Mengenal KSEI dan Keuntungannya bagi Investor Saham

Instrumen saham sering diincar sebagai bentuk investasi yang menjanjikan. Bursa efek dan saham kian ramai dipelajari oleh para investor. Salah satu istilah yang tak boleh dilewatkan untuk dipahami adalah KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia.

Sangat penting bagi seorang investor untuk memiliki fasilitas AKSes KSEI. Namun, sudah tahukah Anda apa itu KSEI dan apa pula AKSes KSEI, serta berbagai fasilitas yang bisa dinikmati melalui KSEI?

Fasilitas AKSes KSEI

Fasilitas AKSes KSEI merupakan sarana untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan investor sehubungan dengan mutasi efek yang ada dalam sub rekening efek PT Kustodian Sentral Efek Indonesia atau PT. KSEI.

Jadi, setiap nasabah pemegang rekening KSEI atau dalam hal ini adalah investor, mempunyai hak atas fasilitas terhadap akses KSEI. Lantas, siapa itu KSEI?

Mengenal KSEI

KSEI merupakan layanan dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia. PT.KSEI merupakan Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP) di Pasar Modal Indonesia. KSEI berperan dalam menyediakan layanan jasa Kustodian sentral serta penyelesaian transaksi Efek yang teratur, wajar, dan efisien.

Layanan yang diberikan KSEI dilakukan untuk memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal, yang menyebutkan bahwa “Kustodian adalah Pihak yang memberikan jasa penitipan Efek dan harta lain yang berkaitan dengan Efek serta jasa lain, termasuk menerima dividen, bunga, dan hak-hak lain, menyelesaikan transaksi Efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.”

PT.KSEI mulai beroperasi sejak 23 Desember 1997, sebagai salah satu Self Regulatory Organization dalam struktur pasar modal Indonesia. Tanggung jawabnya adalah melakukan tanggung jawab wewenang penerapan peraturan di dunia pasar modal.

Pada tahun 2012, KSEI mewajibkan adanya kepemilikan Single Investor Identification (SID). SID adalah nomor identitas tunggal bagi investor guna memberi kemudahan pada proses identifikasi investor sekaligus landasan berbagai pengembangan pasar modal lain, termasuk untuk fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas).

Fasilitas AKSes KSEI adalah sarana akses informasi melalui jaringan internet yang khusus diperuntukkan bagi investor untuk memonitor posisi dan mutasi Efek miliknya yang tersimpan pada Sub Rekening Efek di KSEI.

Manfaat AKSes KSEI bagi Investor

Seorang investor penting untuk memiliki AKSes KSE karena adanya fasilitas untuk mengakses secara real time data kepemilikan Efek dan seluruh informasi mutasi Efek yang dimiliki selama 30 hari terakhir. AKSes memudahkan untuk melakukan konsolidasi portofolio lain yang tersebar di beberapa perusahaan Efek atau Bank Kustodian.

AKSes KSEI juga bermanfaat untuk menjamin rasa aman atau kepercayaan investor dalam berinvestasi di pasar modal. Kenapa? Karena investor mampu secara langsung memonitor perjalanan dana investasinya. Berbagai informasi tambahan lain juga bisa diakses secara transparan di pasar modal. Secara rinci, berikut adalah manfaat KSEI:

  • Memberi akses bagi investor untuk memperoleh data secara real time mutasi dan data kepemilikan efek dalam sub rekening yang telah disimpan dalam sistem KSEI (C-BEST) untuk kurun waktu 30 hari terakhir.
  • Memudahkan investor melakukan konsolidasi laporan portofolio lain miliknya yang tersebar di beberapa bank kustodian atau perusahaan efek
  • Menumbuhkan kepercayaan dan rasa aman bagi investor dalam melakukan investasi di pasar modal dengan pembukaan Sub Rekening Efek yang dapat dimonitor secara langsung oleh investor itu sendiri
  • Memberi tambahan informasi untuk investor terkait dunia pasar modal Indonesia secara transparan.

Syarat Memperoleh AKSes KSEI

Setiap investor pasar modal memang wajib memiliki AKSes KSEI. Tapi, tidak setiap orang bisa mendapatkan AKSes KSEI. Ada persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat utamanya adalah orang yang mengajukan harus merupakan investor yang memiliki sub rekening efek di KSEI.

Adapun cara untuk memperoelh fasilitas AKSes KSEI, sebagai berikut:

  • Mengajukan permohonan AKSes KSEI melalui laman http://akses.ksei.co.id
  • Klik logo AKSes di bagian kiri atas atau tulisan investor Area pada bagian kanan atas website.
  • Klik “Create Your Own User ID for the First Login” ketika pertama kali akses.
  • Isikan data investor pada formulir yang telah disediakan.
  • Cetak formulir untuk diberikan kepada PE atau BK di perusahaan tempat investor menjadi nasabah, lampiri dengan KTP/NPWP/Paspor.
  • PE atau BK akan melakukan verifikasi dan valalidasi data dari investor lalu meneruskan permohonan AKSes kepada KSEI.
  • Permohonan yang telah disetujui akan memunculkan Kartu Akses untuk investor. Di dalamnya terdapat Investor ID dan Pin Mailer yang berisi Pin Code.
  • Inverstor ID dan Pin Code sudah bisa digunakan untuk mengakses fasilitas di laman http://akses.ksei.co.id
  • Akses pertama kali dapat melakukan poin 1 hingga 3 dan dilanjutkan mengisi data nomor investor ID yang ada pada halaman muka kartu akses, check digits di halaman belakang kartu lalu masukan pin code yang ada pada pin mailer.
  • Setelah klik next, isikan data-data berupa user, password, email dan secret question untuk menjaga keamanan akun.
  • Klik next dan baca ketentuan yang ada dan lanjutkan klik “I agree with the term and conditions” lanjut dengan submit.

Referensi:

1. Natasha Gowandi. 2018. Apa Sih Keuntungan Punya AKSes KSEI? Diakses dari https://swara.tunaiku.com/finansial/investasi/apa-sih-keuntungan-punya-akses-ksei
2. Irfan. 2020. Mengenal Kartu AKSes KSEI, KTPnya Para Investor Saham, diakses https://irfan.id/mengenal-kartu-akses-ksei-ktpnya-para-investor-saham/
3. Via. 2020. Apa itu KSEI dan Tugasnya di Pasar Modal? Diakses dari https://ajaib.co.id/apa-itu-ksei-dan-tugasnya-di-pasar-modal/
4. Simas. 2019. Pengertian KSEI dan Perannya Bagi Investor Saham, diakses dari https://www.ajarinvestasi.com/pengertian-ksei-dan-perannya-bagi-investor-saham
5. KSEI. 2020. KSEI sebagai Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian, diakses dari https://www.ksei.co.id/about
6. foto: ksei.co.id

Bacaan lain:

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *