Profil Negara Belarus: Negeri Rusia Putih

Belarus merupakan negara yang terletak dibagian wilayah Eropa Timur. Arti dari kata Belarus itu sendiri adalah Russia Putih. Ada pula yang mengatakan bahwa “Bela” artinya “Putih” sedangkan “Rus” adalah istilah yang diambil dari kondisi geografis dan politis yang berada di Russia.

Belarus adalah negara dengan sejarah panjang yang cukup menarik untuk dipelajari. Artikel ini menyajikan profil negara Belarus lengkap, mulai dari sejarah panjang yang telah dilalui negara Belarus, flora dan fauna, sistem politik, ekonomi dan masih banyak hal lainnya. Simak ya.

PROFIL NEGARA BELARUS

Nama Resmi: Republik Belarus

Presiden Belarus: Aleksandr Lukashenko (sejak 1994 – sekarang/ 2020)

Perdana Menteri Belarus: Sergei Rumas (sejak 2018 – sekarang/ 2020)

Total luas tanah Belarus: 207.600 km²

Populasi: 9,475,2 juta (pada 1 Januari 2019)

Ibukota: Minsk – 1,992,7 juta penduduk

Etnis: Belarusia, Rusia, Polandia, Ukraina dan Yahudi.

Bahasa resmi: Belarusia dan Rusia

Hari Kemerdekaan: 25 Agustus 1991 (dari uni soviet)

Mata uang: Rubel Belarusia (Br)

PDB (2018):  Br121,6 miliar; per kapita: Br12,8 ribu

Area lahan pertanian: 8501 ribu hektar (2018)

Pengangguran: 18,7 ribu penganggur (2018)

GEOGRAFI

Belarus merupakan negara yang terletak di bagian pusat Eropa yang memiliki sejumlah perbatasan internasional dengan negara-negara lain seperti Rusia, Ukraina, Polandia, Lithuania dan Latvia. Secara geografis, Belarus dikurung oleh daratan. Walaupun begitu, Belarus menjadi salah satu wilayah yang sangat strategis bagi negara-negara lain karena dianggap sebagai jalur perdagangan dan transportasinya.

Ibu kota Belarus adalah Minsk, yang merupakan kota modern dan telah masuk dalam kategori standar internasional. Hal ini dibuktikan melalui sarana dan prasarana transportasi seperti bandara, stasiun kereta api, jalanan dan lain-lain. Belarus memiliki sejumlah distrik yaitu Brest, Gomel, Grodno, Minsk, Mogilev dan Vitebsk. Masing-masing distriknya terletak di kota-kota besar.

IKLIM DAN CUACA

Belarus memiliki iklim yang bersifat kontinental moderat yaitu musim dingin yang sejuk dan musim panas yang hangat. Suhunya pun sangat bervariasi. Pada bulan Januari, suhu rata-rata dari -4.5°C hingga -8°C. Sedangkan pada bulan Juli suhu rata-ratanya adalah +17°C hingga +18.5°C.

Belarus memiliki curah hujan tahunan rata-rata 600-700 mm. 70% hujan turun dari bulan April hingga Oktober. Masyarakat Belarus juga dapat menikmati salju setiap tahunnya.

PENDUDUK

Pada umumnya, masyarakat Belarus gemar untuk berbagi kebudayaan, tradisi serta rasa kebersamaannya kepada para pengunjung. Hal inilah yang membuat mereka dikenal sebagai masyarakat yang baik dan ramah.

Lebih dari 80% penduduknya merupakan etnis asli Belarus dan sisanya adalah orang asing yang menetap di Belarus. Berikut adalah kelompok minoritas utama yang membentuk rakyat Belarus:

  • Rusia (8,2%) menetap di wilayah tersebut dan gelombang besarnya dapat dirasakan  setelah terjadinya Perang Dunia Kedua.
  • Polandia (3,1%) telah tinggal di sisi barat negara itu selama berabad-abad
  • Ukraina (1,7%) – gelombang masuk terbesarnya terjadi pada abad ke-18 dan ke-19
  • Yahudi (0,13%) – Yahudi adalah kelompok minoritas pertama yang menetap di Belarus pada abad ke-15, akan tetapi mereka melakukan emigrasi ke Israel dan negara-negara lain sejak 1980-an, hal ini menandakan bahwa populasi Yahudi Belarus sekarang kurang dari 30.000.
  • Kelompok minoritas lainnya di Belarus yaitu Tatar, Roma, Lithuania dan Letts.

KERAJINAN TRADISIONAL

Kerajinan tradisionalnya memiliki sejarah panjang yang tidak terlupakan oleh masyarakat Belarus sehingga kerajinan-kerajinan tersebut masih tetap hidup dan terus dijaga hingga kini. Contoh kerajinannya yaitu menenun, mengukir kayu dan meniup kaca. Tak hanya itu, Belarus juga memiliki tarian rakyat yang disebut Kryzhachok. Bazaar Slavyanskiy di Vitebsk merupakan salah satu festival terbesar yang pernah diselenggarakan di Belarus.

PARIWISATA

Belarus memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik, seperti:

1. Bress Fortress

Bress Fortress merupakan tempat wisata yang dihiasi pemandangan Belarus pada jaman dulu. Didalamnya terdapat sejumlah benteng yang pernah digunakan untuk melindungi diri dari serangan pasukan Jerman.

2. Belovezhkaya Pushcha

Tempat wisata ini berada di daerah perbatasan antara Polandia dan Belarus. Belovezhkaya Pushcha dikenal sebagai lokasi perhutanan terbesar di Eropa. Didalamnya terdapat sejumlah kawanan bison yang pada akhir perang dunia kedua, populasi hewan ini mengalami penurunan hingga hampir punah.

Namun, seorang peneliti asal Polandia berhasil melakukan penelitian terhadap perkembangbiakan bison. Alhasil terdapat sekitar 5000 bison yang masih tetap hidup dan tersebar di kawasan Eropa, khususnya Polandia dan Belarus. Yang tak kalah menarik, pembatas antar kedua negara yang dibangun untuk membedakan masing-masing bison yang dimiliki agar tidak tertukar.

3. Radziwill Castle

Objek wisata ini merupakan kastil dengan gaya renaissance. Sesuai dengan namanya, kastil ini memiliki legenda mengenai Radziwill. Pernah dikisahkan bahwa seorang istri Radziwill tidak pernah disukai oleh ibu mertuanya hingga pada akhirnya ia harus dibunuh dengan sebuah apel beracun.

4. Mir Castle

Tidak jauh dari kastil Radziwill, terdapat terowongan bawah tanah. Di musim panas, terdapat sejumlah jamuan tradisional seperti di abad ke-17 hingga ke-19. Selain itu, para pengunjung juga dapat mengenakan pakaian khas serta menari di sebuah ballroom layaknya pesta zaman dulu.

5. Danau Narach

Danau Narach memiliki luas hingga 79,6 km2 dan panjang mencapai 12,8 km. Sedangkan kedalamannya adalah 24,8m. (Reni, 2019)

FLORA DAN FAUNA

Belarus memiliki 457 spesies vertebrata dan lebih dari 30.000 invertebrata yang tersebar di berbagai wilayahnya. Terdapat 7 kelas spesies yaitu burung (308 spesies), mamalia (81 spesies), ikan bertulang (66 spesies), amfibi (12 spesies) dan reptil (7 spesies). (Fauna of Belarus)

Sekitar sepertiga wilayah Belarus hampir dipenuhi oleh hutan. Terdapat 111 jenis pohon dan sekitar 12.000 spesies tanaman serta jamur yang dapat ditemukan di negara ini terutama pohon cemara dan kayu pinus. Terdapat 13 jenis kayu pinus dan 12 jenis pohon cemara didalamnya. Hutan Bialowieza merupakan hutan yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia, hal ini dikarenakan banyaknya flora dan fauna unik yang dapat ditemukan didalamnya. (Flora and fauna of Belarus)

BIDANG PENDIDIKAN

Sistem pendidikan yang berada di Belarus masih terus berkembang sesuai dengan trend global. Terdapat 51 lembaga pendidikan tinggi, 42 diantaranya perguruan tinggi negeri dan 9 merupakan perguruan tinggi swasta sedangkan sekolah menengah khusus disediakan oleh 215 negara dan 12 perusahaan swasta.

Lembaga pendidikan tinggi di Belarus menyediakan pelatihan berkualitas dengan menggunakan metode dan teknologi modern untuk pascasarjana, studi doktoral, penelitian dan lain sebagainya. Peluang pendidikan bagi warga negara asing terbuka lebar setelah Belarus ikut bergabung dalam proses Bologna pada Mei 2015.

Menempuh pendidikan di Belarus merupakan suatu hal yang manarik karena harganya terjangkau, lingkungan yang bersih, kehidupan budayanya yang tinggi, situasi negara yang stabil serta lokasi geografis yang menguntungkan.

Pendidikan di Belarus mendapat penghargaan yang tinggi dalam dunia internasional, lulusannya dapat bekerja di perusahaan-perusahaan internasional, organisasi pemerintah dan lain-lain. (Education in Belarus)

BENDERA

Bendera Negara Belarus

Belarus merupakan negara yang banyak mengalami sejarah luar biasa. Berbagai macam perjuangan telah dilakukan, khususnya untuk penindasan di masa lalu. Hal inilah yang kemudian menjadi asal usul dari warna merah pada bendera. Sedangkan warna hijau melambangkan harapan dan mendeskripsikan keadaan geografis yang dimiliki Belarus. Dalam bendera Belarus juga terdapat garis vertikal putih dan diisi oleh simbol-simbol ornamen khas nasional Belarus  (Belarus, 2019).

SEJARAH BELARUS

Sejarah panjang Belarus dimulai pada sekitar 40.000 tahun yang lalu ketika orang pertama kali menginjakkan kakinya di sini. Kemudian sejumlah suku seperti suku Indo-Eropa, Slav dan Balt mulai menempati tanah Belarus pada abad ke 3-2 SM. Kelompok etnis Belarus mulai terbentuk pada abad ke 6-8.

Kota Polotsk merupakan kota tertua yang dikenal sejal 862 di Belarus. Lalu 2 kerajaan muncul pada akhir abad ke-10, kerajaan tersebut adalah Polotsk dan Turov yang bergantung pada Kievan Rusia. Belarus menjadi pusat Adipati Agung Lithuania pada abad ke-13 hingga ke-16, salah satu monarki feodal terbesar di Eropa.

Belarus merupakan bahasa yang digunakan oleh Grand Duchy of Lithuania dan ibu kota Novogrudok (wilayah Grodno). Namun pada abad ke-14, ibu kota berganti menjadi Vilnius sehingga pada periode abad pertengahan Belarus dikenal sebagai Litva (Litvanie).

Tahun 1569, Kadipaten Agung Lithuania dan Kerajaan Polandia bersatu untuk membentuk konfederasi Rzecz Pospolita. Konfederasi tersebut terpecah belah pada akhir abad ke-18 sedangkan wilayah Belarus mulai dianeksasi ke kekaisaran Rusia.

Belarus merdeka setelah jatuhnya kekaisaran Rusia. Setelah perang Polandia-Soviet, Polandia menduduki Belarus barat sedangkan Belarus timur menjadi bagian dari Rusia Soviet (Rusia soviet kemudian berubah menjadi Uni soviet pada tahun 1922). Pada tahun 1939, wilayah barat bergabung dengan Uni soviet. Pasukan Nazi menduduki Belarus mulai dari Juni 1941 hingga Juli 1944.

Belarus mencapai kemerdekaannya pada tahun 1991. USSR dibubarkan dan dibentuk suatu badan baru bernama CIS (Commonwealth of Independent States). Pada tahun 1994, Belarus ditetapkan sebagai negara hukum, demokratis, kesatuan dan sosial. (Belarus History)

MEDIA

Pemerintahan Belarus mengendalikan media sehingga menuai kritikan dari sejumlah badan hak asasi manusia. Akibatnya sejumlah pers ditolak dan tidak bisa menerbitkan beritanya. Repoters Without Borders (RSF) mengatakan bahwa media Belarus masuk dalam peringkat ke-155 dari 180 negara dalam indeks kebebasan pers dunia tahun 2018. Freedom House juga mengatakan bahwa pemerintah mengendalikan arus media sepenuhnya.

Televisi merupakan sumber berita utama bagi masyarakat Belarus. Sembilan saluran nasionalnya dikendalikan negara dan pesaing utama dari saluran ini adalah Rusia. Kebanyakan buletin Rusia tidak disiarkan ulang secara langsung, sehingga memungkinkan sejumlah konten dapat dihapus dengan mudah.

Belsat merupakan stasiun TV satelit yang didanai Polandia, mereka berusaha untuk mendapatkan pendaftaran resmi dari pihak berwenang di Belarus. Surat kabar yang dimiliki oleh negara jauh melebihi jumlah yang ada di tangan swasta.

Terdapat sekitar 6,7 juta pengguna internet pada akhir 2017. Internet merupakan media yang paling cepat berkembang meski masih jauh tertinggal dibelakang televisi. Website digunakan oleh para oposisi untuk membuat suara aspirasinya dapat terdengar oleh pemerintah.

Disisi lain, pemerintah telah memberikan pernyataan yang jelas bahwa internet akan dikendalikan. Jejaring sosial yang paling populer adalah VKontakte, diikuti oleh media facebook Rusia dan Odnoklassniki.

Media Pers

  • Sovetskaya Belorussiya (Belarus Segodnya) – Berbahasa Rusia, di terbitkan oleh Administrasi Kepresidenan; SB juga menerbitkan harian Respublika and Narodnya Hazeta.
  • Zvyazda – Akan diterbitkan setiap hari dengan menggunakan bahasa Belarusia. Media ini dijalankan oleh Majelis Nasional dan Dewan Menteri.
  • BDG Delovaya Gazeta – Media ini akan diterbitkan setiap hari dan umunya bersifat pribadi, didalamnya terdapat informasi seputar dunia bisnis.
  • Narodnaya Volya – Media ini akan diterbitkan 2x dalam seminggu dan umumnya bersifat pribadi serta pro-oposisi.
  • BelGazeta – Media ini bersifat pribadi dan akan diterbitkan secara mingguan.
  • Svobodnyye Novosti Plyus– Media ini bersifat pribadi dan akan diterbitkan secara mingguan.

Televisi

  • Belarusian TV – Media ini dijalankan oleh negara. Selain itu, media ini juga mengoperasikan flagship Belarus 1, jaringan hiburan Belarus 2, jaringan budaya Belarus 3, saluran olahraga Belarus 5 dan stasiun satelit Belarus 24.
  • Nationwide TV (ONT) – perusahaan gabungan dengan Russia’s Channel One; mayoritas saham akan dikendalikan oleh negara.
  • STV (Stolichnoye Televideniye) – Media ini dijalankan oleh negara, siaran ulang TV Rusia REN
  • Belsat – berdasarkan Polandia, via satelit dan internet

Radio

  • Belarusian Radio – Media ini dijalankan oleh negara. Selain itu, media ini juga mengoperasikan beberapa jaringan termasuk Saluran 1.
  • Radio BA – Media yang bersifat komersial.
  • Radio Mir – Media yang bersifat komersial.
  • Radio Racja – stasiun pengasingan yang berbasis di Polandia.
  • Euroradio – stasiun pengasingan yang berbasis di Polandia.

Agensi berita atau internet

  • Belta – milik negara, halamannya berbahasa inggris
  • Belapan – pribadi, halamannya berbahasa inggris
  • Charter 97 – situs yang berseberangan dengan oposisi, halamannya berbahasa inggris
  • Tut.by – pribadi, berita portal. (Belarus profile – Media, 2018)

SISTEM POLITIK

Belarus merupakan negara sosial dan negara hukum yang demokratis. Sistem pemerintahanya adalah republik presidensial. Kekuasaan presiden republik dipegang seorang kepala negara. Presiden melambangkan kesatuan bangsa, menjamin implementasi kebijakan dalam maupun luar negeri, mewakili Republik Belarus dalam hubungannya antar negara satu dengan yang lain serta hubungannya antar organisasi internasional.

Kekuasaan legislatif dipegang parlemen bikameral yaitu Majelis Nasional Republik Belarus. Terdapat sistem 2 kamar yaitu kamar bawah atau Dewan Perwakilan Rakyat dan majelis tinggi atau Dewan Republik.

Kekuasaan eksekutif dipegang oleh Dewan Menteri Republik Belarus. Dewan Menteri merupakan badan pusat administrasi negara. Kepala pemerintahan memegang kekuasaan seorang perdana menteri. Pemerintah akan bertanggung jawab terhadap parlemen. Sedangkan kekuasaannya akan diserahkan kepada presiden.

Kekuasaan hakim berada ditangan pengadilan. Sistem peradilannya didasarkan atas prinsip delineasi (penarikan garis batas sementara suatu objek atau wilayah) dan spesialisasi teritorial. Terdapat dua sistem peradilan yaitu mahkamah konstitusi dan sistem pengadilan yurisdiksi umum.

Tinjauan konstitusional terhadap tindakan normatifnya dijalankan oleh Mahkahmah Konstitusi. Sedangkan mahkamah agungnya merupakan pengadilan yurisdiksi umum dan badan peradilan tinggi yang menangani kasus perdata, pidana, administratif dan kasus ekonomi (Political System).

SISTEM EKONOMI

Belarus mendapatkan angka kebebasan ekonomi sebesar 57,9%. Hal ini menjadikan Belarus masuk kedalam peringkat 104 dalam indeks ekonomi paling bebas tahun 2019. Belarus mendapatkan angka yang cukup tinggi dalam bidang kesehatan fiskal sedangkan untuk kebebasan moneternya tidak mampu mengimbangi penurunan termasuk pengeluaran pemerintah dan efektivitas peradilan.

Pertumbuhan ekonomi Belarus didorong permintaan dan investasi domestik. Pemulihan ekonomi Rusia membantu Belarus untuk meningkatkan produk ekspor barang di bidang industri manufaktur. Produk ekspor utamanya memiliki harga global yang lebih tinggi contohnya seperti minyak bumi dan pupuk kalium.

Pemerintah telah sukses dengan sebuah deregulasinya tetapi liberalisasi dalam skala yang lebih luas belum menjadi skala prioritas utama. Keterlibatan negara dalam mengontrol ekonomi justru menghambat pertumbuhan dan pembangunannya, sementara sektor swasta kecil dinomorduakan.

Pasar terbuka

Total nilai ekspor dan impor adalah 133,6% dari PDB. Tarif rata-rata yang diterapkan adalah 1,8%. Kepemilikan negara yang lebih luas serta adanya kontrol pemerintah membuat investasi dan aktivitas keuangan terbatasi. Banyak industri yang pada dasarnya atau secara eksklusif dijalankan oleh pemerintah. Secara tidak langsung hal tersebut dapat merugikan investasi dan perusahaan swasta. Sekitar 85% orang dewasa Belarus memiliki akses akun di lembaga perbankan formal (Belarus).

Struktur komoditas ekspor (2018): Produk mineral 25,9%. Produksi industri kimia dan karet 19,1%. Mobil, peralatan dan kendaraan 16,5%. Logam hitam nonferrous dan produk dari mereka 7,2%. Makanan dan bahan baku pertanian 15,3%. Lainnya 16,0%.

Mitra bisnis ekspor utama Belarus (2018): Rusia, Ukraina, Inggris, Jerman, Belanda, Polandia, Lithuania, Kazakhstan, Brazil dan Latvia.

Struktur komoditas impor (2018): Produk mineral 29,6%. Mobil, peralatan dan kendaraan 24,2%. Logam hitam nonferrous dan produk dari mereka 9,9%. Produksi industri kimia dan karet 14,2%. Makanan dan bahan baku pertanian 11,3%. Lainnya 10,8%

Mitra bisnis impor utama Belarus (2018): Rusia, Cina, Jerman, Ukraina, Polandia, Turki, Italia, Amerika Serikat, Lithuania dan Perancis.

Industri Utama: Metalurgi, teknik mesin (traktor dan pertanian, mobil, pembuatan mesin-alat industri, pembuatan instrumen), teknik radio, teknik elektro, elektronik, industri optik-mekanik dan pengerjaan logam, kimia dan petrokimia, industri lampu, industri makanan.

Bidang spesialisasi dalam pertanian: biji-bijian, kentang, sayuran, bit gula, rami, industri daging dan susu.

Sumber daya alam: kayu, gambut, garam kalium dan batu, ladang minyak dan gas alam kecil, granit, dolomite, batu gamping, tanah liat dan pasir.

KERJASAMA BILATERAL BELARUS DAN INDONESIA

Tahun 2009, wakil menteri luar negeri Belarus berkunjung ke ibu kota Indonesia (Jakarta) untuk berpartisipasi dalam sidang komisi bersama antar pemerintah untuk kerjasama di bidang perdagangan, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi. Disela-sela sidang tersebut juga terdapat forum bisnis Belarus-Indonesia.

Pada tahun 2010, menteri perdagangan Indonesia berkunjung ke Belarus. Forum bisnis juga dibicarakan pada agenda tersebut.Pada tahun 2011, direktur jenderal Amerika dan Eropa kementrian luar negeri Indonesia berkunjung ke Minsk untuk berpartisipasi dalam sidang ketiga komisi bersama antar pemerintah untuk kerjasama di bidang perdagangan, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tahun 2012, menteri luar negeri Belarus berkunjung ke Indonesia dan berbagi isu kerjasama dibidang perdagangan, ekonomi, ilmu pengetahuan, militer dan teknologi. Di tahun yang sama, delegasi wakil pertama ketua state Military-Industrial Commite of Belarus berkunjung ke Indonesia untuk berpartisipasi dalam pameran militer dan teknis “Indo Defense 2012 Expo & Forum”.

Kepala delegasi Belarus juga membahas kerjasama militer beserta teknisnya bersama wakil menteri pertahanan Indonesia, wakil-wakil pimpinan angkatan bersenjata Indonesia dan kepala delegasi resmi. Selain itu, di tahun 2012 juga terdapat kesepakatan kerjasama antara kementrian pertanian dan pangan republik Belarus serta kementrian pertanian Indonesia.

Tahun 2013, wakil menteri luar negeri Belarus berkunjung ke Indonesia untuk berpartisipasi dalam sidang ke-4 bersama antar pemerintah untuk kerjasama di bidang perdagangan, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi dan pada tahun 2014, terdapat pembahasan kembali mengenai kerjasama militer dan teknis.

Pada tahun 2015, wakil  menteri perindustrian Belarus bersama delegasi bisnis melakukan kunjungan ke Indonesia. Kepala delegasi Belarus membahas isu-isu kerjasama dengan mentri riset, teknologi dan pendidikan tinggi Indonesia, wakil menteri bidang kerjasama ekonomi dan keuangan internasional kementrian koordinator bidang perekonomian, direktur jenderal kementrian perhubungan Indonesia dan ketua KADIN Indonesia.

Ditahun yang sama, direktur jenderal Amerika dan Eropa kementrian luar negeri Indonesia melakukan kunjungan ke Belarus untuk berpartisipasi dalam sidang ke-5 komisi bersama antar pemerintah untuk kerjasama dibidang perdagangan, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kedua pihak saling bertukar informasi mengenai perkembangan ekonomi nasional, kerjasama bilateral dibidang ekonomi, perdagangan, investasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, budaya dan pendidikan. Kedua pihak juga menandatangai Agreed Minutes dan memorandum kooperasi antara Republican Unitary Enterprise “Belarusian Telegraph Agency” dan ANTARA pada sidang tersebut(Kerja sama bilateral dengan Republik Indonesia).

DAFTAR PUSTAKA

  • (n.d.). Retrieved from Belarus: https://www.belarus.by/en/about-belarus
  • Belarus. (n.d.). Retrieved from Index of Economic Freedom: https://www.heritage.org/index/country/belarus
  • Belarus. (2019, November 20). Retrieved from The world Factbook: https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/bo.html
  • Belarus History. (n.d.). Retrieved from Development.By: http://development.by/belarus/history/
  • Belarus profile – Media. (2018, Oktober 3). Retrieved from BBC News: https://www.bbc.com/news/world-europe-17941331
  • Belarus profile – Timeline. (2018, Agustus 20). Retrieved from BBC News: https://www.bbc.com/news/world-europe-17941637
  • Education in Belarus. (n.d.). Retrieved from Kedutaan Besar Republik Belarus untuk Republik Indonesia: http://indonesia.mfa.gov.by/id/visit_Belarus/education_Belarus/
  • Fauna of Belarus. (n.d.). Retrieved from Vetliva: https://vetliva.com/belarus/nature/fauna/
  • Flora and fauna of Belarus. (n.d.). Retrieved from Studi files: https://studfile.net/preview/1725165/page:22/
  • Kerja sama bilateral dengan Republik Indonesia. (n.d.). Retrieved from Kedutaan Besar Republik Belarus Untuk Republik Indonesia: http://indonesia.mfa.gov.by/id/bilateral_relations/political/
  • Political System. (n.d.). Retrieved from Belarusian Universal Comodity Exchange: http://www.butb.by/about-belarus/political-system/
  • Reni. (2019, Juli 18). 10 Obyek Wisata Belarus, Tawarkan Pesona Eropa Yang Berbeda. Retrieved from GoTravelly: https://www.gotravelly.com/blog/10-obyek-wisata-belarus-tawarkan-pesona-eropa-yang-berbeda/
  • Vincent. (n.d.). fakta unik negara Belarusia. Retrieved from Wattpad: https://www.wattpad.com/544869966-fakta-unik-dunia-request-open-fakta-unik-negara

Oleh:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *