Senangnya Belajar Membaca dan Menghafal Al-Qur’an Surat An-Naas

Pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama belajar dan membaca salah satu surat pendek dari al-Qur’an, yakni surat An-Naas yang artinya adalah manusia.

Sebelumnya marilah kita berkenalan dengan surat An-Naas terlebih dahulu lewat tepuk tangan Islami berikut ini:

Tepuk An-Naas (tepuk tangan 3X)
Nama Surat (tepuk tangan 3X)
An-Naas (tepuk tangan 3X)
Artinya (tepuk tangan 3X)
Manusia (tepuk tangan 3X)
Jumlahnya (tepuk tangan 3X)
Enam ayat (tepuk tangan 3X)
Diturunkan (tepuk tangan 3X)
Di Makkah (tepuk tangan 3X)

Seperti yang dijelaskan dalam tepuk tangan di atas, Surat An-Naas ini artinya adalah “Manusia”, terdiri dari enam ayat, dan diturunkan di Kota Makkah. Surat An-Naas ini menempati urutan surat yang terakhir dalam Kitab Al-Qur’an, yakni urutan nomor 114.

A. Belajar Membaca dan Menghafal Surat An-Naas (Teks Arab dan Terjemahannya)

Sebelum membaca, alangkah baiknya kita dengarkan bapak ibu guru atau orangtua kita terlebih dahulu membaca ayat per ayat dan kemudian kita menirukannya

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلنَّاسِ ١  مَلِكِ ٱلنَّاسِ ٢  إِلَٰهِ ٱلنَّاسِ ٣  مِن شَرِّ ٱلۡوَسۡوَاسِ ٱلۡخَنَّاسِ ٤ ٱلَّذِي يُوَسۡوِسُ فِي صُدُورِ ٱلنَّاسِ ٥ مِنَ ٱلۡجِنَّةِ وَٱلنَّاسِ ٦

Bismillaahirrahmaanirrahiim

  1. Qul a’ụżu birabbin-nās(i)
  2. Malikin-nās(i)
  3. Ilāhin-nās(i)
  4. Min syarril-waswāsil-khannās(i)
  5. Allażī yuwaswisu fī ṣudụrin-nās(i)
  6. Minal-jinnati wan-nās(i)

Setelah kita baca bersama-sama dengan mudah, selanjutnya marilah kita hafalkan satu persatu dari enam ayat yang ada. Untuk menghafalnya, ajaklah salah satu temanmu untuk menyimak hafalanmu. Lakukanlah dengan bergantian dan bersama-sama, agar temanmu juga bisa ikut menghafalkannya.

Agar lebih mudah dalam menghafal, buatlah kolom seperti di bawah ini:

No. Keterangan Sudah Belum
1. Membaca surat An-Naas bersama-sama ….. …..
2. Menghafalkan surat An-Naas    
  – Ayat pertama ….. …..
  – Ayat Kedua ….. …..
  – Ayat Ketiga ….. …..
  – Ayat Keempat ….. …..
  – Ayat Kelima ….. …..
  – Ayat Keenam ….. …..

B. Arti dari Surat An-Naas

Setelah belajar membaca dan menghafal surat An-Naas di atas, ada baiknya jika kita juga mengetahui apa arti dan pesan yang terdapat dalam surat An-Naas di atas. Terjemah dari surat An-Naas adalah sebagai berikut:

  1. Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia
  2. Raja manusia
  3. Sembahan manusia
  4. Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi
  5. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia
  6. dari (golongan) jin dan manusia

C. Pesan dari Surat An-Naas

Dari Terjemah surat An-Naas yang tertulis di atas, ada beberapa pesan penting yang harus kita perhatikan, syukur bisa kita amalkan bersama, diantaranya yaitu:

Pertama, Allah swt. memerintahkan kepada kita umat manusia agar berlindung kepada-Nya. Karena hanya Dia-lah Raja (Malik) dan Sembahan dari seluruh umat manusia di alam raya ini.

Kedua, memohon perlindungan hanyalah kepada Allah swt., baik dari segala bisikan, atau ancaman, dan tindak kejahatan yang melanda diri kita umat manusia.

Ketiga, bisikan atau ancaman dan tindak kejahatan bukan hanya berasal dari umat manusia saja, tetapi juga bisa berasal dari golongan jin yang ingin menyesatkan umat manusia.

Keempat, senantiasa berdoa. Karena kapan dan dimana saja kita berada, kita tidak mengetahui situasi dan kondisi yang ada, dan apa yang akan terjadi di sekitar kita.

Semoga dengan belajar menulis, membaca dan menghafalkan surat An-Naas bersama-sama, kita bisa membacanya dengan baik dan benar. Serta senantiasa dalam perlindungan oleh Allah swt. dari segala bahaya kejahatan dimanapun dan kapanpun kita berada.

Sumber:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kelas II (edisi revisi), (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), 2017
Software Qur’an in Ms. Word v. 2.2
Software Kamus Besar Bahasa Indonesia v.1.1
https://litequran.net/an-nas, (diakses tanggal 21 November 2019)