Belajar dan Mengenal 25 Nama – Nama Nabi dan Rasul Allah

Abdul Wahid



Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama tentang siapa saja nama-nama 25 nabi dan rasul tersebut, dan mengetahui sifat apa saja yang harus dimiliki oleh seorang rasul. Serta apa tujuan dan fungsi dari beriman kepada para rasul. .. Selamat membaca..

Rukun Iman yang Keempat

Iman kepada nabi dan juga rasul ini, juga menjadi urutan keempat dalam urutan rukun iman yang sering kita baca dan hafal dalam keseharian kita bersama. Tentu kita harus tahu bahwa nabi dan rasul ini diutus oleh Allah untuk membimbing dan menuntun umat manusia agar selamat kehidupannya, baik di dunia maupun di akhirat.


Dengan mengimani para nabi dan rasul ini, kita bisa menjadi tahu, bahwa sebelum nabi Muhammad saw. diutus menjadi nabi dan rasul, ternyata umat-umat terdahulu juga mempunyai nabi-nabi dan rasul yang juga diutus oleh Allah untuk menyampaikan risalah atau ajaran-ajaran yang benar.

Hingga akhirnya diutus nabi Muhammad saw., sebagai nabi dan rasul yang terakhir, yang dianugerahi mukjizat al-Qur’an, sebagai sebuah kitab panduan hidup dan sebagai kitab yang menyempurnakan ajaran-ajaran dari kitab-kitab sebelumnya.

Berawal dari sinilah umat Islam diajak untuk tidak hanya mengakui kitab-kitab, para nabi dan rasul sebelum nabi Muhammad saw., melainkan juga harus mengakui, menerima dan mengamalkan ajaran-ajaran yang ada dalam kitab suci al-Qur’an, serta apa-apa yang juga diajarkan oleh nabi kita tercinta, Muhammad saw.

Mengetahui Perbedaan Nabi dan Rasul

Ternyata, meski mempunyai amanat yang sama dari Allah swt., ternyata dalam menjalankan tugas, nabi dan rasul mempunyai sedikit perbedaan. Berikut sedikit perbedaan antara nabi dan rasul:

  1. Nabi adalah seseorang yang dipilih Allah yang diberikan wahyu kepadanya, tetapi wahyu tersebut adalah berlaku untuk dirinya sendiri supaya menjadi contoh dan pelajaran untuk umat manusia. seorang nabi tidak mempunyai kewajiban untuk menyampaikan wahyu yang diberikan oleh Allah kepada umat manusia.
  2. Rasul adalah seseorang yang telah dipilih oleh Allah dan diberikan wahyu kepadanya, serta mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam menyampaikan ajaran yang telah diwahyukan padanya kepada seluruh umat manusia.

Dari penjelasan singkat di atas, kita dapat memahami bahwa, yang mempunyai predikat atau gelar seorang rasul, sudah pasti juga seorang nabi, tetapi seorang nabi belum tentu merangkap sebagai seorang rasul.

Adapun nabi-nabi yang tidak merupakan seorang rasul adalah:



  1. Nabi Khidir
  2. Nabi Uzays
  3. Nabi Samuil
  4. Nabi Zulkarnain
  5. Nabi Syits
  6. Nabi Iys
  7. Nabi Yusya bin Nun

Sifat-Sifat Wajib bagi Rasul

Seorang utusan atau rasul yang mengemban tugas suci dalam menyebarkan ajaran agama dan ajaran Allah swt. tentunya mempunyai sifat-sifat khusus yang melekat (sifat wajib). Artinya sifat-sifat ini sebagai bukti atau pertanda bahwa mereka memang benar-benar utusan Allah swt..

Lalu apa saja sifat-sifat yang wajib dan melekat pada para Rasul tersebut. Sifat wajib bagi para rasul ada empat hal, yaitu:

  1. Shiddiiq, artinya benar. Seorang rasul atau utusan selalu benar, baik dalam perkataan, ataupun perbuatannya. Oleh karena itu, tidak mungkin seorang rasul berkata atau berbuat dusta (kaadzib)
  2. Amanah, artinya terpercaya atau dapat dipercaya. Seorang rasul mempunyai sifat yang dapat dipercaya dan senantiasa setia dalam menjalankan tugas atau amanat yang diembannya. Lawan dari sifat amanah ini adalah khianat, mustahil orang yang suka melalaikan tugas dan berkhianat menjadi seorang rasul atau utusan
  3. Tabligh, artinya menyampaikan. Artinya seorang rasul atau utusan memiliki tugas untuk menyampaikan semua ajaran yang diwahyukan dan diberikan oleh Allah swt, padanya untuk disampaikan kepada umat manusia. Oleh karena itu, tidak mungkin seorang utusan memiliki sifat yang menyembunyikan atau suka merahasiakan ajaran-ajaran Allah swt. (kitmaan)
  4. Fathanah, artinya cerdas. Sebagai seorang nabi dan rasul, tentunya memiliki pemikiran yang cerdas, sehingga mampu menyampaikan ajaran-ajaran Allah swt., dengan baik dan cermat, sehingga kepada mereka yang menentang ajaran Allah, seorang rasul tetap bisa untuk menghadapinya. Dari sini, tentu tidak mungkin seorang rasul memiliki sifat bodoh. (jahlun)

Selain sifat-sifat di atas, seorang rasul atau utusan juga memiliki sifat ma’shum (terjaga). Artinya terjaga dari melakukan perbuatan-perbuatan yang berdosa

Nama-Nama Nabi dan Rasul

Jumlah dari para nabi dan rasul tentunya sangatlah banyak, hanya Allah swt., yang mengetahuinya secara pasti. Namun, perlu diingat bersama, dari sekian banyak jumlah nama-nama nabi dan rasul.

Setidaknya ada 25 nama-nama nabi dan rasul yang wajib untuk kita ketahui dan hafal bersama, ditambah lagi karena 25 nama tersebut tercantum dalam al-Qur’an. Siapa sajakah mereka :

  1. Nabi Adam ‘alaihis salaam (a.s)
  2. Nabi Idris ‘alaihis salaam (a.s)
  3. Nabi Nuh ‘alaihis salaam (a.s)
  4. Nabi Hud ‘alaihis salaam (a.s)
  5. Nabi Shaleh ‘alaihis salaam (a.s)
  6. Nabi Luth ‘alaihis salaam (a.s)
  7. Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam (a.s)
  8. Nabi Isma’il ‘alaihis salaam (a.s)
  9. Nabi Ishaq ‘alaihis salaam (a.s)
  10. Nabi Ya’qub ‘alaihis salaam (a.s)
  11. Nabi Yusuf ‘alaihis salaam (a.s)
  12. Nabi Syu’aib ‘alaihis salaam (a.s)
  13. Nabi Harun ‘alaihis salaam (a.s)
  14. Nabi Musa ‘alaihis salaam (a.s)
  15. Nabi Dawud ‘alaihis salaam (a.s)
  16. Nabi Sulaiman ‘alaihis salaam (a.s)
  17. Nabi Ayyub ‘alaihis salaam (a.s)
  18. Nabi Dzulkifli ‘alaihis salaam (a.s)
  19. Nabi Yunus ‘alaihis salaam (a.s)
  20. Nabi Ilyas ‘alaihis salaam (a.s)
  21. Nabi Ilyasa’ ‘alaihis salaam (a.s)
  22. Nabi Zakaria ‘alaihis salaam (a.s)
  23. Nabi Yahya ‘alaihis salaam (a.s)
  24. Nabi Isa ‘alaihis salaam (a.s)
  25. Nabi Muhammad shallallaahualaihi wasallama (saw.)

Tujuan dan Fungsi Iman kepada Para Nabi dan Rasul

Tujuan dan fungsi dari iman kepada para nabi dan rasul adalah:

  1. Meyakini dan mempercayai kerasulan dan kitab suci yang diturunkan kepada mereka
  2. Untuk mendapatkan petunjuk dan hidayah dari Allah swt.
  3. Supaya tetap tunduk dan patuh terhadap apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang oleh Allah swt.
  4. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai siapa sajakah nama-nama nabi dan rasul, yang telah diutus oleh Allah swt. ke muka bumi ini. Serta sifat-sifat yang melekat pada seorang rasul dalam menjalankan dakwahnya kepada umat manusia, mulai dari nabi Adam a.s hingga nabi akhir zaman, yakni nabi Muhammad saw.

Sumber:

  1. Tim Bina Karya Guru, Pendidikan Agama Islam Untuk Sekolah Dasar Kelas V, (Jakarta: PT. Erlangga, 2007)
  2. Kementerian Pendidikan Nasional, Pendidikan Agama Islam 5 Untuk Sekolah Dasar Kelas V, (Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011)
  3. Kamus Besar Bahasa Indonesia v 1.1
  4. id.wikipedia.org
Jangan Lupa Share & Komentar Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *