Profil Negara Armenia


Portal-ilmu.com kali ini akan memberikan penjelasan tentang negara Armenia. Armenia atau Republik Armenia merupakan negara Eropa-Asia yang berada di Asia Barat, di mana wilayah daratnya terjepit oleh negara yang lain.

Armenia merupakan anggota dari Dewan Eropa dan Perserikatan Negara – Negara Merdeka. Selama berabad – abad negara ini menjadi daerah lintasan bagi penyeberangan daerah timur dan barat.

Republik Armenia ini berada di antara Laut Hitam dan Laut Kaspi yang ada di pegunungan Kaukasus. Di mana negara ini berbatasan dengan Turki pada bagian barat, berbatasan dengan Georgia di sebelah utara. Kemudian, berbatasan dengan Azerbaijan dan Iran di sebelah timur.

Perbatasan dengan negara Azerbaijan ini salah satunya Eksklave Nakhichevan. Negara Armenia merupakan salah satu daerah peradaban yang tertua di dunia. Negara ini terkenal dengan Gunung Ararat.

Di dalam tradisi Yahudi- Kristen, gunung Ararat ini disebut sebagai tempat bahtera Nabi Nuh. Bahtera yang terdampar setelah mengarungi bencana banjir besar. Banjir yang telah menghancurkan kehidupan sebelumnya.

Negara Armenia merupakan negara pertama yang telah menyatakan bahwa agama Kristen merupakan agama resmi di negara tersebut. Peristiwa ini terjadi sekitar tahun 300 M.

Secara etimologi, negara Armenia dinamakan dengan Hayq dalam bahasa Armenia. Kemudian, Hayastan yang diartikan sebagai tanah dari orang – orang Haik. Menurut legenda yang berkembang, Haik merupakan keturunan nabi Nuh.

Nabi Nuh merupakan moyang bagi seluruh orang Armenia. Hal ini menurut tradisi Armenia kuno. Haik bermukim di kaki Gunung Ararat. Ia meninggalkan Armenia untuk membantu dalam pembangunan Menara Babel.

Ketika Haik kembali, Haik dikalahkan oleh Bel. Bel merupakan seorang raja Babilonia. Haiq merupakan nama yang diberikan pada Republik Armenia oleh negara yang lain yang mengelilinginya. Nama Hayq diambil dari suku yang terkuat yang tinggal di tanah Armenia kuno. Kemudian, mereka menamakan diri sebagai Armens.

Nama Armens, secara tradisional diturunkan dari Armenak atau Aram yang berarti keturunan Haik. Bangsa Yahudi dan Kristen yang melakukan penelitian berkaitan dengan hal terseut, menyatakan bahwa nama Armenia diambil dari Har- Minni. Har- Minni diartikan sebagai Gunung Minni atau Mannai.

Selanjutnya, penjelasan yang diambil dari masa pra-kristen menyatakan bahwa Nairi, yang diartikan sebagai tanah yang dialiri oleh sungai- sungai merupakan nama kuno. Nama ini ditujukan pada daerah pegunungan yang ada di negara tersebut.

Lebih lanjut, nama Nairi telah digunakan oleh bangsa Asyur, pada tahun 1200 Sebelum Masehi. Meskipun demikian, Inskripsi Behistun yang ada di Iran, dilansir berasal dari tahun 521 sebelum masehi yang tercatat telah menuliskan Armenia.

Penjelasan lebih lanjut tentang negara Armenia perhatikan di bawah ini.

Karakteristik Negara Armenia

Peta Negara Armenia

Peta Armenia
via: nationsonline.org

Bendera Negara Armenia

Bendera Armenia
via: en.wikipedia.org

Keterangan:

Warna merah dalam bendera menunjukkan tentang Armenia Highland, perjuangan rakyat Armenia dalam bertahan hidup, pemeliharaan umat Kristen, kemerdekaan dan kebebasan Armenia.

Warna biru dalam bendera menunjukkan tentang kehendak rakyat Armenia untuk hidup di bawah langit yang damai.

Warna orange dalam bendera menunjukkan tentang bakat kreatif dan sifat kerja keras yang dimiliki oleh rakyat Armenia.

Lambang Negara Armenia

Lambang Negara Armenia
via: upload.wikimedia.org

Keterangan:

Lambang ini mulai digunakan sejak tanggal 19 April 1992. Di mana perisai dalam lambang menampilkan tentang beberapa komponen. Pada bagian tengah menampilkan tentang Gunung Ararat dan Bahtera Nuh.

Gunung Ararat merupakan lambang nasional Negara Armenia. Sedangkan, yang mengelilingi gunung Ararat merupakan lambang wangsa dalam sejarah negara Armenia. Pada bagian bawah terdapat dua elang yang saling berhadapan satu sama lain yang melambangkan tentang wilayah negara Armenia pada masa wangsa Artaxia di abad pertama sebelum masehi.

Pada bagian atas kiri terdapat singa dan salip. Ini merupakan lambang wangsa Bagratuni yang berkuasa di abad pertengahan pada abad tujuh hingga sebelas masehi. Pada bagian atas kanan ada elang berkepala dua, yang melambangkan tentang wangka Kristen pertama negara Armenia, wangsa Arsacia.

Kemudian, di kanan bawah ada seekor singa dengan salib yang melambangkan tentang wangsa Rubenia. Baik elang maupun singa melambangkan tentang keberaian, kekuatan, kebijaksanaan, keagungan, dan kesabaran.

Ada lima unsur penting yang terdapat dalam lambang negara Armenia yaitu:

  1. Pedang melambangkan tentang kekuatan negara Armenia yang mampu memutuskan rantai penindasan.
  2. Untaian gandum melambangkan tentang sifat pekerja bertani masyarakat Armenia.
  3. Rantai yang terputus yang terdapat dalam lambang melambangkan tentang usaha untuk merebut kemerdekaan.
  4. Pita melambangkan tentang warna dalam bendera Armenia.

Bulu melambangkan tentang warisan intelektual dan budaya masyarakat Armenia.

Nama Asli negara ArmeniaHayasti Hanrapetut’yun
Nama internasional Negara ArmeniaRepublic of Armenia
Bentuk negaraRepublik
Ibukota negaraYerevan
Kepala negara ArmeniaPresiden

Adapun nama presiden di negara Armenia yang sedang menjabat pada saat ini sampai tahun 2018 yaitu Serzh Sargsyan.

Kepala pemerintahanPerdana menteri

Adapun nama perdana menteri yang sedang menjabat pada saat ini yaitu Hovik Abrahamyan.

Menteri lur negeri

Edward Naibandian yang dipilih kembali untuk masa jabatan kedua pada bulan Juni 2012.

LegislatifAzqayin Zhonghov
Sistem politik negara ArmeniaSemi-presidensial
Pemerintahan lokal11 provinsi

 

  1. Aragatsotn
  2. Provinsi Ararat
  3. Provinsi Armavir
  4. Geghark ‘unik’
  5. Kotayk
  6. Lorri
  7. Shirak
  8. Syunik
  9. Tavush
  10. Vayots’ Dzor
  11. Yerevan
Luas wilayah Armenia29.800 km2
Jumlah penduduk3.326.448 jiwa
Kepadatan penduduk101,5/km2
Bahasa

Armenia Sirilik sebanyak 92% dan Rusia sebanyak 8%.

Suku bangsaArmenia, Azerbaijan

Keterangan: di mana etnis Armenia ini sebanyak 97% dan sisanya antara lain gabungan dari etnis Yazidis, Rusia, Ukraina, dan Kurdi.

AgamaArmenia Osthodox, Islam.

 

Keterangan tambahan:

Negara Armenia merupakan negara pertama yang mengadopsi agama Kristen sebagai agama negara. Di mana 97% penduduk di negara Armenia ini memeluk agama Kristen.

Selain itu, di Armenia terdapat gereja- gereja yang paling indah yang ada di dunia. Gereja tersebut yaitu katedral Santa Grigor Lusavorich, monasteri Khor Virap, gereja Odzun, Monasteri Noravank, Monateri Sevenakvank, Gereja Apostolik Asmenia Echimiazin, Monasteri Tatev, puing peninggalan Zvartnots, dan komplek Monasteri Sanahin.

Lebih lanjut, gereja Apostolik Armenia dinyatakan sebagai bangunan utama untuk keagamaan di Armenia. Bahkan, gereja ini dianggap sebagai gereja nasional tertua yang ada di dunia.

Lagu KebangsaanMer Hayrenik
Tanggal bersejarah23 September 1991
Kemerdekaan

Dari Uni Soviet. Kemerdekaan ini bersamaan dengan bubarnya Uni Soviet dan bergabung dengan Commonwealth of Independent States.

Mata uangDram (AMD)
Zona waktuUTC+5
Kode negara374
PDB (nominal)USD 10,56 miliar pada tahun 2015
PDB per Kapita (nominal)USD 3,515 pada tahun 2015
Pertumbuhan ekonomi3,1 pada tahun 2015
Inflasi3,7%
Hasil taniKapas dan gandum
Sumber alamTembaga dan seng
Komoditas ekspor yang utama dari Negara Armenia

Bijih tembaga dan konsentrat, rokok yang mengandung tembakau, emas yang tidak di tempa, alumunium foil dengan ketebalan kurang dari 0,2 mm, energi listrik, berlian.

Eskpor utama Indonesia ke Armenia

Teh, kopi, rempah- rempah, paper dan paperboard, karet alam dan produk turunannya, alat- alat optik dan animal & vegetable fats and oils, barang pecah  belah, funitur, lampu, plastik dan turunannya, tepung kanji, produk buah.

Komoditas impor yang utama di negara Armenia

Gas alam dalam keadaan gas, minyak dan olahan minyak bumi yang lain, obat- obatan, gandum dan meslin, alumunium yang tidak ditempa, berlian non- industri

Impor utama Indonesia dari ArmeniaKapas, spareparts pesawat, sereal, produk susu.
Duta besar RI yang berkedudukan di Kyiv UkrainaNiniek Kun Naryatie
Konsul kehormatan RI di ArmeniaYervand Voskanyan
Hubungan diplomatik yang telah terjalin sejak22 September 1992
Forum bilateralFKB

Informasi Tambahan tentang Negara Armenia

Pada abad ke enam sebelum masehi, kerajaan Armenia ini berdiri dan berakhir sampai jatuhnya Greater Armenia tahun 428 masehi. Penemuan arkeologis yang paling awal menjelaskan bahwa nama “Armenia” berasal dari abad ke enam sebelum masehi.

Penguasa di wilayah Armenia pada abad ke sembilan sebelum masehi bernama Raja Urartia. Di mana raja sering konflik dengan bangsa lain yang berada di wilayah tersebut, terutama dengan bangsa Asyiria dan Median, dan Parthia.

Bangsa Romawi menunjuk kerajaan Armenia sebagai Greater Armenia untuk membedakan dari wilayah yang berpenduduk Armenia yang dikenal dengan Armenia bawah. Mereka dikenal dengan sebutan Mets Hayk dan Pork Hayk, dalam bahasa Armenia.

Pada masa itu ada tiga dinasti yang memerintah Greater Armenia yaitu Yervandouni atau dikenal sebagai Orontid dengan pangkat Romawinya atau Yunani, Artashisya atau Artaxiad, dan Arshakouni atau Arsaciad. Mereka diberi nama sesuai dengan nama pendirinya. Di mana yang terakhir, turun tahta pada tahun 428 masehi.

Bentang alam

Gunung Aragats atau Arahat merupalan puncak tertinggi di negara Armenia. Gunung ini memiliki ketinggian 4090 meter dan sudah tidak aktif lagi. Selain itu, Armenia juga memiliki danau yang terbesar di dunia. Danau tersebut bernama Danau Sevan yang dapat dijumpai di dataran tinggi di negara Armenia.

Kondisi Ekonomi Negara Armenia

Armenia merupakan negara dengan kebebasan ekonomi yang tingkat tinggi. Negara ini menempati urutan ke tiga puluh enam, lebih tinggi dibandingkan dengan negara Perancis, menurut Indeks dari Ekonomi Kebebasan. Survei ini dilakukan secara tahunan oleh Heritage foundation.

Hubungan antara Armenia  dengan Uni Eropa, diatur oleh Perjajian kemitraan dan kerjasama. Perjanjian ini juga mengatur tentang perdagangan dan kerja sama ekonomi. Lebih lanjut, Armenia memiliki rezim perdagangan bebas dengan Belarus, Moldiva, Georgia, Federasi Rusia, Kazakhstan, Tajikistan, Uzbekistan, Republik Kirgiztan, dan Ukraina.

Armenia menjadi anggota organisasi kerja sama Ekonomi Laut Hitam, bersama dengan Azerbaijan, Albania, Georgia, Bulgaria, Moldova, Yunani, Federasi Rusia, Rumania, Ukraina, Turki, dan Serbia. Selain itu, Armenia merupakan anggota komunitas Independen Negara.

Yerevan sebagai ibukota negara Armenia memiliki kecenderungan utama dalam bidang industri, yaitu minuman beralkohol, produk makanan, kimia, dan metalurgi.

Hubungan Ekonomi

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, tingkat perdagangan negara Indonesia dan Armenia mengalami fluktuasi dan belum dapat mencerminkan tentang potensi nyata dari kedua negara. Pada tahun 2011, total perdagangan yang terjadi antara kedua belah pihak, yaitu RI dan Armenia ini pernah mencapai USD 6,42 juta.

Namun pada tahun 2012, sempat mengalami penurunan. Kemudian, naik kembali hingga tahun 2014. Sayangnya, pada tahun 2015 mengalami penurunan kembali. Lebih lanjut, hubungan ekonomi antara Indonesia dan Armenia dalam sektor perdagangan dalam dijelaskan sebagai berikut

Negara Armenia merupakan mitra dagang non- tradisional yang dapat dikatakan masih baru. meskipun, memiliki kapasitas ekonomi yang kecil, namun memiliki komitmen pemerintah yang dapat dikatakan baik. Ini sebagai upaya untuk memacu perdagangan dan investasi luar negeri, keadaan ekonomi dan politik yang cukup stabil, dan adanya akses ke negara- negara Uni Ekonomi Eurasia.

Meskipun demikian, hubungan ekonomi Indonesia dan Armenia pernah mengalami penurunan nilai perdagangan. Hal ini disebabkan oleh pengaruh dari instabilitas ekonomi Rusia. Di mana Rusia merupakan sumber remitansi yang terbesar bagi Armenia dan menjadi mitra dagang utama untuk Armenia.

Selain itu, disebabkan pula oleh faktor belum pulihnya kondisi ekonomi global. Kemudian, turunnya harga komoditas di pasar dunia dan pengaruh perubahan strategiz environment sebagai akibat dari adanya krisis di Ukraina.

Menurut Intracen, ada sepuluh besar produk impor negara Armenia dari negara Indonesia pada tahun 2015. Adapun produk tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Paper and paperboard, articles of pulp, paper and board- 1,611.
  2. Coffee, tea, mate, and spices-25,780.
  3. Plastics and articles there of-443.
  4. Machinery, nuclear reactors, boilers, etc-1,072.
  5. Articles of apparel, accessories, not knit or crochet-376.
  6. Electrical, electronic equipment-382.
  7. Footwear, gaiters and the like, parts there of-280.
  8. Dairy products, eggs, honey, edible animal product-290.
  9. Miscellaneous edible preparations-213.
  10. Rubber and articles there of-267.

Yerevan

Merupakan ibu kota Armenia yang sudah berdiri sejak 2800 tahun yang lalu. Selain itu, Yerevan merupakan salah satu kota yang tertua yang ada di dunia. Kota Yerevan dibangun oleh raja Arghisti, tepatnya pada tahun 782 sebelum masehi.

Lebih lanjut, yerevan mendapat julukan sebagai kota pink. Ini disebabkan batu- batu yang digunakan dalam bangunan lama di kota Yerevan berwarna pink. Hal yang menarik dari Yerevan yaitu Matenadaran.

Matenadaran merupakan museum yang digunakan untuk menyimpan secara khusus, manuskrip- manuskrip kuno dan institut penelitian ilmiah. Di mana dalam museum ini terdapat lebih dari 20.000 buku dan manuskrip tulisan tangan.

Selain itu, di Yerevan juga terdapat katedral yang besar dan indah. Katedral tersebut dinamakan dengan katedral Saint Gregory the Illmuninator. Katedral ini menjadi landmark kota Yerevan dengan ketinggian 180 kaki dan luas mencapai 12.540 kaki persegi.

Selanjutnya, hal menarik lainnya dari negara Armenia yaitu alphabetnya yang berbeda dengan alphabet yang ada di dunia. Di mana alphabet ini ditemukan oleh Mesrop Mashots. Alphabet ini memiliki 38 huruf.

Selain itu, permainan catur. Permainan ini menjadi salah satu pelajaran wajib bagi siswa di sekolah yang ada di Armenia. Ini lah yang membedakan pendidikan di negara Armenia dengan di negara lain. Bahkan, karena diwajibkan, ada ujian khusus untuk mata pelajaran catur.

Kerja Sama Negara Indonesia dengan Armenia

Adapun bentuk kerjasama yang dilakukan oleh kedua belah pihak dapat dijelaskan pada poin- poin di bahwa ini.

  1. Kesepakatan tentang bebas visa diplomatik dan dinas ke negara Armenia.
  2. Pemberian beasiswa dari pemerintah negara Indonesia, terutama dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia bagi pelajar Armenia dalam menempuh studi di negara Indonesia.
  3. Saling kunjung pengusaha Indonesia dan Armenia.

Pariwisata di Negara Armenia

Berikut ini ada beberapa tempat wisata yang menarik yang dapat dikunjungi dari negara Armenia, yaitu sebagai berikut.

  1. Di mana terdapat bangunan kuno yang klasik dan tamanyan. Tamanyan merupakan bangunan yang menggunakan batu vulkanik yang melimpah di negara Armenia. Meskipun batu tersebut ringan, namun sangat keras dan indah. Selain itu, bentuk arsitekturnya yang terinspirasi dari Kota Paris dan Vienna.
  2. Kompleks Cascade. Merupakan kompleks yang dibangun dengan menggunakan batu- batu alam dan di tempat tersebut terdapat banyak anak tangga menuju pada puncak bukit Victory Park.
  3. Gunung Ararat. Merupakan simbol keramat bagi negara Armenia.
  4. Republic Square. Merupakan alun- alun kota yang terbesar yang ada di Yerevan. Di mana tempat ini digunakan pula sebagai tempat berkumpulnya warga, kemudian adanya musik, fountain show, air mancur dan lampu warna – warni.
  5. Museum Genosida. Merupakan museum yang menggambarkan tentang sejarah kelam bangsa Armenia, pada saat di bawah pendudukan Turki. Di mana pengunjung yang hadir, pada umumnya meletakkan karangan bunga di dekat api abadi yang ada di kompleks museum.
  6. Blue Mosque of Yerevan. Merupakan masjid biru yang dikelola rakyat Armenia keturunan Iran dan menjadi satu – satunya masjid di negara tersebut. Masjid ini dibangun tahun 1765.

Demikian pembahasan tentang negara Armenia. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam memahami lebih jauh tentang negara Armenia. Selamat belajar.

Referensi:

  1. Dianawati, A. 2006. RPUL DUNia. Jakarta: Wahyu Media.
  2. Kumpulan Ilmu Berbahasa Indonesia. Lambang armenia. demokrasi-terpimpin.karya-ilmiah.web.id, diakses tanggal 7 Juli 2017.
  3. Budi, W. 2014. About Flag of Armenia-Bendera Armenia. (Online), www.frewaremini.com, diakses tanggal 7 Juli 2017.
  4. 2016. Indonesia-Armenia Dorong Kerja Sama Ekonomi. (Online), www.kemlu.go.id, diakses tanggal 7 Juli 2017.
  5. Semesta Fakta. 2016. 58 Fakta Menarik tentang Armenia. (Online), www.semestafakta.com, diakses tanggal 7 Juli 2017.
  6. Bisnis di Armenia. (Online), id.reingex.com, diakses tanggal 7 Juli 2017.
  7. Prihatna, H. 2017. Wisata di Kota Paling Kuno di Dunia. (Online), www.antarafoto.com, diakses tanggal 7 Juli 2017.
  8. Hoesin, I. 2016. Indonesia-Armenia Perkuat Kerja Sama. (Online), www.mediaindonesia.com, diakses tanggal 7 Juli 2017.
  9. www.wikiwand.com
  10. www.kemlu.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *