Profil Negara Bulgaria

Portal ilmu kali ini akan membahas mengenai profil negara Bulgaria. Bulgaria sering disebut sebagai rumah bagi kaum Sparta. Moto yang terkenal di Sofia, ibu kota Bulgaria adalah “Raste stare” yang artinya “Tumbuh terus tapi tetap muda”.

Salah satu produk unggulan Bulgaria adalah minyak mawar. Masyarakatnya sering mengadakan festival mawar yang dilengkapi dengan pertunjukan seni, pesta anggur, pameran dan lain-lain.

Menarik bukan? Artikel ini akan menguraikan tentang profil Bulgaria lengkap, beserta informasi mengenai geografi, flora dan fauna, bendera dan lambang Bulgaria, sejarah, sistem pendidikan, sistem ekonomi politik dan masih banyak lainnya. Simak artikelnya berikut ini ya

PROFIL NEGARA BULGARIA

Presiden: Rumen Radev (sejak 22 Januari 2017)

Perdana menteri: Boyko Borisov (sejak Mei 2017)

Nama resmi: Republic of Bulgaria Република България (Republika Bǎlgarija)

Ibu kota: Sofia

Hari kemerdekaan: 22 September 1908 (Kemerdekaan penuh dari kekaisaran Ottoman)

Bahasa resmi: Bulgaria

Kelompok agama: Bulgaria Ortodoks, Muslim, Yahudi, Katolik

Kelompok etnis: Bulgaria, Turki, Gipsi

Lokasi: Eropa, Eropa Timur

Wilayah: 110,994 kilometer persegi (42,855 mil)

Populasi: 7.4 Juta

Mata uang: Lev (BGN)

Transportasi: Kereta api, kapal laut, pesawat

Tahun Keanggotaan Uni Eropa: 1955

Perbedaan waktu: UTC + 2 (7 jam lebih awal dari Washington DC, selama waktu standar)

Pembagian Administratif: Terdapat 28 Provinsi yaitu Blagoevgrad, Burgas, Dobrich, Gabrovo, Haskovo, Kardzhali, Kyustendil, Lovech, Montana, Pazardzhik, Pernik, Pleven, Plovdiv, Razgrad, Ruse, Shumen, Silistra, Sliven, Smolyan, Sofia, Sofia-Grad (Kota Sofia), Stara Zagora , Targovishte, Varna, Veliko Tarnovo, Vidin, Vratsa dan Yambol. (Bulgarian Chamber of Commerce and Industry, Tt)

GEOGRAFI

Bentang alam Bulgaria mulai dari pegunungan tertutup salju hingga lembah dan daratan rendah membuka jalan ke pantai laut hitam. Pegunungan Balkan melintasi bagian tengah negara Bulgaria sedangkan pegunungan Rhodope melintasi bagian wilayah selatan Bulgaria (sepanjang perbatasan dengan Yunani).

Titik tertinggi negara ini adalah wilayah pegunugan Rila, gunung Musala yaitu pada ketinggian 9.594 kaki (2.925 m). Di wilayah utara pegunungan Balkan, tepatnya di lereng Danubianke sungai Danube terdapat dataran rendah yang sangat subur.

Dataran rendah di wilayah tenggara (Maritsa Basin) dikeringkan oleh serangkaian sungai kecil ke laut hitam. Salah satu sungai terbesar yang ada di Bulgaria adalah sungai Danube karena sungai tersebut membentuk perbatasan dengan Rumania, sungai Iskur, Maritsa, Struma, Tundzha dan Yantra. (Bulgaria, Tt)

IKLIM

Bulgaria memiliki iklim yang bersifat kontinental-sedang dengan gaya karakteristik Eropa Tengah. Terdapat musim panas dan musim dingin yang panjang di Bulgaria. Mulai dari bulan Desember hingga pertengahan Maret umumnya Bulgaria dihujani oleh salju.

Suhu rata-rata tahunan tergantung pada garis lintang, berkisar dari 8°C di wilayah utara, 11°C di wilayah pegunungan dan12°C di wilayah dataran. Pada umumnya, daerah yang paling hangat berada di wilayah selatan Bulgaria yang dipengaruhi oleh laut Mediterania.

Suhu di waktu siang sangat bervariasi, 0-5°C pada saat musim dingin dan 25-30°C pada saat musim panas. Namun suhu di wilayah selatan dapat lebih hangat. Berbanding terbalik dengan  wilayah pegunungan Balkan utara dan timur, suhunya dapat lebih dingin di waktu siang hari dan malam saat musim panas.

Curah hujan rata-rata sekitar 700 mm, lebih banyak di wilayah pegunungan yaitu sekitar 1000 mm bahkan lebih sedangkan di pantai sekitar 400-600 mm. Bulgaria dapat dilanda hujan sepanjang tahun. Pada umumnya, musim dingin merupakan musim terkering dan musim panas adalah musim hujan dan kadang-kadang terjadi banjir, terutama di pegunungan. (Weatheronline, Tt)

FLORA DAN FAUNA

Bulgaria adalah negara dengan banyak hamparan hijau karena dipenuhi oleh tanaman yang subur. Terdapat taman nasional, cagar alam, danau, air terjun, bebatuan yang indah serta gua-gua misterius. Selain tanaman, terdapat pula sejumlah hewan seperti burung kormoran, pelikan, angsa dan burung camar. Hewan jenis itu umunya dapat mencari sumber makanannya sendiri dan tidak takut untuk berinteraksi dengan manusia. Pengunjung dilarang untuk memancing burung-burung tersebut agar mereka tidak kehilangan sumber makanannya. Tak hanya hewan berspesies burung saja namun juga musang, rusa, beruang, serigala hingga kucing liar hidup di negara ini. (Worldgoo, Tt)

Bulgaria adalah negara yang kaya sumber daya air. Hal tersebut dilihat dari sejumlah sungai yang dimilikinya. Sungai Danube dan Maritsa adalah beberapa sungai terbesar di Bulgaria. Danube adalah sungai terpanjang kedua setelah Volga di benua Eropa. Para wisatawan dapat menangkap beberapa ikan di sana, contohnya seperti ikan mas, sturgeon, pike, lele dan lain-lain. Suhu air di sungai Aheloy lebih dingin daripada suhu air yang berada di laut. Airnya jelas dan bersih. Selain itu, terdapat pula sungai Ropotmao yang dapat disebut sebagai “Amazon Bulgaria”, para pengunjung akan menemukan fauna seperti kura – kura dan lain-lain. Akan tetapi, mereka dilarang untuk memancing di sungai tersebut karena takut akan mempengaruhi sumber daya makanan bagi burung-burung lokal seperti bangau dan pelikan.

BENDERA

Bendera Negara Bulgaria

Bendera Bulgaria diadopsi pada tahun 1991. Terdapat 3 warna dengan garis horizontal yaitu warna putih, hijau dan merah. Awalnya bendera Bulgaria terlihat mirip dengan bendera Rusia karena memiliki warna Slavic yang khas. Namun mereka merubah warna biru menjadi warna hijau pada tahun 1878. Warna hijau adalah simbol dari wilayah pertanian yang dimiliki oleh Bulgaria. Garis putih melambangkan kedamaian, hijau melambangkan kesuburan tanah dan merah melambangkan karakter masyarakat Bulgaria yaitu berani.

Bagian kiri atas bendera terdapat lambang singa yang dikelilingi oleg paku gandum dan diikat pada pita merah dengan tulisan 681 dan 1944. Angka 681 melambangkan berdirinya negara Bulgaria dan 1944 melambangkan kebebasan Bulgaria terhadap Nazi. Akan tetapi, setelah runtuhnya Uni Soviet, lambang tersebut dihilangkan dan kemudian hanya terdapat 3 garis warna yang tersisa. (Firefly Media , 2008)

LAMBANG

Lambang Negara Bulgaria
foto: wikimedia.org

Lambang Bulgaria terdiri dari dua singa emas yang saling berhadapan di tengah perisai merah berisi singa emas yang ketiga. Di atas perisai terdapat mahkota sejarah Bulgaria sedangkan di bawah terdapat ranting pohon Ek dan pita yang menggambarkan moto nasional “Unity renders power”. (John Moen, Tt)

 SEJARAH BULGARIA

Bangsa Thrakia

Orang-orang Bulgaria pada zaman dulu berasal dari zaman paleolitik tengah (zaman batu tua; 100.000 hingga 40.000 SM). Komunitas pertanian masyarakat Bulgaria kemudian muncul pada zaman neolitikum (zaman batu baru) dan zaman perunggu (dihuni oleh suku Thrakia). Namun keberadaan suku Thrakia terusir oleh koloni Yunani, Persia dan Romawi.

Pada zaman Romawi, Bulgaria dibagi menjadi 3 wilayah yaitu provinsi Moesia yang berada di sebelah utara pegunungan Balkan, Thrace yang berada di sebelah wilayah selatan Balkan dan jalur darat utama di sebelah barat ke timur tengah.

Tempat pemukiman suku Thracia sebelum menjadi koloni Yunani pada abad ke-6 terletak di laut hitam, kota Nesebur kuno. Tempat tersebut telah menjadi situs warisan dunia UNESCO.

Kedatangan orang-orang Bulgaria

Nama Bulgaria berasal dari orang-orang Bulgaria itu sendiri. Pada zaman dulu, mereka masih mempertanyakan identitas aslinya, apakah mereka berasal dari Turki atau Indo-Eropa. Nama Bulgaria disebutkan pada akhir-akhir abad ke-5. Orang-orang Bulgaria pada zaman dulu hidup di padang rumput yang berada di wilayah laut hitam. Mereka pandai menungang kuda dan suka berperang.

Orang-orang Bulgaria berhasil ditaklukan oleh bangsa Avar pada abad ke-6 namun pada tahun 635, Khan Kubrat memimpin pemberontakan dan berhasil mengorganisir sebuah konfederasi suku independen yang dikenal sebagai Great Bulgaria. Khan Kubrat kemudian wafat pada tahun 642 dan setelah kematiannya, orang-orang Bulgaria mendapat serangan dari Khazar.

Menurut sumber Bizantium, orang-orang Bulgaria terpecah menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok dipimpin oleh anak-anaknya Khan Kubrat. Salah satu dari anak Khan yaitu Asparukh (Isperikh) pindah ke Bessarabia, antara sungai Dniester dan Prut kemudian ke arah selatan Danube, di mana rakyatnya berhasil menaklukan suku Slavia yang tinggal di pegunungan Balkan utara. Kaisar Bizantium Constantine IV yang memimpin pasukan melawan Bulgaria berhasil dikalahkan pada tahun 681. Dari kekalahan tersebut, Byzantium kemudian diakui dalam perjanjian wilayah antara Balkan dengan Danube, disinilah titik awal dari munculnya negara Bulgaria.

Kerajaan Pertama Bulgaria

Asparukh mendirikan sebuah pengadilan di Pliska, timur laut Shumen dan pusat keagamaan di Madara. Bukti arkeologis menunjukan bahwa orang-orang Bulgaria menjaga pemukiman mereka dari suku Slavia. Selain itu, mereka juga mempertahankan ekonomi pastrol dan pertaniannya. Asparukh kemudian diganti oleh Tervel pada tahun 701-718, keberadaannya dapat membantu mengembalikan kaisar Justinian II ke tahta Bizantium. Tervel juga diberikan gelar sebagai “Caesar”, namun ia tidak bersahabat dengan Bizantium. Pada abad ke-8 terdapat sejumlah serangan yang panjang dan kampanye yang besar namun Bulgaria berhasil pulih kembali di bawah masa kepemimpinan Khan Krum (803-814).

Kerajaan Kedua Bulgaria

Gereja Bulgaria jatuh di bawah dominasi gereja Yunani sehingga Ohrid diambil alih dan berusaha mengganti liturgi Slavia Bulgaria menjadi liturgi Yunani. Budaya Bulgaria masih sangat mudah untuk diubah pada zaman kerajaan ini.

Pada tahun 1185, saudara-saudara Ivan dan Peter Asen dari Turnovo melancarkan aksi pemberontakannya untuk mengusir kedaulatan Bizantium serta memaksa Konstantinopel untuk mengakui kemerdekaan Bulgaria. Saudara laki-laki dan penerusnya, Kaloyan (1197-1207) menerima supremasi Roma dalam urusan Gereja dan mahkota kerajaan dari Paus. Akan tetapi, ketika Baldwin I seorang kaisar latin pertama di Konstatinopel menolak untuk mengakuinya dan menyatakan perang terhadap Bulgaria (mengklaim semua wilayahnya berdasarkan suksesi Bizantium). Hal tersebut justru membuat Kaloyan berubah pikiran. Kaloyan akhirnya dapat mengalahkan Baldwin dan kembali ke Orthodoxy.

Kerajaan Bulgaria yang kedua terletak di Turnovo. Kerajaan ini berhasil mencapai puncaknya di bawah kepemimpinan Tsar Ivan Asen II (1218-41). Bulgaria merupakan kekuatan utama Balkan yang memegang kekuasaan di Albania, Epirus, Makedonia dan Thrace barat. Mata uang Bulgaria muncul pertama kali pada jaman ini dan pada tahun 1235 kepala gereja Bulgaria mendapat gelar sebagai Bapa Bangsa.

Masa Pemerintahan Ottoman 

Turki Ottoman pertama kali menginjakan kakiknya di Balkan yaitu pada tahun 1340. Mereka juga dapat disebut sebagai tentara bayaran Bizantium. Sekitar tahun 1359 dan 1362, Sultan Murad berhasil merebut sebagian kekuasaan yang dikendalikan oleh Bizantium serta berhasil  menangkap Adrianople. Pada tahun 1364, orang-orang Turki berhasil mengalahkan perang salib yang dikirim oleh Paus Urban V sehingga mereka berhasil mendapatkan Adrianople kembali.

Turnovo diambil alih dan dibakar pada tahun 1393. 3 tahun kemudian, Ivan Shisman di duga meninggal di penangkaran Turki. Dengan penangkapan kerajaan Bulgaria yang terpusat di Bdin (Vidin) pada tahun 1396 maka sisa-sisa terakhir kemerdekaan Bulgaria pun mulai menghilang.

Kebangkitan Nasional

Ketidakpuasan orang-orang Bulgaria menumbuhkan rasa kebangkitan nasional. Gerakan ini muncul akibat dari laju pertumbuhan ekonomi pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19, selain itu gerakan ini juga dipengaruhi oleh revolusi Perancis.

Perkotaan mulai dibangun karena banyaknya permintaan akan produk kain katun dan produk lainya. Para pengrajinnya juga sangat handal dibidangnya, mereka mulai membentuk organisasi serikat. Mereka juga aktif dalam memberikan sponsor terhadap sekolah-sekolah serta memberikan beasiswa bagi pemuda Bulgaria untuk belajar ke luar negeri.

Biksu Paisy dari Biara Khilendar yang berasal dari gunung Athos diakui sebagai pendiri kebangkitan nasional. Hidupnya tak banyak diketahui oleh orang lain kecuali asal usul keluarganya. Beliau berasal dari sebuah keluarga pedagang di Bansko, sebuah kota di Bulgaria barat daya yang mempertahankan hubungan komersial dengan Wina.

Sekitar tahun 1760-an, Paisy menggunakan teks-teks yang tersimpan di gunung Athos untuk menulis sejarah Slaveno-Bulgaria. Sejarah itu dapat mengingatkan kembali terhadap kekaisaran Bulgaria pada masa lalu. Mereka mengabaikan adat istiadat dari luar dan bangga terhadap ras dan bahasa yang dimilikinya sendiri. Dua orang yang telah membantu menyebar pengaruh Paisy ini adalah Sofroniy dan uskup Vratsa.

Bulgaria pada akhir abad ke-19

Bulgaria mengupayakan adanya modernisasi di bidang politik, ekonomi dan budaya pada dua dekade pertama setelah mendirikan kembali negaranya, Karavelov, Stambolov dan Stoilov bekerja sama untuk membawa Bulgaria lebih dekat dengan Eropa.

Jalur perkeretaapian mulai dibangun, pasar ekonomi mulai terbuka dengan negara-negara Eropa terutama dengan Austria, Hongaria dan Jerman. Sistem hukum konstinental diberlakukan pada akhir tahun 1880-an dan 1890-an. Mereka menggabungkan lembaga-lembaga dari sistem legislatif Romawi (Perancis dan Italia) dan Pandect (Jerman).

Perang Balkan

Pada bulan Maret 1911, kerusuhan yang terjadi di Makedonia meningkat drastis. Ferdinand menunjuk pemerintah baru untuk mulai membuat aliansi anti Turki. Pada bulan Mei 1912, Bulgaria menandatangani perjanjian dengan Serbia. Mereka bekerjasama dibidang militer dan meninggalkan sebagian besar wilayah Makedonia. Peraturan-peraturan yang dibuat antara Yunani dan Serbia serta perjanjian lisan dengan Montenegro menghasilkan Liga Balkan. Montenegro mendeklarasikan perang terhadap kekaisaran Ottoman sedangkan negara-negara Balkan lainnya juga terlibat dalam konflik tersebut.

Liga Balkan berhasil dicapai melebihi apa yang telah diharapkan. Pasukan Bulgaria memenangkan wilayah Lozengrad (Kırklareli) dan Lüleburgaz serta berhasil mengepung Adrianople (Edirne) dan garis benteng Çatalca. Pasukan Yunani berhasil merebut Salonika (Tesalonika) dan pasukan Serbia memenangkan serangkaian pertempuran di Makedonia.

Disisi lain, pasukan Turki Utsmani meminta untuk melakukan gencatan senjata namun Ferdinand bersikeras untuk menangkap Konstantinopel. Selang beberapa waktu ketika serangan terhadap Çatalca gagal untuk dilakukan maka saat itulah mereka setuju untuk melakukan gencatan senjata. Mereka juga melakukan negosiasi di London untuk segera berdamai antar satu sama lain.

Tahun 1913, kesultanan Utsmaniyah menandatangani perjanjian London kecuali masalah yang berkaitan dengan sebagian kecil wilayah Eropa. Serbia dan Yunani berjuang keras untuk mempertahankan sebagian besar wilayah Makedonia dan Rumania. Sementara Geshov mengundurkan diri demi Stoyan Danev yang mencerminkan keinginan-keinginan Ferdinand untuk menciptakan solusi militer. Antara malam 16-17 atau 29-30 Juni, pasukan Bulgaria meluncurkan serangannya kepada Yunani dan Serbia di Makedonia.

Perjanjian Bukares yang ditandatangani pada 28 Juli atau 10 Agustus 1913 memberikan dampak yang positif bagi Rumania. Rumania berhasil mengambil wilayah di Dobruja selatan dan kota Silistra. Serbia dan Yunani harus membagi kekuasaan wilayah Makedonia secara rata diantara mereka berdua. Bulgaria hanya dapat mempertahankan sebagian kecil dari Makedonia timur, wilayah Pirin dan sebagian dari Thrace timur. Mereka kehilangan wilayah Dobruja selatan dan eksarchate Bulgaria di Makedonia.

Perang Dunia Pertama

Bulgaria menyatakan bahwa dirinya bersikap netral pada perang dunia pertama. Akan tetapi, Tsar dan pemerintah Germanophile dibawah masa kepemimpinan Vasil Radoslavov mengajukan intervensi kepada Bulgaria.

Tahun 1915, militer mendukung pasukan Jerman. Bulgaria berkomitmen kepada blok sentral dan menyatakan perang terhadap Serbia pada 1 atau 14 Oktober. Beberapa tokoh politik netralis dan pro Entente mengalami keberatan namun mereka tidak bertindak sejauh pemimpin agrarian Stamboliyski yang mengancam tsar dan menentang mobilisasi.

Pada musim 1918, Bulgaria merekrut hampir 40% dari populasi pria untuk dijadikan pasukan tentara. Namun sayangnya banyak dari mereka yang menderita dan tewas dalam peperangan. Cuaca buruk melanda di wilayah pedalaman sedangkan di perkotaan banyak yang menderita akibat kekurangan makanan dan bahan bakar. Pada Juni 1918, Radoslavov yang pro terhadap Jerman digantikan oleh Alexander Malinov (seorang pemimpin oposisi parlementer). Beliau berusaha untuk membangkitkan rasa harapan dan berupaya untuk mengakhiri perang.

Pada 15 September 1918, pasukan sekutu yang berada di garis terdepan Makedonia menerobos garis-garis Bulgaria di Dobro Pole. Ferdinand mengatakan bahwa ia ingin melepaskan pemimpin agraria dari penjara dengan menggunakan kekuasaannya untuk memulihkan ketertiban di antara pasukan. Namun Stamboliyski justru ikut bergabung dengan pemberontakan di desa Radomir, dimana mereka menyatakan bahwa Bulgaria adalah sebuah Republik.

Pemberontakan tersebut rupanya berjalan singkat, hal itu disebabkan adanya pernyataan yang menyatakan bahwa pasukan Jerman dan Makedonia akan tetap loyal kepada tsar. Kejadian tersebut nampaknya memberi waktu luang bagi Bulgaria untuk melakukan gencatan senjata. Empat hari kemudian, Tsar Ferdinand turun tahta demi putranya Boris III.

Perang Dunia Kedua

Bulgaria menyatakan bahwa ia akan bersikap netral kembali pada perang dunia kedua. Tsar Boris menunjuk pemerintah baru di bawah Germanophile. Mereka bergerak semakin dekat dengan Jerman, terutama setelah Jerman dan Uni Soviet bersekutu dengan pakta non agresi Jerman-Soviet. Hal tersebut memaksa Rumania untuk mengembalikan Dobruja selatan ke Bulgaria pada Agustus 1940. (Bulgaria History, Tt)

BUDAYA

Budaya Bulgaria dikolaborasikan oleh beberapa tradisi suku Thracia, Slavic dan Bulgar yang tentunya dipengaruhi oleh sebuah Gereja Ortodoks Timur. Salah satu warisan budaya UNESCO yang terdapat di Bulgaria adalah ritual Nestinarstvo. Ritual Nestinarstvo adalah ritual yang dilakukan dengan cara berjalan diatas bara api yang menyala. Bara api melambangkan kehangatan dan cahaya matahari. Terdapat pula ikon orang-orang kudus Kristen Ortodoks, Konstantin dan Helen yang diyakini dapat membuat seseorang aman dari bahaya. Ritual ini dilengkapi oleh tahapan-tahapan dan melodi tarian nestinari yang menarik. (Maria Angelova, 29 December 2017)

Selain itu, Bulgaria juga memiliki sejumlah cerita rakyat. Hal tersebut meliputi bidang seni, sastra, musik, perayaan dan kehidupan sehari-hari. (History and culture, Tt)

HARI LIBUR NASIONAL

  • Hari Nasional (Hari pembebasan Bulgaria) – diperingati pada tanggal 3 Maret
  • Hari Jordanov (Lintas pencarian pada musim dingin) – diperingati pada tanggal 6 Januari
  • Martyr Triffon Zarezan (Pruner) Winemaker’s Day – diperingati pada tanggal 14 Februari
  • Baba Marta –  di peringati pada tanggal 1 Maret
  • Hari St. George (Gergiovden)
  • Malam Natal – diperingati pada tanggal 25 Desember

Sumber: (VisitMyBulgaria, Tt)

MEDIA BULGARIA

Media global memiliki pasar yang luar biasa bagi broadcasting di Bulgaria. Media yang paling populer di negara ini adalah televisi. Stasiun TV yang paling banyak ditonton oleh masyarakatnya adalah bTV. Statsiun tersebut dijalankan oleh grup media internasional CME.

Bulgaria juga memiliki beberapa TV regional pribadi dan radio swasta. Platform distribusi utama dari semua media tersebut adalah kabel dan satelit. Kepemilikan medianya hanya terkonsentrasi diantara segelintir individu saja.

Bulgaria merupakan negara Uni Eropa yang masuk ke dalam kategori peringkat terendah dalam indeks kebebasan pers Reporters Without Borders (RSF) 2015. Media sosial yang paling populer di kalangan masyarakat Bulgaria adalah Facebook. (Europe, 13 July 2015)

Media Pers

  • Dnevnik – harian
  • 24 Chasa – harian
  • Telegraf – harian
  • Trud – harian
  • Presa – harian
  • Monitor – harian
  • Standart – harian
  • Sega – harian
  • Kapital – mingguan, programnya berisi tentang isu politik dan ekonomi

Media Televisi

  • BNT (Bulgarian National Television) – publik, menjalankan 2 saluran nasional dan 4 saluran regional serta TV satelit untuk diaspora.
  • Btv – privasi, nasional
  • Nova TV – privasi, nasional

Media Radio

  • BNR (Bulgarian National Radio) – publik, mengoperasikan jaringan unggulan Horizont, jarinan budaya Hristo Botev dan stasiun regional.
  • Darik Radio – privasi, nasional
  • BG Radio – privasi, nasional

Media Internet / Berita

  • Bulgarian News Agency (BTA) – negara, halaman berbahasa inggris
  • Dir.bg – situs berita
  • Novinite – situs berita berbahasa inggris
  • Mediapool – situs berita
  • Focus – situs berita berita online, halaman berbahasa inggris

SISTEM PENDIDIKAN

Pendidikan Bulgaria didukung oleh negara melalui Kementrian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Pendidikan sekolah merupakan hal yang wajib untuk diikuti oleh anak-anak yang berusia mulai dari 7 sampai 16 tahun.

Bulgaria memiliki sistem pendidikan yang bersifat Eropa kontinental. Terdapat pendidikan umum, kejuruan, sekolah bahasa, sekolah asing, sekolah swasta dan sekolah negeri di Bulgaria.  Ada lebih dari 50 lembaga pendidikan tinggi yang menyediakan gelar sarjana dan pascasarjana.

Sebagian besar Uninversitas akan memulai tahun akademiknya pada 1 oktober. Tahun akademik  terdiri dari semester musim gugur dan semester musim semi, umumnya mencakup hingga 30 minggu. Di Bulgaria, kelas akan bertemu seminggu sekali selama 75 menit atau selama dua periode 45 menit dengan istirahat selama 15 menit. (Educational system of Bulgaria, Tt)

Berikut adalah universitas-universitas besar di Bulgaria:

  1. Universitas Sofia “St. Kliment Ohridski”
  2. Universitas Ekonomi Nasional dan Dunia
  3. Universitas Teknis Sofia
  4. Universitas Arsitektur, Teknik Sipil dan Geodesi
  5. Universitas Baru Bulgaria
  6. Universitas Amerika di Bulgaria
  7. Universitas Veliko Turnovo
  8. Universitas Plovdiv
  9. Universitas Rousse
  10. Bourgas Free University
  11. Universitas Ekonomi Varna
  12. Varna Free University “Chernorizets Hrabar”
  13. ”D.A. Tsenov” Akademi Ekonomi
  14. Universitas Shoumen
  15. Universitas Pertanian
  16. Universitas Teknologi Kimia dan Metalurgi
  17. Universitas Kehutanan
  18. Universitas Teknis Varna
  19. Universitas Trakia
  20. Universitas Barat Daya
  21. Akademi Seni Nasional
  22. Akademi Teater dan Seni Film Nasional
  23. State Academy of Music “Pancho Vladigerov”
  24. Akademi musik, Tari dan Seni Rupa
  25. Universitas Kedokteran Sofia
  26. Akademi Ilmu Pengetahuan Bulgaria

SISTEM POLITIK

Bulgaria menganut sistem republik parlementer. Kekuasaan politiknya dibagi menjadi 3 yaitu legislatif, eksekutif dan yudikatif. Majelis Nasional Unikameral atau Narodo Subraine terdiri dari 240 deputi yang dipilih untuk masa jabatan selama 4 tahun.

Presiden Bulgaria dipilih langsung untuk masa jabatan 5 tahun dan dapat dipilih kembali. Presiden merupakan kepala negara dan panglima tertinggi angkatan bersenjata.

Dewan menteri bertangung jawab atas kebijakan eksternal maupun internal negara, sesuai dengan konstitusi dan hukum negara. Sistem peradilan Bulgaria bertugas untuk melindungi hak dan kepentingan warga negara, badan hukum serta negara itu sendiri.

Sistem pengadilannya terdiri dari pengadilan regional dengan yurisdiksi pidana dan perdata. Pengadilan distrik dengan tingkat pertama dan kedua tergantung kepada nilai atau sifat klaim. Selain itu, terdapat pula pengadilan banding dan Mahkamah Agung (pengadilan kasasi dan administrasi tertinggi).

Subdivisi administratif tingkat pertama Bulgaria dibagi menjadi 28 provinsi. Dewan menteri dapat langsung menunjuk siapa yang akan menjadi gurbenur.

Terdapat 265 kotamadya di Bulgaria. Kotamadya umumnya terdiri dari beberapa kota, desa dan pemukiman yang diatur oleh walikota. Walikota dipilih dengan suara mayoritas untuk masa jabatan 4 tahun sedangkan dewan kota akan dipilih melalui perwakilan proporsional untuk masa jabatan 4 tahun. Dalam pemilihan umum tingkat Eropa, Bulgaria merupakan konstituensi Parlemen Eropa yang mencakup negara anggota Bulgaria. (Daniel Montiglio, Tt)

SISTEM EKONOMI

Kebebasan ekonomi Bulgaria mencapai skor 69,0. Hal tersebut membuat Bulgaria masuk ke dalam peringkat 37 pada tahun 2019. Bulgaria memiliki peningkatan kebebasan moneter dan kesehatan fiskal yang melebihi skor integritas pemerintah dan kebebasan berbisnis. Sedangkan di tingkat Eropa, Bulgaria masuk dalam peringkat ke-19 di antara 44 negara.

Bulgaria mampu mengelola utang publiknya dengan baik. Namun tidak pada korupsi yang terjadi dalam bidang administrasi publik, peradilan, produktivitas serta kejahatan yang teroganisir. Hal tersebut membuat iklim investasi dan prospek Bulgaria menjadi terhambat.

Pasar Terbuka

Nilai gabungan antara bidang ekspor dan impor adalah 131,1% dari PDB. Tarif rata-rata yang diterapkan adalah 2,0%. Pada 30 Juni 2018, WTO menyatakan Bulgaria telah melakukan 116 tindakan non-tarif. Pada umumnya, para investor asing maupun domestik akan diperlakukan di bawah hukum yang sama. Sekitar 75% orang dewasa telah memiliki akun di lembaga perbankan formal. (2019 Index of Economic Freedom – Bulgaria, Tt)

HUBUNGAN BILATERAL BULGARIA DAN INDONESIA

Hubungan diplomatik Bulgaria dan Indonesia telah didirikan sejak 21 September 1956. Bulgaria merupakan salah satu negara yang memberikan dukungan dan mengakui kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Kedutaan RI di ibu kota Bulgaria, Sofia baru dibuka pada tahun 1962.

Forum Konsultasi Bersama (FKB) dan Sidang Komisi Bersama (SKB) telah di selenggarakan sejak tahun 2006 yang lalu. Forum yang terakhir dilaksanakan pada tahun 2014. Bulgaria dan Indonesia juga telah melakukan kerjama antar parlemen. Pada tahun 2016, kedua negara ini telah melakukan kerja sama untuk melakukan bebas visa yang berlaku bagi paspor dinas dan paspor diplomatik. (KBRI di Sofia, Tt)

KERJASAMA BULGARIA DAN INDONESIA

Bulgaria dan Indonesia sepakat untuk melakukan kerjasama di berbagai bidang, khususnya bagi bidang politik dan ekonomi. Bulgaria juga menyatakan bahwa ia akan mendukung keutuhan NKRI, termasuk dalam isu Papua.

Palm oil adalah produk unggulan yang diimpor dari Indonesia. Perdagangan antara kedua negara cukup baik hingga pada tahun 2018, volume perdagangan meningkat sebesar 330% dari tahun sebelumnya. Jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia juga mengalami peningkatan sebesar 15%.

Pada tahun 2019, Indonesia membuka forum bisnis dan melakukan penandatanganan MoU antara KADIN dengan the Bulgarian Chamber of Commerce and Industry (BCCI). Tak hanya itu, kedua negara ini juga berkomitmen untuk meningkatkan hubungan bilateral di bidang kebudayaan, climate change dan interfaith dialogue. (KEMENLU RI, Tt)

DAFTAR PUSTAKA

  • https://www.bcci.bg/bulgaria.htm
  • https://www.bbc.com/news/world-europe-17202996
  • https://www.worldatlas.com/webimage/countrys/europe/bulgaria/bgland.htm
  • https://www.weatheronline.co.uk/reports/climate/Bulgaria.htm
  • https://worldgoo.com/the-nature-of-bulgaria-rivers-lakes-waterfalls-national-parks-flora-and-fauna-of-the-country/
  • https://flagpedia.net/Bulgaria
  • https://www.worldatlas.com/webimage/countrys/europe/bulgaria/bgsymbols.htm
  • https://www.britannica.com/place/Bulgaria/History#ref253982
  • https://theculturetrip.com/europe/bulgaria/articles/nestinarstvo-bulgarias-ritual-of-firewalking/
  • https://www.iexplore.com/articles/travel-guides/europe/bulgaria/history-and-culture
  • https://visitmybulgaria.com/bulgarian-traditions/
  • https://www.bbc.co.uk/news/world-europe-17205118
  • http://www.fulbright.bg/en/educational-services/education-usa-advising/educational-services-for-visiting-us-schools/educational-system-of-bulgaria/
  • https://www.foreigner.bg/how-does-the-bulgarian-political-system-works/
  • https://www.heritage.org/index/country/Bulgaria
  • https://kemlu.go.id/sofia/id/pages/indonesia_-_bulgaria/2887/etc-menu
  • https://kemlu.go.id/portal/id/read/597/berita/perluas-pasar-ke-eropa-timur-dan-perkuat-kerja-sama-bilateral-menlu-ri-kunjungi-bulgaria