Mengenal Jarimatika dan Manfaatnya

Berhitung adalah kunci utama dalam matematika. Setuju? Tanpa kemampuan untuk menghitung, hampir mustahil kita bisa mengerjakan aneka rumus dan perhitungan lain dalam pembelajaran matematika.

Karenanya, untuk memulai belajar matematika, kita biasanya akan dikenalkan pada tata cara berhitung terlebih dahulu. Sayangnya, banyak anak -anak beranggapan kalau berhitung itu susah.

Hmm, memang benar ya kalau berhitung itu susah? Padahal, setiap orang tentu dapat mahir berhitung bila menggunakan cara yang tepat.

Lalu, apa ada metode berhitung yang mudah dipelajari dan praktis untuk digunakan? Salah satu jawaban yang bisa Anda pilih adalah “jarimatika:. Dengan jarimatika penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian tidak lagi jadi masalah besar loh.

Apa itu Jarimatika?

Jarimatika adalah salah satu cara melakukan operasi hitung. Jarimatika memanfaatkan jari-jari tangan untuk menyelesaikan aritmatika, dari Kali-Bagi-Tambah-Kurang (bisa disingkat  KaBaTaKu).

Apa keunggulan jarimatika?

Apa saja yang membuat jarimatika menarik dan praktis untuk menyelesaikan KaBaTaKu?

Yang pertama, jarimatika menggunakan visualisasi proses berhitung sehingga mudah dipahami.

Kedua, gerakan jari-jari tangan menarik sehingga belajar jadi menyenangkan.

Ketiga, Jarimatika sederhana sehingga tidak membuat memor otak kelelahan. Keempat, alat yang digunakan selalu tersedia dan tidak perlu dibeli.

MENGENAL JARI

Langkah pertama untuk mahir jarimatika adalah dengan mengenal jari-jari kita. Jari-jari kita akan menjadi alat dalam berhitung jarimatika. Siap? Perhatikan ya…

Aturan pertama, kamu harus mengenal perbedaan jari. Dalam perhitungan jarimatika, penggunaan jari tangan kanan dan jari tangan kiri berbeda.

Jari kanan menunjukkan satuan, dan jari kiri menunjukkan puluhan.

jarimatika1
jarimatika2

Lalu, bagaimana penggunaannya dalam perhitungan?

Perhatikan contoh :

23 + 21 – 12 = …..

Cara berhitung :

jarimatika3

Jadi, jawabannya adalah =

23 + 21 – 12 = 32

Rumus -rumus dalam jarimatika sebetulnya ada banyak sekali. Ada juga sebutan tentang teman kecil dan teman besar. Pada intinya, metode ini dimaksudkan untuk memudahkan anak -anak yang sedang belajar berhitung agar bisa menguasai tata cara berhitung ini dengan baik dan benar.

Materi lain: