Yuk Belajar tentang Negara Denmark

Hai sobat, apa kabar? Aku punya artikel menarik nih. Artikel ini akan memberikan kamu info tentang salah satu negara yang ada di jagad raya ini. Negaranya yaitu negara Denmark.

Denmark merupakan negara yang terletak di sebelah barat daya dari negara Swedia ini dan terletak di sebelah selatan dari negera Norwegia. Denmark ini merupakan negara yang paling kecil dan paling selatan, memiliki satu pemerintahan pusat dan 98 pemerintahan daerah.

Negara Denmark yang telah bergabung dan menjadi salah satu anggota Uni Eropa semenjak tahun 1973 ini mendapat julukan paling nyaman di dunia ini, karena kemajuan dalam pendidikan.

Selain itu, negara Denmark telah dinobatkan sebagai negara yang paling bahagia di dunia. Pernyataan tersebut  berdasarkan pada studi yang dilakukan oleh PBB atau Perserikatan Bangsa – Bangsa.

Dikatakan paling bahagia sebab tersedianya sarana dan prasarana yang efektif dan efisien yang dapat digunakan oleh masyarakat di sana. Hal tersebut menjadikan masyarakat di Denmark sangat sehat.

Selain itu, tingkat kebahagiaan penduduk mengacu pada faktor pendapatan per kapita yang dimiliki oleh penduduk Denmark, kesejahteraan hidupnya, angka pengangguran, tingkat kesehatan, pendidikan, dan tingkat stres penduduk. Meskipun demikian, terdapat dua negara yang paling tidak bahagia di dunia. Negara yang dimaksud yaitu Suriah dan Burundi.

Lebih lanjut, selain dua julukan tadi, Denmark juga dikatakan sebagai negara yang paling makmur dan paling aman di dunia. Hal tersebut di sebabkan masyarakat yang tinggal di negara Denmark merupakan masyarakat jujur. Kejujuran inilah yang menjadi pondasi dasar bagi masyarakat Denmark, untuk melahirkan generasi yang penuh manfaat.

Masyarakat Denmark meyakini bahwa pembentukan dan pengembangan kejujuran beserta dengan etika dalam moral, akan dapat memakmurkan suatu bangsa. Mengapa demikian?

Sebab mereka tidak akan memiliki mental untuk menjadi seorang koruptor. Mereka tidak menganggap nilai – nilai akademik menjadi dasar untuk membentuk suatu bangsa yang makmur dan menjadikan anak yang pintar. Mereka lebih memilih mengutamakan kejujuran untuk membentuk kepintaran anak.

Maka tidak mengherankan di negara Denmark ini, tidak dapat dijumpai seorang pejabat yang melakukan tindakan korupsi. Mental seperti inilah yang patut dicontoh oleh suatu bangsa.

Mengandalkan kejujuran untuk membangun dan memakmurkan suatu bangsa. Hal menarik bukan, dari Negara Denmark, meskipun kecil negaranya, namun besar kejujuran yang dijunjung oleh masyarakat di sana. Lalu, apa sajakah keunikan lain yang dimiliki oleh nehara Denmark. Tentu, menjadikan kita penasaran tentang bagaimana kehidupan di negara ini.

Oleh karena itu, pada artikel ini aku akan memberikan pembahasan tentang bentuk negara Denmark, bendera negara Denmark dan maknanya, lambang negara Denmark, bahkan kita juga akan membahas tentang perekonomian dan sistem pendidikan yang terdapat di negara ini, hingga pariwisata yang disediakan di negara Denmark.Sudah penasaran bukan? Baiklah, selamat belajar sobat portal ilmu, semoga artikel ini dapat membantumu untuk mengetahui seluk beluk dari negara Denmark.

Bentuk Negara Denmark

Peta Denmark

Bendera Negara Denmark

Motif bendera ini telah digunakan sebagai bendera negara Denmark semenjak masa pemerintahan Raja Valdemar III. Tepatnya pada abad ke-13 atau sekitar 15 Juni 1219. Berdasarkan cerita yang berkembang, pasukan Denmark yang terlibat peperangan, merupakan pasukan yang menganut agaman kristen.

Mereka bertempur melawan pasukan pagan di Estonia, tepatnya pada tahun 1219. Pada saat pertempuran ini, tiba – tiba terdapat sebuah bendera yang bermotif salib putih jatuh dari langit.

Peristiwa tersebut dianggap oleh pasukan Denmark sebagai sebuah pertanda, bahwa Tuhan mendukung perjuangan mereka. Sampai akhirnya, mereka semangat untuk melakukan perlawan dan berhasil memenangkan suatu pertempuran.

Bendera Dannebrog merupakan bendera tertua dan merupakan lambang negara Denmark. Bendera dari Denmark ini menginspirasi Scandinavia lainnya untuk menggunakan bendera.

Bahkan negara Austria juga mengklaim bahwa bendera milik negara mereka merupakan bendera tertua. Pada hal, bendera tersebut kemungkinan baru muncul pada tahun 1230.

Latar belakang yang berwarna merah pada bendera negara melambangkan tentang pertempuran.

Warna putih yang terdapat dalam bendera melambangkan tentang misi suci dalam suatu pertempuran yang bertujuan untuk menyebarkan agama kristen.

Gambar salib dalam bendera negara melambangkan tentang agama kristen. Agama kristen ini merupakan agama yang paling dominan di anut oleh penduduk Denmark.

Lambang Negara Denmark

Nama Internasional : Kingdom of Denmark
Nama Asli Negara Kongeriget Danmark
Ibu Kota Negara Denmark : Kopenhagen
Bentuk Negara Denmark : Federal
Motto Negara Denmark : Guds hjaelp, folkets kaerlighed, Danmark styrke atau Pertolongan Tuhan, Kasih Rakyat, Kekuatan Denmark.
Lagu Kebangsaan Negara Denmark : Der er et yndigt land atau kebangsaan
Lagu Kerajaan Negara Denmark : Kong Christian Stod ved hᴓjen mast atau kerjaan dan kebangsaan
Bahasa Negara Denmark : Bahasa Denmark atau Sansk
Mata Uang Negara Denmark : Danish Krone
Zona Waktu Negara Denmark : UTC + 1
Pemerintahan Lokal Negara Denmark : 14 Daerah dan Sebuah Kodya
Suku Bangsa Negara Denmark : Skandinavia
Tanggal Bersejarah Negara Denmark : 16 April 1940
Kemerdekaan Negara Denmark : sebelum abad ke-8 Masehi
Ideologi Negara Denmark : Konservatif. Berasal dari bahasa latin, yaitu conservare, yang berarti menjaga atau memelihara atau melestarikan. Merupakan suatu ideologi mengenai suatu filsafat politik yang sangat mendukung nilai – nilai tradisional. Ideologi konservatif ini diciptakan oleh Edmund Burke pada tahun 1729 sampai 1797. Ciri – ciri yang dimiliki dari ideologi konservatif ini, yaitu sebagai berikut.
1# Agama merupakan kekuatan yang utama.
2# Ideologi ini sangat menentang radikalisme dan skeptisme.
3# Lembaga – lembaga yang telah mapan, antara lain gereja dan negara, dinilai suci.
4# Lebih mementingkan pada lembaga – lembaga kerajaan dan gereja.

Bentuk Pemerintahan Negara Denmark → Monarki konstitusional.

Negara Denmark ini merupakan negara dengan bentuk pemerintahan monarki yang tertua di benua Eropa. Baru pada tahun 1849, negara Denmark ini berubah menjadi monarki kontitusional.

Monarki ini berasal dari kata “monarch”, artinya raja. Sistem monarki ini menjadi raja atau ratu menjadi pemegang kekuasaan yang tertinggi atau dominan di negara atau kerajaan. Monarki ini secara formalitas merupakan pemimpin dari sebuah negara.

Orang – orang yang mendukung sistem monarki ini biasanya menyatakan bahwa kekuasaan yang dipegang oleh satu tangan dinilai lebih efektif. Bahkan, cara tersebut mampu menciptakan suatu stabilitas atau konsensus dalam membuat suatu kebijakan.

Negara – negara lain yang menerapkan jenis kekuasaan monarki ini, antara lain Inggris, Swedia, Denmark, Belanda, Norwegia, Belgia, Luxemburg, Jepang, Muangthai, dan Spanyol.

Terutama bagi negara Denmark, bentuk pemerintahan monarki ini mampu menjadi simbol untuk menyatukan berbagai kelompok yang ada di tengah – tengah masyarakat Denmark.

Bahkan, mereka yang menduduki jabatan atau seorang penguasa harus berbagi kekuasaan dengan parlemen. Undang – undang Dasar yang mengatur tentang pembagian kekuasaan ini.

Karena dalam bentuk monarki ini, kepala negara hanya simbolik, maka parlemen memiliki kekuasaan untuk menentukan jalannya pemerintahan, dengan perdana menteri yang berperan sebagai kepala pemerintahan.

Pemilihan umum untuk parlemen di negara Denmark diadakan setiap empat tahun sekali. Lebih lanjut, pemilihan dapat dilakukan lebih awal, jika perlemen melakukan mosi tentang tidak percaya pada perdana menteri, sehingga harus menyebabkan seorang perdana menteri harus berhenti.

Hak pilih di negara Denmark bersifat universal untuk semua masalah, di mana wanita memiliki kekuatan hukum yang sama dengan laki – laki. Namun, laki – laki di Denmark, diwajibkan untuk mengikuti wajib militer, sedangkan wanita dapat melakukan dengan sukarela.

Hukuman  mati yang diterapkan di negara Denmark telah dihapus sejak tahun 1930. Namun, sempa berlaku kembali dalam waktu yang singkat, pada saat perang dunia ke dua.

Pada saat itu, sebanyak 46 orang dihukum mati atas kejahatan perang. Kemudian, setelah itu, hukuman mati tidak diberlakukan kembali selama beberapa tahun. Sehingga pada tahun 1978, hukuman mati ini dihapuskan kembali.

Bentuk Negara Denmark → Kesatuan.

Denmark ini terdiri dari lima wilayah, yaitu Hovedstaden, Midtjylland, Mordjylland, Sjaelland, dan Syddanmark.

Sistem Pemerintahan Negara Denmark → Parlementer.

Dalam sistem pemerintahan parlementer, kepala negara tidak dipilih secara langsung oleh warganegara. Warga negara hanya memilih anggota – anggota dewan perwakilan rakyat.

Anggota dewan tersebut, diorganisasikan ke dalam satu atau beberapa partai politik. Dalam sistem ini, menunjukkan tentang hubungan lembaga yang erat antara eksekutif dan legislatif.

Kepala Pemerintahan Negara Denmark → Perdana Menteri.

Perdana menteri ini juga berperan sebagai pemimpin partai. Partai yang menang dan masuk ke dalam kabinet berubah menjadi pemerintah. Namun, yang tetap berada di parlemen, menjadi oposisi. Kemudian, anggota parlemen yang menjadi bagian oposisi membentuk semacam kabinet bayangan.

Penguasa Negara Denmark  Kepala negara.

Namun peran kepala negara hanya bersifat seremonial. Prinsip primus inter pares mulai diberlakukan di Negara Denmark semenjak kekuasaan eksekutif, yang dilaksanakan oleh raja maupun rata, dilakukan melalui kabinet menteri Primus inter pares atau the first among equals, yang berarti menempatkan perdana menteri sebagai orang yang pertama di antara orang – orang yang setingkat.

Kekuasaan Legistatif Negara Denmark → Monarki dan parlemen Denmark atau yang dikenal folketing.

Folketing ini terdiri dari 179 anggota, termasuk 2 anggota yang dipilih dari Faore Island dan 2 anggota dari Greenland. Pemilihan anggota Folketing dilakukan dengan cara sistem representasi proporsional yang complicated. Artinya, setiap partai politik, paling sedikit harus mendapatkan 2 % dari jumlah pemilih secara nasional.

Pada pemilihan umum yang dilakukan pada tahun 2005, di negara Denmark terdapat 7 partai yang mengikuti pemilihan umum. Total suara 52 % diperoleh oleh partai yang terbesar dan pada saat itu peserta pemilihan umum berjumlah sekitar 85 %.

Kekuasaan Yudisial Negara Denmark → Pengadilan.

Pengadilan negara Denmark secara fungsinya dan secara administrasi bersifat independen terhadap pengaruh eksekutif dan legislatif.

Sejarah Negara Denmark

Bangsa Celts merupakan bangsa yang pernah menghuni Denmark, sebelum hadirknya bangsa Skandinavia. Bukti dari keberadaan bangsa Celts ini yaitu ditemukannya alat ritual yang digunakan untuk membunuh dan makam.

Sedangkan bangsa lain yang hidup dan tinggal di negara Denmark yaitu bangsa Denevirke. Bangsa ini merupakan bangsa tertua yang hidup pada saat abad ke-7. Kemudian, pada saat yang sama, mulai muncul tentang alfabet Runic. Kota tertua di negara Denmark yaitu kota Ribe, yang sudah ada di Denmark, sejak tahun 810.

Lebih lanjut bangsa Denmark atau yang dikenal dengan Danes mulai dikenal sebagai Vikings, bersama dengan Norwegians dan Swedes untuk mengoloni, melakukan penyerangan, dan kegiatan berdagang di seluruh wilayah Eropa, sampai dengan abad ke -11.

Bahkan Vikings ini dipercaya telah melakukan pengembaraan sampai ke Amerika. Hal tersebut berdasarkan pada pendapat para arkeolog dan sejarawan. Bangsa Vikings ini melakukan suatu perjalanan mulai dari Skandinavia menuju ke Iceland. Kemudian, perjalanan tersebut dilanjutkan ke Greenland dan sampai pada akhirnya menuju ke Amerika.

Negara – negara yang berhasil di kuasai oleh kerajaan Denmark, antara lain:

  1. Inggris dan Irlandia
  2. Norwegia
  3. Swedia
  4. Finlandia
  5. Iceland
  6. Perancis terutama di Normandia
  7. Sebagian dari pulau Virgin
  8. Tranquebar yang terletak di India
  9. Sebagian pantai Baltik
  10. Pantai utara Jerman
  11. Scania
  12. Blekinge dan Halland.

Denmark pernah bersatu dengan Norwegia. Namun, persatuan tersebut berakhir, ketika Norwegia masuk ke dalam persatuan baru dengan negara Swedia. Hal tersebut terjadi pada tahun 1814.

Pergerakan nasional dan pergerakan liberal di negara Denmark mendapatkan momentum pada tahun 1830. Kemudian, negara Denmark menjadi sebuah negara dengan bentuk pemerintah monarki konstitusional pada tangal 5 Juni 1849, atau setelah terjadinya revolusi Eropa pada tahun 1848.

Kemudian pada tahun 1864, negara Denmark diminta untuk menyerahkan Schleswig – Holstein pada Prussia, secara paksa. Hal tersebut terjadi setelah perang Schleswig II. Penyerahan diri secara paksa ini disebabkan kekalahan yang memberikan bekas yang sangat mendalam bagi identitas nasional negara Denmark.

Setelah kejadian penyerahan paksa ini, negara Denmark mulai menganut kebijakan yang netral. Pada saat terjadi perang dunia 1, negara Denmark mulai bersikap netral. Sebenarnya, Denmark pernah ditawarkan untuk mendapatkan kembali Schleswig – holstein, ketika Jerman mengalami kekalahan perang dalam Versilles powers, namun Denmark menolak. Penolakan tersebut didasari kekhawatiran Denmark atas tuntutan dari Jerman.

Meskipun, menolak Holstein, dalam suatu referendum, Denmark menuntut agar Schelswig dikembalikan ke negara Denmark. Kemudian tepat pada tahun 1920, Northern Schelswig berhasil di kembalikan ke Denmark. Hal tersebut berdasarkan hasil Plebisit.

Seperti yang telah diungkapkan pada paragraf sebelumnya, bahwa Denmark bersikap netral. Namun sikap netral Denmark ini tetap membuat negara Denmark di invasi oleh negara Jerman.

Invasi tersebut dinamakan dengan operation Weserubung, yang terjadi pada tanggal 9 April 1940. Bahkan, pada saat itu negara Denmark telah disetujui untuk menjalankan pemerintahan sendiri. Namun, sayangnya negara Jerman terus menguasai negara Denmark secara militer, sampai terjadi perang dunia II.

Sesudah terjadinya perang dunia ke II. Negara Denmark justru menjadi salah satu negara yang memelopori NATO. NATO kepanjangan dari North Atlantic Treaty Organization.

Kemudian, pada tahun 1973, negara Denmark bergabung dengan komunitas ekonomi atau economic community. Setelah bergabung dengan komunitas ekonomi ini, selanjutnya negara Denmark berubah menjadi Uni Eropa.

Melihat sejarah negara yang dimiliki oleh Denmark, yang pernah dikuasai oleh Jerman. Selanjutnya, bagaimanakah luas wilayah dan letak negara Denmark?

Luas Wilayah dan Letak Negara Denmark

Negara Denmark merupakan salah satu negara yang ada di dunia, dengan luas wilayah 43.092 km2. Negara Denmark ini merupakan negara yang letaknya paling selatan di antara negara – negara Skandinavia.

Meskipun terletak di Skandinavia, termasuk ke dalam Uni Eropa, namun negara Denmark tidak terletak di semenanjung Skandinavia. Negara Denmark berbatasan dengan Laut Baltik dan Laut Utara. Negara ini juga memiliki semenanjung yang bersambung dengan Jerman dan pulau – pulau kecil yang lain.

Demikian penjelasan tentang luas wilayah dan letak wilayah negara Denmark. Pembahasan selanjutnya, akan menjelaskan tentang penduduk yang mendiami wilayah Denmark.

Penduduk Negara Denmark

Negara Denmark memiliki jumlah penduduk 1.185.654 jiwa. Penduduk yang tinggal di perkotaan, sekitar 87,2 %. Angka harapan hidup untuk penduduk di negara Denmark yaitu 78,2 tahun.

Sedangkan, populasi untuk penduduk yang berusia, kurang dari 15 tahun, sebesar 18%. Penduduk asli negara ini merupakan etnis Denmark atau Danes yang jumlahnya sekitar 90, 1 % dari jumlah keseluruhan penduduk Denmark. Sedangkan 9,9 % merupakan imigran yang datang ke negara Denmark dan keturunannya.

Tingkat melek huruf yang dimiliki oleh penduduk negara Denmark yaitu 99%. Sedangkan, bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk Denmark yaitu bahasa Denmark.

Meskipun, di negara ini terdapat 13 bahasa yang berkembang, namun hanya ada 7 bahasa asli. Negara Denmark dapat dikatakan sebagai negara yang homogen. Peraturan yang dibuat di masyarakat berdasarkan pada konsensus. Hal tersebut menjadikan negara Denmark menjadi negara yang stabil dan mampu terorganisasi dengan baik.

Dengan kondisi penduduk yang demikian, bagaimanakah kegiatan eknomi yang dilakukan oleh sebagian besar penduduk Denmark? Hal tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

Kegiatan Perekonomian Negara Denmark

Kegiatan ekonomi yang paling kuat dari penduduk negara Denmark yaitu pada sektor jasa, inovasi pada lingkungan, pertanian atau perikanan, dan industri ringan. Pajak yang tinggi ditunjukan pada sistem keamaan sosial.

Negara Denmark menduduki peringkat ke 16 dari 182 negara, di IPM. Utang negara Denmark yaitu 33,5 % dari PDB. Sedangkan pendapatan perkapita yang dimiliki oleh penduduk Denmark yaitu $62.097 (131 % dari Amerika Serikat).

Melihat kondisi yang telah dijelaskan di atas menunjukkan bahwa negara Denmark merupakan negara yang maju, yang dibuktikan dengan tingginya pendapat per kapita dari penduduknya. Kemudian, bagaimanakah sistem politik yang berkembang di negara Denmark?

Kondisi Politik Negara Denmark

Negara Denmark menganut sistem politik, monarki konstitusional. Sedangkan, sistem pemerintahannya yaitu demokrasi parlementer yang stabil. Negara Denmark termasuk ke dalam golongan negara Uni Eropa yang cerdik dan sangat berhati – hati. Selain itu, negara ini juga sering menekankan independensinya.

Kehidupan politik dari negara Denmark ini dapat dikatakan teratur dan demokratis. Perubahan yangterjadi pada politik Denmark, berjalan secara bertahap. Perubahan tersebut dilakukan melalui proses konsensus. Selain konsensus, juga melalui metode dan perilaku politik yang secara umum bersifat moderat.

Sosial demokrat merupakan partai yang dominan dalam suatu kabinet koalisi yang ada sepanjang periode setelah terjadinya perang. Dalam sejarahnya, sosial demokrat dikenal sebagai suatu gerakan yang terdiri dari pekerja kelas menengah yang well – organized . Sosial demokrat juga memiliki kekuatan secara pribadi dalam kabinet minoritas atau minoritycabinets.

Seorang perdana menteri bernama Anders Fogh Rasmussen pernah memimpin koalisi liberal konservatif. Koalisi liberal konservatif ini pernah memimpin negara Denmark, pada rentang tahun 1982 – 1993 dan semenjak pemilihan umum 2001.

Kondisi tersebut membuktikan bahwa dalam suatu koalisi minoritas telah terjadi kegagalan untuk mencapai konsensus terhadap masalah – masalah reformasi pasar tenaga kerja, welfare system, dan perpajakan.

Keunggulan utama dalam politik di negara Denmark yaitu konsensus pengambilan keputusan. Hal tersebut dapat menyebabkan partai kecil yangterdapat di negara Denmark mampu memainkan peran yang lebih besar. Dikatakan lebih besar karena berdasarkan ukuran dari kekuatan partai.

Adapun beberapa partai politik yang direpresentasikan di dalam folketing pada saat pemilihan umum tahun 2005, yaitu sebagai berikut.

partai politik pemilihan umum tahun 2005

Setelah mengetahui tentang keadaan politik di negara Denmark. Pembahasan selanjutnya akan menjelaskan tentang kondisi religi dari negara Denmark.

Kondisi Religi Negara Denmark

Di negara Denmark sangat menjunjung tinggi tentang kebebasan dalam beragaman. Walaupun, di negara ini terdapat gereja yang diakui secara nasional, yaitu gereja Lutheran.

Gereja ini memperoleh dana dari pajak gereja (yaitu pajak yang dipungut oleh gereja dari para anggota jemaatnya). Pajak gereja ini diadakan oleh negara. Adapun penjabaran dari agama yang dianut oleh penduduk di negara Denmark, yaitu sebagai berikut.

agama yang dianut oleh penduduk di negara Denmark
agama di denmark
gereja di denmark

Dengan banyaknya gereja yang terdapat di negara Denmark beserta pengikutnya. Selanjutnya, terdapat berapa misionaris yang ada di negara Denmark? Berikut penjelasannya.

Misionaris dari Negara Denmark

Di mega – blok P, I, A terdapat 511 misionaris internasional dengan 204 misionaris jangka panjang. Misionaris ini berasal dari 40 lembaga, bahkan di negara Denmark ini juga terdapat 7.033 sukarelawan.

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa agama kristen menjadi mayoritas dari penduduk negara Denmark. Bahkan banyak gereja yang dibangun di negara ini dan terdapat kegiatan misionaris. Untuk melancarkan kegiatan misionaris, tentu saja membutuhkan sarana salah satunya transportasi. Lalu bagaimana sistem transportasi di negara Denmark?

Transportasi Negara Denmark

Transportasi sepeda di Denmark memiliki peranan yang sangt besar untuk memajukan negara Denmark. Sepeda merupakan alat transportasi umum yang digunakan oleh seluruh penduduk Denmark. Bahkan, dibandingkan mobil, transportasi sepeda, dapat dikatakan mendominasi alat transportasi yang ada di negara Denmark.

Untuk mendukung kegiatan menggunakan sepeda ini, pemerintah Copenhagen memberikan fasilitas yang sangat baik dan mendukung untuk pengendara sepeda. Bahkan, hak – hak para pengendara sepeda di jalan, sangat dijunjung tinggi pemerintahan Copenhagen.

Karena banyak yang menggunakan sepeda di Copenhagen, maka tempat ini dinobatkan sebagai kota yang paling ramah sepeda di dunia. Bahkan, kebiasaan untuk menggunakan sepeda ini, mampu menurunkan polusi udara yang ada dan menjaga kualitas dari udara.

Kebiasaan bersepeda merupakan ciri khas penduduk Denmark. Maka tidak mengherankan jika kualitas udara di Denmark sangat terjaga. Dengan kondisi yang demikian, bagaimanakah iklim yang berkembang di negara Denmark?

Iklim di Negara Denmark

Negara Denmark berada di belahan bumi bagian utara, sehingga menyebabkan panjangnya siang dan malam dapat bervariasi. Pada saat musim dingin, matahari baru terbit di Denmark pada pukul 09.00. Sedangkan, matahari terbenam pada saat musim dingin, terjadi pada pukul 16.00.

Selanjutnya, pada saat mengalami musim panas, matahari yang terbit di negara Denmark, terjadi pada pukul 12.15. Kemudian, matahari tenggelam pada saat musim panas di negara Denmark, terjadi pada pukul 22.00.

Perubahan suhu rata – rata dari 00 C terjadi pada bulan Januari sampai 160 C pada bulan Agustus. Angin yang bertiap di negara Denmark memiliki kecepatan rata – rata 7,6 m/ detik.

Setelah mempelajari tentang berbagai iklim yang  berhembus di negara Denmark. Selanjutnya, apa sajakah festival dan tradisi – tradisi  yang terdapat di negara Denmark? Berikut penjelasannya.

Festival dan Tradisi Negara Denmark

Negara Denmark memiliki beberapa tradisi dan festival yang selalu diperingati oleh penduduk Denmark. Festival dan tradisi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Hari Valentine yang diperingati setiap 14 Februari. Pada tahun 1990, Danes mulai memperingati hari Valentine, sebagai hari penuh cinta. Hal tersebut terinspirasi dari budaya Amerika. Khususnya, bagi pemuda dan orang – orang yang sedang jatuh cinta dapat menggunakan hari valentine untuk menunjukkan rasa cintanya satu sama lain. Menunjukkan perasaan cinta tersebut dapat dilakukan dengan cara mengirimkan hati yang terbuat dari bunga, coklat, pasta atau kue. Keempat hal tersebut merupakan beberapa pilihan yang dapat digunakan dalam hari valentine.
  2. Shrovetide yang diperingati setiap bulan Februari atau Maret. Merupakan hari untuk anak – anak, di mana anak – anak diminta untuk berdandan, kemudian anak – anak ini membawa sebuah kaleng untuk di bawa keliling dari rumah ke rumah. Anak – anak akan menekan bel dari rumah seseorang, kemudian mereka akan bernyayi untuk pemilik rumah yang bersedia membukakan pintu, dan mereka akan mendapatkan uang, permen, atau hadiah kecil yang lain.
  3. Paskah pada bulan Maret atau April. Pada hari ini rumah – rumah dan toko – toko yang dihiasi untuk hari paskah, dengan hiasan berwarna hijau dan kuning. Simbol utama yang digunakan untuk perayaan paskah yaitu telur.
  4. April mop, yang diperingati setiap 1 April. Pada tanggal ini banyak orang – orang yang menceritakan suatu cerita fiktif untuk menggoda satu sama lain.
  5. Hari Doa Besar, yang diperingati setiap April atau Mei. Yang jatuh pada hari minggu keempat hari jumat.
  6. Hari Ibu, yang diperingati pada bulan Mei. Yang dirayakan pada hari minggu kedua bulan Mei. Pada hari ibu, seorang ibu akan memperoleh hal – hal yang menyenangkan, antara lain seikat bunga. Kebiasaan ini berasal dari Amerika Serikat.
  7. Hari buruh yang diperingati setiap 1 Mei. Pada hari buruh ini, akan diadakan festival, pidato politik, dan hiburan.
  8. Pembebasan Denmark, yang diperingati pada tanggal 5 Mei. Pada tanggal 5 Mei 1945, negara Denmark bebas dari kekuasaan Jerman yang telah menduduki Denmark, sejak tanggal 9 April 1940. Pembebasan tersebut diumumkan pukul 8.30, dalam siaran BBC pada tanggal 4 Mei 1945. Penduduk Denmark pada tanggal 5 Mei, menyalakan lilin di jendela rumah mereka.
  9. Pentakosta, yang diperingati bulai mei atau Juni. Pentakosta merupakan perayaan festival di gereja untuk menandai munculnya Roh Kudus dan berdirinya suatu gereja.
  10. Hari konstitusi negara Denmark yang diperingati setiap 5 Juni.
  11. Hari Valdemar yang diperingati setiap 15 Juni. Pada hari ini, konon menurut cerita yang berkembang, bendera Denmark, yaitu Dannebrog jatuh dari langit di Estonia. Pada saat itu, Raja Valdemar II Victorious sedangkan Perang Salib. Perang itu terjadi pada tahun 1219.
  12. John’s Eve, yang diperingati setiap 23 Juni. Pada hari ini penduduk Denmark bertemu dengan teman – temannya untuk kemudian mengadakan makan malam bersama, dan dilanjutkan dengan pergi ke tempat api unggun lokal.
  13. All Saint’s Day yang diperingati setiap bulan November, tepatnya pada hari minggu pertama. Pada hari perayaan tersebut, anak – anak akan mengenakan pakaian seperti hantu, kemudian mengunjungi rumah ke rumah, mereka akan menekan bel, untuk mendapatkan permen atau kue. Namun, jika anak – anak tidak diberikan itu, maka mereka akan menjahili pemilik rumah.
  14. Martinmas Eve, yang diperingati setiap 10 November. Pada perayaan Martinmas eve ini, banyak penduduk Denmark yang membuat bebek panggang atau angsa panggang pada malam hari.
  15. Perayaan natal yang dapat dilakukan selama bulan Desember. Di jalannan akan dipenuhi dengan hiasan dan karangan bunga, cemara, dan lampu untuk merayakan natal.

Penjelasan di atas menunjukkan tentang festival yang terdapat di negara Denmark dan acara –acara resmi negara. Kemudian, siapa sajakah menteri yang pernah menjabat di negara Denmark? Di bawah ini akan dijelaskan tentang menteri yang pernah menjabat di negara Denmark.

Daftar Menteri Negara Denmark

Berikut ini akan dijabarkan tentang daftar nama perdana menteri yang pernah dan sedang menjabat di negara Denmark. Penjabaran ini, juga akan dijelaskan tentang masa jabatan dan partai yang menaungi.

Lebih lanjut, penjabaran tentang perdana menteri yang menjabat, mulai dari tahun 1918 sampai sekarang, di bawah pimpinan Christian X, Frederik IX, dan Margrethe II, yang dapat dijelaskan sebagai berikut.

Menteri negara di bawah pimpinan Chistian X, tahun 1912 – 1947.

  1. Carl Theodor Zahle, mulai menjabat pada tanggal 21 April 1918 sampai 30 Maret 1920, dengan nama partai yaitu Partai Liberal Sosial Denmark.
  2. Otto Liebe, mulai menjabat pada tanggal 30 Maret 1920 sampai 5 April 1920, dengan partai yang menaungi tidak ada atau non – partai.
  3. Michael Pedersen Friis, mulai menjabat pada tanggal 5 April 1920 sampai 5 Mei 1920, yang berasal dari non – partai.
  4. Niels Neergaard, mulai menjabat pada tanggal 5 Mei 1920 sampai 9 Onktober 1922 dan 23 April 1924, dengan partai yang menaungi yaitu partai Venstre.
  5. Thorvald Stauning, mulai menjabat pada tangga; 23 April 1924 sampai 14 Desember 1926, dengan partai yang menaungi yaitu Sosial Demokrat.
  6. Thomas Madsen – Mygdal, mulai menjabat pada tanggal 14 Desember 1926 sampai 30 April 1929, dengan partai yang menaungi yaitu partai Venstre.
  7. Thorvald Stauning, mulai menjabat pada tanggal 15 September 1939 sampai 3 Mei 1942, dengan partai yang menaungi yaitu partai sosial demokrat.
  8. Vilhelm buhl, mulai menjabat pada tangga; 4 Mei 1942 sampai 9 November 1942, dengan partai yang menaungi yaitu partai sosial demokrat.
  9. Erik Scavenius, mulai menjabat pada tanggal 9 November 1942 sampai 29 Agustus 1943, yang berasal dari non-partai.
  10. Pada tanggal 29 Agustus 1943 sampai 5 Mei 1945, tidak ada pemerintah Denmark dan jabatan diasumsikan sekretaris tetap.
  11. Vilhelm Buhl, mulai menjabat pada tanggal 5 Mei 1945 sampai 7 November 1945, dengan partai yang menaungi sosial demokrat.
  12. Knud Kristensen, mulai menjabat pada tanggal 7 November 1945 sampai 13 November 1947, dengan partai yang menaungi partai Venstre.

Di bawah pimpinan Chistian X, sudah terdapat 12 kali pergantian menteri negara, mulai dari tahun 1912 sampai 1947. Selanjutnya, di bawah pimpinan Frederik IX, mulai tahun 1947 sampai 1972, menteri negaranya sebagai berikut.

  1. Hans Hedtoft, mulai menjabat 13 November 1947 sampai 30 Oktober 1950, dengan partai yang menaungi yaitu sosial demokrat.
  2. Erik Eriksen, mulai menjabat pada tanggal 20 Oktober 1950 sampai 30 September 1953, dengan partai yang menaungi yaitu Venstre.
  3. Hans Hedtoft, mulai menjabat pada tanggal 30 September 1953 sampai 29 Januari 1955, dengan partai yang menaungi sosial demokrat.
  4. Hans Christian Hensen, mulai menjabat pada tanggal 1 Februari 1955 sampai 19 Februari 1960, dengan partai yang menaungi yaitu sosial demokrat.
  5. Viggo Kampmann, mulai menjabat pada tanggal 21 Februari 1960 sampai 18 November 1960, dengan partai yang menaungi yaitu sosial demokrat.
  6. Jens Otto Krag, mulai menjabat 3 September 1962 sampai 2 Februari 1968, dengan partai yang menaungi yaitu sosial demokrat.
  7. Hilmar Baunsgaard, mulai menjabat pada tanggal 2 Februari 1968 sampai 11 Oktober 1971, dengan partai yang menaungi yaitu sosial liberal Denmark.
  8. Jens Otto Krag, mulai menjabat pada tangga; 11 Oktober 1971 sampai 5 Oktober 1972, dengan partai yang menaungi sosial demokrat.

Selama di bawah kepemimpinan Frederik IX, sudah terjadi 8 kali pergantian menteri negara, mulai tahun 1947 sampai 1972. Selanjutnya, di bawah kepemimpinan Margrethe II, tahun 1972 sampai sekarang, menteri negara yang menjabat yaitu, sebagai berikut.

  1. Anker Jᴓrgensen, mulai menjabat pada tanggal 5 Oktober 1972 sampai 19 Desember 1973, dengan partai yang menaungi yaitu sosial demokrat.
  2. Poul Hartling, mulai menjabat pada tanggal 17 Desember 1973 sampai 13 Februari 1975, dengan partai yang menaungi yaitu venstre.
  3. Anker Jᴓrgensen, mulai menjabat pada tanggal 13 Februari 1975 sampai 10 September 1982.
  4. Poul Schluter, mulai menjabat pada tanggal 10 September 1982 sampai 25 Januari 1993.
  5. Poul Nyrup Rasmussen, mulai menjabat pada tanggal 25 Januari 1993 sampai 27 November 2001.
  6. Anders Fogh Rasmussen, mulai menjabat pada tanggal 27 November 2001 sampai 5 April 2009.
  7. Lars Lᴓkke Rasmussen, mulai menjabat pada tanggal 5 April 2009 sampai 3 Oktober 2011, dengan partai yang menaungi yaitu Venstre.
  8. Helle Thorning –Schmidt, mulai menjabat pada tanggal 3 Oktober 2011 sampai sekarang, dengan partai yang menaungi yaitu sosial demokrat.

Penjelasan di atas menunjukkan terdapat delapan kali pergantian menteri negara, dibawah pimpinan Margrethe II. Partai yang mendominasi di pemilihan menteri negara dan berhasil memenangkannya yaitu sosial demokrat.

Dan Schmidt merupakan satu – satunya wanita yang menjabat sebagai menteri negara Denmark. Selanjutnya, bagaimanakah gambaran pendidikan di Denmark? Hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut

Kondisi Pendidikan di Negara Denmark

Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan di Denmark menjadi tolok ukur bagi suatu bangsa – bangsa yang ada di dunia, karena keberhasilannya untuk mencetak generasi bangsa yang beretika dan pintar. Berikut ini merupakan kelebihan, pendidikan di negara Denmark.

  1. Pendidikan di Denmark mengajarkan untuk menghargai waktu. Sistem kehidupan yang ada di negara Denmark yang dapat dikatakan time-based. Yang berarti semua kegiatan yang dilakukan telah dijadwalkan dan dialokasikan waktunya. Alokasi waktu ini berhubungan dengan jumlah jam kerja yang dimiliki oleh masing – masing orang – orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Penduduk di negara Denmark akan melakukan kegiatan sesuai dengan yang dijadwalkan, namun jika diperlukan untuk penjadwalan kembali, maka akan dibicarakan dengan berbagai pihak yang bersangkutan.
  2. Pendidikan di negara Denmark sangat mengedepankan tentang kemandirian dan partisipasi aktif dari mahasiswa. Mahasiswa memiliki hak untuk menentukan sendiri arah dan metode pendidikan, dan mereka diminta untuk mandiri dan aktif, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Mandiri yang dimaksudkan yaitu mahasiswa diminta untuk mencari sendiri informasi dan mempelajarinya, bahkan untuk hal – hal yang bersifat teknis. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik. Dosen hanya berperan sebagai fasilitator dan penasehat untuk memberikan motivasi.
  3. Pendidikan di negara Denmark, menekankan pada pemahaman, bukan nilai dan asal lulus. Bahkan, latihan – latihan yang dilakukan oleh mahasiswa, tidak akan dinilai oleh dosennya, karena mengutamakan pemahaman.
  4. Memfasilitasi dalam kemudahan untuk mengakses informasi, yang digunakan untuk kepentingan pendidikan. Terdapat berbagai sarana dan prasana utuk menunjang dalam mengakses informasi, seperti buku yang up to date, jurnal ilmiah, dan internet. Mahasiswa harus memiliki waktu untuk merefleksikan yang telah dibaca dan mengkaitkannya untuk digunakan dalam suatu diskusi di kelas dengan dosen.
  5. Suasana pendidikan di Denmark yaitu egaliter. Masyrakat di negara Denmark sangat menghargai pendapat dan terbuka satu sama lain.
  6. Ujian yang dilakukan berupa lisan. Ujian ini mendorong untuk berlatih berpikir dan menyarikan yang telah dipelajari dan mengemukakan kembali dalam suatu bentuk pendapat.
  7. Proyek dan kerja kelompok merupakan bagian dari proses pendidikan. Hal tersebut untuk melatih dalam menajemen konflik, manajemen waktu, berpikir kritis dan kreatif, toleransi dan adaptasi, dan komunikasi di depan umum.
  8. Inovasi dalam proyek yang dikerjakan.
  9. Kolaborasi dengan berbagai pihak.

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, namun pendidikan di Denmark juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu sebagai berikut.

  1. Harga pendidikan di Denmark tergolong mahal.
  2. Sifat individualisme, masyarakat Denmark sangat tinggi.
  3. Memiliki kecenderungan untuk mudah menyerah, salah satunya terhadap penelitian yang sedang dilakukan.
  4. Pendeknya waktu studi di Denmark bagi mahasiswa asing dan urusan perpanjangan visa.

Tidak dapat dipungkiri setiap sistem pendidikan pasti memiliki kelemahan, salah satunya sistem pendidikan di negara Denmark. Namun, meski memiliki kelemahan, pendidikan di Denmark mengenal adanya normalisasi.

Normalisasi ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi orang yang menyandang cacat untuk memperoleh hidup secara normal dan meminimalkan pemberian pendidikan secara khusus bagi mereka.

Hal tersebut mendorong sekolah reguler untuk menerima hampir sebagian besar anak – anak yang memiliki masalah atau cacat. Pemerintah daerah proponsi yang bertanggung jawab untuk memberikan fasilitas pada anak – anak yang memiliki cacat yang lebih berat. Program pendidikan yang terintegrasi di negara Denmark ini, dapat dijelaskan ke dalam empat tingkat, yaitu:

  1. Sekolah biasa dan sekolah khusus sebagai sekolah kembar.
  2. Sekolah biasa dengan kelas khusus atau beberapa kelas khusus.
  3. Sekolah reguler dengan sebuah klinik.
  4. Pendidikan terpadu.

Demikian penjelasan tentang kelebihan dan kelemahan dari pendidikan di negara Denmark. Meskipun harga pendidikan di Denmark tergolong mahal, namun mampu memberikan kesempatan pada pelajar untuk mengenyam pendidikan yang lebih baik, baik akademik maupun non-akademik.

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan pendidikan di Denmark karena sangat menghargai waktu dan tersedianya berbagai fasilitas yang sangat mendukung pendidikan mereka. Namun, sayangnya masih sedikit mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikan di negara yang terkenal teraman dan paling bahagia di dunia ini.

Selain itu, pendidikan di negara Denmark juga memberikan pendidikan yang setara untuk anak – anak yang mengalami cacat.Kesetaraan pendidikan ini dimaksudkan untuk memberikan hak yang sama bagi semua anak – anak. Selanjutnya, bagaimanakah kerjasama yang pernah dilakukan antara Indonesia dengan negara Denmark?

Kerjasama antara Indonesia dengan Negara Denmark

Sebagai negara yang dikenal dengan kejujuran masyarakatnya, negara ini juga menjalin kerja sama dengan berbagai negara yang ada di dunia. Salah satunya dengan kerjasama yang dilakukan antara negara Denmark dengan negara Indonesia.

Kerjasama yang dilakukan di antara kedua negara ini yaitu dalam hal pembeli kredit karbon. Kedutaan besar Denmark menyediakan fasilitas untuk pembangunan proyek CDM.

Pemerintahan Denmark menyediakan dana 160 juta dolar yang digunakan untuk membeli CER atau Certified Emission Reductionsdari berbagai proyek CDM yang ada di seluruh dunia. Bahkan, selain menjadi pembeli kredit karbon Indonesia, pemerintah Denmark juga menanggung seluruh biaya konsultan dan penyusunan proposal.

Pemaparan di atas menunjukkan tentang kerjasama yang dilakukan antara negara Denmark dan Indonesia,  yaitu pembelian kredit karbon. Selanjutnya apa sajakah keunikan yang dimiliki oleh Denmark?

Keunikan Negara Denmark

Sebagai Negara Nordic (istilah untuk menyebutkan lima negara yang terdapat di utara Eropa, yaitu Denmark, Finlandia, Eslandia, Norwegia, dan Swedia), negara ini memiliki beberapa keunikan, yaitu sebagai berikut.

Dalam hal sistem ekonomi

  1. Bangsa Viking merupakan bangsa Denmark yang berdagang di semua bagian Eropa bersama dengan negara lain, yaitu Norwegia dan Swedia.
  2. Negara Denmark merupakan negara yang menghasilkan daging babi dan produk susu dalam jumlah besar. Selain itu, juga menghasilkan daging sapi, unggas, dan kulit bulu untuk pasar Denmark dan kegiatan ekspor.
  3. Denmark sebagai negara pengekspor makanan di dunia, dengan peringkat ke lima.
  4. Tanaman utama yang ada di negara Denmark, yaitu biji – bijian kecil, terutama gandum dan barley.
  5. Petani di negara Denmark telah menghasilkan jumlah makanan yang cukup untuk memasok 15 juta orang setiap tahun.
  6. AP Moller-Maersk Group atau Maersk yang memiliki kantor pusat di Kopenhagen merupakan operatir kapal kontainer dan seorang operator kapal pasokan yang terbesar di dunia. Tempat ini telah mempekerjakan lebih dari 100.000 orang dari 125 negara.
  7. Perusahaan Denmark Bang dan Olufsen telah memproduksi beberapa produk yang diakui sebagai barang kelas dunia, antara lain audio, televisi, dan telepon.

Dalam hal bentangan alam

  1. Titik tertinggi di negara Denmark yaitu Mᴓllehᴓj. Ketinggiannya 170,86 meter di atas permukaan air laut. Sedangkan ketinggian negara Denmark hanya 31 meter di atas permukaan laut.
  2. Link Great Belt Fixed merupakan jembatan gantung sepanjang 1,6 km. Jembatan ini berada di antara pulau – pulau Denmark Zealand dan Funen. Jembatan ini juga merupakan jempatan yang terpanjang di benua Eropa dan terpanjang di dunia dengan peringkat ke tiga.

Dalam hal karya sastra dan karya lain

  1. Pangeran Hamlet merupakan karakter fiksi yang terkenal, William Shakespeare yang terinspirasi dari mitos Denmark.
  2. Melahirkan penulis dongen yang terkenal di seluruh dunia barat, yang bernama Hans Christian Andersen. Karyanya yaitu Kaisar Pakaian Baru, The Little Memaid, dan The ugly Duckling.
  3. Bangunan mainan lego yang terkenal di seluruh dunia, berasal dari negara Denmark.
  4. Arsitek Sydney Opera House yaitu Dane Jᴓrn Utzon, pada tahun 2007, karyanya diakui sebagai situs warisan dunia.

Dari segi taman hiburan: Taman hiburan yang terdapat di Dyrehavsbakken, 10 km di sebelah utara Kopenhagen merupakan taman hiburan yang tertua di dunia.

  1. Kabaret mulai tampil di negara Denmark, pada tahun 1866.
  2. Roller coaster yang terbuat dari kayu mulai dibuka pada tahun 1932.
  3. Memiliki lebih dari 30 wahana.

Dari segi penduduk:

  1. Budaya dan etnisnegara Jerman berasal dari negara Denmark, bahkan, sebagian besar orang di Benelux, Perancis, dan Inggris juga memiliki darah Denmark.
  2. Pengikut gereja Lutheran merupakan penduduk Denmark 82 % dan suku Denmark sebesar 90,3 %.
  3. Denmark menjadi negara pertama yang melegalkan tentang serikat sesama jenis, pada tahun 1989. Namun, pernikahan sesama jenis tidak dilegalkan di negara Denmark, sampai tahun 2012.
  4. Rata – rata usia laki – laki negara Denmark, ketika menikah adalah 32 tahun. Rata – rata ini dibandingkan dengan orang – orang di Eropa.

Penjelasan di atas menunjukkan keunikan yang dimiliki oleh negara Denmark, dari segi sistem ekonomi, bentangan alam, karya sastra, taman hiburan, dan penduduk.

Negara Denmark ini merupakan negara nordic yang paling diminati oleh penduduk dunia, karena memperoleh julukan negara paling bahagia di dunia. Negara yang beribukota di Kopenhagen ini memiliki suku asli yang dinamakan suku Danes.

Negara Denmark memiliki pendidikan yang lebih baik dibandingkan dengan negara – negara yang ada di dunia. Bahkan, penyetaraan pendidikan untuk anak – anak cacat, semoga dapat menjadi contoh bagi negara – negara yang ada di dunia.

Demikian penjelasan tentang negara Denmark. Semoga kehadiran artikel ini dapat membantumu untuk lebih memahami negara ini. Selamat Belajar.

Referensi:

1. Mandryk, J. 2010. Operation World: Panduan untuk Mendoakan Semua Bangsa di Dunia. Yogyakarta: Katalis Media.
2. Khosim, A dan Lubis, K.M. 2006. Geografi: untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Grasindo.
3. Fadillah, R. 2014. World Cup: Sejarah dan Fakta Menarik. Jakarta: Be Champion.
4. Astari, A. 2011. Scandinavian Explorer: 18 Hari Backpacking Mengintip Fjord, Viking, dan Salmon. Jakarta: PT Gramedia.
5. Dianawato, A. 2006. RPUL Dunia. Jakarta: PT Wahyu Media.
6. Prameswarie, D dan Aditya,C. 2013. Let’s Go Around The World. Jakarta: Cerdas Interaktif.
7. Widiastutie, S. 2006. Negara – negara Nordic (The Nordic Countries): Profil Negara. Jurnal Kajian Wilayah Eropa, (II), (3): 164-190.
8. Rochyadi, E. 2008. New Perspectives in Special Education: A Six-Country Study of Integration. Artikel. Bandung: UPI.
9. http://internasional.kompas.com/read/2016/03/17/10252831/Denmark.Negara.Paling.Bahagia.di.Dunia.Indonesia.Peringkat.Ke-79
10. pkspalembang.or.id/read/91/mengapa-denmark-menjadi-negeri-paling-makmur-di-dunia/
11. http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/03/denmark-jadi-negara-paling-bahagia-di-dunia-tahun-2016-indonesia-peringkat-berapa
12. http://www.re-tawon.com/2015/08/makna-bendera-negara-negara-eropa-utara.html
13. http://www.slideshare.net/Imooci/denmark-30897149
14. http://www.organisasi.org/1970/01/arti-singkatan-nato-kepanjangan-dari-nato-kamus-akronim-bahasa-indonesia.html
15. geopolitik.br.web.id/id4/1276-1166/Perdana-Menteri_134995_geopolitik-br.html
16. http://www.ppidenmark.dk/wp-content/uploads/2011/07/Pendidikan_di_Denmark.pdf
17. http://denmark.dk/en/meet-the-danes/traditions
18. http://www.berkuliah.com/2014/07/55-fakta-menarik-tentang-denmark.html
Tinggalkan Balasan 1

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Louis Henry

Louis Henry

Artikel yang luar biasa lengkap dan cocok bagi kita yang mau mempelajari tentang berbagai hal tentang sejarah dan perkembangan budaya potamusprefers.com di negara yang dituju. Jujur saya sih sedang mencari bahan untuk pergi ke negara Denmark seperti yang ada di artikel ini.

Terima kasih untuk artikel yang bagus ini. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca lainnya ^-^