Profil Negara Bangladesh Lengkap, dari Sejarah hingga Kerjasama dengan Indonesia

Bangladesh merupakan negara yang terletak dibagian Asia Selatan. Negara ini dikenal sebagai negara yang hijau lantaran terdapat banyak tanaman hijau subur serta aliran air yang mengalir disetiap wilayah Bangladesh.

Dalam artikel kali ini, Portal-ilmu.com akan memberikan informasi mengenai profil lengkap negara Bangladesh, mulai dari data geografi, penduduk, pariwisata, sistem pendidikan, kebiasaan adat masyarakatnya hingga hubungan bilateral antara Bangladesh dan Indonesia.

PROFIL BANGLADESH

Ibu kota: Dhaka

Bahasa terbesar: Bangla / Bengali

Etnis: Bengali

Agama terbesar: Muslim dan Hindu

Pemerintah: Republik parlementer

Presiden: Abdul Hamid (masa jabatan untuk kedua kalinya sejak Februari 2018)

Perdana Menteri: Sheikh Hasina Wajed (sejak 2009)

Hari kemerdekaan: 16 Desember 1971 (dari Pakistan barat)

Populasi: 156,186,882.00

Wilayah: 148,460.00 km2

Iklim tropis: Musim dingin (Oktober hingga Maret), musim panas (Maret hingga Juni) dan musim hujan (Juni hingga Oktober)

GEOGRAFI

Bangladesh adalah negara di wilayah Asia Selatan yang memiliki perbatasan 271 km dengan Burma, 4.142 km dengan India. Kondisi perbatasan tersebut membuatBangladesh pernah tersangkut dalam kasus klaim perbatasan maritim dengan Burma dan India terkait hukum laut. Kasus ini kemudian dibawa ke Pengadilan Internasional.

Bangladesh memiliki ketinggian geografis kira-kira 85 meter diatas permukaan laut. Terdapat beberapa iklim tropis yaitu musim dingin, musim panas dan musim hujan.

Luas wilayah Bangladesh kira-kira 148.460,00 km2, yang terdiri dari 12,32% air dan 130.170,00 km2 tanah. Koordinat geografisnya adalah 24 00 N, 90 00 E, sedangkan ibu kotanya terletak di Dhaka.

Beberapa sungai terpanjang yang dimiliki oleh Bangladesh yaitu sungai Brahmaputra (2.900 km), sungai Surma (900 km), sungai Atrai (390 km), sungai Madhumati (372 km), sungai Mahananda (360 km) dan lain-lain.

Tahun 2019, pemerintah Bangladesh memberi sungai-sungai tersebut hak hukum yang setara dengan manusia untuk melindunginya dari polusi dan segala perusakan yang ada. Tak hanya itu, Bangladesh juga memiliki hutan dengan sejumlah kekayaan alam didalamnya, hutan itu adalah Sundarban. Sundarban merupakan hutan mangrove terbesar di dunia. Hutan ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia sejak 1987.   

FLORA & FAUNA

Kekayaan fauna yang dimiliki Bangladesh menjadikan negara ini sebagai surga ornitologis. Di antaranya terdapat bulbul, magpie, robin, cuckoo, elang, burung hantu, burung gagak, kingfishers, pelatuk, burung beo, myna serta warbler. Sebagian dari spesies tersebut merupakan spsesies migrasi yang hanya datang pada saat musim dingin saja.

Royal Bengal Tiger of Sunderbans merupakan tempat bagi para spesies seperti rusa tutul, rusa menggongong, macan dahan, macan tutul, luwak, serigala, monyet rhesus dan yang paling sering dikenal adalah sambar.

Terdapat sekitar 150 spesies reptil seperti penyu, sungai, kura-kura lumpur, buaya, gavial, python, krait dan kobra. 200 spesies yang berasal dari hewan laut seperti udang dan lobster. Disisi lain, Chattogram Hill Tracts merupakan tempat untuk hewan seperti gajah, beruang hitam dari Himalaya Selatan dan beruang Melayu.

Di tempat rawa-rawa, kolam dan sebagainya terdapat tumbuhan pakis, hidrofit dan rerumputan. Daratannya dapat ditumbuhi oleh tanaman padi dan rami. Sebagian di tempat rumah-rumah warga terdapat rumpun bambu, tanaman hijau, pohon palem dan buah-buahan seperti pohon mangga, kelengkeng, tebu dan tembakau.

Kondisi tanah di daerah Sylhet yang terletak dekat dengan Himalaya umumnya terlihat lembab dan luas. Terdapat banyak kawanan unggas liar di setiap musim dinginnya, selain unggas terdapat pula bebek, pochard Baer dan Pallas ‘Fish Eagle.

Di sepanjang perbatas India dekat daerah Srimongal terdapat pohon cemara dan pohon jati. Sedangkan hutannya banyak ditempati oleh berbagai macam burung hutan, Trogon berambut merah, pemakan lebah dan lain-lain. Pantainya dihuni berbagai macam hewan migrasi seperti Spoonbilled Sandpiper, Nordman Greenshank dan kawanan Indian Skimmers(Discovery Bangladesh).

Beda musim maka berbeda pula tumbuhan yang tumbuh. Bunga yang terdapat di Bangladesh yaitu Hyacinth air, Jasmine, Water Lily, Bunga mawar, Hibiscus (Bunga sepatu), Burgenvile, Magnolia, Anggrek dan lain-lain.

POPULASI

Terdapat sekitar 156.186.882 populasi yang menduduki negara ini. Mayarakat Bangladesh sering menggunakan bahasa Bangla atau Bengali untuk kegiatan sehari-harinya. Bahasa Bengali merupakan bahasa Indo-Aryan, yang didalamnya terdapat bentuk aksara dengan gaya abugida yang tersegmentasi.

Sekitar 90% masyarakat Bangladesh menggunakan bahasa Bengali yang berstandar modern dan 80% berbicara dalam standar yang tidak modern. Selain bahasa Bengali, masyarakat juga sering menggunakan bahasa inggris.

PENDIDIKAN

Sistem pendidikan di Bangladesh telah ditetapkan sejak jaman pemerintah Inggris. Terdapat 3 tingkatan sistem pendidikan yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Pendidikan dasar dan menengah adalah hal yang wajib diikuti seluruh masyarakat Bangladesh.

Pendidikan dasar terdiri dari 8 tahun sedangkan pendidikan menengah berlangsung selama 4 tahun. Pendidikan menengah dibagi menjadi 2 kategori yatu tingkat yang lebih rendah dan tingkat yang lebih tinggi. Ujian publik akan diadakan setiap akhir sekolah.

Beberapa perguruan tinggi besar yang terdapat di Bangladesh yaitu Universitas Dhaka (1921), Universitas Rajshahi (1953) dan Universitas Chittagong (1966), Universitas Jahangirnagar (1970), Universitas Pertanian Bangladesh (1961), Universitas Teknik dan Teknologi Bangladesh (1962), Universitas Islam (1980). Selain itu, terdapat pula perguruan tingi kedokteran dan institut kedokteran pascasarjana di Dhaka lengkap dengan rumah sakitnya masing-masing. (Education)

KEHIDUPAN DAN KEBIASAAN MASYARAKAT BANGLADESH 

Sebagian besar pernikahan diatur secara langsung oleh orang tua dan para kerabat dekatnya. Namun tidak menutup kemungkinan seorang laki-laki dan perempuan dapat memilih pasangannya sendiri.

Hari besar Bangladesh terdapat pada bulan Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha. Pada umumnya setiap keluarga akan saling mengunjungi keluarga lainnya, hal itu merupakan cara mereka untuk tetap menjaga tali persilaturahmian.

Makanan pokok masyarakat Bangladesh adalah beras, kacang-kacangan dan ikan. Selain makanan pokok tersebut, mereka juga sering mengkonsumsi daging kambing dan daging sapi. Hal yang menarik pada saat melakukan acara pernikahan terdapat pada makanan khasnya. Makanan yang paling umum disediakan saat acara pernikahan adalah nasi yang dilengkapi daging dan bumbu kari.

Pakaian yang sering digunakan kaum laki-laki di pedesaan adalah Lungi. Lungi merupakan sehelai kain yang dililitkan pada bagian bawah tubuh dan dilengkapi rompi pendek. Sedangkan pakaian yang sering digunakan kaum laki-laki yang berasal dari kelas atas adalah piyama. Piyama merupakan celanan berbahan dasar kain katun, dilengkapi kemeja tanpa kerah yang disebut Panjabi. Dalam acara formal, mereka sering menambahkan jaz agar terlihat lebih elegan dan menawan.

Kaum perempuan Bangladesh sering menggunakan kain Sari. Namun bagi anak-anak perempuan atau perempuan yang lebih muda lebih sering menggunakan Shalwar Kamiz yaitu kombinasi kemeja sebetis dengan celana sutera longgar atau celana katun yang bertumpuk di atas pergelangan kaki.

PARIWISATA

Keindahan pemandangan serta budayanya yang tinggi membuat sektor parwisitawa Bangladesh cukup menarik bagi para wisatawan dunia. Beberapa destinasi wisata Bangladesh yang menarik, adalah :

Ahzan Manzil (Istana Pink)

Ahsan Manzil terletak di daerah Sadarghat, dikenal sebagai oasis berdinding kedamaian dan ketenangan. Istana ini dibangun antara tahun 1859 dan 1872. Selain itu, Ahsan Mazil juga merupakan tempat kediaman bagi Nawab di Dhaka (mirip dengan gelar bangsawan Inggris).

Istana ini mengingatkan masyarakat Bangladesh pada masa kolonial. Hal ini terlihat dari arsitektur-arsitekturnya yang megah dengan unsur desain Mughal. Selain itu, bangunanya didominasi kubah besar yang menutupi ruang segi delapan serta tangga lebar yang mengarah ke portal melengkung. Istana ini kemudian diubah menjadi tempat museum pada tahun 1985. (Dhaka, Bangladesh)

Jaflong

Jaflong merupakan tempat stasiun yang berada di wilayah perbukitan. Letaknya berada di Gowainghat Upazila, distrik Sylhet. Selain itu, Jaflong juga dikenal sebagai tempat bagi para suku Khasia. Para pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan bukit yang sejuk, kebun teh, bebatuan yang bergulir serta hutan hujan yang lebat. (Nayeem, Jaflong)

St. Martin’s Island (Pulau Martin)

Pulau Martin adalah pulau kecil yang terletak di bagian timur laut Teluk Benggala. Pulau ini hanya memiliki panjang 8 kilometer dan lebar 1 kilometer. Para pengunjung dapat melakukan snorkeling di pulau ini. Pulau ini hanya dibuka pada bulan November hingga Februari. (Jensen, 2019)

Ratargul Swamp Forest (Hutan rawa ratargul)

Hutan Rawa Ratargul terletak di sungai Gowai, kota Sylhet. Didalamnya terdapat hutan rawa air tawar, ikan, ular, monyet, kadal, serangga dan burung. Sebagian besar pohonnya adalah pohon Koroch (Pongamia Pinnata). Ratargul juga disebut sebagai Amazon Bangla dan Sundarban Sylhet. Hutan ini dilestarikan dibawah Departemen Kehutanan, Pemerintah Bangladesh. (Nayeem, Monirul Islam Roni dan Handala Hamim)

Lalbagh Fort (Benteng Aurangabad)

Benteng Lalbagh dapat disebut sebagai benteng Aurangabad. Bangunan ini mulai dibangun pada tahun 1678 masehi oleh seorang putra kaisar Aurangzeb yaitu Mughal Subahdar Muhammad Azam Shah. Benteng ini terletak di depan sungai Buriganga, bagian barat daya Dhaka. Bangunan ini merupakan kombinasi dari 3 bangunan yaitu masjid, makam bibi Pari dan Diwan-i-Aam. Selain itu, terdapat pula terowongan bawah tanah serta air mancur yang menghubungkan ketiga bangunan tersebut yaitu dari timur ke barat dan utara ke selatan. (Nayeem, Fort)

BENDERA

Bendera Negara Bangladesh

Bentuk bendera Bangladesh menyerupai persegi panjang berwarna hijau dan didalamnya terdapat bentuk lingkaran merah. Lingkaran merah mewakili matahari dan “darah pembebasan” sedangkan latar hijau dibelakangnya mewakili lanskap dari negara Bangladesh itu sendiri.

Lingkaran merah tersebut tidaklah benar-benar tepat berada diposisi tengah melainkan sedikit kearah kanan. Bentuk bendera ini dirancang dan dikembangkan sedemikian rupa oleh Quamrul Hassan yang merupakan seorang aktor dan seniman di Bangladesh. Sebelumnya, bentuk bendera Bangladesh pernah dirancang oleh para mahasiswa dan anggota Swadheen Bangla Nucleus, seorang pejuang kemerdekaan. (Graphic Maps, 2018)

LAMBANG NEGARA

Lambang Negara Bangladesh

Dalam lambang nasional Bangladesh terdapat bunga Shapla (teratai air) yang dikelilingi dua padi, air yang mengalir, empat bintang serta tiga daun goni. Bunga Shapla adalah bunga nasional Bangladesh, bunga ini mewakili banyak sungai yang mengalir. Sedangkan empat bintang diatas mewakili empat prinsip dasar Bangladesh yaitu nasionalisme, sekularisme, sosialisme dan demokrasi. Lambang ini kemudian diadopsi pada tahun 1971. (Moen, 2015)

SEJARAH BANGLADESH

Sejarah panjang Bangladesh berawal bersamaan dengan sejarah India dan Pakistan. Hal ini berawal pada abad pertengahan, ketika para ilmuan geografi menemukan “surga” di mulut sungai Gangga, surga itu disebut sebagai Benggala. Sejarah awal wilayah ini ditandai adanya suksesi kerajaan India, kekacauan internal dan pergolakan antara Hindu dan Budha untuk mendominasi.

Kerajaan yang pernah bersentuhan dengan Bangladesh adalah Kerajaan Moghul, yang sempat dikuasai kekuatan dari Portugis dari Eropa. Hingga akhirnya, Pemerintah Inggris membentuk East India Company dan membuat struktur organisasi dan sosial yang tak tertandingi di Bengal.

Kolonialisme Eropa berjalan dengan baik pada akhir perang dunia kedua dan India mencapai kemerdekaannya pada tahun 1947. Namun, masih ada konflik yang memecah belah wilayah, khususnya Bengal. Bengal dipersulit dengan berbagai macam konflik agama internal.

Inggris menyadari bahwa umat Muslim dan Hindu tidak mungkin bisa mencapai kesepakatan untuk membagi anak benua (Bengal) tersebut. Bengal dan Punjab merupakan wilayah yang dipenuhi oleh umat Islam. Selain itu, uang dan rami diproduksi di Bengal namun pengiriman dan prosesnya dikirim  dari kota Calcutta yang dipenuhi oleh umat Hindu.

Benggala Timur menjadi negara bagian dari Pakistan Timur. Ketidaksetaraan antara kedua wilayah tersebut membuat rasa nasionalisme Bengali meningkat. Pemerintah Pakistan menyatakan bahwa Urdu akan menjadi bahasa Nasional sehingga membuat masyarakat Bengali bergerak dan segera membentuk identitas budaya mereka sendiri.

Mereka berusaha mengembalikan bahasa Bangla. Ketika Liga Awami memenangkan pemilihan nasional pada 1971, Bangladesh mengumumkan kemerdekaanya secara sepihak. Mendengar hal itu, Pakistan segera mengirim pasukanya untuk menghentikan pemberontakan.

Perang ini berlanjut pada jaman modern, membuat tentara Pakistan menduduki semua kota besar, menggunakan napalm untuk melawan desa-desa setempat dan membuat kekacauan. Masyarakat Bangladesh menyebut tindakan tersebut sebagai upaya genosida. Sheikh Mujib adalah satu pendiri Liga Awami dan menjadi perdana menteri pertama pada Januari 1972, tapi ia dibunuh pada tahun 1975.

Negara Bangladesh yang masih barumengalami kelaparan pada tahun 1973-1974 sehingga akhirnya mulai bangkit pada 1979 dengan demokrasi yang dipimpin oleh Presiden Zia.Ia menjalin hubungan yang baik dengan kaum Barat dan negara-negara Islam yang kaya akan minyak tapi tak lama kemudian ia dibunuh. Itu membuat Bangladesh harus kembali kepada sistem militer dan segera mengadakan pemilihan. Kondisi ini disambut gembira oleh pers lokal karena Bangladesh dianggap sudah benar-benar demokrasi.

Tahun 1991, pemerintah Bangladesh membangun demokrasinya. Kondisi ekonominya meningkat dan hubungan dengan barat menjadi semakin kokoh. Begum Khaleda Zia adalah perdana menteri saat itu. Pada bulan Maret, ia mengundurkan diri dan diganti oleh Mihammad Habibur Rahman.

Sedangkan koalisi pemerintah dipimpim oleh Sheikh Hasina Wazed yang berasal dari liga awami. Pada Oktober 2001, partai Nasionalis Bangladesh memenangkan pemilihan parlemen dan Begum Khaleda Zia dilantik sebagai perdana menteri (History of Bangladesh).

MEDIA BANGLADESH

TV adalah media paling populer di Bangladesh. Stasiun BTV milik negara adalah satu-satunya jaringan yang dapat mencakup seluruh wilayah nasional. Saluran satelit, kabel dan stasiun televisinya memiliki jumlah penonton yang cukup besar. Salah satu radio milik negara adalah BBC World Service, salurannya tersedia dalam bahasa Inggris dan bahasa Bengali.

Media Bangladesh umumnya cenderung terpolarisasi, tergantung faksi politik utama. Freedom House mengatakan bahwa wartawan dan media menghadapi tuntutan hukum, pelecehan dan serangan fisik. Undang-undang keamanan digital 2018 memungkinkan hukuman penjara untuk “propaganda negatif”.

Media Pers

  • The Daily Star – Menggunakan bahasa inggris
  • New Age – Menggunakan bahasa inggris dan akan dipublikasi setiap hari
  • The New Nation – Menggunakan bahasa inggris dan akan dipublikasi setiap hari
  • The Independent – Menggunakan bahasa inggris dan akan dipublikasi setiap hari
  • Daily Sun – Menggunakan bahasa inggris
  • Holiday – Menggunakan bahasa inggris dan akan dipublikasi setiap minggu
  • Prothom Alo – Menggunakan bahasa inggris dan akan dipublikasi setiap hari untuk masyarakat Bengali
  • Dainik Ittefaq – Menggunakan bahasa inggris dan akan dipublikasi setiap hari untuk masyarakat Bengali
  • Dainik Jugantor – Akan dipublikasi setiap hari untuk masyarakat Bengali

Media Televisi

  • Bangladesh Television (BTV) – Dikelola oleh pemerintah
  • ATN Bangla – Bersifat pribadi dan akan diterbitkan melalui via satelit dan kabel
  • Channel i – Bersifat pribadi dan akan diterbitkan melalui via satelit dan kabel
  • NTV – Bersifat pribadi dan akan diterbitkan melalui via satelit dan kabel
  • RTV – Bersifat pribadi dan akan diterbitkan melalui via satelit
  • Ekushey TV – Bersifat pribadi dan akan diterbitkan melalui via satelit

Media Radio

  • Betar-Radio Bangladesh – Dikelola oleh pemerintah, jaringan operator A, B dan C dari Dhaka dan juga layanan lokal
  • Radio Today FM – Bersifat pribadi-dimiliki
  • Radio Foorti FM – Bersifat pribadi-dimiliki
  • ABC Radio – Bersifat pribadi-dimiliki

Agen berita atau internet

  • Bangladesh Sangbad Sangstha (BSS) – Bersifat resmi dengan menggunakan bahasa Inggris
  • bdnews24 – Bersifat pribadi
  • Banglanews24.com – Bersifat pribadi

SISTEM EKONOMI

PDB Bangladesh sebesar $628.000.000.000,00 (USD) dengan $3.900,00 (USD) per kapita. Nilai ini membuat Bangladesh memiliki ekonomi yang kuat, masuk dalam peringkat ke-33. Sedangkan warganya masuk dalam peringkat ke-170.

Bangladesh menggunakan mata uang berupa Taka (BDT). Negara yang menjadi mitra ekspor utama Bangladesh adalah Amerika Serikat, Jerman dan Inggris sedangkan mitra impornya adalah China, India dan Singapura.

Produk ekspor terdiri dari garmen, pakaian rajut dan produk pertanian sedangkan produk impornya terdiri dari kapas, bahan kimia, besi dan baja serta bahan makanan.

SISTEM POLITIK

Tahun 1966 merupakan tahun terakhirratifikasi konstitusi Bangladesh. Bangladesh menganut sistem pemerintahan demokrasi parlementer sedangkan kekuasaan eksekutifnya berada ditangan Perdana Menteri.

Dhaka merupakan ibu kota sekaligus tuan rumah bagi gedung-gedung pemerintahan seperti Jatiya Sangsad Bhaban (Gedung Parlemen), Istana Bangabhaban (Istana Kepresidenan) dan Ganabhaban (kediaman resmi Perdana Menteri).

Pemilihan umum dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Masyarakat yang telah berusia lebih dari 18 tahun dapat mengikuti pemilihan umum tersebut. Presiden hanya dapat memiliki 2 periode masa jabatan sedangkan perdana menteri tidak memiliki waktu masa jabatan tertentu.

KEAMANAN DAN MILITER BANGLADESH

Pasukan militer dan keamanan Bangladesh terdiri dari pasukan militer dan keamanan yang berada dibawah kementerian pertahanan atau yang setara dengan  pasukan darat, angkatan laut, udara dan laut serta yang termasuk dalam kementerian dalam negeri atau yang setara dengan gendarmeries, perbatasan atau penjaga pantai, polisi paramiliter dan pasukan keamanan internal lainnya. Angkatan pertahanan Bangladesh meliputi angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara.

Rata-rata masyarakat Bangladesh yang telah berusia 16 hingga 21 tahun diwajibkan untuk mengikuti dinas militer.

Ancaman Maritim yang dihadapi Bangladesh adalah perairan teritorial Bangladesh yang berisiko apabila terjadi perampokan bersenjata terhadap kapal. Pada tahun 2018 jumlah serangan terhadap kapal komersial meningkat menjadi 12 dari 11 insiden yang terjadi pada tahun 2017.

ISU TRANSNASIONAL BANGLADESH

Perselisihan – Internasional

Bangladesh pernah mengklaim batas maritimnya dengan Burma dan India, isu ini dibawa hingga ke tingkat pengadilan internasional dan didalamnya terdapat pembahasan mengenai hukum laut. Pada September 2011, Perdana Menteri India Singh mengunjungi Bangladesh dan berhasil mencapai kesepakatan antar kedua negara.Kesepakatan tersebut dilengkapi dengan penandatanganan protokol atas perjanjian batas wilayah 1974.

Bangladesh juga pernah berjuang untuk kaum Rohingya. Bangladesh membuka diri untuk menampung sekitar 912.000 masyarakat Rohingya. Mereka adalah kaum minoritas muslim di Burma yang berasal dari Rakhine dan mengungsi di Cox’s Bazar.

Burma membangun pagar kawat sepanjang 200 kilometer (124 mil), tujuannya adalah untuk mencegah adanya transit lintas batas ilegal dan ketegangan yang disebabkan oleh adanya peningkatan militer di sepanjang perbatasan.

Narkotika dan obat-obatan terlarang

Masyarakat Bangladesh dengan mudahnya melakukan transit untuk mendapatkan obat-obatan terlarang yang diproduksi dari negara-negara tetangga. Sekitar 2,5 juta anak-anak Bangladesh merupakan pecandu narkotika. Sayangnya, hal tersebut justru menjadi suatu hal yang lumrah terutama di ibu kota Bangladesh.

Anak-anak yang sering dijadikan target para pengedar narkoba adalah anak jalanan. Terdapat sekitar 85 persen anak jalanan yang menderita penyalahgunaan narkoba, hal tersebut disampaikan oleh Forum Anak-anak Bangladesh (BSAF). Ogranisasi non-pemerintah yang berbasis di Dhaka juga menyampaikan bahwa terdapat 19 persen anak-anak menggunakan heroin sedangkan 28 persen menggunakan tablet dan 8 persen lainnya menyuntikan narkotik.

Departemen Pengendalian Narkotik menemukan fakta bahwa anak-anak yang berusia 8 hingga 10 tahun rata-rata mengkonsumsi ganja, rokok dan pengisap lem sedangkan anak-anak yang berusia 12 hinga 18 tahun menggunakan senyawa phensedyl yaitu senyawa yang mudah ditemukan pada sirup batuk dan heroin. (Alam, 2018)

HUBUNGAN BILATERAL BANGLADESH DENGAN INDONESIA

Pada tahun 2014 KBRI Dhaka melakukan berabgai kegiatan reguler dalam bidang politik dan keamanan. Pada tahun 2018, Republik Indonesia dan Bangladesh memperkokoh kerjasama di bidang industri.Menteri perindustrian mewakili pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasinya terhadap Bangladesh karena telah mempercayai PT INKA untuk mendukung pengembangan konektivitas Bangladesh.

Perusahaan industri kereta api tersebut secara bertahap mengirimkan 400 gerbong kereta ke Bangladesh. Menteri perindustrian juga menyampaikan bahwa PT. Japfa Comfeed Indonesia berencana mendirikan pabrik baru di Bangladesh, fokus utamanya adalah untuk menghasilkan produk pakan ternak. (Kemenperin)

Tahun 2019, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Bangladesh AK Abdul Momen di Dhaka dan sepakat untuk terus meningkatkan kerjasama dibidang ekonomi melalui PTA (Preferential Tariff Agreement). Selain itu, terdapat pula pembahasan mengenai upaya penyelesaian draft Sales and Purchase Agreement for LNG Supply dan pembahasan mengenai isu Rakhine State. (Akbar, 2019)

Daftar Pustaka

  • Akbar, N. (2019). Indonesia-Bangladesh Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Melalui PTA. Retrieved from jpp.go.id: https://jpp.go.id/ekonomi/perdagangan/329871-indonesia-bangladesh-sepakat-tingkatkan-kerja-sama-ekonomi-melalui-pta
  • Alam, S. (2018, 01 27). Anadolu Agency. Retrieved from Penggunaan narkotik di kalangan anak Bangladesh kian mengerikan: https://www.aa.com.tr/id/headline-hari/penggunaan-narkotik-di-kalangan-anak-bangladesh-kian-mengerikan/1024278
  • BBC NEWS. (2019, February 26). Retrieved from Bangladesh profile – Timeline: https://www.bbc.com/news/world-south-asia-12651483
  • BBC NEWS. (2019, August 27). Retrieved from Bangladesh profile – Media: https://www.bbc.com/news/world-south-asia-12650946
  • Centra Intelligence Agency. (2019, November 4). Retrieved from South Asia: Bangladesh: https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/bg.html#
  • Dhaka, Bangladesh. (n.d.). Retrieved from Atlas Obscura: https://www.atlasobscura.com/places/ahsan-manzil-pink-palace
  • Discovery Bangladesh. (n.d.). Retrieved from Flora & Fauna: https://www.discoverybangladesh.com/fauna-flora.html
  • Education. (n.d.). Retrieved from Britannica: https://www.britannica.com/place/Bangladesh/Education
  • Graphic Maps. (2018, January 17). Retrieved from Bangladesh: https://www.graphicmaps.com/bangladesh
  • History of Bangladesh. (n.d.). Retrieved from portal.gov.bd: http://www.rhd.gov.bd/OverviewOfBangladesh/History.asp
  • Jensen, J. (2019, Juli 24). Discovering The Stunning Saint Martin’s Island, Bangladesh. Retrieved from Zafigo.com: https://zafigo.com/stories/zafigo-stories/saint-martins-island-bangladesh/
  • KBRI di Dhaka, Republik Rakyat Bangladesh. (n.d.). Retrieved from Hubungan Bilateral Indonesia – Bangladesh: https://kemlu.go.id/dhaka/id/pages/hubungan_bilateral_indonesia_-_bangladesh/2218/etc-menu
  • Kemenperin. (n.d.). RI-Bagladesh perkokoh kerjasama industri kereta api sampai pakan ternak. Retrieved from Kementrian Perindustrian: https://kemenperin.go.id/artikel/19005/RI-Bangladesh-Perkokoh-Kerja-Sama-Industri-Kereta-Api-Sampai-Pakan-Ternak
  • Moen, J. (2015, September 29). Bangladeshi Symbols. Retrieved from Worldatlas: https://www.worldatlas.com/webimage/countrys/asia/bangladesh/bdsymbols.htm
  • Nayeem. (n.d.). Fort. Retrieved from Offroad Bangladesh: http://offroadbangladesh.com/places/lalbagh-fort/
  • Nayeem. (n.d.). Jaflong. Retrieved from Offroad Bangladesh: http://offroadbangladesh.com/places/jaflong/#
  • Nayeem, Monirul Islam Roni dan Handala Hamim. (n.d.). Forest. Retrieved from Offroad Bangladesh: http://offroadbangladesh.com/places/ratargul-swamp-forest/
  • Shisia, M. (2017, Agustus 1). Travel. Retrieved from Worldatlas.com: https://www.worldatlas.com/articles/fun-facts-about-bangladesh.html