Pengertian Market Place dan Contoh Market Place Indonesia

Dunia perdagangan terus menerus mengalami perkembangan. Jika dahulu perdagangan didominasi dengan kegiatan jual beli konvensional, kini perdagangan banyak terjadi di dunia maya alias online. Dalam jual beli online, marketplace merupakan salah satu media populer yang sering dimanfaatkan.

Pengertian market place

Marketplace adalah bagian dari e-commerce. Pengertian market place di era modern sendiri identik dengan e-marketplace. Artinya dapat dipahami sesuai pendapat Brunn, Jensen, & Skovgaard (2002), yang menyatakan bahwa marketplace adalah wadah komunitas bisnis interaktif yang berlangsung secara elektronik dengan menyediakan pasar, sehingga perusahaan dapat mengambil andil dalam hubungan B2B (business to business) e-commerce dan atau kegiatan e-business lainnya.

Marketplace juga disebut sebagai gelombang kedua e-commerce yang memperluas kombinasi bisnis konsumen ke dalam interaksi B2B. Inti dari penawaran yang ada dalam pengertian marketplace adalah tempat yang mempertemukan pembeli dan penjual sesuai kebutuhan, sekaligus dengan dan menawarkan efisiensi dalam bertransaksi .

Marketplace memanfaatkan media online berbasis internet (web based). Ini adalah tempat kegiatan bisnis dan transaksi yang terjadi antara pembeli dan penjual. Pembeli maupun penjual bisa memperoleh berbagai keuntungan melalui transaksi di market place.

Dalam market place, pembeli dapat mencari supplier sebanyak yang ia inginkan, dengan melihat apada kriteria yang ada, dan menentukan supplier yang tepat dan sesuai harga pasar yang diinginkan. Bagi supplier/penjual, ia memperoleh mafnaat dengan informasi berupa konsumen/ perusahaan yang sekiranya memerlukan produk/jasa yang mereka tawarkan.

Di Indonesia, market place tengah naik daun. Popularitasnya semakin tinggi karena semakin banyak orang yang memanfaatkan market place Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya. Keuntungan besar yang ditawarkan bagi penjual dan pembeli membuat market place mampu menjadi media potensial dalam menggerakkan ekonomi nasional. Market place Indonesia mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dalam rangka menghadapi era globalisasi.

Manfaat Marketplace

Ada banyak manfaat marketplace yang bisa dinikmati penjual maupun pembeli. Manfaat inilah yang mendorong perkembangan marketplace semakin pesat dan semakin diminati banyak orang. Berikut adalah manfaat marketplace:

  1. Menjadi tempat berkumpulnya para pembeli
  2. Membuka banyak relasi antarpedagang
  3. Peluang promosi gratis/ tidak dipungut biaya
  4. Terdapat kemudahan dan keamanan pembayaran melalui rekening bersama
  5. Jangkauan promosi yang lebih luas
  6. Terdapat layanan kemudahan pengiriman, bahkan tawaran ongkos kirim gratis

Tipe Marketplace

Marketplace secara umum dapat dibagi dalam tiga tipe, yakni tipe vertikal marketplace, horizontal marketplace dan global marketplace, dengan penjelasan sebagai berikut:

  1. Vertikal Marketplace, adalah tipe marketplace yang fokus dalam menawarkan penjualan satu jenis produk.
  2. Horizontal Marketplace, adalah tipe marketplace yang di dalamnya menjadi tempat menjual berbagai jenis produk, tapi yang hanya memenuhi karakteristik tersendiri sesuai minat/ hobi pembeli maupun komunitas/ organisasi. Sederhananya, berbagai jenis produk guna memenuhi kepentingan komunitas tertentu.
  3. Global Marketplace, adalah tipe marketplace sebagai tempat transaksi segala jenis produk.

Market place Indonesia

Indonesia merupakan salah satu pasar marketplace dunia yang menggiurkan. Ini lantaran jumlah pengguna internet dan penyuka belanja online di Indonesia semakin banyak dari hari ke hari. Kondisi ini membuat banyak marketplace bermunculan di Indonesia, mulai dari marketplace Indonesia asli yang diluncurkan oleh anak bangsa, hingga marketplace internasional yang meluaskan pasarnya di Indonesia.

Berikut ini adalah daftar market place Indonesia atau yang beroperasi di Indonesia, yang cukup populer dan banyak digunakan:

1. Zalora

Situs web : zalora.co.id

Jumlah Pengunjung : 3,750,000 per bulan (2019)

Zalora merupakan situs marketplace yang mayoritas menawarkan produk fashion. Situs marketplace ini dianggap yang terbesar di Asia Tenggara. Marketplace yang berdiri di tahun 2012 ini telah berhasil beroperasi  di Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Brunei, Filipina, Vietnam, Hong Kong hingga Taiwan.

2. Bukalapak

Situs web: bukalapak.com

Jumlah pengunjung: 95.100.000 perbulan

Bukalapak adalah marketplace asli asal Indonesia. Marketplace ini menaarkan platform e-commerce yang menarik dengan berbagai program lengkap. Aneka brand dan aneka produk disediakan disini. Bahkan, ada juga fitur untuk belanja grosir yang bisa dimanfaatkan para mitra bukalapak.

3. Shopee

Situs web: shopee.co.id

Jumlah Pengunjung : 95.300.000 perbulan

Shopee termasuk marketplace paling populer di kawasan Asia. Produk yang ditawarkan beraneka ragam, bahkan diklaim semuanya ada di marketplace ini. Marketplace yang sudah eksis di Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, serta di Taiwan ini pun populer karena program gartis ongkir yang ditawarkan.

4. Tokopedia

Situs web: tokopedia.com

Jumlah Pengunjung  : 148.500.000 perbulan

Tokopedia digadang-gadang sebagai pasar online terbesar di Indonesia. Di Tokopedia, kita bisa berbelanja aneka rupa. Selain itu, Tokopedia sering mengajak masyarakat untuk membuka dan mengelola toko onlinenya melalui Tokopedia. Penggunaannya dianggap sangat mudah. Marketplace asal Indonesia ini pun telah banyak mengantongi investasi dari berbagai perusahaan modal ventura teknologi di dunia.

5. Sociolla

Situs web : sociolla.com

Jumlah pengunjung : 4,400,00 perbulan

Sociolla adalah marketplace yang memfokuskan diri pada aneka produk kecantikan dan kosmetik. Penawaran produk-produk yang identik dengan wanita sangat lengkap disediakan di sini. Mulai dari alat rias, perawatan kulit, perawatan rambut, wewangian dan produk kecantikan lain yang original dan berkualitas.

6. JD.id

Situs web: jd.id

Jumlah Pengunjung: 8.600.000 perbulan

Marketplace JD.id muncul layaknya department store online. Keunggulan yang ditawarkan JD.id adalah adalah originalitas produk. Berbagai produk mulai fashion, elektronik, gadget, keluarga hingga produk kesehatan tersedua di marketplace asal Tiongkok ini.

7. Orami

Situs web: orami.co.id

Kunjungan bulanan: 9.050.000

Orami merupakan marketplace yang memforkuskan diri pada penyediaan produk perawatan bayi, keluarga dan rumah. Anda bisa berburu pakaian bayi, alat kebersihan, makanan, nutrisi, mainan dan aksesoris, serta serangkaian layanan terkait lain di orami secara mudah dan murah.

8. Blibli

Situs web: blibli.com

Jumlah Pengunjung : 34.200.000 perbulan

Blibli merupakan marketplace yang menawarkan aneka produk lengkap. Produk komputer hingga kesehatan dan kecantikan ada di sini. Bahkan, produk perawatan ibu dan anak, rumah dan dekorasi, otomotif, serta berbagai layanan promosi khusus, tiket, dan voucher juga bisa didapat di Blibli.

9. Lazada

Situs web: lazada.co.id

Jumlah Pengunjung : 47.800.000 perbulan

Layada adalah marketplace global yang telah hadir di Indonesia, Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia, hingga Vietnam. Marketplace yang berdiri pada 2011 oleh Rocket Internet ini kini telah diakuisisi oleh perusahaan raksasa e-commerce China, Alibaba. Kini, Lazada semakin berkembang di berbagai wilayah di dunia.

Referensi:

  • Brunn, P., Jensen, M., & Skovgaard, J. (2002). e-Marketplaces: Crafting A Winning Strategy. European Management Journal, 20, 286-298. Retrieved September 22, 2014, from http://www.latec.uff.br/mestrado/sg_qualidade/Artigos%20Turma%20- %20segunda/science27.pdf
  • Digitalclassmarketer. Tt. Pengertian dan Tipe Marketplace. Diakses dari https://digitalclassmarketer.web.id/pengertian-dan-tipe-marketplace/
  • Efendi. 2019. Pengertian Marketplace Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya, Yuk Disimak! Diakses dari https://www.nesabamedia.com/pengertian-marketplace/ Sasanadigital. 2019. 10 Marketplace Dengan Jumlah Pengunjung Terbanyak di Indonesia. Diakses dari https://sasanadigital.com/pilih-marketplace-atau-toko-online-sendiri-pahami-dulu-perbedaannya/

Bacaan lain: