Kata Kata Bijak John Locke tentang Kehidupan dan Politik

John Locke (1632-1704) adalah seorang filsuf Inggris yang dikenang sebagai bapak empirisme. Ia adalah sosok yang menempatkan pijakan agar setiap orang menikmati hak-hak alami tertentu. Ia adalah sosok yang ahli di berbagai hal. Ia adalah pemerhati dalam hal pemerintah, pendidikan, hingga spiritual.

Ia dikenal sebagai pendukung metode logis Revolusi Ilmiah. Salah satu karya besarnya adalah, “Essay Concerning Human Understanding,” yang berbicara tentang konsep diri sebagai halaman kosong. Menurutnya, pemahaman, pengetahuan, kepribadian, dan identitas orang tersebut hanya muncul dari akumulasi pengalamannya.

John Locke melahirkan inspirasi yang begitu berharga bagi dunia. Kini, kata-kata bijak yang telah banyak dilontarkannya banyak diburu untuk memberi pencerahan dan tuntunan hidup yang lebih baik. Bagi Anda yang juga tertarik untuk mencari inspirasi, cobalah menyimak kata kata bijak John Locke yang paling inspirasional berikut ini:

1# Few men think, yet all will have opinions. Hence men’s opinions are superficial and confused.

Beberapa orang berpikir, semua memiliki pendapatnya. Karenanya pendapat orang bersifat dangkal dan membingungkan.

2# New opinions are always suspected, and usually opposed, without any other reason but because they are not already common.

Pendapat baru selalu dicurigai, dan biasanya bertentangan, tanpa alasan lain selain karena mereka belum umum.

3# Government has no other end than the preservation of property.

Pemerintah tidak ada ujungnya selain untuk pelestarian properti.

4# No man’s knowledge here can go beyond his experience.

Tidak ada pengetahuan manusia di sini yang bisa melampaui pengalamannya.

5# There is frequently more to be learned from the unexpected questions of a child than the discourses of men, who talk in a road, according to the notions they have borrowed and the prejudices of their education.

Seringkali ada lebih banyak yang bisa dipelajari dari pertanyaan-pertanyaan tak terduga seorang anak daripada wacana para orang dewasa, yang berbicara di jalan, menurut gagasan yang mereka pinjam dan prasangka pendidikan mereka.

6# Men being, as has been said, by nature, all free, equal and independent, no one can be put out of this estate, and subjected to the political power of another, without his own consent.

Manusia, sebagaimana telah dikatakan, pada dasarnya, semuanya bebas, setara, dan mandiri, tidak ada yang bisa dikeluarkan dari tanah ini, dan tunduk pada kekuatan politik orang lain, tanpa persetujuannya sendiri.

7# No peace and security among mankind – let alone common friendship – can ever exist as long as people think that governments get their authority from God and that religion is to be propagated by force of arms.

Tidak ada kedamaian dan keamanan di antara umat manusia – apalagi persahabatan bersama – yang bisa ada selama orang berpikir bahwa pemerintah mendapatkan otoritas mereka dari Tuhan dan bahwa agama harus diperbanyak dengan kekuatan senjata.

8# Things of this world are in so constant a flux, that nothing remains long in the same state.

Hal-hal dari dunia ini berada dalam gejolak yang konstan, sehingga tidak ada yang lama dalam kondisi yang sama.

9# Till a man can judge whether they be truths or not, his understanding is but little improved, and thus men of much reading, though greatly learned, but may be little knowing.

Sampai seseorang dapat menilai apakah itu benar atau tidak, pemahamannya sedikit meningkat, dan dengan demikian orang yang banyak membaca, meskipun sangat terpelajar, tetapi mungkin hanya sedikit mengetahui.

10# Liberty is to be free from restraint and violence from others.

Kebebasan harus bebas dari pengekangan dan kekerasan dari orang lain.

11# Fortitude is the guard and support of the other virtues.

Ketabahan adalah penjaga dan dukungan dari kebajikan lainnya.

12# No man’s knowledge here can go beyond his experience.

Tidak ada pengetahuan manusia di sini yang bisa melampaui pengalamannya.

13# The natural liberty of man is to be free from any superior power on earth, and not to be under the will or legislative authority of man, but to have only the law of nature for his rule.

Kebebasan alami manusia adalah untuk bebas dari segala kekuatan superior di bumi, dan tidak berada di bawah kehendak atau otoritas legislatif manusia, tetapi hanya memiliki hukum alam untuk pemerintahannya.

14# The State, according to my ideas, is a society of men established for the sole purpose of the establishment, preservation and promotion of their civil interests. I call on civil interests, life, freedom The health of the body, the possession of external goods, such as are money, land, houses, furniture, and things of that nature

Negara, menurut ide-ide saya, adalah masyarakat manusia yang didirikan untuk tujuan tunggal pembentukan, pelestarian dan promosi kepentingan sipil mereka. Saya menyerukan kepentingan sipil, kehidupan, kebebasan. Kesehatan tubuh, kepemilikan barang-barang eksternal, seperti uang, tanah, rumah, perabot, dan hal-hal yang sifatnya seperti itu.

15# A man in a state of society, which would delight the freedom that belongs to all members of society, must be regarded as having deliberately deprive them of all things, and therefore as being with them in the state of war.

Seseorang dalam suatu masyarakat, yang akan menikmati kebebasan yang menjadi milik semua anggota masyarakat, harus dianggap telah dengan sengaja merampas semua hal, dan karena itu bersama mereka adalah keadaan perang.

14# He that judges without informing himself to the utmost that he is capable, cannot acquit himself of judging amiss.

Barangsiapa yang menghakimi tanpa memberi tahu dirinya sendiri sejauh yang ia mampu, tidak dapat membebaskan dirinya dari penilaian yang salah.

15# It is not always necessary to make laws, but it still is to execute those who were made.

Membuat undang undang tidak selalu diperlukan, tetapi masih perlu untuk mengeksekusi mereka yang membuat.

16# The end of law is not to abolish or restrain, but to preserve and enlarge freedom. For in all the states of created beings, capable of laws, where there is no law there is no freedom.

Akhir dari hukum bukanlah untuk menghapuskan atau menahan, tetapi untuk memelihara dan memperbesar kebebasan. Karena di semua negara tempat para makhluk diciptakan, kemampuan hukum, yang berarti tidak ada hukum tidak ada kebebasan.

17# There are a thousand ways to Wealth, but only one way to Heaven.

Ada seribu jalan menuju Kekayaan, tetapi hanya satu jalan menuju Surga.

18# Try all things, hold fast that which is good.

Cobalah semua hal, berpegang teguhlah hanya pada apa yang baik.

19# It is one thing to show a man that he is in error, and another to put him in possession of the truth.

Lakukanlah dengan menunjukkan kepada seseorang bahwa dia salah, dan sekaligus untuk menempatkannya dalam suatu kebenaran.

20# I have always thought the actions of men the best interpreters of their thoughts.

Saya selalu menganggap tindakan manusia sebagai penafsir terbaik dari pikiran mereka.

21# All men are liable to error; and most men are, in many points, by passion or interest, under temptation to it.

Semua orang bertanggung jawab atas kesalahan; dan kebanyakan pria, dalam banyak hal, karena hasrat atau minat, berada di bawah godaan untuk itu.

22# The state of nature has a law of nature to govern it, which obliges every one: and reason, which is that law, teaches all mankind, who will but consult it.

Keadaan alamiah memiliki hukum alam untuk mengaturnya, yang mewajibkan setiap orang: dan akal, yaitu hukum itu, mengajarkan semua umat manusia, yang tidak akan berkonsultasi dengannya.

23# The speaking in perpetual hyperbole is comely in nothing but love.

Berbicara dalam hiperbola abadi tidak lain adalah cinta.

24# The reservedness and distance that fathers keep, often deprive their sons of that refuge which would be of more advantage to them than an hundred rebukes or chidings.

Keberadaan dan jarak yang dibuat para ayah, sering kali merampas perlindungan anak-anak lelaki mereka yang akan lebih bermanfaat bagi mereka daripada seratus teguran atau tantangan.

25# Good and evil, reward and punishment, are the only motives to a rational creature: these are the spur and reins whereby all mankind are set on work, and guided.

Baik dan jahat, pahala dan hukuman, adalah satu-satunya motif untuk makhluk rasional: ini adalah dorongan dan kendali di mana semua umat manusia ditetapkan pada pekerjaan, dan dibimbing.

26# In transgressing the law of nature, the offender declares himself to live by another rule than that of reason and common equity.

Dalam melanggar hukum alam, pelaku menyatakan dirinya untuk hidup dengan aturan lain selain dari akal dan persamaan.

27# Anger is uneasiness or discomposure of the mind upon the receipt of any injury, with a present purpose of revenge.

Kemarahan adalah kegelisahan atau ketidakpuasan pikiran setelah menerima cedera, dengan tujuan balas dendam saat ini.

28# Seek to make thy course regular, that men may know beforehand what they may expect.

Berusahalah untuk menjadikan haluan Anda teratur, agar orang-orang tahu sebelumnya apa yang mereka harapkan.

29# Reading furnishes the mind only with materials of knowledge; it is thinking that makes what we read ours.

Membaca hanya melengkapi pikiran dengan bahan pengetahuan; pemikiran itulah yang membuat apa yang kita baca menjadi milik kita.

30# I pretend not to teach, but to inquire.

Saya pura-pura tidak mengajar, tetapi bertanya.

Jadi, demikianlah kumpulan kata kata bijak dari John Locke, sang filsuf yang penuh dengan pemikiran brilian tentang kehidupan manusia dan pemerintahan. Semoga bermafnaat.

Referensi :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *