1948, dengan partai yang menaungi yaitu Fianna Fail.
  2. John A. Costello (periode pertama), mulai menjabat pada tanggal 18 Februari 1948 sampai 13 Juni 1951, dengan partai yang menaungi yaitu Fine Gael.
  3. Eamon de Valera (periode kedua), mulai menjabat pada tanggal 13 Juni 1951 sampai 2 Juni 1954, dengan partai yang menaungi yaitu Fianna Fail.
  4. John A. Costello (periode kedua), mulai menjabat pada tanggal 2 Juni 1954 sampai 20 Maret 1957, dengan partai yang menaungi yaitu Fine Gael.
  5. Eamon de Valera (periode ketiga), mulai menjabat pada tanggal 20 Maret 1957 sampai 23 Juni 1959, dengan partai yang menaungi Fianna Fail.
  6. Sean Lemass, mulai menjabat pada tanggal 23 Juni 1959 sampai 10 November 1966, dengan partai yang menaungi Fianna Fail.
  7. Jack Lynch (periode pertama), mulai menjabat pada tanggal 10 November 1973 sampai 14 Maret 1973, dengan partai yang menaungi yaitu Fianna Fail.
  8. Liam Cosgrave, mulai menjabat pada tanggal 1973 sampai 5 Juli 1977, dengan partai yang menaungi yaitu Fine Gael.
  9. Jack Lynch (periode kedua), mulai menjabat pada tanggal 5 Juli 1977 sampai 11 Desember 1979, dengan partai yang menaungi yaitu Fianna Fail.
  10. Charles Haughey (periode pertama), mulai menjabat pada tanggal 11 Desember 1979 sampai 30 Juni 1981, dengan partai yang menaungi yaitu Fianna Fail.
  11. Garret Fitz Gerald (periode pertama), mulai menjabat pada tanggal 30 Juni 1981 sampai 9 Maret 1982, dengan partai yang menaungi yaitu Fine Gael.
  12. Charles Haughey (periode kedua), mulai menjabat pada tanggal 9 Maret 1982 sampai 14 Desember 1982, dengan partai yang menaungi yaitu Fianna Fail.
  13. Garret Fitz Gerald (periode kedua), mulai menjabat pada tanggal 14 Desember 1982 sampai 10 Maret 1987, dengan partai yang menaungi yaitu Fine Gael.
  14. Charles Haughey (periode ketiga), mulai menjabat pada tanggal 10 Maret 1987 sampai 11 Februari 1992, dengan partai yang menaungi yaitu Fianna Fail.
  15. Albert Reynolds, mulai menjabat pada tanggal 11 Februari 1992 sampai 15 Desember 1994, dengan partai yang menaungi yaitu Fianna Fail.
  16. John Bruton, mulai menjabat pada tanggal 15 Desember 1994 sampai 26 Juni 1997, dengan partai yang menaungi Fine Gael.
  17. Bertie Ahern, mulai menjabat pada tanggal 26 Juni 1997 sampai 7 Mei 2008, dengan partai yang menaungi yaitu Fianna Fail.
  18. Brian Cowen, mulai menjabat pada tanggal 7 Mei 2008 sampai 9 Maret 2011, dengan partai yang menaungi yaitu Fianna Fail.
  19. Enda Kenny, mulai menjabat pada tanggal 9 Maret 2011 sampai sekarang, dengan partai yang menaungi yaitu Fine Gael.

Penjelasan di atas menunjukkan tentang daftar nama perdana menteri di negara Irlandia. Berbeda dengan kepala negara yang pernah di jabat oleh perempuan. Perdana menteri negara Irlandia belum pernah diduduki oleh seorang perempuan.

Enda Kenny, laki – laki kelahiran 24 April 1951 ini merupakan mantan menteri pariwisata dan perdagangan di negara Irlandia. Jabatan tersebut pernah didudukinya pada periode 1994 – 1997. Ayah dari Enda Kenny merupakan mantan anggota parlemen yang terlama. Enda Kenny merupakan pemimpin partai Fine Gael.

Setelah mengetahui dan memahami tentang perdana menteri yang pernah menjabat di negara Irlandia. Selanjutnya, perjanjian atau hubungan diplomatik apa sajakah yang dilakukan antara negara Irlandia dengan Indonesia? Hal tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

Hubungan antara Negara Indonesia dan Negara Irlandia

Setiap negara pasti memiliki hubungan diplomatik dengan negara – negara lain yang ada di dunia. Tujuan dari hubungan diplomatik ini tentu saja untuk mempererat kerjasama yang terjalin di antara kedua negara yang bersangkutan. Tidak terkecuali yang terjadi antara negara Irlandia dan negara Indonesia. Hubungan diplomatik kedua negara tersebut, antara lain meliputi:

  1. Negara Irlandia telah membuka kedutaan besarnya di Jakarta.
  2. Investasi pada sektor yang strategis, antara lain pembangunan proyek infrastruktur bandara dan pelabuhan laut, kereta api, keuangan, migas, dan hilirisasi pertambangan dan perkebunan yang bertujuan untuk mendorong perkembangan produk yang bernilai tambah.
  3. Pelatihan gamelan untuk orang – orang Irlandia yang hadir ke Indonesia untuk mengikuti suatu acara tertentu.

Negara Irlandia ini, dibagi menjadi dua, yaitu republik Irlandia yang beribukota di Dublin, dan Irlandia Utara yang bergabung dengan Inggris. Sedangkan, hubungan diplomatik antara negara Indonesia dengan Negara Irlandia Utara, ditangani oleh KBRI London. Mengingat negara Irlandia pernah menjadi bagian dari Britania Raya. Maka hubungan ini ditangani oleh KBRI London. Adapun hubungan antara negara Indonesia dengan negara Irlandia tersebut meliputi

  1. Membentuk Indonesia –UK Partnership Forum sebagai hubungan bilateral yang lebih strategis dan menunju kerjasama yang modern. Keberhasilan kerjasama tersebut ditunjukkan dengan pertahanan yang kembali normal dan perkembangan perdagangan dan investasi yang melonjak.
  2. Kerjasama yang mendorong untuk melakukan dialog antar agama dan peradaban. Hal tersebut dilakukan dengan cara membentuk Islamic Advisory Group.

Kerjasama yang kuat ini mampu menghasilkan suatu sinergi dikedua negara untuk mengatasi masalah keamanan nasional, masalah ekonomi global, dan perlindungan untuk lingkungan hidup. Perlindungan lingkungan hidup ini, meliputi kerjasama dalam masalah kehutanan dan perubahan iklim. Bahkan, investasi Inggris di Indonesia, menjadi investasi yang terbesar nomor dua.

KBRI juga melakukan kegiatan business meeting, baik perseorangan maupun melibatkan berbagai perwakilan perbankan Indonesia di London. KBRI juga mulai mendekati berbagai lembaga pemeringkat di Inggris, baik secara perseorangan maupun bersama – sama dengan pejabat tingi.

Selanjutnya, Inggris merupakan mitra dagang yang penting bagi Indonesia. KBRI di London terus mengupayakan untuk melakukan terobosan dengan cara sea food trade corridor. Terobosan tersebut dimaksudkan agar banyak produk perikanan atau kelautan Indonesia masuk ke Inggris. KBRI juga mengadakan pameran dagang untuk produk – produk industri kreatif Indonesia di pasar Inggris.

Setelah mempelajari tentang bentuk hubungan bilateral antara Indonesia dengan Republik Irlandia dan antara Indonesia dengan Irlandia Utara, di mana hubungan diplomatiknya di atur oleh KBRI London. Selanjutnya, akan dijelaskan tentang beberapa perjanjian yang pernah ditandatangi oleh pemerintah Indonesia dengan negara Irlandia Utara, yaitu sebagai berikut.

Perjanjian antara Negara Indonesia dengan Negara Irlandia Utara

Berikut  ini merupakan daftar perjanjian yang pernah di tanda tangani oleh pemerintah Indonesia dengan Negara Irlandia, yang dapat dijelaskan sebagai berikut.

1# Nomor perjanjian 2089

  1. Judul perjanjian: Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Kerjaan Inggris Raya dan Irlandia Utara mengenai Kerja sama di Bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan.
  2. Tempat dan tanggal penandatanganan: London, 13 Juni 2002
  3. Status pengesahan: Tidak diperlukan
  4. Status pemberlakuan:

Mulai berlaku: 13 Juni 2002

Masa berlaku: Tidak tercantum dalam naskah

Cara pengakhiran: Dengan cara pemberitahuan tertulis 6 bulan sebelum masa berlaku berakhir

2# Nomor perjanjian 2090

  1. Judul perjanjian: memorandum saling pengertian antara pemerintah republik indonesia dan pemerintah kerjaan inggris raya dan irlandia utara mengenai konversi utang.
  2. Tempat dan tanggal penandatanganan: London, 13 Juni 2002
  3. Status pengesahan: Tidak diperlukan
  4. Status pemberlakukan:

Mulai berlaku: 13 Juni 2002

Masa berlaku: Tidak tercantum dalam naskah

Cara pengakhiran: Dengan cara pemberitahuan tertulis kapan saja sesuai dengan kesepakatan para pihak.

3# Nomor perjanjian 2091

  1. Judul perjanjian: pertukaran nota antara pemerintah republik indonesia dan pemerintah kerajaan inggris raya dan irlandia utara mengenai persetujuan hubungan udara antara dan melalui wilayah berdaulat masing – masing yang ditandatangani di jakarta pada tanggal 28 juni 1973.
  2. Tempat dan tanggal penandatanganan: London, 13 Juni 2002
  3. Status pengesahan: Tidak diperlukan
  4. Status pemberlakuan:

Mulai berlaku: 13 Juni 2002

Masa berlaku: Tidak tercantum dalam naskah

Catatan khusus: Naskah perjanjian yang ditandatangani di Jakarta pada tanggal 28 Juni 1973 tidak ada di Treaty Room.

4# Nomor perjanjian 2092

  1. Judul perjanjian: memorandum saling pengertian antara pemerintah republik indonesia dan perintah kerajaan inggris raya dan irlandia utara mengenai perekrutan dan pemanfaatn tenaga – tenaga kesehatan.
  2. Tempat dan tanggal penandatanganan: London, 13 Juni 2002.
  3. Status pengesahan: Tidak diperlukan
  4. Status pemberlakuan:

Mulai berlaku: 13 Juni 2002

Masa berlaku: Sampai Januari 2004.

Perjanjian – perjanjian tersebut pernah dilakukan antara Republik Indonesia dengan negara Irlandia Utara. Hal tersebut dijadikan pembahasan dalam artikel ini sebab negara Irlandia telah dibagi menjadi dua negara. Di mana salah satu negara Irlandia tersebut masih menjadi bagian Britani Raya. Negara yang dimaksud yaitu negara Irlandia Utara.

Sedangkan, negara Irlandia yang telah memisahkan diri dari negara Inggris, dinamakan Republik Irlandia. Negara ini juga memiliki hubungan kerjasama dengan pemerintahan Republik Indonesia.

Demikian penjabaran tentang negara Irlandia. Negara yang beribukota di Dublin, yang mimiliki 26 daerah dengan 4 provinsi ini merupakan negara yang terkaya nomor dua di benua Eropa. Meskipun sebelumnya sempat mengalami krisis ekonomi yang buruk, setelah Yunani. Namun, berkat bantuan IMF dan Uni Eropa, negara Irlandia mampu bangkit dan memajukan bangsanya kembali.

Negara yang telah memisahkan diri dari Britani Raya ini, dipimpin oleh seorang kepala negara dan perdana menteri. Perdana menteri di negara Irlandia dinamakan dengan Teoiseach. Sama halnya, dengan negara – negara yang ada di dunia. Negara Republik Irlandia juga telah melakukan kerjasama dengan negara Indonesia dari berbagai aspek, baik dagang, pertahanan, maupun investasi. Kerja sama ini dimaksudkan untuk mempererat hubungan di antara kedua negara tersebut dikancah internasional.

Semoga artikel ini, dapat membantumu dalam memahami negara Irlandia. Selamat belajar.

Referensi:

  1. Dianawati, A. 2006. RPUL Dunia. Jakarta: PT Wahyu Media.
  2. Noviani, M. 2014. Kebijakan Irlandia dalam Mengatasi Krisis Finansial. eJournal Ilmu Hubungan Internasional, (2),(1): 137-148.
  3. Prihartono, A, C. 2013. Investigasi Misteri. Jakarta: Bukune.
  4. Listyarti, R dan Setiadi. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMK dan MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.
  5. Sutrisno, H. 2014. Fun Vocabulary for Daily Conversation Special for Beginners. Yogyakarta: Indonesia Tera.
  6. Veda, T. Tanpa Tahun. In Transit:Mengikuti Kata Hati Bertualang ke 4 Benua. Jakarta: PT Gramedia.
  7. Rizali, A., dkk. 2009.Dari Guru Konvensional menuju Guru Profesional. Jakarta: Grasindo.
  8. Kemenlu. Tanpa Tahun.Diplomasi Indonesia 2010. Jakarta: Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.
www.re-tawon.com/2015/03/makna-bendera-negara-negara-eropa-barat.html
brainly.co.id/tugas/905439
ftp.unpad.ac.id/koran/mediaindonesia/2010-08-10/mediaindonesia_2010-08-10_028.pdf
mario-galinovic.gd.web.id/ind/1457-1340/Republik-Irlandia_15043_stieni_mario-galinovic-gd.html
id.scribd.com/doc/36712681/KAJIAN-REPUBLIK-IRLANDIA
www.president.ie/en/the-president/michael-d-higgins
www.wikiwand.com/id/Taoiseach
www.wikiwand.com/id/Presiden_Republik_Irlandia
www.wikiwand.com/id/Enda_Kenny
www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/09/08/nbjr6w-kbri-london-rayakan-30-tahun-hubungan-riirlandia
treaty.kemlu.go.id/index.php/treaty/index?fullPage=1&Treaty_page=105

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *