Profil Negara Albania Negara Elang

Albania merupakan negara yang terletak di bagian wilayah Eropa Tenggara. Albania adalah negara yang unik karena sejarahnya yang pernah menjadi negara yang tidak mempunyai agama (Atheis) pada era komunis.

Dulu, banyak masjid dan gereja yang dibakar selama masa pemerintahan Enver Hoxha. Selain itu, mereka percaya akan adanya nasib baik dan nasib buruk, contohnya seperti tidak boleh memotong kuku pada malam hari, adanya keberuntungan terhadap seseorang yang terkena kotoran burung dan lain sebagainya.

Kisah yang menarik, bukan? Pada artikel kali ini, portal ilmu juga membahas sejarah asal muasal terbentuknya Albania, flora dan fauna, hukum adat, sistem ekonomi dan politik, media pers dan masih banyak lainnya. Simak artikel berikut ini.

PROFIL NEGARA ALBANIA

Ibu kota Albania: Tirana

Luas: 28.748 kilometer persegi

Mata uang: Lek Albania

Zona waktu: Waktu Eropa Tengah (CET); (UTC+1)

Benua: Eropa

Presiden: Ilir Meta (sejak 2017)

Perdana Menteri: Edi Rama (sejak 2013)

Kelompok etnis: Albanian, Yunani, lainnya (termasuk Vlach, Romani, Makedonia, Montenegro, dan Mesir).

Bahasa: Albania (resmi – berasal dari dialek Tosk), Yunani, lainnya (termasuk Macedonia, Romani, Vlach, Turki, Italia, dan Serbo-Kroasia).

Populasi: 3.057.220 (perkiraan Juli 2018).

Agama: Muslim, Katolik Roma, Ortodoks, Ateis, Bektashi.

Sumber: (Central Intelligence Agency, 2019)

Kondisi Geografis

Negara yang dijuluku negara elang ini merupakan negara kecil dengan luas 28.748 km persegi.Albania terletak di bagian barat semenanjung Balkan Eropa tenggara. Sebelah utara dan timur berbatasan dengan Montenegro dan Kosovo, sebelah timur berbatasan dengan Makedonia, sebelah selatan berbatasan dengan Yunani dan sebelah barat pantai Albania berbatasan dengan Laut Adriatik dan Ionia.

Kondisi geografis Albania dipenuhi oleh pegunungan dengan ketinggian rata-rata 708 mdpl. Gunung Korab merupakan gunung yang tertinggi di dekat perbatasan Makedonia, tingginya mencapai 2.753 m. Di daerah pegunungan terdapat salju dan badai yang dapat berlangsung selama berbulan-bulan. Suhu di wilayah bagian selatan mencapai 40 derajat Celcius (104 ° F),  suhu minimum sekitar -5 / -10 ° C (23 hingga 14 ° F).

Albania memiliki banyak sungai yang berasal dari pegunungan tinggi, sebagian besar sunga-sungai dikelola dengan baik untuk menghasilkan sumber daya listrik. Namun, sebagian besar masyarakat Albania memilih untuk tinggal di dataran rendah.

Albania memiliki iklim Maditerania yaitu musim dingin yang relatif pendek dan ringan serta musim panas yang kering dan panas. Iklim dipengaruhi oleh suhu, curah hujan, sinar matahari, kelembaban udara dan lain-lain. Curah hujan rata-rata 1.430 mm pertahun.  (Geography)

FLORA

Albania memiliki tanah yang dapat ditumbuhi berbagai macam spesies tanaman. Terdapat sekitar 3.200 spesies tanaman di negara ini. Tanaman yang paling populer di Albania dan Mediterania yaitu pohon zaitun, kebun anggur, pohon ara, buah jeruk dan lemon.

Terdapat pula pohon sakura yang mekar pada bulan Mei dan pohon kesemek yang tumbuh pada bulan November. Contoh tanaman lainnya adalah heather, aegilops, sapu dan cemara. Taman nasional Llogara yang berada di Divjaka dan pantai juga menawarkan para pengunjung untuk mencoba melakukan perjalanan menarik melewati hutan pinus. Selain pohon dan bunga, Albania juga memiliki sekitar 300 tanaman obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan dan menghilangkan rasa nyeri pada tubuh.

FAUNA

Dunia hewan dan vegetasi yang berada di Albania menyerupai negara-negara Mediterania dan Eropa Tengah. Jenis spesies hewan liar yang bisa ditemukan adalah serigala, rubah, beruang, kelinci, rusa, ibex, dan lain-lain. Albania juga memiliki kekayaan ornitologis yang luar biasa. Terdapat banyak burung liar terutama di laguna Karavasita, Taman Nasional Divjaka.

Laut, danau dan sungai Albania adalah rumah bagi sekitar 110 spesies ikan di laut Mediterania, contohnya seperti belanak, bar dan trout. Disamping itu, terdapat pula seekor ikan yang hanya dapat hidup di danau Ohrid dan sungai Drin Black.

BENDERA DAN LAMBANG

Bendera Albania

Pada 28 November 1443, pahlawan nasional Albania yaitu seorang pangeran yang dikenal sebagai Skanderbeg (George Kastrioti) mengibarkan benderanya diatas benteng Kruje. Albania berhasil melawan kekuatan Kekaisaran Ottoman walaupun setelah kematian Skanderbeg pada 17 Januari 1468. Bendera Albania berwarna merah dan dilengkapai dengan gambar elang hitam. Bendera ini seperti simbol miliki Kekaisaran Bizantium pada masa lampau, elang Albania yang berkepala dua.

Seorang imigran asal Brussels, Faik Konitsa dan imigran yang berasal dari Boston, Querim Panarity mempopulerkan Skanderbeg dan benderanya pada akhir abad ke-19. Albania berhasil mencapai kemerdekaannya dari kekuasaan Ottoman lalu segera memproklamasikan kemerdekannya pada 28 November 1912. (Smith)

SEJARAH ALBANIA

Bangsa Illyrian

Tidak ada yang mengetahui pasti mengenai asal usul masyarakat Albania. Namun, data yang diambil melalui sejarah panjang dari studi arkeologis dan antropologis menyatakan bahwa masyarakat Albania berasal dari keturunan Illyria kuno. Walaupun begitu, data ini masih dianggap kurang jelas.

Pasalnya bahasa Albania berbeda dengan bahasa yang dimiliki oleh masyarakat Indo-Eropa. Kelangkaan informasi membuat para peneliti kesulitan untuk menunjukan hubungan antar kedua bahasa tersebut. Selain itu, banyak pula sarjana yang membantah tesis-tesis semacam itu.Mereka mengatakan bahwa masyarakat Albania serta bahasa yang dimilikinya bukan berasal dari bangsa Illyria melainkan berasal dari bahasa Thrakia yang kini telah punah.

Budaya Illyrian diyakini telah berevolusi dari zaman batu dan telah memanifestasikan dirinya di wilayah Albania. Bangsa Illyria terdiri dari beberapa suku yang berada di bagian barat Balkan. Bangsa Illyrian sering menetap di dataran yang tinggi, akibatnya mereka mendapat kondisi yang terisolasi serta budayanya yang berkembang jauh lebih lambat dibanding dataran rendah.

Penulis jaman kuno menceritakan bahwa bangsa Illyria merupakan orang-orang yang ramah tamah dan pemberani. Para perempuan yang berasal dari bangsa Illyria memiliki keberanian yang sama dengan kaum laki-laki, bahkan sebagian dari mereka juga telah menjadi kepala federasi kesukuan.

Soal agama, bangsa Illyria merupakan bangsa yang paling sering menyembah berhala, mereka mempercayai adanya kehidupan setelah kematian. Mereka akan mengubur orang-orang yang telah wafat dengan senjata.

Bangsa Illyria memiliki sumber kekayaan alam yang melimpah seperti mineral, besi, tembaga, emas dan perak. Mereka juga membuat kapal sedangkan para pelautnya merupakan orang-orang yang handal.

Bangsa Yunani

Orang-orang Yunani mendirikan serangkaian koloni di tanah Illyrian pada abad ke-8 hingga ke-6 SM. Kehadiran koloni-koloni tersebut menjadikan bangsa Illyria lebih maju dan berkembang daripada sebelumnya, khususnya dibidang ekonomi dan politik. Sayangnya koloni-koloni tersebut tak bertahan lama,  mereka mulai runtuh pada abad ke-3 SM.

Sejalan dengan kebangkitan koloni-koloni Yunani, bangsa Illyrian berevolusi secara politis dari entitas yang relatif kecil dan sederhana menjadi entitas yang lebih besar dan lebih kompleks. Pada awalnya mereka membentuk aliansi sementara untuk melakukan tindak defensif atau ofensif, federasi dan kerajaan-kerajaan. Kerajaan yang paling berkembang pada abad ke-5 adalah kerajaan Enkalayes, Taulantes, Epirotes dan Ardianes.

Setelah berperang melawan negara Makedonia pada abad ke-4 SM, bangsa Illyria mendapat ancaman dari bangsa Romawi. Bangsa Romawi berhasil menaklukan bangsa Illyria dibawah kepemimpinan Ratu Teuta pada tahun 168 SM.

Bangsa Romawi

Bangsa Romawi membentuk provinsi Illyricum selama sekitar 6 abad. Bangsa Illyria mengalami perubahan dahysat yang ditunjukan melalui perkembangan seni dan budayanya, khususnya di wilayah Apollonia. Sebagian besar masyarakat Illyria menolak pengaruh budaya yang diberikan oleh bangsa Romawi. Walaupun begitu, huruf-huruf latin kemudian mulai menjadi bagian dari bahasa Albania.

Agama Kristen mulai masuk sekitar pertengahan abad ke-1. Awalnya, agama ini bersaing ketat dengan agama yang berada di Timur Tengah seperti agama Mithra, dewa cahaya Persia. Selain itu, terdapat pula persaingan dengan agama yang dianut oleh bangsa Illyrian itu sendiri yaitu menyembah para dewa.

Bangsa Illyria membuat pengaruh besar terhadap militer Romawi. Pada abad ke-3 hingga pertengah abad ke-4, Bangsa Illyria berhasil mengendalikan kekaisaran. Tokoh-tokoh pejuang tersebut adalah Gayus Decius, Claudius Gothicus, Aurelian, Probus, Diocletian dan Constantine the Great.

Perubahan nama Illyria menjadi Albania

Albania kemudian berubah menjadi kekaisaran Bizantium ketika kekaisaran Romawi dibagi menjadi timur dan barat. Anastasius I, Justin I dan Justinian I merupakan orang-orang yang berhasil membentuk sejarah awal Bizantium ini.

Pada dekade pertama, bangsa Illyria menghadapi kekacauan dibawah pemerintahan Bizantium. Tak lama setelah itu, bangsa Slavia muncul diantara abad ke-6 & ke-8. Mereka menduduki wilayah-wilayah ditempat kediaman suku Illyria seperti Slovenia, Kroasia, Bosnia dan Herzegovina dan Serbia.

Akibat dari adanya pengaruh budaya Romawi, Bizantium dan Slavia maka Albania mendapat sejumlah transformasi yang luar biasa. Nama Illyria mengalami banyak perubahan pada abad ke-8 hingga ke-11, hingga pada akhirnya berubah menjadi Albania. Mereka mulai menyadari bahwa wilayah, nama, bahasa serta warisan budaya merupakan hal yang serupa dimiliki oleh masyarakatnya. (Britannica)

BUDAYA

Albania dikenal dengan kelompok budaya Gheg yang berada di wilayah utara dan Tosks yang berada diwilayah selatan. Secara geografis mereka dibagi oleh sungai Shkumbin dan memiliki dialek serta budaya yang berbeda.

Albania memiliki warisan seni budayanya melalui lagu-lagu yang unik. Musik yang paling terkenal di Albania adalah musik rakyat pedesaan yang mengandung pesan-pesan mengenai lintas generasidi. Nada musik diwilayah utara dan selatan digabung menjadi musik rakyat pedesaan yang unik, pasalnya nada yang dibawakan oleh tradisi Gheg di utara adalah kasar dan heroik sedangkan tradisi Tosks di utara umumnya terlihat lebih santai, lembut dan indah. Kompilasi pertama ini dibuat oleh Pjetër Dungu pada tahun 1940.

Terdapat pula tarian-tarian tradisional seperti Vallja e Shqipeve, Rrajca, Devollice dan Vallja e Katjuskes. Masyarakat Albania terkenal dengan kedermawanan dan keramahannya. Mereka dapat menyediakan banyak stok daging yang telah dicuci dengan raki yaitu minuman beralkohol pada saat pesta pernikahan.

Keluarga mempelai wanita pada umumnya memberikan mahar atau kado kepada keluarga pengantin pria. Setiap daerah memiliki tradisi budayanya masing-masing namun kado yang sering diberikan adalah berupa selimut, bantal, karpet dan beberapa potongan furnitur.

HUKUM ADAT

Hukum adat mengatur segala perilaku sosial dan segala aspek kehidupan lainnya. Ciri khas yang paling terkenal dari masyarakat Albania dapat dilihat dari kode kuno Kanun Lekë Dukagjini. Di dalam masyarakat Albania terdapat suatu istilah “Besa”.

Besa dapat disebut sebagai keyakinan, kepercayaan atau iman. Besa juga merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh masyarakat Albania untuk menciptakan keramahan yang sangat tulus. Mereka tak segan-segan untuk membantu orang lain. Tradisi ini diciptakan pada abad ke-15 silam.

Terdapat suatu pepatah dalam Kanun yaitu “Shpija para se me qenë e Shqiptarit, asht e Zotit dhe e mikut” yang artinya “Sebelum sebuah rumah menjadi milik sang pemilik, awalnya rumah itu dimiliki oleh Tuhan dan para tamu”.

Masyarakat Albania sangat senang dan bangga apabila ada tamu yang datang menghampiri mereka. Apabila seseorang mengetuk salah satu pintu rumah warga setempat untuk mendapatkan ruang menginap maka mereka akan membukakan pintu dan memberi ruang istirahat langsung kepada para tamu dengan penuh gembira. (BBC News, 2017)

PARIWISATA

Sektor pariwisata yang populer di Albania terletak pada tempat-tempat berikut:

Gjirokastra

Gjirokastra merupakan kota dengan arsitektur Ottoman yang unik. Rumah-rumahnya dibangun dengan menggunakan batu-batu yang intensif sedangkan jalannya dibangun dengan menggunakan batu-batu yang bulat. Gjirokastra juga sering disebut sebagai kota batu dan kota UNESCO.

Para pengunjung dapat mengunjungi Masjid Bazaar yang dibangun sejak tahun 1557, museum senjata yang dibangun pada tahun 1971, museum Etnografi, rumah Angonati, rumah Babaram, rumah Skendulaj, rumah Eqrem Cabej, rumah Kikino dan salah satu tempat yang paling populer adalah Sokaku i te Marreve (jalan orang Mad). Kota Gjirokastra juga memiliki sejumlah kuliner yang nikmat seperti pasha qofte, shapkat, oshaf dengan buah ara kering, susu domba dan lain-lain.  (Gjirokastra)

Berat

Berat merupakan situs warisan dunia UNESCO dan dikenal sebagai “Museum City of Albania”. Berat terletak di sisi sungai Osum dan dilatar belakangi oleh sebuah gunung Tomorr yang memiliki ketinggian 2,416m/7,927 kaki. Selain itu, Berat juga dikenal sebagai “kota seribu jendela”. Terdapat kolaborasi arsitektur antara Ottoman dengan Albania. (Berat)

Ksamil

Kasmil merupakan salah satu pantai yang paling indah di Albania dengan air lautbiru kehijauan. Pantainya berpasir dan terdapat pulau-pulau kecil yang terlihat layaknya surga. (what to see in Albania, Ksamil)

Butrint

Butrint juga disebut “The Microcosmos of Mediterranean” dan menjadi destinasi wisata pertama yang dimasukan dalam situs warisan dunia UNESCO pada 1992. Situs ini telah dihuni sejak zaman prasejarah dan merupakan bagian dari koloni Yunani dan Romawi.

Hekateus menyebut bahwa kota ini dibangun berdasarkan Troy dan merujuk pada pengorbanan seekor banteng Buthrotos. Didalam kota ini juga terdapat patung Apolli, sewi Butrint, kepala marmer Zeus, potret Agrippina, kepala Livia serta epigraf-epigraf yang berasal dari bahasa Latin maupun bahasa Yunani.

Appolonia

Appolonia adalah kota yang berisi sejumlah koloni-koloni Yunani kuno. Kota kuno ini terletak di barat daya Albania, sekitar 21 kilometer dari kota Fier. (Appolonia)

Danau Ohrid

Danau Ohrid merupakan danau yang paling indah di Balkan. Terdapat pula gunung-gunung yang melengkapi pemandangan tersebut. Para pengunjung tak hanya dapat menikmati indahnya pemandangan alam saja namun juga dapat menikmati nikmatnya kuliner khas Albania.

MEDIA

Masyarakat Albania cenderung menyukai media televisi dibandingkan internet. Beberapa stasiun televisi di Albania yaitu RTSH publik, Top Channel, TV Klan dan lain-lain. Tak hanya TV, Albania juga memiliki jaringan radio yang mencakup secara nasional. Terdapat lebih dari 60 stasiun radio lokal maupun regional yang ada di Albania.

Tingkat publikasi surat kabar di Albania cukup tinggi. Media pada umunya bersifat gratis. Seorang penyiar akan dikendalikan oleh badan independen sedangkan media pers-nya tidak dikendalikan oleh siapapun.

Ancaman yang paling nyata di Albania adalah kebebasan dalam sensor tertentu, sensor tersebut kadang-kadang timbul dari kepentingan bisnis ataupun politik pemilik media. Negara tidak membatasi akses online terhadap masyarakatnya. Sosial media yang paling sering digunakan adalah facebook. (BBC NEWS, 2017)

Media pers

  • Shekulli – harian pribadi
  • Gazeta Shqiptare – harian pribadi
  • Panorama – harian pribadi
  • Rilindja Demokratike – harian Partai Demokrat
  • Koha Ditore – harian pribadi
  • Zeri i Popullit – harian partai sosialis
  • Koha Jone – harian pribadi
  • Albanian Daily News – Situs berita berbahasa Inggris
  • Tirana Times – Bahasa Inggris mingguan

Media Televisi

  • Albanian Radio and TV (RTSh) – publik, mengoperasikan dua jaringan
  • Top Channel – nasional, pribadi
  • TV Klan – nasional, pribadi
  • Vizion Plus – nasional, pribadi

Radio

  • Albanian Radio and TV (RTSh) – publik
  • Top Albania Radio – nasional, pribadi
  • +2 Radio – nasional, pribadi

Agen berita atau internet

  • Albanian Telegraphic Agency (ATA) – Halaman berbahasa Inggris
  • BalkanWeb – portal berita
  • ikub.al – berita dan lainnya

PENDIDIKAN

Pendidikan Dasar

Sekitar 99% anak-anak Albania telah merek huruf dan pemerintah masih terus mempertahankan angka tersebut. Pendidikan dasar wajib diikuti hingga kelas 9, meski sebagian besar anak-anak sekolah mengikutinya hingga kelas 12. Tahun akademik dibagi menjadi 2 semester. Awal semester dimulai pada bulan September hingga Oktober dan akhir semester pada bulan Juni hingga Juli.

Pendidikan Menengah

Pendidikan menengah disebut juga sebagai pendidikan regular tingkat 2. Untuk menyelesaikan pendidikan ini anak-anak harus menempuh masa pendidikan selama 3 tahun lagi. Tujuan utama pendidikan ini adalah memberikan pelajaran serta kesiapan akademik bagi anak – anak yang ingin melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi lagi yaitu universitas.

Pendidikan Kejuruan

Pendidikan ini merupakan alternatif dari sekolah reguler. Untuk menyelesaikan pendidikan ini anak-anak harus menempuh pendidikan selama 2 hingga 5 tahun lagi tergantung pada ijazah atau kualifikasi yang diinginkan.

Pendidikan tinggi

Terdapat sejumlah Universitas negeri ataupun swasta yang dibuka lebar untuk para calon mahasiswa. Universitas pertama yang terdapat di Albania adalah Universitas Tirana yang didirikan pada tahun 1957. Fakultasnya terdiri dari ilmu ekonomi, bahasa asing, sejarah & filogi, kedokteran, ilmu alam, hukum, ilmu sosial, pendidikan jasmani dan lain-lain. (Education System in Albania)

SISTEM POLITIK ALBANIA

Bentuk konstitusi Albania adalah Republik Parlemen sedangkan sistem pemerintahannya dijalankan atas prinsip dasar pemisahan kekuasaan yaitu legislatif, yudikatif dan eksekutif. Negara menjamin kebebasan untuk mendirikan partai politik, namun harus tetap memperhatikan aturan-aturan tertentu, salah satunya adalah mematuhi azas-azas demokrasi.

Hukum di Albania melarang pendirian partai politik dan organisasi lain, program dan kegiatan-kegiatan yang didasarkan pada prinsip pluralisme atau hal-hal yang mendorong pada tindakan kebencian ras, agama, regional atau etnis hingga menggunakan kekerasan-kekerasan untuk mencapai kekuasaan atau untuk mempengaruhi kebijakan tertentu.

Angkatan bersenjata Albania bertugas untuk mengamankan kemerdekaan negaranya serta mempertahankan integritas teritorial dan tatanan konstitusionalnya. Selain itu, angkatan bersenjata juga berkomitmen untuk menjaga sikap netral terhadap masalah-masalah yang dihadapi.

Albania memiliki 140 anggota parlemen dan pada umumnya anggota parlemen akan dipilih untuk masa jabatan 4 tahun. Calon anggota parlemen akan dipilih melalui sistem pemilihan yang bersifat porporsional. Presiden adalah kepala negara dan mewakili persatuan rakyat. Masa jabatan seorang presiden adalah 5 tahun dan dapat dipilih kembali. Syarat untuk menjadi seorang presiden Albania yaitu telah menetap di Albania selama kurang lebih 10 tahun terakhir, berasal dari warga negara Albania dan usia tidak boleh dibawah 40 tahun. (Zeneli)

Partai politik utama di Albania adalah (1) Partai Sosialis, (2) Partai Demokrat, dan (3) Gerakan Sosialis untuk Integrasi/ Socialist Movement for Integration (LSI).

PEMILIHAN UMUM

Pemilu Presiden

Pemilihan Presiden yang terakhir diadakan pada tanggal 28 April 2017 oleh parlemen berdasarkan konstitusi yang berlaku. Ilir Meta terpilih dan resmi menjadi presiden Republik pada 24 Juli 2017. Hashim Ibrahim Al Sada, berpartisipasi dalam acara inagurasi terhadap presiden baru Albania. Pemilihan presiden selanjutnya akan diselenggarakan pada tahun 2022.

Pemilihan Parlemen

Pemilihan parlemen yang terakhir diselenggarakan pada 25 Juni 2017 yang lalu. Partai sosialis mendapat kemenangan telak dan memperoleh 74 mandat di parlemen. Pemilihan selanjutnya akan diselenggarakan pada tahun 2021.

Pemilihan Kota

Pemilihan kota yang terakhir diselenggarakan pada tahun 2015 yang lalu, dengan aliansi sayap kiri yang dipegang oleh partai sosialis berhasil mengalahkan aliansi sayap kanan yang dipegang oleh partai demokrat. Pemilihan selanjutnya telah diselenggarakan pada tahun 2019 berdasarkan hukum yang berlaku.

SISTEM EKONOMI

Albania merupakan negara Eropa timur terakhir yang menyerah pada rezim komunis (muncul pada tahun 1990-an) dan mengadopsi pasar kapitalis. Negara ini masih tetap harus menjalani masa transisinya. Meskipun ekonomi yang dimiliki Albania cukup kuat, faktanya Albania harus masuk dalam kategori negara termiskin di Eropa.

Sektor Pertanian

Sektor pertanian cukup mendominasi perekonomian Albania, hingag 60% pekerjaan dari total populasi dan 25% dari PDB. Albania memproduksi berbagai macam tanaman yang bervariasi seperti sereal (gandum, jagung, oat dan sorgum), buah-buahan dan sayuran, tembakau, pohon zaitun dan kebun anggur. Produk-produk tersebut dapat dikonsumsi langsung oleh para petani maupun dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Sektor Industri

Sektor industri mempekerjakan 15% dari populasi pekerja. Fokus utama sektor ini adalah transformasi makanan, tekstil dan pakaian, kayu, ekstraksi minyak dan pertambangan, semen, bahan kimia, transportasi dan energi hidrolik.

Banyak perusahaan asing yang berdiri di tanah Albania, hal ini menyebabkan kebocoran modal dan kekayaan alam. Walaupun demikian, setidaknya hal tersebut dapat memberikan lowongan pekerjaan kepada masyarakat Albania.

Sektor tersier

Sektor ini mewakili hampir 60% dari PDB dan mempekerjakan seperempat dari populasi pekerja. Pariwisata, telepon, sektor perbankan dan asuransi sangat menentukan dalam perkembangan ekspansi yang cepat.

HUBUNGAN BILATERAL ALBANIA DAN INDONESIA

4 Mei 1994 adalah awal bagi hubungan politik Albania dan Indonesia. Meskipun kedua negara ini telah menjalin hubungan sejak lama, tapi Albania belum mendirikan kedutaan besarnya di Indonesia, sebaliknya pun begitu dengan Indonesia.

Indonesia menempatkan posisi kedutaan besarnya di Sofia, Bulgaria merangkap untuk Albania, sedangkan Albania menempatkan posisi kedutaan besarnya di Kuala Lumpur dan merangkap untuk Indonesia.

Albania memiliki hubungan bilateral yang baik dengan Indonesia. Hal ini dibuktikan dalam kesepakatan MoU between The Ministry Foreign Affairs of The Republic of Indonesia and The Ministry of Foreign Affairs of The Republic of Albania on Bilateral Consultation. (KBRI di Sofia)

DAFTAR PUSTAKA

  • Appolonia. (n.d.). Retrieved from Albanian National Tourism Agency: http://albania.al/destinations/apollonia/
  • BBC News. (2017, Februari 15). Retrieved from Apa yang dapat diajarkan oleh Albania kepada kita tentang keramahan?: https://www.bbc.com/indonesia/vert-tra-38921891
  • BBC NEWS. (2017, November 21). Retrieved from Albania profile – Media: https://www.bbc.com/news/world-europe-17680734
  • Berat. (n.d.). Retrieved from Albanian Tourist: http://www.albaniantourist.com/berat.html
  • Britannica, E. (n.d.). Albania. Retrieved from Encyclopedia Britannica: https://www.britannica.com/place/Albania/Cultural-institutions#ref129453
  • Central Intelligence Agency. (2019, October 23). Retrieved from Europe: Albania: https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/al.html
  • Ecotour. (n.d.). Retrieved from Economy: http://www.ecotouralbania.com/en/about-albania/economy-of-albania
  • Ecotour Albania. (n.d.). Retrieved from Albanian fauna and flora: http://www.ecotouralbania.com/en/about-albania/nature-and-tradition
  • Education System in Albania. (n.d.). Retrieved from Scholaro pro: https://www.scholaro.com/pro/countries/Albania/Education-System
  • Geography. (n.d.). Retrieved from albania.al: http://albania.al/geography/
  • Gjirokastra. (n.d.). Retrieved from Albanian National Tourism Agency : http://albania.al/destinations/gjirokastra/
  • KBRI di Sofia, B. (n.d.). Indonesia – Albania. Retrieved from Kemlu.go.id: https://kemlu.go.id/sofia/id/pages/indonesia_-_albania/2888/etc-menu
  • Smith, W. (n.d.). Flag of Albania. Retrieved from Britannica: https://www.britannica.com/topic/flag-of-Albania
  • what to see in Albania, Ksamil. (n.d.). Retrieved from Albania tourism: https://www.mywanderlust.pl/albania-tourism-what-to-see-in-albania/
  • Zeneli, R. A. (n.d.). Political System. Retrieved from Embassy of the State of Qatar: http://tirana.embassy.qa/en/republic-of-albania/political-system

Oleh:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *