Keanu Reeves, Aktor Hollywood yang Rendah Hati dan Super Dermawan

by:

Bagi penggemar film Hollywood, tentu masih ingat dengan film tentang seorang petugas polisi yang berusaha menaklukkan sebuah bus yang dipasangi bom di bagian bawahnya. Dalam film itu, dikisahkan bahwa jika bus melaju dengan kecepatan di bawah 50 mil per jam, bom akan otomatis meledak. Jadi, supir bus harus terus melaju kencang agar kecepatan bus tidak kurang dari itu.

Jangan lupa LIKE FP kami

Yup, film keluaran tahun 1994 yang hingga kini sering diputar di TV ini berjudul Speed. Film ini berhasil membuat tokoh yang memerankan petugas polisi tersebut menjadi populer.

Berselang beberapa tahun setelah memainkan film tersebut, sang petugas polisi kembali berperan dalam film blockbuster. Ia memerankan karakter Neo dalam film fiksi ilmiah trilogi The Matrix. Adegan ikoniknya saat menghindari sejumlah peluru yang ditembakkan ke arahnya, sangat membekas dalam dunia perfilman.

Jika masih belum familiar dengan dua film 90-an tadi, mungkin kalian lebih kenal dengan film aksi berjudul John Wick? Film ini menceritakan tentang seorang mantan pembunuh bayaran yang terpaksa terjun kembali dalam dunia kelam lamanya sehingga mengantarkannya ke adegan-adegan seru dan dramatis.

Aksi aktor satu ini dalam dunia perfilman sudah tidak diragukan lagi. Film-filmnya hampir selalu sukses menggaet para penggemar film aksi. Ini membuatnya dikenal dengan berbagai julukan menarik seperti the man, the myth, the legend, dan bahkan bogeyman atau baba yaga.

Sukses dengan film John Wick dan John Wick: Chapter 2, saat ini film John Wick sudah dalam tahap masa produksi sekuelnya yang ketiga. Film yang direncanakan akan tayang pada 19 Mei 2019 nanti berjudul John Wick 3: Parabellum. Terdengar sangar, bukan?

Ya, aktor dari film yang telah disebutkan di atas adalah Keanu Charles Reeves, atau yang lebih dikenal dengan Keanu Reeves, memiliki banyak hal menarik dalam hidupnya. Tidak hanya seputar perfilman, Keanu Reeves adalah sosok menarik karena sifatnya yang super sederhana dan super dermawan.

Mungkin tidak banyak yang mengetahui kisah tentang aktor yang lahir di Beirut, Lebanon tanggal 2 September 1964 tentang hal ini. Walaupun saat ini ia adalah aktor terkenal di dunia, Keanu memiliki sifat rendah hati.

Mayoritas Honornya untuk Kru Film

Foto: www.ign.com

Sekuel film The Matrix yang Keanu bintangi merupakan film fiksi ilmiah yang memerlukan biaya besar untuk membuat efek sehingga terlihat nyata. Sadar akan kebutuhan tersebut, Keanu memutuskan untuk memberikan £50 juta dari total £70 juta dari honor atau keuntungan filmnya itu untuk tim kostum dan special effects.

Tidak hanya itu, Keanu bahkan juga memberikan hadiah berupa motor Harley Davidson kepada setiap stuntman. Dalam sebuah wawancara, ia mengaku terkesan dengan kegigihan timnya. Ia merasakan kebersamaan saat berlatih bersama, dan ingin mengucapkan terimakasih karena telah membantu demi terwujudnya film ini.

Hal ini bukan kali pertama bagi Keanu melakukan hal nyeleneh yang mungkin tidak pernah dilakukan aktor lainnya. Sebelumnya pada film The Devil’s Advocate, ia pernah melakukan hal serupa.

Saat itu, studio film kekurangan dana untuk menggaji lawan main Keanu yang berperan sebagai bosnya. Agar film dapat terealisasi dengan pemeran yang sudah ditentukan, Keanu memotong $1 juta dari honor permainan film atau keuntungannya.

Mendukung Perjuangan Para Penderita Kanker

Foto: microgiving.com

Saudari perempuannya, Kim, menderita penyakit kanker darah atau leukemia sekitar tahun 1991. Selama hampir sepuluh tahun melawan penyakit leukemia, adik Keanu pun akhirnya sembuh.

Keanu paham betul bagaimana perjuangan untuk melawan kanker. Tidak hanya perjuangan fisik dan mental yang diperlukan, melainkan juga perjuangan untuk pendanaan yang cukup berat.

Untuk itu, ia pun berusaha membantu para penderita kanker lainnya dengan berdonasi di organisasi Stand Up for Cancer. Dilansir dari artikel di Ladies Home Journal yang diterbitkan tahun 2009, Keanu mengatakan bahwa ia telah mendirikan sebuah yayasan untuk membantu beberapa rumah sakit anak dan penelitian kanker.

Menurutnya, pada tahun tersebut, yayasan ini sudah beroperasi selama sekitar lima atau enam tahun. Namun, Keanu tidak mencantumkan namanya pada yayasan yang telah ia dirikan tersebut. Ia lebih memilih membiarkan yayasan itu bekerja seperti seharusnya tanpa ada namanya yang tercantum.

Selain itu, Keanu juga turut berdonasi pada yayasan SickKids untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak di dunia. Dan terlebih lagi, tidak hanya kepada sesama manusia, Keanu mendukung organisasi People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) untuk menegakkan hak-hak binatang dari perlakuan kejam manusia.

Simak juga: Merry Riana – Mimpi Sejuta Dolar

Gaya Hidup Sederhana

Foto: twitter.com/keanuthings/

Dengan penghasilan yang ia miliki, Keanu bisa saja memilih gaya hidup yang mewah. Namun, kenyataannya tidak. Setelah menjadi aktor bertahun-tahun, Keanu baru membeli rumah pada tahun 2003. Sebelumnya, ia tinggal tidak menetap di rumah sewaan dan hotel.

Aktor pengidap disleksia ini pun juga suka bercengkrama di tempat umum. Ia sering menggunakan transportasi umum seperti kereta bawah tanah. Ia terbiasa bersikap sederhana hingga orang-orang tak menyadari kalau ia adalah aktor Hollywood terkenal.

Ia bahkan tidak ragu berbagi kursinya dengan orang lain, layaknya orang ‘biasa’. Ketika kereta sudah penuh, ia dengan sopan menawarkan tempat duduknya kepada wanita yang berdiri di sebelahnya.

Pernah saat hari ulang tahunnya, ia tidak merayakannya dengan pesta dan mengundang banyak tamu. Keanu hanya membeli sebuah kue mangkok dengan lilin kecil di atasnya, dan memakannya seorang diri. Jika ada orang yang lewat, ia menawarkan sebagian kue miliknya.

Keanu pun tidak segan untuk menghabiskan waktu untuk sekedar berbincang bersama dengan tuna wisma. Ia pernah tertangkap kamera sedang duduk di pinggir jalan sambil mengobrol dan berbagi minuman dengan tuna wisma yang ia temui.

Soal gaya berpakaian, Keanu selalu tampil dengan gaya andalannya menggunakan celana jeans, kemeja atau kaos, dan blazer. Tidak jarang pakaian yang ia gunakan sudah terlihat luntur warnanya. Sepatu yang ia gunakan juga tampak seolah sama. Pada beberapa foto di kesempatan yang berbeda, terlihat sepatu yang Keanu gunakan adalah sama dengan keadaan lakban yang mengikat di salah satu sepatunya.

Uang adalah Hal Terakhir yang Ia Pikirkan

Dalam wawancara di Hello Magazine, Keanu menyatakan kalau uang adalah hal terakhir yang ia pikirkan. Hal ini menjelaskan bahwa ia tidak bekerja untuk mengejar uang. Oleh karena itu lah Keanu membagikan sebagian besar penghasilannya kepada sesama untuk amal.

Seolah menyinggung rumor tentang dirinya yang immortal, dalam kutipan sebenarnya Keanu mengatakan, “Money is the last thing I think about. I could live on what I have already made for the next few centuries.”

Dari kisah inspiratif Keanu Reeves ini kita dapat belajar mengenai filosofi padi yang semakin berisi semakin merunduk. Kita juga harus ingat kepada sesama manusia dan makhluk hidup lainnya untuk saling membantu.

Jika kita menghargai orang lain, maka orang lain pun akan menghargai kita. Seperti Keanu yang tidak pernah mendapatkan isu negatif tentangny, bahkan walaupun ia tidak memiliki sosial media.

Referensi:

  • Nn. 2003. Keanu Reeves gives £50 million to unsung heroes of ‘The Matrix’www.hellomagazine.com. Diakses pada 2 Juni 2018.
  • Raymond, Becky. 2014. 4 Ways Keanu Reeves Helps Charitieswww.microgiving.com. Diakses pada 2 Juni 2018.
  • Nn. ON KEANU NOT WORKING FOR THE MONEY. www.whoaisnotme.net. Diakses pada 2 Juni 2018.
Bagikan Jika Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *