Mewarnai Gambar untuk Anak: Level 1 dan Kategori Lengkap

Bunda sedang mencarikan aktivitas positif untuk si kecil? Cobalah ajak si kecil untuk mewarnai. Portal-ilmu.com menyediakan gambar printable yang bisa digunakan untuk aktivitas mewarnai si kecil loh.

Nah, tahu gak sih, kalau aktivitas mewarnai gambar memiliki dampak positif untuk anak? Selain karena aktivitas mewarnai adalah hal menyenangkan, nyatanya mewarnai juga berguna untuk tumbuh kembang si kecil.

Dilansir dari www.educenter.id, terdapat tujuh manfaat menggambar bagi perkembangan anak. Apa saja? Pertama, menggambar dapat membantu melatih kecerdasan motorik anak. Ini lantaran anak-anak akan belajar menggerakkan dan mengontrol tangannya secara lebih teratur.

Mewarnai gambar juga dapat meningkatka memori anak, terutama dalam mengingat aneka bentuk dan warna. Manfaat ketiga adalah untuk mengembangkan kemampuan anak dalam berkomunikasi. Keempat adalah manfaat untuk melatih kesabaran bagi anak.

Manfaat kelima adalah untuk mengurangi emosi negatif anak. Keenam adalah meningkatkan kreativitas dan terakhir adalah untuk mendorong peningkatan fokus anak. Wah, banyak sekali manfaat positif dari aktivitas mewarnai ini ya?

Karena ada banyak manfaat mewarnai, tak salah kalau bunda memfasilitasi anak untuk mewarnai. Sediakan segala peralatan dan perlengkapannya dan biarkan anak mengembangkan kreativitas dan mengambil manfaat positif dari aktivitas ini.

Jangan khawatir kehabisan gambar untuk diwarnai. Bunda bisa mendownload lembar kerja anak, berupa gambar printable alias yang sangat mudah untuk diunduh dan diprint sendiri di rumah. Hasil print gambar, bisa dimanfaatkan si kecil untuk diwarnai ya.

Ow ya, lembar kerja aktivitas mewarnai gambar ini dibuat dalam beberapa level ya. Pembagian level ini diharap dapat memudahkan bunda untuk memilihkan gambar yang tepat untuk si kecil. Level satu memiliki tingkat kerumitan paling sederhana, hingga ke level atas, berarti bertambah tingkat kerumitannya. Jadi, jika si kecil sedang belajar atau pertama kali mencoba mewarnai gambar, coba dulu di level 1 ya bunda. Selanjutnya, tingkatkan levelnya sesuai perkembangan si kecil.

Semoga bermanfaat.