Profil Negara Afghanistan

Portal-ilmu.com kali ini akan memberikan penjelasan tentang profil negara Afganistan. Semua hal yang berhubungan dengan negara Afghanistan akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini. Perhatikan baik- baik penjelasan di bawah ini.

Afghanistan merupakan salah satu negara yang dapat dikatakan termiskin di dunia. Negara ini di bawah kekuasaan Babrak Kamal, di mana para rakyat Afghanistan mengalami penderitaan sebagai akibat dari perang saudara yang berkepanjangan.

Perang terhadap rezim komunis yang dipelopori oleh kelompok gerilyawan Islam ini berlangsung sekitar sepuluh tahun yang lalu, tepatnya pada awal tahun 1993. Setelah pengeboman gedung WTC New York pada tanggal 11 September 2001, negara Amerika bersama dengan sekutunya menyerbu Afghanistan.

Hal tersebut dilatarbelakangi karena mereka ingin menangkap Osama Bin Laden. Osama Bin Laden merupakan tokoh Al Qaeda yang dituduh sebagai otak pelaku pengeboman. Sampai pada kurun waktu antara tergulingnya rezim pemerintahan Taliban pada tahun 2001 dan Loya Jirga (merupakan sidang majelis musyawarah tradisional) pada tahun 2004. Selanjutnya, dunia barat menyebut negara ini dengan nama negara Islam transisi Afghanistan.

Karakteristik Negara Afghanistan

Peta Negara Afghanistan

Peta Afghanistan
via: commons.wikimedia.org

Bendera Negara Afghanistan

Bendera Afghanistan
via: en.wikipedia.org

Keterangan:

Dibagian tengah bendera terdapat lambang negara Afghanistan.

Warna hitam dalam bendera melambangkan tentang masa lalu negara Afghanistan yang kelam.

Warna merah dalam bendera melambangkan tentang darah dari para pejuang yang telah gugur dalam memerdekakan dan membangun negara Afghanistan.

Warna hijau dalam bendera melambangkan tentang harapan agar negara Afghanistan mengalami kesuburan dan kemakmuran.

Lambang negara Afghanistan

Lambang Afghanistan
via: id.wikipedia.org

Keterangan:

Pada bagian tengah lambang negara terdapat rangkaian gambar masjid, padi, angka, dan huruf.

Gambar masjid dalam lambang tersebut strukturnya seperti tiga masjid agung dalam Islam. Masjid agung yang dimaksud yaitu masjid Nabawi, Masjidil Haram, dan Masjid Al-Aqsa.

Tulisan kalimat tauhid yang terdapat dalam lambang dibaca “La ilaha illa-llah, Muhammadu-rasulu-llah” berarti tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah rasul utusan Allah.

Tulisan kalimat takbir dalam lambang, dibaca “Allahuu Akbar” memiliki arti Allah Maha Besar.

Gandum yang terdapat dalam lambang negara melambangkan tentang kemakmuran, diikat dengan pita yanga menggambarkan tentang persatuan.

Kemudian, pada bagian bawah ada tulisan arab yang dibaca Afghanistan.

Tulisan angka arab 1298 Hijriah atau sama dengan 1919 masehi menunjukkan tentang tahun kemerdekaan negara Afghanistan dan britania raya.

Matahari yang terdapat dalam lambang negara melambangkan tentang kejayaan.

Nama asliDe Afghanistan Jamhouriat (Pashto), Islamic Republic of Afghanistan (Jomhuri-ye Eslami-ye Afghanestan (Dari))
Terletak diAsia Tengah
Nama internasionalIslamic State of Afghanistan
Bentuk negara AfghanistanRepublik Islam
Ibukota negara AfghanistanKabul
Kepala negaraPresiden
Kepala pemerintahanPerdana menteri
Pemerintahan lokal negara Afghanistas30 provinsi (Gubernur)
Luas wilayah negara Afghanistan647.500 km2
Penduduk29.928.987 jiwa
Bahasa negara AfghanistanParsi (Dari), Pashtun (keduanya merupakan bahasa resmi) dan Uzbek (Turki)
Suku bangsaPusthun, Tajik, Uzbek, Hazarah
AgamaIslam (Suni dan Syiah)
Lagu kebangsaan negara AfghanistanSoroud-e-Melli
Tanggal bersejarah19 Agustus 1919
KemerdekaanDari Britania Raya
Mata Uang negara AfghanistanAfghani
Zona waktuUTC+4,5
Kode telepon+93
Hasil taniGandum, padi, kapas, kacang, dan buah- buahan
Sumber alamMinyak, gas alam, batu bara, sulfur, tembaga, timah, dan seng

Tahun 1973-1978 dinamakan dengan Republik Afghanistan di mana presiden yang menjabat kala itu yaitu Sardar Mohammad Daud Khan (17 Juli 1973-27 April 1978) dari Partai Revolusioner Nasional

Tahun 1978 dinamakan dengan Angkatan Bersenjata Afghanistan di mana presiden yang menjabat pada masa itu yaitu Abdul Qadir Dagarwal (27 April 1978-30 April 1978) dari partai PDPA- Khalq.

Tahun 1978-1987 dinamakan dengan era republik Demokrasi Afghanistan di mana presiden yang menjabat pada masa itu yaitu:

  1. Nur Mohammad Taraki (30 April 1978-14 September 1979)
  2. Hafizullah Amin (14 September 1979-27 Desember 1979)
  3. Babrak Karmal (27 Desember 1979-24 November 1986)
  4. Haji Mohammad Chamkani (24 November 1986-30 September 1987)
  5. Mohammad Najibullah (30 September 1987-30 November 1987).

Tahun 1987-1996 dinamakan Republik Afghanistan, dengan presiden yang menjabat pada masa itu yaitu

  1. Mohammad Najibullah (30 November 1987-16 April 1992).
  2. Abdul Rahim Hatef (16 April 1992-28 April 1992)

Tahun 1992-1996 dinamakan dengan Negara Islam Afghanistan, di mana presiden yang menjabat pada masa itu yaitu

  1. Sibghatullah Mojaddedi (28 April 1992-28 Juni 1992)
  2. Burhanuddin Rabbani (28 Juni 1992-27 September 1996).

Tahun 1996-2001 dinamakan dengan Persatuan Islam Afghanistan, di mana presiden yang menjabat pada masa itu yaitu Mohammed Omar (27 September 1996-13 November 2001)  dan partai yang menaungi yaitu Taliban.

Tahun 2001-2004 dinamakan dengan Republik Transisi Islam Afghanistan, di mana presiden yang menjabat pada masa itu yaitu

  1. Burhanuddin Rabbani (13 November 2001-22 Desember 2001)
  2. Hamid Karzai (22 Desember 2001-7 Desember 2004)

Tahun 2004  sampai sekarang, presiden yang menjabat yaitu Hamid Karzai (mulai menjabat pada tanggal 7 Desember 2004)

Informasi Tambahan tentang Negara Afghanistan

Geografi dan kondisi alam Negara Afghanistan

Sebagai negara yang memiliki luas 652.300 km2, Afghanistan terletak di pertemuan Asia Barat, Asia Selatan, dan Asia Tengah, ditempat yang strategis kemudian lintas antara utara dan selatan.

Negara Afghanistan merupakan negara muslim yang berada di Timur Tengah. Di mana secara astronomis, negara Afghanistan ini terletak di 290 sampai 390 Lintang Utara (LU) dan 600 sampai 750 bujur timur (BT).

Negara Afghanistan memiliki titik tertinggi yang berada di Noshaq, dengan ketinggian 7492 meter di atas permukaan laut. Afghanistan berbatasan dengan Turkmenistan, Uzbekistan, dan Tajikistan di sebelah utara.

Di mana jalur sempit yang panjang timur laut berbatasan dengan Tiongkok. Lebih lanjut, bertetangga dengan Pakistan di sebelah timur dan tenggara, dan bersambung dengan negara Iran di bagian barat.

Di negara Afghanistan terdapat banyak gunung. Tanah tinggi dan pegunungan hampir mendiami 80% dari luas wilayah di seluruh negara Afghanistan. Di bagian utara dan barat daya sebagian besar merupakan dataran rendah. Sedangkan, di bagian barat daya dapat dijumpai gurun pasir. Tinggi rata-rata yaitu 100 meter di atas permukaan air laut.

Negara Afghanistan memiliki iklim kontinental sehingga menyebabkan negara ini sering kali dilanda musim dingin yang keras, salah satunya di wilayah Hazarajat dan beberapa wilayah lainnya. Suhu rata- rata pada bulan Januari di negara Afghanistan yaitu di bawah -150 celcius. Sedangkan, pada bulan Juli suhu di negara ini dapat naik drastis mencapai 350 celcius.

Afghanistan merupakan negara yang kering dan jarang hujan sebab memiliki iklim daratan. Selisih suhu dalam setahun dan sehari relatif besar. Di mana perbedaan musim di negara ini sangat nyata, musim dingin sangat dingin dan musim panas sangat panas.

Sebagian besar wilayah Afghanistan dapat dikatakan sangat kering. Di mana lembah sungai Sistan merupakan salah satu daerah terkering yang ada di dunia. Selain curah hujan tahunan, Afghanistan juga memiliki salju yang turun pada musim dingin, terutama di wilayah Hindu Kush dan pegunungan Pamir.

Pegunungan yang berada di wilayah Hindu Kush di Provinsi Badakhsan merupakan wilayah yang aktif secara geologis. Di mana hampir setiap tahun, lokasi tersebut dilanda gempa bumi. Di mana, terkadang gempa bumi di negara ini dapat mematikan dan merusak, menimbulkan tanah longsor di beberapa tempat ketika musim dingin.

Jumlah penduduk Negara Afghanistan

Pada bulan Juli 2002 jumlah penduduk di negara Afghanistan yaitu 27,75 juta jiwa. Di mana etnis Pusthu mendiami 40% dari jumlah penduduk negara Afghanistan. Sedangkan, etnis Tajik mendiami sebanyak 25%.

Lebih lanjut, ada lebih dari 20 etnis minoritas di negara Afghanistan. Bahasa resmi yang digunakan yaitu bahasa Pusthu dan bahasa Parsi. Selain itu, lebih dari 98% penduduk di negara Afghanistan ini menganut agama Islam, di antaranya sebanyak 90% adalah golongan Sunni dan sisanya merupakan golongan Syiah.

Ekonomi Negara Afghanistan

Negara Afghanistan merupakan negara di mana kondisi pertanian dan peternakan yang terbelakang dan dicantumkan sebagai salah satu negara yang paling tidak berkembang di dunia. Hal tersebut disampaikan oleh PBB pada tahun 1971.

Sumber daya alam di negara Afghanistan terdiri dari batu bara, emas, tembaga, uranium, bijih besi, khromit, lithium, belerang, timah, batu- batuan berharga, minyak bumi, marmer, dan gas alam.

Sumber daya pertambangan negara Afghanistan relatif melimpah. Meskipun demikian, belum dieksploitasi secara sepenuhnya. Industri ringan dan kerajinan sebagai pilar utama dalam ekonomi negara Afghanistan.

Jumlah penduduk yang melaksanakan sektor pertanian dan penggembala sebanyak 805 dari jumlah keseluruhan penduduk di Afghanistan. Semenjak berdirinya pemerintah peralihan Afghanistan, berbagai langkah telah ditempuh untuk merangsang pembangunan ekonomi domestik dari pemerintah Afghanistan.

Di mana mereka secara aktif memanfaatkan bantuan internasional, dan secara sekuat tenaga melakukan pembangunan infrastruktur yang berhubungan dengan kepentingan negara dan kehidupan rakyat, antara lain energi, transportasi, dan irigasi.

Kerjasama Indonesia dengan Afganistan

Kerjasama bilateral khususnya dalam sektor industri kecil dan menengah. Selain itu, kerjasama dalam sektor agrikultur, infrastruktur, eksplorasi mineral, dan tekstil

Kerja sama dalam bidang perdamaian, di mana Indonesia siap untuk berbagi pengalaman utamanya yang berhubungan dengan rekonsiliasi untuk perdamaian. Lebih lanjut, negara Indonesia juga mengapresiasi tentang upaya Afghanistan dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas di negaranya.

Masyarakat di negara Afghanistan dapat memanfaatkan fasilitas ibadah, kesehatan, dan pendidik yang dibangun oleh Indonesia di negara tersebut dengan diberi nama Indonesia Islamic Center yang berada di Kabul.

Selain itu, Indonesia dan Afghanistan bersepakat untuk memperluas kerja sama pengembangan kapasitas dalam bidang hukum, perumahan dan pekerjaan umum, kebijakan fiskal, dan pendidikan tinggi.

Dalam bidang peningkatan kualitas pembelajaran, kedua belah pihak, baik Indonesia maupun Afghanistan bersepakat untuk melakukan kegiatan pertukaran informasi dan publikasi ilimiah. Ini berhubungan dengan pendidikan usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan kejuruan dan teknik, baik formal, nonformal, maupun informal.

Selain itu, juga berencana untuk melakukan pertukaran guru dan murid, tenaga ahli. Ini sebagai upaya dalam rangka pengembangan profesionalisme guru. Lebih lanjut, ada empat nota kesepagaman yang disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu:

  1. Kerja sama teknik antara Kementerian Keuangan Republik Indonesia dengan Kementerian Keuangan Republik Islam Afghanistan.
  2. Kerja sama antara Kementerian Pertanian Republik Indoneisa dengan Kementerian Pertanian, Irigasi, dan Peternakan Republik Islam Afghanistan dalam bidang pertanian.
  3. Kerja sama antara lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia dengan Komisi Kepegawaian dan Reformasi Birokrasi Republik Islam Afghanistan berkaitan dengan kerja sama teknis dalam bidang reformasi administrasi publik, manajemen kepegawaian, serta pelatihan dan pengembangan kapasitas.
  4. Kerja sama antara Bada Pusat Statistik Republik Indonesia dengan Organisasi Pusat Statistik Republik Islam Afghanistan mengenai pemanfaatan dan pengemabnagn data statistik dan informasi teknologi, metodologi, dan sumber daya manusia dalam bidang statistik.

Lebih lanjut, Indonesia mendukung Afghanistan dalam penyelenggaraan pelatihan teknis, termasuk pemberdayaan perempuan, pertanian, perikanan, kesehatan, tata kelola pemerintah yang baik, teknologi penangan sampah, pelatihan diplomat dan peternakan.

Pariwisata di Negara Afghanistan

Sama halnya dengan negara lain, negara Afghanistan juga memiliki tempat wisata yang tersohor dan terkenal di dunia, yaitu sebagai berikut.

1# Lembah Panjshir

Merupakan suatu lembah yang ada di Afghanistan Utara. Tepatnya, 150 km dari utara kota Kabul, dekat dengan Hindu Kush. Lembah ini berada di Provinsi Panjshir dan terbagi oleh Sungai Panjshir.

Lembah ini sebenarnya merupakan rumah untuk kurang lebih 300.000 penduduk di Afghanistan, salah satunya etnis Tajiks. Kemudian, pada bulan April 2004, lembah ini menjadi jantung Provinsi Panjshir. Lembah ini menjadi pilihan pertama bagi warga Afghanistan ketika hendak pergi berlibur atau sekedar rekreasi.

2# Museum Kabul

Dikenal juga dengan museum Nasional Afghanistan. Museum ini merupakan dua bangunan yang berada sembilan kilometer sebelah barat daya dari pusat kota Kabul. Tahun 2014, museum Kabul berada di bawah ekspansi yang besar sesuai dengan standar internasional.

Di mana ukuran museumnya besar, lebih besar dari taman yang ada di sekitarnya untuk pengunjung bersantai dan berjalan- jalan. Adapun koleksi museum ini lebih dari 100.000 jenis sejak beberapa ribu tahun yang lalu.

Museum ini merupakan tempat catatan sejarah yang sangat berharga di Asia Tengah yang sudah dibangun sejak tahun 1920. Koleksi yang ada di museum ini antara lain, sejarah Budhisme, sejarah kebudayaan Kushan, penyebaran agama Islam, beberapa naskah, miniatur, senjata, dan benda miliki kerajaan juga disimpan rapi dalam museum ini.

3# Band E Amir

Merupakan serangkaian enam buah danau biru yang sangat jauh dari tengah jantung Afghanistan. Danau ini berada di kaki bukit Hindu Kush, yang mana merupakan pegunungan tertinggi kedua di dunia.

Danau ini dikelilingi tebing kapur yang nyaris tidak ada vegetasi, sehinga membuat pemandangan di danau ini menjadi menakjubkan. Danau ini berasal dari air yang kaya akan karbondioksida dari mata air yang berada disekitar gunung dan keluar melalui celah- celah dinding berbatu.

Aliran air yang merembes perlahan melalui batu kapur dan melarutkan mineral utamnya, yaitu kalsium karbonat. Seiring berjalannya waktu, kemudian tercipta bendungan yang kemudian menjebak air di cekungan yang semakin besar.

Selanjutnya, warna biru danau ini berasal dari udara yang bersih dan kemurnian air. Kandungan mineral yang tinggi juga menyebabkan warna danau menjadi berubah- ubah. Bahkan, taman nasional Band-E Amir yang memiliki luar 230 kilometer persegi ini juga menjadi satu- satunya taman nasional yang masuk ke dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

4# Khyber Pass

Merupakan tempat yang penting di Afghanistan. Dikatakan penting sebab menjadi pengubung antara Pakistan dan Afghanistan. Bahkan, tempat ini menjadi sejarah penting bagi rute perdagangan antara Asia Tengah dan Asia Selatan. Ketika perang terjadi di Afghanistan, Khyber Pass menjadi rute utama untuk mensupply ulang persenjataan militer dan makanan untuk NATO.

Selain tempat wisata di atas, negara Afghanistan masih memiliki tempat wisata yang lain. Adapun tempat wisata tersebut antara lain, Minaret of Jam, Taman Babur, kebun binatang Kabul, Dam Qargha, Masji Jami Herat, dan Lembah Bamyan.

Demikian pembahasan tentang profil negara Afghanistan. Semoga bermanfaat bagi kalian.

Referensi:

  1. Dianawati, A. 2006. RPUL DUNia. Jakarta: Wahyu Media.
  2. Tim Civitas Academica. Pedoman Cerdas RPUL Huta Publisher
  3. chairil-anwar.penghargaan.web.id
  4. cina Radio Internasional. 2017. Afghanistan. indonesian.cri.cn, diakses tanggal 6 Juli 2017
  5. julianto, P.A. 2017. Indonesia dan Afghanistan Buka Peluang Kerja Sama Sektor Industri. (Online), bisniskeuangan.kompas.com, diakses tanggal 6 Juli 2017.
  6. Sejarah Baru Kedekatan Hubungan Indonesia-Afghanistan. (Online), presidenri.go.id,diakses tanggal 6 Juli 2017.
  7. Pengelola Web Kemdikbud. Indonesia dan Afghanistan Sepakati Kerja Sama Peningkatan Kualitas Pembelajaran. (Online), www.kemdikbud.go.id,diakses tanggal 6 Juli 2017.
  8. RI-Afghanistan Capai Kesepakatan Bersama. (Online), www.setneg.go.id,diakses tanggal 6 Juli 2017.
Jangan Lupa Share & Komentar Ya

One Reply to “Profil Negara Afghanistan”

  1. ellvy berkata:

    Apakah disana tidak ada bank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *