Mengenali Negara Australia

Hai, teman. Belajar bersama yuk. Aku ingin kita belajar untuk mengenali negara Australia. Kita akan kupas tuntas dan secara mendalam, semua hal yang berhubungan dengan negara Australia.

Peta Australia

Bentuk Negara Australia

Nama Negara : Persemakmuran Australia
Bendera Negara Australia

Ada tiga bendera resmi yang dimiliki oleh negara Australia, yaitu Bendera Nasional Australia, Bendera Aborigin Australia, dan Bendera Penduduk Pribumi Pulau Selat Torres.

Bendera Nasional Negara Australia

bendera negara australia
via: pixabay.com

 Sejarah Bendera Australia

Bendera Negara Australia memiliki sejarah dalam pembuatannya. Pada tanggal 29 April 1901, Pemerintah Persemakmuran mengumumkan tentang sauatu kompetisi yang akan di adakan di Australia. Kompetisi tersebut berhubungan dengan merancang bendera federal negara Australia. Dalam kompetisi tersebut, terdapat sekitar 33 ribu desain bendera yang diikutsertakan agar menang menjadi bendera federal negara Australia. Kompetisi rancangan bendera federal negara Australia tersebut, diikuti dari berbagai kalangan, baik pria, wanita, maupun anak – anak.

Pada tanggal 3 September 1901, istri dari Gubernur Jenderal, yaitu Lady Hopetaun menghadiri sebuah upacara yang diselenggarakan oleh Royal Exhibition Building di Melbourne, Australia. Kehadiran Lady Hopetaun tersebut untuk membuka pameran yang berisi tentang semua desain bendera yang mengikuti kompetisi rancangan bendera negara federal Australia.

Pameran rancangan bendera federal negara Australia tersebut juga dihadiri oleh perdana menteri Australia. Perdana Menteri Australia tersebut bernama Edmund Borton. Dalam acara yang diselenggarakan di Royal Exhibition Building, di Melbourne, Australia, Edmund Borton mengumumkan lima pemenang perancang bendera Australia. Nama pemenang tersebut, yaitu:

  1. Ivor Evans, merupakan siswa sekolah menengah di Melbourne yang masih berusia 14 tahun.
  2. Leslie John Hawkin, merupakan seorang remaja yang sedang magang bersama dengan dokter mata.
  3. Egbert John Nuttal, merupakan seorang arsitek yang berasal dari Melbourne.
  4. Annie Dorrington, merupakan seorang seniman yang berasal dari Perth.
  5. William Stevens, merupakan seorang warga yang berasal dari Auscland, Selandia Baru.

Kelima orang tersebut, terpilih sebagai pemenang sebab memiliki persamaan dalam rancangan bendera negara federal Australia. Kesamaan tersebut yaitu dalam hal bintang dan palang. Kedua persamaan itulah yang menjadikan mereka pemenang.

Adapu arti gambar dalam Bendera Negara Australia, yaitu sebagai berikut.

Bendera nasional negara Australia memiliki makna yang menunjukkan tentang kebebasan dan demokrasi dari bangsa – bangsa yang menyatu dalam semangat dan memiliki tujuan yang sama. Hal tersebut disebabkan karena asal rakyat di negara Australia yang berasal dari berbagai negara yang ada di kawasan Eropa sampai Asia.

Bintang Southern Cross dalam bendera negara Australia melambangkan tentang lokasi Australia yang berada pada bagian selatan dari garis khatulistiwa.

Enam bintang dalam bendera negara Australia ini melambangkan tentang adanya enam negara bagian yang ada di Australia (pada tahun 1908, bintang enam titik tersebut diubah menjadi tujuh titik, yang dimaksudkan untuk menunjukkan negara bagian yang terdiri dari 6 titik dan wilayah negara yang diwakili oleh satu titik). Bintang ini juga disebut sebagai bintang persemakmuran atau Commonwealth Star.

Palang Union Jack dalam bendera negara Australia melambangkan tentang Australia sebagai bagian dari negara persemakmuran di bawah pemerintahan Inggris.  Palang Union Jack juga memiliki makna bahwa Australia memiliki sistem demokrasi yang bersifat parlementer, memiliki hukum, dan kebebasan untuk mengeluarkan pendapat.

Bendera Aborigin Australia

bendera aborigin
via: www.cicak2.com.au

Bendera suku aborigin yang memiliki warna hitam, merah, dan bulatan kuning ini memiliki makna, sebagai berikut.

Separuh dari bagian bendera yang berwarna hitam tersebut, melambangkan tentang orang – orang aborigin yang hidup dan tinggal di Australia.

Separuh dari bagian bawah yang berwarna merah tersebut, melambangkan tentang bumu dan hubungan spiritual pada tanah.

Bulatan kuning yang terdapat dalam bendera suku aborigin tersebut melambangkan tentang matahari.

Bendera Penduduk Pribumi Selat Torres

bendera torres
via: www.cicak2.com.au

Bendera penduduk pribumi selat torres ini memiliki warna hijau, biru, hitam, dan putih. Adapun makna dari bendera penduduk selat Torres tersebut, yaitu sebagai berikut.

Garis – garis yang berwarna hijau yang terdapat dalam bendera tersebut melambangkan tentang tanah.

Panel biru yang terdapat di bagian tengah bendera melambangkan tentang laut.

Garis – garis hitam yang terdapat dalam bendera tersebut melambangkan tentang penduduk pribumi di selat Torres.

Hiasan kepala penari yang berwarna putih di bagian tengahnya merupakan lambang dari semua penduduk pribumi di selat Torres.

Titik – titik bintang putih yang terdapat dalam bendera melambangkan tentang kelompok – kelompok pulau yang terdapat di selat Torres Strait.

Warna putih yang terdapat dalam bendera tersebut melambangkan tentang perdamaian.

Lambang Negara Australia

Lambang persemakmuran atau commonwealth coat of arms merupakan lambang resmi yang dimiliki oleh negara Australia. Lambang negara ini melambangkan tentang persatuan nasional dari negara Australia. Lambang negara ini mengidentifikasikan tentang otoritas dan tanah milik persemakmuran Australia. Adapun pejabaran dari masing – masing gambar yang terdapat di lambang negara Australia, yaitu sebagai berikut.

Perisai yang terdapat di tengah lambang negara Australia tersebut melambangkan tentang enam negara bagian dan federasi.

Seekor kangguru dan seekor emu yang menyangga perisai di kedua sisi tersebut melambangkan tentang binatang asli (kangguru) dan burung asli (emu) yang terdapat di Australia.

Bintang persemakmuran atau commonwealth star emas yang dapat dilihat di atas perisai.

Latar belakang lambang negara Australia berupa wattle emas, yang melambangkan tentang bunga nasional Australia.

Bunga Nasional Negara Australia → Wattle Emas. Pohon kecil ini dapat dijumpai terutama di Australia bagian tenggara. Daun pohon wattle emas ini berwarna hijau terang dan warna bunganya keemasan yang bersemi pada saat musim semi.

Warna Nasional Negara Australia → Hijau dan Emas

Batu Permata Nasional Australias → Opal. Berdasarkan legenda suku aborigin, yaitu pelangi yang menyentuh bumi dan memberikan warna – warna pada permata opal.

Lagu Kebangsaan negara Australia → Advance Australia Fair. Lagu ini mempersatukan bangsa dan sebagai pengungkapan umum tentang kegembiraan dan kebanggaan menjadi seorang warga Australia.

Hari – Hari Besar Negara Australia → Australia Day yang diperingati setiap tanggal 26 Januari. Merupakan hari libur umum di setiap negara bagian dan teritori yang ada di Australia. Australia day merupakan hari di mana penduduk Australia menghormati sejarah dan semua orang yang telah berjasa hingga menjadikan Australia menjadi bangsa yang hebat. Pada hari Australia day banyak kegiatan upacara kewarganegaraan yang dilaksanakan di seluruh Australia.

Selain itu, pada tanggal 26 Januari juga menjadi hari peringatan Armada Pertama dari Britania Raya pada tahun 1988. Peringatan tentang mendirikan pemukiman nara pidana untuk pemerintah Inggris. Komanda Armada pertama tersebut yaitu Kapten Arthur Philip. Pada saat malam menjelang Australia Day, Perdana menteri Australia mengumumkan tentang Australian of the Year Awards di Canberra.

Anzac Day yang diperingati setiap tanggal 25 April. Anzac Day merupakan hari untuk mengenang pengorbanan semua warga Australia yang telah mengabdikan diri dan telah gugur di medan perang, serta dalam konflik dan operasi pemeliharaan perdamaian di Australia. Peringatan tersebut untuk menghormati keberanian dan komitemn dari semua anggota pasukan, baik pria maupun wanita.

Sebenarnya, nama Anzac Day merujuk pada pendaratan yang dilakukan oleh Korps Angkatan Darat Australia dan Selandia Baru. Korps Angkatan Darat tersebut mendapat di Gallipoli di Turki, pada tanggal 25 April 1915 dalam kejadian Perang Dunia I.

Kepala Negara Australia → Ratu Australia

Wakil Kepala Negara Australia → Gubernur Jenderal. Sedangkan, wakil kepala negara di masing – masing negara bagian Australia yaitu Gubernur.

Kepala Pemerintah Negara Australia → Perdana Menteri

Kepala Pemerintah Negara Bagian → Premier

Kepala Pemerintah Teritori → Ketua Menteri atau Chief Minister.

Anggota perlemen yang dipilih oleh pemimpin pemerintah dinamakan Menteri Pemerintah.

Wakil yang dipilih oleh rakyat Australia dalam parlemen Australia atau parlemen negara bagian dan teritori dinamakan Anggota Parlemen atau Member of Parliament.

Wakil yang dipilih oleh negara bagian atau teritori dalam parlemen Australia dinamakan Senator.

Pemimpin suatu dewan lokal dinamakan dengan Walikota atau Shire President.

Seorang anggota dewan lokal yang terpillih dinamakan dengan Councillor.

Lokasi Negara Australia → Selatan Benua Asia

Mata Uang Negara Australia → Dollar Australia

Bahasa Negara Australia → Bahasa Inggris Australia dan Bahasa Aborigin

Ibu Kota Negara Australia → Canberra di ACT (Australian Capital Territory atau wilayah ibu kota Australia)

Pengantar

Negara Australia merupakan negara terbesar yang ada di dunia. Negara ini memiliki luas wilayah 7.772.535 km2. Panjang garis pantai negara Australia ini yaitu 25.760 km. Sebagai negara persemakmuran dengan Inggris, negara Australia merupakan negara tetangga dari negara – negara di bawah ini:

  1. Sebelah utara negara Australia menjadi negara tetangga Papua Nugini, Indonesia, dan Malaysia.
  2. Sebelah tenggara negara Australia menjadi negara tetangga Selandia Baru.

Samudra yang terdekat dengan negara Australia yaitu Samudra Pasifik, Samudra Hindia, dan Samudra Selatan.Secara astronomi, negara Australia terletak pada lintang selatan antara 100 Lintang Selatan (LS) sampai 440 Lintang Selatan (LS) dan berada pada garis bujur, antara 1130 Bujur Timur (BT) sampai 1540 Bujur Timur (BT). Selanjutnya, secara geografi letak negara Australia berbatasan dengan:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Laut Timor atau Timor Leste dan Laut Arafuru (Indonesia).
  2. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik.
  4. Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Antartika.

Penjelasan di atas menunjukkan letak astronomi dan letak geografis yang dimiliki oleh negara Australia. Kemudian, bagaimana keadaan penduduk di negara Australia? Berikut penjelasannya.

Keadaan Penduduk Negara Australia

Jumlah penduduk di negara Australia yaitu 18.000.000 jiwa. Sedangkan, harapan hidup rata – rata penduduk Australia yaitu 75 tahun (merupakan angka harapan hidup untuk laki – laki) dan 80 tahun (merupakan angka harapan hidup untuk perempuan). Penduduk asli negara Australia yaitu suku Aborigin dan penduduk Selat Torres.Lebih lanjut, agama yang banyak di anut oleh penduduk Australia, yaitu Kristen.

Lebih lanjut, penjelasan di bawah ini akan menerangkan tentang wilayah – wilayah di Australia, yang dapat digambarkan sebagai berikut.

Wilayah – Wilayah di Australia

Negara Australia merupakan negara sekaligus benua yang terdatar dan paling kering di bumi. Australia ini juga dijuluki sebagai “Land Down Under” atau wilayah terendah. Selain itu, Australia juga merupakan negara yang sangat besar, panas, dan menakjubkan. Dikatakan demikian, sebab tempat – tempat yang terdapat di negara Australia ini merupakan daerah gurun. Hampir 90 % penduduk Australia tinggal di kota besar dan kota kecil yang terletak di sekitar pesisir pantai Australia.

Australia memiliki berbagai keindahan alam yang menkjubkan. Salah satunya gurun terbesar di dunia, yang terletak di daerah Kimberley, Australia Barat – Laut. Hampir tiga perempat wilayah di Australia terdiri dari gurun pasir atau semigurun pasir yang sangat luas. Wilayah tersebut juga hampir tidak ada penghuninya. Wilayah ini dinamakan dengan “outback”. Hanya sedikit orang yang hidup dan tinggal di wilayah ini.

Selain memiliki gurun, Australia juga memiliki dataran tinggi. Dataran tinggi yang luas terdapat di pedalaman Australia Barat. Dataran tinggi ini kaya akan batu – batu purbakala dan mineral. Salah satunya, formasi batu “Tiga Bersaudara” yang terletak di Katoomba, Blue Mountains, dekat Sydney. Pada malam hari batu “tiga bersaudara” ini, nampak bercahaya.

Lebih lanjut, sejak wilayah dataran tinggi ini ditemukan, banyak penambang yang mulai berdatangan ke wilayah tersebut. Para penambang tersebut berharap mereka dapat menemukan emas, meskipun harus menghadapi udara yang sangat panas.

Australia juga memiliki barisan pegunungan yang membagi benua atau negara tersebut. Pegunungan tersebut merupakan serangkaian barisan gunung. Barisan gunung tersebut membentang dari Tanjung York yang terletak di ujung utara Queensland menuju ke Selat Bass di Selatan.

Lebih lanjut, selain memiliki gunung, dataran tinggi, pegunungan, dan gunung, negara Australia juga memiliki basin tengah. Basin tengah merupakan daerah yang datar. Daerah tersebut membentang dari Teluk Carpentaria yang terletak di utara sampai menuju ke mulut Sungai Murray yang terletak di selatan. Pada zaman dahulu, tempat ini merupakan daerah laut dalam.

Demikian penjelasan tentang wilayah – wilayah yang berada di negara Australia. Setelah mengenal tentang wilayah yang terdapat di Australia tersebut, bagaimanakah kondisi iklim yang ada di negara Australia?

Iklim Negara Australia

Iklim yang dimiliki oleh negara Australia yaitu iklim tropis atau mendekati tropis. Hal tersebut di sebabkan oleh dua pertiga dari daratan di Australia berwujud gurun pasir dan semak belukar. Akibatnya, curah hujan yang dimiliki oleh negara Australia sangat kecil.

Wilayah tersebut sangat panas pada siang hari, namun pada malam hari udaranya menjadi dingin. Wilayah interior memiliki curah hujan yang sedikit dan memiliki musim kering yang panjang. Namun, curah hujan yang terjadi di daerah ini penting untuk kelangsungan hidup tumbuhan dan binatang yang ada di sekitarnya.

Musim panas yang terjadi di negara Australia berlangsung pada bulan Desember sampai Februari. Pada musim panas ini, seluruh wilayah di Australia terasa panas. Terlebih lagi, jika pada saat peringatan hari natal, banyak orang – orang yang memilih berkunjung ke pantai.

Musim dingin yang terjadi di Australia berlangsung pada bulan Juni sampai Agustus. Pada bulan ini, udara di Australia menjadi paling sejuk. Selain sejuk, udara di Australia juga menjadi basah.

Sedangkan, Australia di bagian utara terdapat dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Pada saat terjadi musim kering, dapat menyebabkan terjadinya hujan monsoon dan topan. Musim kering ini terjadi pada bulan Oktober sampai Maret. Pada musim ini, kelembaban udara menjadi sangat tinggi. Akibatnya banyak muncul nyamuk yang sangat mengganggu.

Bagian selatan, negara Australia memiliki musim panas yang hangat. Selain musim panas, di bagian selatan ini juga terdapat musim dingin yang sejuk. Kemudian, di bagian timur Australia, bertiup angin dari Samudra Pasifik. Angin ini akan naik menuju barisan Pegunungan yang membagi benua. Akibatnya turun hujan yang sangat lebat pada saat akhir musim semi, musim panas, dan permulaan musim gugur. Australia di bagi menjadi empat musim, yang terjadi dalam rentang waktu, sebagai berikut.

Musim Rentang Waktu
Musim panas Desember sampai Februari
Musim gugur Maret sampai Mei
Musim dingin Juni sampai Agustus
Musim semi September sampai november

Adapun suhu tertinggi yang ada di masing – masing negara di Australia, yaitu sebagai berikut.

suhu tertinggi negara Australia

Lebih lanjut, rata – rata curah hujan bulanan yang terjadi di masing – masing negara Australia, yaitu sebagai berikut.

curah hujan bulanan negara Australia

Pemaparan di atas menunjukkan tentang iklim – iklim yang berada di Australia bagian Utara, Selatan, dan Timur. Selain dijelaskan tentang iklim, juga di paparkan tentang suhu tertinggi dan curah hujan yang dimiliki oleh masing – masing negara di Australia. Dengan kondisi iklim, suhu, dan curah hujan yang demikian. Selanjutnya, bagaimanakah keadaan tumbuhan dan hewan – hewan yang hidup dan berkembang di Australia.

Kondisi Flora dan Fauna di Negara Australia

Tanaman dan Binatang Unik yang dimiliki oleh Negara Australia

Tanaman dan binatang yang menarik merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki oleh negara Australia. Di Australia terdapat sekitar 25.000 spesies tanaman yang hidup di sana. Selain tanaman, juga terdapat sekitar 250.000 spesies binatang yang hidup di Australia. Ekosistem yang tertua di dunia terdapat di Australia. Ekosistem tersebut yaitu hutan hujan tropis yang terlatak di sebelah timur Australia. Dalam ekosistem tersebut, terdapat hewan yang hidup dalam habitat tersebut. Hewan tersebut yaitu kangguru pohon dan kupu – kupu yang memiliki sayap burung.

Semak – Semak di Australia

Daerah yang terdapat hutan terbuka berada di dekat pesisir, Australia bagian timur, Australia bagian tenggara, dan Australia bagian barat laut. Daerah ini pada umumnya dinamakan dengan semak – semak Australia. Tanaman yang hidup di hutan ini yaitu sejenis eukaliptus. Eukaliptus ini dapat bertahan dari kekeringan dan kebakaran yang terjadi di hutan. Bahkan, juga dapat bertahan di tanah yang gersang. Selain, tumbuhan eukaliptus, hewan yang hidup di hutan ini yaitu kangguru abu – abu dan koala.

Hewan yang sangat terkenal di Australia yaitu marsupial. Hewan marsupial ini sangat langka. Bahkan, selain di Australia, hewan marsupial ini juga dapat hidup di Amerika Selatan. Marsupial yang paling terkenal yaitu koala, wallaby, kanguru, possum, dan wombat. Sedangkan, hewan jenis lain yang dapat ditemukan di semak – semak Australia, yaitu burung. Burung – burung tersebut, antara lain kookaburras, nuri, dan budgerigars.

Makhluk Berbahaya

Negara Australia meskipun memiliki hewan yang sangat terkenal, juga memiliki hewan yang berbahaya. Binatang yang paling berbahaya di dunia yaitu laba – laba dan reptil Australia. Laba – laba yang paling menakutkan di Australia yaitu laba – laba yang memiliki punggung warna merah.

Sedangkan, ular yang paling mematikan merupakan taipan. Sedangkan, buaya yang paling berbahaya, yaitu buaya muara. Buaya muara ini berada di Australia bagian utara. Buaya di Australia ini dapat berlari dengan cepat di darat dan kemudian, melompat keluar air untuk menangkap dan menenggelamkan mangsanya.

Melalui penjelasan di atas dapat diketahui bahwa Australia memiliki hutan yang di dalamnya tumbuh tanaman eukaliptus. Selain itu, di hutan tersebut juga hidup hewan – hewan, seperti kangguru dan koala. Meksipun demikian, Australia memiliki hewan yang sangat berbahaya, yaitu laba – laba dan buaya. Berdasarkan kondisi tersebut, bagaimana kegiatan ekonomi yang dimiliki oleh negara Australia.

Kegiatan Ekonomi Negara Australia

Negara Autralia merupakan suatu negara yang tidak dapat diremehkan pertumbuhannya. Meskipun negara Australia belum maju dalam segi industrinya. Namun, negara ini memiliki sumber daya alam yang melimpah, standar hidup yang tinggi, semangat penduduk yang tinggi, dan sistem pendidikan yang telah maju. Hal tersebut dapat dijadikan modal negara Australia agar tidak diremehkan.

Sebagai negara yang maju, Australia mengandalkan sektor pertanian dalam kegiatan perekonomian. Negara Australia menggunakan sumber air artesis dan mengembangkan sistem irigasi dalam skala yang besar. Hal tersebut memungkinkan 65 % dari luas Australia ini dapat dimanfaatkan.

Hasil dari keadaan tersebut, yaitu Australia menjadi produsen wol yang terbesar di dunia. Selain itu, Australia juga memasok biji – bijian, susu, daging, gula, dan buah – buahan. Hasil ekspor utama dari Australia yaitu wol dan gandum. Bahkan, Australia dinobatkan sebagai negara yang memasok gandum yang terbesar ketiga di dunia.

Selain dari sektor pertanian, kegiatan ekonomi Australia juga berupa kegiatan perkebunan. Kegiatan perkebunan di Australia ini maju dengan pesat. Perkebunan yang terdapat di Australia menghasilkan buah – buahan. Buah – buahan ini dapat di ekspor ke luar negeri. Jenis buah – buahan yang ditanam di Australia merupakan anggur, pisang, nanas, pepaya, dan mangga.

Selanjutnya, sektor peternakan di Australia juga berkembang dengan pesat. Hasil peternakan yang diusahakan oleh negara Australia, antara lain sapi dan domba. Sapi dan domba menghasilkan susu yang dapat dikonsumsi oleh penduduk setempat. Bahkan, susu yang dihasilkan oleh sapi dan domba tersebut, juga di ekspor ke luar negeri.

Ditinjau dari sektor perdagangan. Negara Australia berada pada kelompok 20 besar daftar negara pedagang di dunia. Semula, Australia merupakan negara yang mengekspor wol, daging, bahan makanan, mineral.

Selain itu, Australia juga merupakan negara yang melakukan impor barang – barang yang dihasilkan oleh pabrik. Pada saat ini, negara Australia melakukan kegiatan ekspor untuk barang – barang hasil pabrik, antara lain makanan olahan, mobil, dan perahu.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekonomi penduduk Australia, berada pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perdagangan. Setelah mengetahui kegiatan ekonomi penduduk Australia tersebut, selanjutnya akan dijelaskan tentang daftar perdana menteri yang pernah menjabat di negara Australia. Perhatikan penjelasan di bawah ini.

Daftar Perdana Menteri Negara Australia

Sebagai negara, di mana kepala pemerintah dipimpin oleh Perdana Menteri. Siapa sajakah perdana menteri yang pernah menjabat di Australia? Berikut daftar nama perdana menteri Australia, beserta masa jabatannya.

  1. Edmund Barton, mulai menjabat pada tanggal 1 Januari 1901 sampai 24 September 1903.
  2. Alfred Deakin (periode pertama), mulai menjabat pada tanggal 24 September 1903 sampai 27 April 1904.
  3. Chris Watson, mulai menjabat pada tanggal 27 April 1904 sampai 15 Agustus 1904.
  4. Sir George Reid, mulai menjabat pada tanggal 15 Agustus 1904 sampai 5 Juli 1905.
  5. Alfred Dzakin (periode kedua), mulai menjabat pada tangga; 5 Juli 1905 sampai 13 November 1908.
  6. Andrew Fisher (periode pertama), mulai menjabat pada tanggal 13 November 1908 sampai 2 Juni 1909.
  7. Alfred Dzakin (periode ketiga), mulai menjabat pada tanggal 2 Juni 1909 sampai 29 April 1910.
  8. Andres Fisher (periode kedua), mulai menjabat pada tanggal 29 April 1910 sampai 24 Juni 1913.
  9. Joseph Cook, mulai menjabat pada tanggal 24 Juni 1913 sampai 17 September 1914.
  10. Andrew Fisher (periode ketiga), mulai menjabat pada tanggal 17 September 1914 sampai 27 Oktober 1915.
  11. Billy Hughes (periode pertama), mulai menjabat pada tanggal 27 Oktober 1915 sampai 14 November 1916.
  12. Billy Hughes (periode kedua), mulai menjabat pada tanggal 14 November 1916 sampai 17 Februari 1917.
  13. Billy Hughes (periode ketiga), mulai menjabat pada tanggal 17 Februari 1917 sampai 9 Februari 1923.
  14. Stanley Bruce, mulai menjabat pada tanggal 9 Februari 1923 sampai 22 Oktober 1929.
  15. James Scullin, mulai menjabat pada tanggal 22 Oktober 1929 sampai 6 Januari 1932.
  16. Joseph Lyone, mulai menjabat pada tanggal 6 Januari 1932 sampai 7 April 1939.
  17. Sir Earle Page, mulai menjabat pada tanggal 7 April 1939 sampai 26 April 1939.
  18. Robert Menzies (periode pertama), mulai menjabat pada tanggal 26 April 1939 sampai 28 Agustus 1941.
  19. Arthur Fadden, mulai menjabat pada tanggal 28 Agustus 1941 sampai 7 Oktober 1941.
  20. John Curlin, mulai menjabat pada tanggal 7 Oktober 1941 sampai 5 Juli 1945.
  21. Frank Forde, mulai menjabat pada tanggal 5 Juli 1945 sampai 13 Juli 1945.
  22. Ben Chifley, mulai menjabat pada tanggal 13 Juli 1945 sampai 19 Desember 1949.
  23. Sir Robert Menzies (periode kedua), mulai menjabat pada tanggal 19 Desember 1949 sampai 26 Januari 1966.
  24. Harold Holt, mulai menjabat pada tanggal 26 Januari 1966 sampai 19 Desember 1967.
  25. John McEwen, mulai menjabat pada tanggal 19 Desember 1967 sampai 10 Januari 1965.
  26. John Gorton, mulai menjabat pada tanggal 10 Januari 1965 sampai 10 Maret 1971.
  27. William McMahon, mulai menjabat pada tanggal 10 Maret 1971 sampai 5 Desember 1972.
  28. Gough Whitlam, mulai menjabat pada tanggal 5 Desember 1972 sampai 11 November 1975.
  29. Malcolm Fraser, mulai menjabat pada tanggal 11 November 1975 sampai 11 Maret 1983.
  30. Bob Hawke, mulai menjabat pada tanggal 11 Maret 1983 sampai 20 Desember 1991.
  31. Paul Keating, mulai menjabat pada tanggal 20 Desember 1991 sampai 11 Maret 1996.
  32. John Howard, mulai menjabat pada tanggal 11 Maret 1996 sampai 3 Desember 2007.
  33. Kevin Rudd (periode pertama), mulai menjabat pada tanggal 3 Desember 2007 sampai 24 Juni 2010.
  34. Julia Gillard, mulai menjabat pada tanggal 24 Juni 2010 sampai 27 Juni 2013.
  35. Kevin Rudd (periode kedua), mulai menjabat pada tanggal 27 Juni 2013 sampai 18 September 2013.
  36. Tony Abbott, mulai menjabat pada tanggal 18 September 2013 sampai sekarang. Tony Abbott yang memiliki nama asli Anthony John Abbott ini lahir di London pada tanggal 4 September 1941. Beliau merupakan lulusan dari University Sydney untuk jenjang S1 jurusan ilmu ekonomi dan ilmu hukum. Pendidikan S2, beliau di tempuh di Universitas Oxford.

Daftar nama yang dipaparkan di atas merupakan daftar perdana menteri yang pernah menjabat di Australia dari tahun 1901 sampai sekarang. Kemudian, bagaimana pembagian waktu yang dimiliki oleh negara Australia. Pembagian waktu di negara Australia akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya.

Pembagian Waktu di Negara Australia

Di bawah ini merupakan pembagian waktu yang dimiliki oleh negara Australia, sebagai berikut.

pembagian waktu negara Australia

Keterangan:

AEST sama dengan UTC + 10.

ACST sama dengan UTC + 9,5.

AWST sama dengan UTC + 8.

UTS merupakan Coordinated Universal Time.

Penjelasan di atas menunjukkan tentang pembagian waktu yang dimiliki oleh negara Australia. Selanjutnya. Bagaimanakah bentuk kerjasama yang dilakukan antara negara Australia dengan Indonesia? Hal tersebut dijelaskan di bawah ini.

Bentuk Kerjasama Antara Indonesia dan Australia

Salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Indonesia dengan Australia berhubungan dengan pendidikan. Hal tersebut yaitu pembentukan pusat studi Australia – Indonesia di Monash University. Pusat studi ini melibatkan 3 universitas besar yang ada di Australia.

Universitas – universitas tersebut yaitu Australia National University, Monash University, dan Melbourne University. Program tersebut dirancang oleh pihak Australia, yang bertujuan untuk memperbanyak orang Indonesia di sana.

Dalam sektor pertanian, kerjasama yang dilakukan antara Indonesia dengan Australian telah terjalin dengan baik. Kerja sama tersebut di bawah naungan WGAFCC. WGAFCC merupakan kepanjangan dari Working Ground on Agriculture, Food, and Forestry Cooperation.

Lembaga ini bertujuan untuk forum komunikasi bilateral di antara kedua negara, yaitu Indonesia dan Australia. Pertemuan WGAFCC, diselenggarakan setiap tahun, tujuannya untuk membahas perkembangan kerja sama dan kendala yang dihadapi. Sedangkan, dalam bidang peternakan. Kegiatan kerja sama berada dalam kerangka Task Force on Livestock and Animal Product. Kerja sama ini, salah satunya dalam hal impor daging sapi.

Kerjasama yang dilakukan antara Indonesia dan Australia, antara lain terdiri dari sektor pertanian, pendidikan, dan peternakan. Kemudian, apa sajakah pariwisata yang ada di negara Australia? Berikut ini penjelasannya.

Pariwisata Negara Australia

Ada terdapat beberapa pilihan pariwisata yang terdapat di Australia. Pariwisata tersebut menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi negara Australiaa. Banyak wisatawan yang ingin menikmati keindahan pariwisata yang dimiliki oleh negara kangguru tersebut. Lalu, pariwisata apa sajakah yang terdapat di Australia? Macam – macam pariwisata yang terdapat di negara Australia, yaitu sebagai berikut.

1# Tempat wisata yang terdapat di Sydney, Australia. Ada beberapa tempat wisata yang terdapat di Sydney, yaitu sebagai berikut.

  1. Opera House Sails yang berbentuk seperti origami dari perahu layar yang besar dan mengambang di pelabuhan.
  2. Jembatan Sydney Harbour Australia.
  3. Musem of Contemporary Art.
  4. Bangunan Ratu Victoria Sydney Australia.
  5. Sydney Tower Eye.

2# Tempat wisata yang terdapat di Melbourne, Australia. Ada beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi di Melbourne, yaitu sebagai berikut.

  1. Royal Botanical Gardens dan Sanctuary Healesville, di mana di tempat ini terdapat banyak spesies hewan lokal.
  2. Gereja katedral St. Paulus.
  3. Skyline Melbourne.
  4. Berlayar di sungai Melbourne.

3# Tempat wisata yang terdapat di Cairns, Australia. Ada beberapa tempat wisata yang terdapat di Cairns, yaitu sebagai berikut.

  1. Esplanade Swimming.
  2. Kereta Perjalanan Cairns.

4# Tempat wisata di Perth, Australia. Di Perth terdapat beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Tempat tersebut, yaitu sebagai berikut.

  1. Sungai Swan yang terletak diantara Samudra Hindia dan Gurun Pasir Nullarbor Perth.
  2. RajaPark dan Botanic Gardens

5# Tempat wisata yang terletak di Brisbane, Australia. Brisbane merupakan pusat budaya di Queensland. Tempat wisata yang terdapat di Brisbane, yaitu sebagai berikut.

  1. Windmill
  2. Old Komisariat Store
  3. Gallery of Modern Art
  4. Lone Pine Koala Sanctuary. Merupakan rumah bagi hewan koala dan kangguru
  5. Pelayaran di Sungai Brisbane
  6. Puncak gunung Coot – tha

6# Tempat wisata yang terletak di Surfers, Australia. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Surfers, Australia, yaitu Surfers Paradise.

7# Tempat wisata yang terletak di Byron Bay, Australia. Tempat wisata yang terkenal di Byron Bay ini yaitu Pantai Teluk Byron. Di mana di tempat ini terdapat mercusuar yang dikelilingi oleh hewan lumba – lumba, pari, ikan paus, dan penyu.

8# Tempat wisata yang terletak di Port Douglas, Australia. Terdapat beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi di Port Douglas, yaitu sebagai berikut.

  1. Great Barrier Reef.
  2. Hutan hujan yang terletak di Daintree.
  3. Pantai yang terletak di Cape Tribulation.
  4. Pantai Four Mile.

9# Tempat wisata yang terletak di Adelaide, Australia. Di Adelaide ini, kita dapat menemukan batu opal. Batu opal merupakan batu khas yang dimiliki dan dihasilkan di negara Australia. Batu ini merupakan hasil tambang dari penduduk yang berada di Australia Selatan. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Semenanjung Fleurieu.

10# Tempat wisata yang terletak di Hobart, Australia. Hobart terletak di pantai tenggara Tasmania. Disini terdapat:

  1. Bangunan kota pada abad 19 dan 20, yang terletak di Battery Point. Di Battery Point ini juga terdapat pesona laut alami.
  2. Tasmanian Museum dan Art Gallery yang didirikan pada tahun 1843.
  3. Salamance Place.
  4. Mount Wellington merupakan kawasan wisata untuk melihat langsung panorama alam Hobart, Bury Island, South Arm, dan Tasman Peninsula melalui pusat observasi alam yang terdapat dipuncak Mount Wellington.
  5. Richmon Bridge merupakan jembatan tertua di Australia dan berada di dalam sel penjara tua.
  6. Coal River Valley merupakan tempat pembuatan anggur.
  7. Port Athur
  8. Peppermint Bay
  9. Cascade Brewery

Demikian penjelasan tentang negara Australia. Negara yang beribukota di Canberra ini memiliki empat musim, yaitu musim gugur, musim panas, musim semi, dan musim dingin. Negara ini terkenal akan hewan koala dan kanggurunya.

Bahkan, hewan kangguru dapat dijumpai di lambang negara Australia. Kemudian, hubungan kerjasama yang dilakukan antara Indonesia dan Australia, dalam hal pendidikan, pertanian, dan peternakan. Australia juga memiliki beberapa tempat wisata yang dapat dijadikan pililhan bagi para wisatawan.

Semoga kehadiran artikel ini dapat membantu sobat portal ilmu untuk memahami tentang negara Australia.

Referensi:

1. http://pusat-jurnal-bebas-q.sosial.org/id1/852-732/Pm-Australia_97306_pusat-jurnal-bebas-q-sosial.html
2. http://profil.merdeka.com/mancanegara/a/anthony-john-abbott/
3. http://his-travel.co.id/australia/wisata-8/hobart
4. http://www.ragamtempatwisata.com/2013/08/daftar-10-tempat-wisata-di-australia-yang-terkenal.html
5. Australian Government. 2009 Kewarganegaran Australia: Ikatan Umum Kita.Barton ACT: Cabang Komunikasi Nasional dari Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan.
6. Pickwell, L. 2004. Perjalanan Wisata Australia: Mengenal Ragam Budaya dan Geografi. Solo: Tiga Serangkai.
7. Saraswati, M dan Widaningsih, I. 2008. Be Smart Ilmu Pengetahuan Sosial (Geografi, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi): untuk Kelas IX Sekolah Menengah Pertama. Bandung: Grafindo.
8. Prabaningtyas, R.F. 2013. Indonesia – Australia: Menguji Persahabatan di tengah Konflik Penyadapan. Commentaries, (20), (1).
9. Istiqamah, N.S. 2014. Kerjasama Australia – Indonesia dalam Bidang Ekspor Impor Daging Sapi. Skripsi. Universitas Hasanuddin: Jurusan Ilmu Hubungan Internasional.
Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *