55+ Kata Kata Bijak Bunda Teresa, Pejuang Kemanusiaan Sejati

Hasna Wijayati

Dunia internasional begitu mengagumi sosok Bunda Teresa atau Mother Teresa. Ia adalah sosok pejuang kemanusiaan dengan jasa yang luar biasa besar. Wanita kelahiran 26 Agustus 1910 di Skopje, Republik Makedonia ini memiliki nama kecil Agnes Gonxha Bojaxhiu. Namanya berarti kuncup mawar atau bunga kecil.

Layaknya bunga kuncup yang biasa berbau harum, namanya pun kini begitu harum di seluruh dunia. Sejak usianya masih 12 tahun, ia telah memiliki komitmen untuk mempersembahkan hidupnya melayani orang-orang miskin dan siapa pun yang membutuhkan bantuannya. Di usia 18 tahun, Mother Teresa telah berani melangkah meninggalkan rumah untuk bergabung dengan Kesusteran Loreto dan menjadi misionaris.

Seluruh rangkaian kegiatan kemanusiaan yang dijalankannya begitu inspiratif. Setiap nasihatnya pun jadi begitu berharga. Kini, berbagai nasihat bijak yang terangkai dalam kata – kata bijak Bunda Teresa atau Mother Teresa Quotes pun jadi banyak incaran. Banyak orang berusaha mencari inspirasi kebaikan dari kata – kata bijak Bunda Teresa yang telah banyak disampaikannya.

1# Not all of us can do great things. But we can do small things with great love.

Tidak semua dari kita dapat melakukan hal-hal besar. Tetapi kita dapat melakukan hal-hal kecil dengan penuh cinta.

2# Peace begins with a smile.

Damai dimulai dengan senyuman.

3# We need to find God, and he cannot be found in noise and restlessness. God is the friend of silence. See how nature – trees, flowers, grass- grows in silence; see the stars, the moon and the sun, how they move in silence… We need silence to be able to touch souls.

Kita perlu menemukan Tuhan, dan dia tidak dapat ditemukan dalam kebisingan dan kegelisahan. Tuhan adalah teman kesunyian. Lihatlah bagaimana alam – pohon, bunga, rumput tumbuh dalam keheningan; melihat bintang-bintang, bulan dan matahari, bagaimana mereka bergerak dalam keheningan … Kita perlu keheningan untuk dapat menyentuh jiwa.

4# If you judge people, you have no time to love them.

Jika Anda menilai orang, Anda tidak punya waktu untuk mencintai mereka.

5# Let us always meet each other with smile, for the smile is the beginning of love.

Mari kita selalu bertemu satu sama lain dengan senyum, karena senyum adalah awal dari cinta.

6# Was once asked why I don’t participate in anti-war demonstrations. I said that I will never do that, but as soon as you have a pro-peace rally, I’ll be there.

Pernah ditanya mengapa saya tidak berpartisipasi dalam demonstrasi anti-perang. Saya mengatakan bahwa saya tidak akan pernah melakukan itu, tetapi segera setelah Anda mengadakan rapat umum pro-perdamaian, saya akan berada di sana.

7# I know God won’t give me anything I can’t handle. I just wish he didn’t trust me so much.

Saya tahu Tuhan tidak akan memberi saya apa pun yang tidak bisa saya tangani. Saya hanya berharap dia tidak begitu mempercayai saya.

8# Being unwanted, unloved, uncared for, forgotten by everybody, I think that is a much greater hunger, a much greater poverty than the person who has nothing to eat.

Menjadi orang yang tidak diinginkan, tidak dicintai, tidak diperhatikan, dilupakan oleh semua orang, saya pikir itu adalah kelaparan yang jauh lebih besar, kemiskinan yang jauh lebih besar daripada orang yang tidak punya apa-apa untuk dimakan.

9# God has not called me to be successful.

Tuhan tidak memanggil saya untuk sukses.

10# If you can’t feed a hundred people, then feed just one.

Jika Anda tidak bisa memberi makan seratus orang, maka beri makan hanya satu.

11# Be faithful in small things because it is in them that your strength lies.

Setialah pada hal-hal kecil karena di situlah letak kekuatan Anda.

12# Spread love everywhere you go. Let no one ever come to you without leaving happier.

Sebarkan cinta ke mana pun Anda pergi. Jangan biarkan ada yang datang kepadamu, dan pergi tanpa merasa lebih bahagia.

13# We ourselves feel that what we are doing is just a drop in the ocean. But the ocean would be less because of that missing drop.

Kita sendiri merasa bahwa apa yang kita lakukan hanyalah setetes air di lautan. Tetapi lautan akan berkurang karena tetesan-tetesan yang hilang itu.

14# Intense love does not measure, it just gives.

Cinta yang intens tidak mengukur, itu hanya memberi.

15# Every time you smile at someone, it is an action of love, a gift to that person, a beautiful thing.

Setiap kali Anda tersenyum pada seseorang, itu adalah tindakan cinta, hadiah kepada orang itu, hal yang indah.

16# Joy is prayer; joy is strength: joy is love; joy is a net of love by which you can catch souls.

Sukacita adalah doa; sukacita adalah kekuatan: sukacita adalah cinta; sukacita adalah jaring cinta yang dengannya Anda bisa menangkap jiwa.

17# Every time you smile at someone, it is an action of love, a gift to that person, a beautiful thing.

Setiap kali Anda tersenyum pada seseorang, itu adalah tindakan cinta, hadiah kepada orang itu, hal yang indah.

18# The greatest destroyer of peace is abortion because if a mother can kill her own child, what is left for me to kill you and you to kill me? There is nothing between.

Perusak perdamaian terbesar adalah aborsi karena jika seorang ibu dapat membunuh anaknya sendiri, apa yang tersisa bagiku untuk membunuhmu dan kamu untuk membunuhku? Tidak ada di antara keduanya.

19# Kind words can be short and easy to speak, but their echoes are truly endless.

Kata-kata yang baik bisa singkat dan mudah diucapkan, tetapi gema mereka benar-benar tidak ada habisnya.

20# The hunger for love is much more difficult to remove than the hunger for bread.

Rasa lapar akan cinta jauh lebih sulit dihilangkan daripada rasa lapar akan roti.

21# God doesn’t require us to succeed; he only requires that you try.

Tuhan tidak meminta kita untuk berhasil; dia hanya mengharuskan Anda mencoba.

22# Live simply so others may simply live.

Hidup sederhana sehingga orang lain dapat hanya hidup.

23# Prayer is not asking. Prayer is putting oneself in the hands of God, at His disposition, and listening to His voice in the depth of our hearts.

Doa tidak meminta. Doa adalah menempatkan diri di tangan Tuhan, pada posisi-Nya, dan mendengarkan suara-Nya di lubuk hati kita.

24# I can do things you cannot, you can do things I cannot; together we can do great things.

Saya dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan, Anda dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat saya lakukan; bersama kita bisa melakukan hal-hal besar.

25# We shall never know all the good that a simple smile can do.

Kita tidak akan pernah tahu semua kebaikan yang bisa dilakukan oleh senyum sederhana.

26# Loneliness and the feeling of being unwanted is the most terrible poverty.

Kesepian dan perasaan tidak diinginkan adalah kemiskinan yang paling mengerikan.

27# Let us always meet each other with smile, for the smile is the beginning of love.

Mari kita selalu bertemu satu sama lain dengan senyum, karena senyum adalah awal dari cinta.

28# Do not think that love in order to be genuine has to be extraordinary. What we need is to love without getting tired. Be faithful in small things because it is in them that your strength lies.

Jangan berpikir bahwa cinta sejati harus luar biasa. Yang kita butuhkan adalah mencintai tanpa merasa lelah. Setia pada hal-hal kecil karena di situlah letak kekuatan Anda.

29# Love begins at home, and it is not how much we do… but how much love we put in that action.

Cinta dimulai di rumah, dan itu bukan seberapa banyak yang kita lakukan … tetapi seberapa banyak cinta yang kita lakukan dalam tindakan itu.

30# Yesterday is gone. Tomorrow has not yet come. We have only today. Let us begin.

Kemarin hilang. Besok belum datang. Kami hanya memiliki hari ini. Mari kita mulai.

31# I have found the paradox, that if you love until it hurts, there can be no more hurt, only more love.

Saya telah menemukan paradoksnya, bahwa jika Anda mencintai sampai sakit, tidak akan ada lagi yang terluka, yang ada hanya lebih banyak cinta.

32# Let us not be satisfied with just giving money. Money is not enough, money can be got, but they need your hearts to love them. So, spread your love everywhere you go.

Jangan sampai kita puas hanya dengan memberi uang. Uang tidak cukup, uang bisa didapat, tetapi mereka membutuhkan hatimu untuk mencintai mereka. Jadi, sebarkan cinta Anda ke mana pun Anda pergi.

33# We know only too well that what we are doing is nothing more than a drop in the ocean. But if the drop were not there, the ocean would be missing something.

Kita tahu betul bahwa apa yang kita lakukan tidak lebih dari setetes air di lautan. Tetapi jika tetesan itu tidak ada di sana, lautan akan kehilangan sesuatu.

34# I am not sure exactly what heaven will be like, but I know that when we die and it comes time for God to judge us, he will not ask, ‘How many good things have you done in your life?’ rather he will ask, ‘How much love did you put into what you did?’

Saya tidak yakin akan seperti apa surga itu, tetapi saya tahu bahwa ketika kita mati dan tiba saatnya bagi Allah untuk menghakimi kita, dia tidak akan bertanya, ‘Berapa banyak hal baik yang telah kamu lakukan dalam hidupmu?’ Melainkan dia akan bertanya , ‘Berapa banyak cinta yang kamu berikan ke dalam apa yang kamu lakukan?’

35# At the end of our lives we will not be judged by how many diplomas we have received, how much money we have made or how many great things we have done. We will be judged by: I was hungry and you gave me to eat. I was naked and you clothed me. I was homeless and you took me in.

Di akhir hidup kita, kita tidak akan dinilai berdasarkan berapa banyak diploma yang telah kita terima, berapa banyak uang yang kita hasilkan, atau berapa banyak hal besar yang telah kita lakukan. Kami akan dinilai oleh: Saya lapar dan Anda memberi saya makan. Saya telanjang dan Anda memberi pakaian saya. Saya tunawisma dan Anda menerima saya.

36# Love cannot remain by itself – it has no meaning. Love has to be put into action, and that action is service.

Cinta tidak bisa tetap dengan sendirinya – itu tidak ada artinya. Cinta harus dilaksanakan, dan tindakan itu adalah pelayanan.

37# What can you do to promote world peace? Go home and love your family.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan perdamaian dunia? Pulanglah dan cintai keluarga Anda.

38# If we want a love message to be heard, it has got to be sent out. To keep a lamp burning, we have to keep putting oil in it.

Jika kita ingin pesan cinta didengar, itu harus dikirim. Agar lampu menyala, kita harus terus memasukkan minyak ke dalamnya.

39# If we really want to love, we must learn how to forgive.

Jika kita benar-benar ingin mencintai, kita harus belajar cara memaafkan.

40# I alone cannot change the world, but I can cast a stone across the waters to create many ripples.

Saya sendiri tidak bisa mengubah dunia, tetapi saya bisa melemparkan batu melintasi air untuk menciptakan banyak riak.

41# If we have no peace, it is because we have forgotten that we belong to each other.

Jika kita tidak memiliki kedamaian, itu karena kita telah lupa bahwa kita saling memiliki.

42# I want you to be concerned about your next-door neighbor. Do you know your next-door neighbor?

Saya ingin Anda khawatir tentang tetangga sebelah Anda. Apakah Anda tahu tetangga sebelah Anda?

43# Joy is a net of love in which you can catch souls.

Keceriaan adalah jaring cinta di mana kamu bisa menangkap jiwa.

44# Never travel faster than your guardian angel can fly.

Jangan pernah bepergian lebih cepat daripada malaikat penjaga Anda bisa terbang.

45# If you are humble nothing will touch you, neither praise nor disgrace, because you know what you are.

Jika Anda rendah hati, tidak ada yang akan menyentuh Anda, baik pujian maupun penghinaan, karena Anda tahu siapa Anda.

46# Do not wait for leaders; do it alone, person to person.

Jangan menunggu pemimpin; lakukan sendiri, orang ke orang.

47# We do not need guns and bombs to bring peace, we need love and compassion.

Kita tidak membutuhkan senjata dan bom untuk membawa kedamaian, kita membutuhkan cinta dan kasih sayang.

48# Even the rich are hungry for love, for being cared for, for being wanted, for having someone to call their own.

Bahkan orang kaya lapar akan cinta, untuk dirawat, untuk diinginkan, untuk memiliki seseorang yang memanggil mereka sendiri.

49# Everybody today seems to be in such a terrible rush, anxious for greater developments and greater riches and so on, so that children have very little time for their parents. Parents have very little time for each other, and in the home begins the disruption of peace of the world.

Semua orang saat ini tampaknya sangat terburu-buru, cemas untuk perkembangan yang lebih besar dan kekayaan yang lebih besar dan sebagainya, sehingga anak-anak memiliki sedikit waktu untuk orang tua mereka. Orang tua hanya memiliki sedikit waktu untuk satu sama lain, dan di rumah itulah dimulai gangguan perdamaian dunia.

50# One of the greatest diseases is to be nobody to anybody.

Salah satu penyakit terbesar adalah tidak menjadi siapa-siapa bagi siapa pun.

51# Good works are links that form a chain of love.

Perbuatan baik adalah penghubung yang membentuk rantai cinta.

52# I am a little pencil in the hand of a writing God who is sending a love letter to the world.

Saya adalah pensil kecil di tangan seorang Dewa tulisan yang mengirimkan surat cinta kepada dunia.

53# I do not pray for success, I ask for faithfulness.

Saya tidak berdoa untuk kesuksesan, saya meminta kesetiaan.

54# I think I’m more difficult than critical.

Saya pikir saya lebih sulit daripada kritis.

55# I try to give to the poor people for love what the rich could get for money. No, I wouldn’t touch a leper for a thousand pounds; yet I willingly cure him for the love of God.

Saya mencoba memberikan kepada orang miskin untuk cinta, seperti apa yang orang kaya bisa dapatkan untuk uang. Tidak, saya tidak akan menyentuh seorang penderita kusta dengan seribu pound; namun saya rela menyembuhkannya untuk kasih Tuhan.

56# If we want a love message to be heard, it has got to be sent out. To keep a lamp burning, we have to keep putting oil in it.

Jika kita ingin pesan cinta didengar, itu harus dikirim. Agar lampu menyala, kita harus terus memasukkan minyak ke dalamnya.

57# Life is an opportunity, benefit from it.
Life is beauty, admire it.
Life is a dream, realize it.
Life is a challenge, meet it.
Life is a duty, complete it.
Life is a game, play it.
Life is a promise, fulfill it.
Life is sorrow, overcome it.
Life is a song, sing it.
Life is a struggle, accept it.
Life is a tragedy, confront it.
Life is an adventure, dare it.
Life is luck, make it.
Life is too precious, do not destroy it.
Life is life, fight for it.

Hidup adalah sebuah peluang, manfaat dari itu.
Hidup itu indah, kagumi saja.
Hidup adalah mimpi, sadari.
Hidup adalah tantangan, hadapilah.
Hidup adalah tugas, selesaikan itu.
Hidup adalah permainan, mainkan.
Hidup adalah janji, penuhi.
Hidup itu penderitaan, hadapilah.
Hidup adalah lagu, nyanyikanlah.
Hidup ini perjuangan, terimalah. Hidup adalah sebuah tragedi, hadapi saja.
Hidup adalah petualangan, beranikan dirimu.
Hidup adalah keberuntungan, buatlah itu.
Hidup ini terlalu berharga, jangan hancurkan.
Hidup adalah hidup, berjuanglah untuk itu.

Semoga kata-kata bijak Mother Teresa yang telah disajikan di atas dapat memberikan inspirasi positif bagi kehidupan kita.

Referensi :

  • Brainyqutoes. Tt. Mother Teresa Quotes. Diakses dari www.brainyquote.com
  • Finansialku. Tt. 20 Kata-kata Mutiara Mother Teresa yang Membuat Hidup Anda Lebih Baik, diakses dari www.finansialku.com
  • Goalcast. 2017. Top 20 Most Inspiring Mother Teresa Quotes, diakses dari www.goalcast.com
  • SayingImage. 2018. 20 Most Memorable Mother Teresa Quotes & Sayings, diakses dari sayingimages.com
  • Vid Buggs, Jr. tt. Inspiring Quotes by Mother Teresa on Kindness, Love, and Charity, diakses dari everydaypower.com

Kata – Kata Bijak Lain:

Jangan Lupa Share & Komentar Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *