Profil Negara Arab Saudi

Sahabat portal ilmu, pembahasan kali ini akan memaparkan tentang Ilmu Pengetahuan Sosial yang membahas negara Arab Saudi. Negara Arab Saudi memiliki pertumbuhan pendapatan per kapita penduduknya yang menempati urutan ke empat. Hal tersebut menjadikan negara Arab Saudi sebagai negara yang paling makmur di dunia.

Negara Arab Saudi dikenal sebagai tanah suci bagi umat Islam. Selain itu, juga dikenal sebagai negara eksportir untuk minyak mentah yang terbesar di dunia. Kondisi ini menyebabkan negara Arab Saudi menjadi sangat kaya.

Bahkan, negara Arab Saudi juga mampu membiayai proyek raksasa. Pada saat ini, negara Arab Saudi bukan hanya dibanjiri oleh orang – orang yang ingin melaksanakan ibadah haji. Selain itu, juga dibanjiri oleh para pencari kerja dari mancanegara.

Karakteristik Negara Arab Saudi

Peta Negara Arab Saudi

via: lib.utexas.edu

Negara Arab Saudi dibagi menjadi 13 provinsi dengan seorang Gubernur. Masing-masing provinsi tersebut beserta ibu kotanya, yaitu sebagai berikut:

  1. Riyadh ibu kota Riyadh. Gubernur yang menjabat yaitu pangeran Faisal bin Bandar bin Abdulaziz
  2. Makkah ibu kota Makkah. Gubernur yang menjabat yaitu Pangeran Khalid Al Hrh-Faisal bin Abdullah bin Abdulaziz
  3. Madinah ibu kota Madinah. Gubernur yang menjabat yaitu Pangeran Faisal bin Salman bin Abdulaziz
  4. Timur ibu kota Dammam. Gubernur yang menjabat yaitu pangeran Saud bin Nayef bin Abdulaziz
  5. Asir ibu kota Abha. Gubernur yang menjabat yaitu pangeran Faisal bin Khalid bin Abdulaziz
  6. Al –Baha ibu kota Al-Baha. Gubernur yang menjabat yaitu pangeran Mishari bin Saud bin Abdulaziz
  7. Tabuk ibu kota Tabuk. Gubernur yang menjabat yaitu pangeran Fahd bin Sultan bin Abdul Aziz
  8. Qassim ibu kota Buraidah. Gubernur yang menjabat yaitu pangeran Faisal bin Mishaal bin Saud bin Abdulaziz
  9. Salam ibu kota Salam. Gubernur yang menjabat yaitu pangeran Saud bin Abdulaziz bin Abdulmohsin
  10. Al-Jouf ibu kota Sakakah. Gubernur yang menjabat yaitu pangeran Fahd bin Abdulaziz bin Badr.
  11. Perbatasan utara ibu kota Ar’ar. Gubernur yang menjabat yaitu pangeran Mishaal bin Abdullah bin Abdulaziz bin Musaed bin Juluwi.
  12. Jizan ibu kota Jizan. Gubernur yang menjabat yaitu pangeran Muhammad bin Nasir bin Abdulaziz
  13. Najran ibu kota Najran. Gubernur yang menjabat yaotu pangeran Jelawi bin Abdulaziz bin Musaed bin Jelawi.

Bendera Nasional Negara Arab Saudi

Lambang Negara Arab Saudi

via: s3.amazonaws.com
Nama Asli Negara Arab Saudi Al Mamlakah al Arabiyah as Suudiyah
Nama Internasional Negara Arab Saudi Kingdom of Saudi (Arabia)
Bentuk Negara Arab Saudi Kerajaan

Adapun periode kekuasaan raja Arab Saudi yaitu sebagai berikut.

1. Raja Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al-Saud
2. Raja Saud bin Abdul Aziz
3. Raja Faisal bin Abdul Aziz
4. Raja Khalid bin Abdul Aziz
5. Raja Fahd bin Abdul Aziz Al-Saud
6. Raja Abdullah bin Abdul Aziz Al-Saud
7. Salman bin Abdulaziz al-Saud
Ibu Kota Negara Arab Saudi Riyadh
Kepala Pemerintahan Negara Arab Saudi Perdana Menteri
Pemerintahan Lokal Negara Arab Saudi 6 wilayah utama dan 12 minor provinsi
Luas Wilayah Negara Arab Saudi 2218000km2
Penduduk Negara Arab Saudi 24.293.844 jiwa
Bahasa Resmi Negara Arab Saudi Arab
Suku Bangsa Negara Arab Saudi Arab dan suku lain yang merupakan kaum pendatang dari berbagai negeri
Agama yang dianut Penduduk Arab Saudi Islam
Lagu Kebangsaan Negara Arab Saudi Aash Al Maleek
Tanggal Bersejarah negara Arab Saudi 23 September 1932. Tanggal ini juga merupakan hari kesatuan.
Mata Uang Negara Arab Saudi Riyal
Zona Waktu Negara Arab Saudi UTC + 3
Kode Telepon Negara Arab Saudi 966
Hasil Tani Penduduk Negara Arab Saudi Kurma, gandum, barli, dan buah – buahan.
Sumber Alam Negara Arab Saudi Minyak, gas, emas, perak, dan besi.

Negara Arab Saudi atau dikenal juga dengan kerajaan Arab Sudi merupakan negara Arab yang berada di wilayah Jazirah Arab. Negara yang memiliki iklim gurun ini, disebabkan sebagian besar wilayahnya terdiri dari gurun pasir.

Gurun pasir yang terbesar di wilayah Arab Saudi yaitu Rub Al Khali. Pada umumnya, orang Arab menyebut nama gurun pasir dengan menggunakan kata Sahara. Negara Arab Saudi sebagai negara Islam merupakan salah satu negara yang berada di Asia Barat.

Ciri khas yang dimiliki oleh negara Arab Saudi, yaitu sebagai berikut.

  1. Mekah dan Madinah merupakan kota suci bagi umat Islam yang ada di dunia.
  2. Makam Nabi Muhammad saw. Berada di Madinah.
  3. Sumur zam – zam berada di sekitar Masjidil Haram yang berada di kota Mekah.
  4. Wadi merupakan suatu sungai yang berada di gurun yang berair pada saat musim hujan.
  5. Mekah dan Mdinah merupakan suatu tempat yang digunakan untuk pelaksanaan ibadah haji dan umroh.
  6. Kakbah atau Baitullah berada di kota Mekah.
  7. Hasil utama negara Arab Saudi yaitu minyak bumi. Bahkan, minyak bumi yang dihasilkan mampu menjadikan negara Arab Saudi sebagai pengekspor minyak yang paling besar di dunia.
  8. Wahah merupakan suatu persinggahan kafilah karena terdapat sumber air yang berada di tengah gurun.

Bagaimana sejarah berdirinya negara Arab Saudi?

Sejarah Negara Arab Saudi

Negara Arab Saudi merupakan peradapan yang paling awal dari Semenanjung Arab. Semenanjung Arabia ini telah memainkan peran penting dalam sejarah sebagai pusat perdagangan kuno, selama berabad-abad.

Selain itu, negara Arab Saudi ini dikenal sebagai tempat kelahiran Islam. Islam merupakan salah satu agama yang besar di dunia. Transformasi yang terjadi sejak tahun 1932 oleh King Abdul Aziz Al-Saud ini menyebabkan kerajaan modern Arab Saudi.

Negara Arab Saudi berdiri pada tanggal 23 September 1932. Tokoh yang memproklamasikan berdirinya negara Arab Saudi yaitu Abdul Aziz bin Abdurrahman Al – Sa’ud. Negara Arab Saudi atau Saudi Arabia (Al – Mamlakah Al- Arabiyah Al Su’udiyah) merupakan penyatuan wilayah Riyadh, Najd atau Nejed, Ha-a, Asir, dan Hijaz.

Lebih lanjut, Abdul Aziz dinobatkan sebagai raja pertama pada kerajaan yang berada di negara Arab Saudi. Nama Saudi diperoleh dari nama keluarga Raja Abdul Aziz Al- Sa’ud.

Negara Arab Saudi sebagai Pusat Perdagangan Kuno. Negara Arab Saudi yang terletak di antara dua pusat besar peradaban, yaitu Lembah Sungai Nil dan Mesopotamia. Semanjung Arab meruapajan persimpangan dunia kuno.

Perdagangan menjadi hal yang sangat penting untuk pembangunan daerah. Lebih lanjut, sebagai rute kafilah menjadi arteri perdagangan menjadikan wilayah semenanjung Arabia menjadi hidup.

Orang-orang yang berada di daerah Semenanjung Arabia mengembangkan kompleks rute perdagangan yang digunakan untuk mengangkut barang-barang pertanian. Barang-barang pertanian ini sangat dicari di Mesopotamia, Lembah Nil dan Basin Mediterania.

Barang-barang pertanian tersebut antara lain Almond dan Taif, kurma, dan parfum aromatik. Parfum ini antara lain kemenyan dan mur yang diperoleh dari dataran Tihama. Selain itu, rempah-rempah juga sebagai barang penting yang dikirim melintasi Laut Arab dari negara India.

Kemudian, dari Laut Arab diangkut oleh kafilah. Kafilah ini melalui perjalanan dari Oman dan Yaman, melalui Asir, kemudian melalui Mekah dan Madinah. Terakhir, tiba di pusat-pusat kota dari utara dan barat.

Lebih jauh, penduduk yang berada di Semenanjung Arab sebagian besar tidak tersentuh oleh gejolak politik yang berada di Mesopotamia, Lembah Nil, dan Mediterania Timur. Barang dan jasa penduduk Semenanjung Arab tetap menduduki permintaan yang besar, terlepas dari kekuasaan dominan.

Kekuasaan dominan ini dari Babilonia, Mesir, Persia, Yunani, atau Roma. Hamparan gunung yang berada di Semenanjung Arab membentuk penghalang alami. Ini digunakan untuk melindungi invasi oleh negara tetangga yang kuat.

Setelah memahami tentang sejarah negara Arab Saudi, lalu bagaimana dengan letak negara Arab Saudi? Berikut ini pemaparannya.

Letak negara Arab Saudi

Negara Arab Saudi ini berada di Semenanjung Arab di antara Laut Merah di sebelah Barat, tepatnya 1760 km dan Teluk Arab di sebelah timur, tepatnya 560 km. Adapun batas – batas negara Arab Saudi, yaitu sebagai berikut:

  1. Sebelah Barat Laut negara Arab Saudi berbatasan dengan negara Yordania.
  2. Sebelah utara Negara Arab Saudi berbatasan dengan negara Irak dan Kuwait.
  3. Sebelah timur negara Arab Saudi berbatasan dengan Bahrain, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Oman.
  4. Sebelah selatan negara Arab Saudi berbatasan dengan negara Yaman.

Setelah memahami tentang letak negara Arab Saudi, selanjutnya dijelaskan tentang keadaan ekonomi negara Arab Saudi. Berikut penjelasannya.

Ekonomi Negara Arab Saudi

Negara Arab Saudi dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat besar. Kekayaan alam yang sangat besar ini diperoleh dari minyak dan gas. Jumlah minyak yang ada di negara Arab Saudi bahkan mencapai 25 % cadangan minyak dunia.

Sedangkan, jumlah gas yang ada di negara Arab Saudi mencapai 40 % cadangan gas dunia. Pertanian penduduk Arab Saudi yang dikenal yaitu perkebunan kurma dan gandum. Sedangkan, di sektor peternakan menghasilkan daging serta susu dan olahannya.

Pemerintahan negara Arab Saudi ini memiliki peran penting dalam pengembangan industri dan ekonomi. Sedangkan, sektor swasta memainkan peran yang besar dari perekonomian negara Arab Saudi.

Sektor swasta ini menyumbang 48% dari produk domestik bruto (PDB). Negara Arab Saudi bergabung dengan organisasi perdagangan dunia atau WTO pada bulan Desember 2005. Perkembangannya yang penting menyebabkan produk negara Arab Saudi memiliki akses yang besar di pasar global.

Demikian pemaparan tentang kondisi ekonomi negara Arab Saudi, selanjutnya akan dijelaskan tentang sistem politik di negara Arab Saudi. Sistem politik di negara Arab Saudi dapat dijelaskan sebagai berikut.

Sistem Politik Negara Arab Saudi

Negara Arab Saudi merupakan negara yang menggunakan sistem Kerajaan atau Monarki. Hukum yang digunakan negara Arab Saudi merupakan hukum syariat Islam. Basic Law of Goverment merupakan sistem pemerintahan yang ditetapkan pada tahun 1992.

Basic Law of Goverment ini mengatur sistem pemerintahan. Kemudian, mengatur hak dan kewajiban pemerintah serta warga negara. Raja merangkap sebagai Perdana Menteri. Selain itu, raja juga merangkap sebagai Panglima Tinggi Angkatan Bersenjata Arab Saudi.

Kekuasaan kerajaan di negara Arab Saudi ini diwariskan pada anak dan cucu dari pendiri Arab Saudi. Sedangkan, anak cucu yang paling mampu dari pendiri Arab Saudi yaitu Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al-Saud.

Setelah  memahami tentang kondisi politik di negara Arab Saudi. Selanjutnya dijelaskan tentang keadaan pendidikan di Negara Arab Saudi.

Sistem Pendidikan Negara Arab Saudi

Pada tahun 1932, pendidikan di negara Arab Saudi hanya tersedia bagi anak-anak dari keluarga kaya yang berada atau tinggal di kota-kota besar. Namun, lambat laun, sistem pendidikan di negara Arab Saudi mengalami transformasi yang menakjubkan.

Di negara Arab Saudi saat ini terdiri dari 25 universitas negeri dan 27 universitas swasta, dan 30.000 sekolah. Selain itu, terdapat perguruan tinggi dan lembaga lainnya. Saat ini, sistem pendidikan sudah terbuka untuk semua warga negara.

Pemerintah Arab Saudi telah memberikan pendidikan gratis, buku, dan pelayanan kesehatan. Sistem pendidikan yang moden memberikan kualitas dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan.

Keragaman ini membantu kerajaan Arab Saudi dalam mempersiapkan warga negara untuk hidup dan bekerja dalam kondisi ekonomi global. Pendidikan dasar formal di mulai pada tahun 1930an.

Universitas pertama di negara Arab Saudi dikenal dengan King Saud University. Universitas ini didirikan di Riyadh pada tahun 1957. Sekolah pemerintah pertama untuk anak perempuan dibangun pada ahun 1964.

Pendidikan di negara Arab Saudi ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu pendidikan umum dan pendidikan tinggi. Masing-masing pendidikan, baik umum maupun tinggi dibagi menjadi tiga tahap.

Pendidikan umum dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu sebagai berikut.

  1. Sekolah Dasar atau Ibtida’iyah. Lama studinya yaitu enam tahun.
  2. Sekolah Menengah Pertama atau Mutawasithat. Lama studinya yaitu tiga tahun.
  3. Sekolah Menengah Atas atau Tsanawiyyah. Lama studinya yaitu tiga tahun.

Pendidikan tinggi dibagi menjadi tiga tahap, yaitu sebagai berikut.

  1. Pendidikan Sarjana
  2. Pendidikan Magister
  3. Pendidikan Doktoral

Demikian pemaparan tentang kondisi pendidikan di negara Arab Saudi. Selanjutnya bagaimana keadaan budaya dan seni di negara Arab Saudi?

Budaya dan Seni Negara Arab Saudi

Budaya di negara Arab Saudi ini merupakan salah satu budaya yang kaya. Budaya di negara ini dibentuk oleh warisan Islam. Masyarakat di negara Arab Saudi ini mengalami perkembangan yang luar biasa selama beberapa dekade terakhir.

Penduduk di negara Arab Saudi ini menjaga nilai-nilai dan tradisi dan adat mereka. Bahkan, perumahan dan daya berpakaiannya disesuaikan dengan dunia modern.

Tradisi Arab dan Islam negara Arab Saudi. Tradisi Arab di negara Arab Saudi ini berakar pada ajaran Islam. Selain itu, juga pada adat istiadat Arab, dimana warga Arab Saudi belajar tentang tradisi tersebut pada usia dini. Yang diperoleh dari keluarga dan sekolah.

Keramaian di negara Arab Saudi ini terjadi pada saat musim haji. Banyak Muslim dari seluruh dunia yang datang ke Makkah. Musim haji ini berhubungan liburan Idul Adha. Di mana pada Idul Adha ini, terdapat tradisi untuk menyembelih domba.

Setelah memahami tentang budaya dan seni di negara Arab Saudi. Selanjutnya dijelaskan tentang pariwisata yang berada di negara Arab Saudi, yang dijelaskan di bawah ini.

Pariwisata Negara Arab Saudi

Berikut ini merupakan tempat wisata yang berada di negara Arab Saudi, yaitu sebagai berikut:

Masjidil Haram

Merupakan suatu masjid yang dibangun mengeliling Ka’bah. Masjidil haram merupakan masjid yang terbesar di dunia. Masjid ini berada di kota Mekkah. Selain itu, tempat ini mejadi tempat tersuci bagi ummat Muslim di dunia.

Masjid ini dinamakan Masjidil Haram karena terletak di tanah haram (merupakan tempat yang dilarang untuk  berbuat yang diharamkan oleh Allas SWT). Bangunan masjid ini sangat megah. Bahkan, mengalami renovasi dari masa ke masa oleh pemerintahan Arab Saudi.

Masjid Nabawi

Merupakan tempat suci ke dua bagi ummat Muslim di dunia. Masjid ini dibangun sendiri oleh Nabi Muhammad dan para sahabatnya. Pembangunannya dilakukan pertama kali ketika memasuki kota Madinah.

Di tempat ini terdapat penjemuran buah kurma yang luasnya 50 m2. Tempat penjemuran buah kurma ini dimiliki oleh dua anak yatim bersaudara. Anak yatim tersebut bernama Sahil dan Suhail bin Amr.

Terdapat daya tarik tersendiri di masjid ini yaitu Raudhah. Raudhah diartikan sebagai taman surga. Raudhah merupakan tempat yang berada di antara mimbar dan makam Rasulullah SAW dan dua sahabatnya. Tempat ini menjadi tempat terkabulnya doa.

Di masjid ini dapat ditemui makam Rasulullah SAW dan dua sahabatnya. Sahabat Rasulullah SAW tersebut yaitu Abu Bakar Al-Shiddiq dan Umar bin Khattab ra. Semula, ketiga makam ini terletak berdampingan di salah satu sisi masjid.

Perluasan masjid, menyebabkan ketiga makam tersebut berada di dalam masjid. Masjid Nabawi semula hanya seluas 50 m2. Namun, saat ini hampir mencapai 100.000 m2. Dengan luas demikian, masjid ini mampu menampung 535.000 jamaah.

Masjid Quba

Merupakan masjid yang dibangun di desa Quba. Pembangunannya terjadi pada tanggal 8 Rabi’ul Awal tahun pertama Hijriyah. Masjid ini terletak sekitar 5 km di tenggara kota Madinah.

Semula masjid merupakan kebun kurma. Luasnya mencapai 1200 m2. Menurut sejarah Islam, masjid ini dibangun pertama kali oleh nabi Muhammad SAW dan sahabatnya. Masjid yang memiliki kapasitas 20.000 jamaah ini dilengkapi dengan ruang belajar mengajar. Tujuannya untuk menimba ilmu.

Masjid Jawatha

Merupakan masjid yang pertama kali dibangun di wilayah timur Arab Saudi. Masjid ini dibangun pada awal tahun 7 Hijriyah atau 629 Masehi. Masjid ini dibangun oleh bani Abdul Qais. Masjid ini berada di desa Al-Kilabiyah, 12 km dari timur laut Hoful Al-Ahsa Arab Saudi.

Masjid Al-Qiblatain

Merupakan masjid tertua nomor tigas di dunia. Masjid ini berada di Madinah. Semula masjid ini bernama Bani Salamah. Hal tersebut disebabkan dibangun di bekas rumah Bani Salamah.

Masjid ini dinamakan Al-Qiblatin karena memiliki dua kiblat. Di mana pada saat Nabi Muhammad SAW sedang shalat dengan para sahabatnya secara berjama’ah, Allah SWT menurunkan wahyu.

Wahyu itu untuk diberikan pada Nabi agar mengubah arah kiblatnya. Semula arah kiblat ke Masjidil Aqsha yang berada di Palestina. Kemudian, berubah menjadi ke arah Ka’bah di masjidil Haram Mekkah.

Gunung Uhud

Merupakan gunung yang terbesar dan tertinggi yang berada di kota Madinah. Tinggi gunung ini mencapai 350 meter di atas permukaan air laut. Dinamakan Uhud karena letaknya yang menyindiri.

Masjid Ar-Rahmah

Merupakan masjid terapung yang berada di Arab Saudi. Semula masjid ini dinamakan dengan masjid Fatimah. Namun, para peziarah kemudian menyebutnya menjadi masjid Fatimah Az-Zahra.

Untuk menghindari kesalahpahaman, pemerintah Arab Saudi mengubahnya menjadi Masjid Ar Rahmah. Masjid ini berada di wilayah Corniche.

Jabal Al-Lawz

Merupakan gunung yang berada di sebelah barat laut Arab Saudi. Ketinggian gunung ini sekitar 2580 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berarti gunung Almond. Di gunung ini terdapat flora dan faunda yang cantik dan unik.

Gua Hira

Merupakan tempat turunnya wahyu pertama dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril as. Gua Hira ini terletak di Jabal Nur. Tepatnya 3,2 km dari Mekkah. Panjang Gua Hira mencapai 3,7 m dan lebar 1,6 m dan tinggi 2 m.

Di tempat ini terdapat 600 anak tangga yang harus dilewati. Letaknya di tebing yang curam dan lerang Jabal Nur yang kering dan berbatu.

Padang Arafah

Merupakan padang pasir yang luas. Di mana bagian belakangnya dikelilingi oleh bukit batu. Tempat ini digunakan untuk wuquf setiap tanggal 9 Djulhijjah. Padang Arafah ini berada di sebelas timur 25 km dari kota Mekkah.

Di tempat ini juga terdapat jabal Rahmah sebagai tampat bertemunya nabi Adam as dan Siti Hawa. Wuquf di Padang Arafah dijadikan sebagai kegiatan untuk intropeksi diri. Selain itu, diisi dengan kegiatan berdzikir, berdoa, dan beribadah.

Tayma

Merupakan oase yang berada di barat laut Arab Saudi. Tepatnya 400 km sebelah utara kota Madinah dan 264 km tenggara kota Tabouk. Tayma ini dahulu merupakan simbol kemakmuran pemukiman Yahudi. Kemakmuran ini meliputi sumber air, sumur, dan bangunan yang megah.

Madain Saleh atau Al-Hijr atau Hegra

Merupakan situs peninggalan peradaban Nabatean. Letaknya di 22 km timur laut kotamadya Al Ula provinsi Madinah. Tempat ini dinobatkan sebagai situs warisan dunia.

Di tempat ini arkeolog menemukan batu bata yang diperkirakan sebagai bangunan rumah warga. Atau sebagai peninggalan dari umat nabi Saleh. Selain itu, juga ditemukan batu karang sebagai hasil budaya kaum Tsamud.

Jannat Al Baqi

Merupakan tempat pemahaman keluarga dan sahabat Nabi Muhammad SAW. Kompleks pemakaman ini berada di tenggara masjid Nabawi.

Najd atau Nejd

Merupakan dataran tinggi yang terletak di bagian tengah Arab Saudi. Ketinggianya mencapai 762 sampai 1525 meter di atas permukaan air laut. Tempat ini dulu ditinggali oleh suku, antara lain Kindites dan Tayy, dan nomaden Badui.

Dumat Al-Jandal

Merupakan puing-puing kota kuno yang berada di timur laut Arab Saudi. Tepatnya di Al-Jawf, 37 km dari Sakakah. Distrik Al Dar’i merupakan pusat kebudayaan yang terpenting di Arab Saudi.

Jabal Magnet atau Lembah Jin

Merupakan tempat wisata yang berada di 30 km utara Madinah. Terdapat fenomena yang unik ditempat ini yaitu efek keterbalikan dari gravitasi.

Ketika berjalan menurun pada saat mengendarai kendaraan, rasanya akan sangat sulit. Namun, saat menanjak naik, kendaraan akan bergerak begitu saja. Tanpa menekan pedal gas.

Air Mancur King Fahd’s

Merupakan air mancur yang dibuat atas perintah raja Fahd dan disumbangkan ke kota Jeddah. Air mancur ini tertinggi di dunia dengan nama lain fountain Jeddah dan Nafura King Fahd.

Air mancur ini menggunakan tiga pompa jet raksasa. Di mana pompa ini dapat menembakkan 625 liter air per detik. Kecepatan yang ditembakkan mencapai 375 km/jam dengan massa udara melebihi 18 ton.

Air yang digunakan diambil dari laut merah. Air mancur ini dibangun tahun 1980 sampai 1983. Kemudian, beroperasi pada tahun 1985.

Menara Jeddah atau Jeddah Tower

Merupakan menara yang berada di pantai kota Jeddah. Menara ini memiliki 200 lantai.

Demikian pemaparan tentang negara Arab Saudi. Negara yang beribukota di Riyadh ini merupakan produsen minyak terbesar di dunia. Negara ini juga sebagai tempat berkunjungnya pada Muslim ketika musim haji telah datang.

Negara ini juga memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan setiap tahun. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam memahami negara Arab Saudi. Selamat belajar dan jangan lupa berkunjungi lagi ke Portal-Ilmu.com.

Daftar Pustaka

1. Adisukarjo, S. 2007. Horizon IPS: Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Yudhistira.
2. Dianawati, A. 2006. RPUL Dunia. Jakarta: Wahyu Media.
3. Indriani, W. Tanpa tahun. Bendera dan Lambang Negara Arab Saudi. (Online), http://slideplayer.info/slide/3735427/, diakses tanggal 15 Januari 2017.
4. Zulifan, M. 2015. Mengenal Arab Saudi, Negeri Para Nabi. (Online), duniatimteng.com/mengenal-arab-saudi-negeri-para-nabi/ , diakses tanggal 15 Januari 2017.
5. Takdir, M. 2016. 25 Tempat Wisata di Arab Saudi yang Paling Direkomendasikan dan Banyak Dikunjungi oleh Wisatawan. (Online), http://www.triktravel.com/tempat-wisata-di-arab-saudi/, diakses tanggal 15 Januari 2017.
Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *