Kura Kura Brasil – Profil Lengkap Si Lucu yang Banyak Digemari

Siapa yang suka dengan hewan lucu yang terkenal lelet ini? Ya, kura-kura memang menjadi salah satu ikon hewan yang sering dikatakan lamban. Tapi, mungkin karena identik dengan lamban inilah, si kura-kura ini banyak disukai.

Tak heran, banyak yang memilih kura-kura sebagai hewan peliharaan mereka. Nah, salah satu kura-kura yang paling populer sebagai hewan peliharaan adalah kura-kura brasil (kadang juga disebut kura-kura brazil).

Kura-kura brasil sepertinya memang jadi jenis kura-kura yang paling banyak dipelihara di Indonesia, dan juga di dunia. Bentuknya yang lucu, cara pemeliharaannya yang tak terlalu ribet, serta jumlahnya yang lumayan banyak membuat kura-kura brasil bisa jadi pilihan tepat untuk hewan peliharaan.

Nah, supaya kamu lebih dekat dengan kura-kura brasil, yuk kita kenalan lebih jauh.

Nama

Nama sebutan dalam bahasa Indonesia : Kura kura brasil

Nama sebutan dalam bahasa Inggris : The red-eared slider (RES)

Nama latin : Trachemys scripta elegans

Klasifikasi

  1. Kingdom : Animalia
  2. Phylum : Chordata
  3. Class : Reptilia
  4. Subclass : Anapsida
  5. Order : Testudines
  6. Family : Emydidae
  7. Genus : Trachemys
  8. Species : Trachemys scripta
  9. Subspecies : Trachemys scripta elegans

Makanan

Omnivora (hewan pemakan segala, termasuk tanaman dan daging / hewan lain). Umumnya, makanan utama kura-kura brasil yang masih kecil adalah hewan air lain yang kecil seperti udang. Makanan utama kura-kura brasil yang dewasa biasanya adalah tanaman air.

Ketika dipelihara manusia, kura-kura brasil biasa diberi variasi makanan lain seperti :

  1. Sayuran. Bisa semua jenis sayuran hijau, sayuran putih, juga wortel.
  2. Pelet. Makanan kering khusus untuk kura-kura.
  3. Buah. Aneka buah yang cenderung berair dan manis. Misal : pisang, pepaya, semangka dan tomat.
  4. Serangga dan cacing.
  5. Ikan dan daging ayam
  6. Tulang sotong
  7. Udang

Ciri ciri

  • Karapas (bagian cangkang bawah) rata-rata berukuran 15 hingga 20 cm atau 6 – 8 inchi, namun beberapa ada yang dapat mencapai ukuran lebih dari 40 cm atau 16 inch
  • Memiliki pola gambar di bagian karapas
  • Saat kecil, warnanya hijau cerah. Ketika dewasa, warnanya hijau cenderung gelap
  • Semi aquatic. Hidup di air dan kadang bisa di darat.
  • Memiliki garis merah di bagian kanan dan kiri kepalanya.

Cara reproduksi

Kura-kura brasil akan mencapai tingkat kematangan untuk bereproduksi pada usia tiga hingga empat tahun. Dalam sekali masa perkawinan, kura-kura betina akan mengeluarkan 6 hingga 11 butir telur.

Dalam satu tahun, kura-kura betina dapat bertelur hingga 30 butir. Telur ini akan menetas setelah masa inkubasi yang berlangsung sekitar 50 hingga 112 hari.

Simak juga: Komodo, Sang Legenda Naga yang Hidup di Indonesia

Habitat

Pada alam liar, kura-kura brasil dapat hidup di berbagai tempat dengan genangan air. Misalnya seperti di sungai, parit, rawa, danau, atau kolam.

Umumnya, kura-kura brasil lebih suka tinggal di air yang tenang. Biasanya, ia akan tinggal lebih lama di dasar air. Meski pun lebih suka dengan air yang tenang, tapi kura-kura brasil cukup mahir dalam hal beradaptasi.

Kura-kura brasil biasanya hidup di wilayah perairan tawar. Meski demikian, ia pun dapat beradaptasi dengan kondisi air payau. Ia juga mampu bertahan hidup pada berbagai temperature air, mulai dari 10 derajat hingga 37 derajat celcius.

Status

Cukup banyak dibudidayakan.

Keunikan

Kura-kura brasil cukup pintar dalam beradaptasi pada berbagai kondisi air.

Jumlahnya cukup banyak dan cukup mudah dibudidayakan sehingga menjadi salah satu kura-kura favorit untuk peliharaan.

Predator

Sifat

Lincah dan energik. Kura-kura brasil suka memanjat dan cukup ahli dalam melakukannya. Ia pun suka bersosialisasi. Namun, tidak baik bagi kura-kura brasil bila terlalu sering dipegang oleh manusia.

Lama hidup

Kura-kura brasil dapat hidup dengan usia 45 – 60 tahun. Namun, ketika dipelihara oleh manusia, angka harapan hidup kura-kura brasil akan relatif lebih pendek. Bahkan, bila dipelihara dengan cara yang tidak tepat, banyak yang tidak bisa mencapai usia dua tahun.

Deskripsi

Kura-kura brasil memang merupakan hewan yang menarik. Inilah jenis kura-kura yang paling sering jadi sahabat manusia. Populasi kura-kura brasil di dunia ini memang cukup banyak mengingat jenis kura-kura ini sudah bisa dibudidayakan.

Indra dari kura-kura brasil ini berkembang dengan cukup baik, terutama pada indra penglihatan dan penciumannya. Ia dapat membedakan warna-warna pada setiap benda, baik ketika ada di dalam maupun di luar air.

Kura-kura brasil juga cukup tanggap pada kondisi sekitarnya. Jadi, kalau ada sesuatu yang bergerak di sekitarnya, terutama mangsanya, ia akan segera mengetahuinya.

Karenanya, ia pun disebut sebagai predator atau pemburu yang cukup hebat.Bahkan, kura-kura brasil ini juga memiliki sensor tersendiri yang dapat mendeteksi mangsanya loh.

Kehebatan kura-kura brasil dalam berburu ini juga dipengaruhi oleh kehebatanya dalam menangkap frekuensi suara dan getaran. Meski pun lubang telinganya tidak terbuka lebar, tapi ia cukup sensitif dengan getaran dan suara.

Karena cukup peka inilah, saat kamu akan memegangnya dan dia merasa terancam, maka ia bisa segera bersembunyi di dalam cangkangnya.

Ow ya, selain itu, ia juga terkenal pilih-pilih makanan loh. Jadi, kalau kura-kura brasil ini sudah menyukai suatu makanan, maka ia akan cenderung lebih suka memakannya ketimbang jenis makanan lain.

 

Referensi:

1. http://www.issg.org/database/species/ecology.asp?si=71
2. http://www.iucnredlist.org/details/22028/0
3. http://en.wikipedia.org/wiki/Red-eared_slider
4. http://www.redearslider.com/
5. http://id.wikipedia.org/wiki/Kura-kura_brazil
6. http://www.redearedslidersecrets.com/