INGIN TEMBUS BEASISWA UNGGULAN KEMDIKBUD BACTH 2 TAHUN 2017? INILAH TIPSNYA !

by:

Saat ini tidak bisa dipungkiri lulusan sarjana di Indonesia sudah begitu membludaknya. Tak ayal apabila saat ini banyak Instansi pemerintahan atau non-pemerintah dan perusahaan banyak memilih lulusan dengan tingkat pendidikan  lebih tinggi dari S1, yaitu S2.

Masalah yang timbul kemudian ialah, biaya pendidikan untuk S2 saat ini tidaklah murah. Apalagi jika kondisinya kamu adalah mahasiswa yang baru lulus S1 dan mau lanjut S2 tanpa ada kerja sampingan, otomatis akan memakai beasiswa BO (read: Beasiswa Orang tua) hal ini secara tidak langsung akan menimbulkan efek “gak enak, sungkan, dan memberatkan karena secara ideal lulus S1 memang setidaknya kerja dahulu” atau bahkan bagi kalian yang berkompeten di S1 dan mau lanjut S2 namun kurang beruntung disegi finansial pasti akan mengubur harapan tersebut.

Disinilah saya mencoba membagi pengalaman tentang “Tips to get Beasiswa Unggulan from Kemdikbud” yang kira – kira antara bulan Juli – September akan dibuka Batch ke-2 di tahun 2017, karena ulasan intro diatas tadi sesungguhnya diambil dari kegelisahan dan pengalaman saya secara nyata saat memulai pendidikan S2 dahulu.

So, saya adalah awardee beasiswa unggulan masyarakat berprestasi yang mana untuk pendidikan S2 didanai hingga lulus dan meraih gelar Magister. BU (singkatan untuk Beasiswa Unggulan) jenis masyarakat berprestasi diperuntukkan untuk mahasiswa baru dan mahasiswa on-going. Beasiswanya sendiri meliputi biaya hidup (disesuaikan dengan kota tempat penempuhan pendidikan), biaya buku dan biaya UKT/SPP sampai kita lulus.

Langsung saja, what is the tips to get this scholarship ? Hal yang perlu diperhatikan bagi kalian para kandidat ialah, seleksi beasiswa ini terdiri dari tahap adsministrasi dan wawancara.

1. Administrasi

Pada tahap seleksi ini dilakukan secara online langsung melalui laman www.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id. Banyak hal yang harus dilengkapi dan diupload pada proses ini namun hal yang paling penting dan menurut asumsiku memiliki point penilaian yang tinggi yaitu,

A# Akreditasi Universitas dan Jurusan

Pastikan universitas dan jurusan yang kalian pilih untuk penempuhan pendidikan S2 memiliki akreditasi yang bagus. Untuk mengecek akreditasi universitas dan jurusan, kalian bisa cek di banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi atau bisa langsung cek ke web resmi universitas yang kalian inginkan.

B# Prestasi

Sertakan sertifikat, Apabila kalian memiliki prestasi pemenang lomba sesuai dengan bidang pendidikan kalian, hal ini akan sangat menunjang dan memberikan nilai tambah.

C# Kemampuan Bahasa Asing

Rasanya mutlak sekali memiliki kemampuan berbahasa inggris untuk lanjut pada pendidikan S2 diberbagai jurusan apapun. Untuk sekelas Beasiswa Unggulan, kemampuan bahasa inggris kalian dapat dibuktikan dengan upload sertifikat ITP dari ETS (Educational Testing Service) yang berpusat di Amerika.

Kenapa ITP ? Karena ITP adalah assessment TOEFL yang diakui secara internasional. Jadi, point untuk aspek ini sangat tinggi. Lantas, dimana kalian bisa tes TOEFL ITP ? Kebanyakn Universitas Negeri disetiap kota mengadakan tes semacam ini dan biayanya kisaran Rp. 450.000 – Rp. 550.000 sesuai dengan kebijakan penyelenggara. Perlu diingat jika testnya lebih sulit beberapa tingkat dibandingkan tes TOEFL Equivalent yang biasa diadakan lembaga kursus bahasa inggris.

C# Pengalaman Organisasi

Point yang dinilai ialah, seberapa banyakkah kamu menduduki posisi penting dalam organisasi serta memiliki dampak positif bagi pengembangan interpersonal kalian. Disisi lain semakin seimbangnya antara  kegiatan organisasi dan nilai IPK yang baik juga menjadi penilaian yang cukup tinggi.

D# Upload Proposal Rencana Studi

Proposal ini akan memberikan gambaran bagi dewan juri dalam menilai keuntungan yang diberikan bagi Negara apabila memberikan beasiswa bagi kalian. So, buatlah proposal se-rasional mungkin.

Cantumkan tujuan yang jelas serta hal-hal apa saja yang akan kalian lakukan setelah lulus S2, sangat penting menyisipkan kegiatan yang memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas sesuai dengan bidang yang kalian dalami.

Tak lupa, juga cantumkan kagiatan diluar kampus berkaitan dengan aspek pengembangan diri kalian yang sekali lagi tentunya bermanfaat bagi orang banyak, misal menjadi pegiat sosial dibidang pendidikan bagi anak jalanan dll.

E# Upload Proposal Pendidikan

Naahh, ini juga menjadi point of interest-nya bagi dewan juri untuk menilai kapabilitas kalian sebagai kandidat awardee. Pastikan kembali bahwa proposal penelitian kamu memiliki dampak atau manfaat yang besar bagi pengembangan keilmuan atau bagi khalayak banyak sesuai dengan bidang yang kalian tekuni.

Intinya, hasil penelitian ini bisa secara realistis memberikan pengaruh pada perubahan secara positif dibidang keilmuan kalian. Misalnya, mahasiswa dari jurusan Bimbingan dan Konseling membuat proposal penelitian berkaitan dengan pengembangan media layanan BK yang dapat membantu siswa memanajemen konflik dll.

2. Wawancara

Bagi kalian yang sudah mendapatkan email berupa undangan untuk pelaksanaan sesi wawancara maka bersyukurlah karena kalian telah lolos tahap administrasi. Hal-hal yang perlu diperhatikan pada tahap ini ialah:

A# Lengkapi Berkas Asli

Pastikan apa yang kalian upload pada tahap administrasi, ada bukti “asli” fisiknya. Karena sebelum wawancara, berkas kalian akan dicocokan. Jangan sampai ada 1 berkaspun yang ketinggalan atau lupa tidak dibawa, hal ini bisa berakibat fatal. Siapkan semuanya secara seksama ya.

B# Surat Rekomendasi

Rekomendasi dari Ketua Program Pendidikan, Guru Besar atau Direktur Pascasarjana dapat memberikan point yag tinggi. Lantas bagaimana cara mendapatkannya ? Biasanya kalian bisa langsung mengajukan secara personal kepada pihak-pihak tersebut.

C# Perhatikan Tampilan Fisik dan Tingkah Laku

Selama proses wawancara hendaknya kalian berpakaian rapih (pakai baju formal) dan wangi. Hal ini menunjukkan kalau kalian menghargai lawan bicara. Selain itu tingkah laku yang tepat ditunjukkan ialah santai, rileks saja dan jangan gugup secara berlebihan. Hal ini lumrah dan sangat sering terjadi. Untuk mensiasatinya, lakukan pernafasan mendalam sebelum masuk ruangan dan ubat mindset ketakutan kelian menjadi sebuah spirit “aku bisa !”.

D# Gaya Bicara

Gaya bicara yang tegas, tidak berputar-putar dan ringkas memiliki point plus. Terlebih dari hal itu, kejujuran sangat penting. Tak jarang banyak kandidat yang rela berbohong untuk meninggikan kredibilitasnya. Misalnya, ketika ditanya, “Hal apa sajakah yang membanggakan dalam hidupmu ?” Kebanyakan menjawab hal-hal yang secara berlebihan dan bahkan harus berbohong.

Sesungguhnya untuk menjawab pertanyaan semacam itu, kalian bisa lakukan sesuai dengan kondisi diri sendiri. Misalnya hal yang paling membanggakan ialah dapat membawa orang tua duduk dan menyaksikan wisuda yang mana  memang ini pencapaian tertinggi dan sangat bermakmana bagi kalian. So, jujur dan sesuaikan dengan keadaanmu. Jangan dibuat-buat.

Nah itulah sederet tips yang perlu dipersiapkan untuk memperbesar kemungkinan tembus Beasiswa Unggulan dari Kemdikbud di tahun 2017 ini, semoga bermanfaat dan good luck

Bagikan Jika Bermanfaat

46 Replies to “INGIN TEMBUS BEASISWA UNGGULAN KEMDIKBUD BACTH 2 TAHUN 2017? INILAH TIPSNYA !”

  1. Ami berkata:

    bagaimana persiapan dalam hal berkas, untuk mahasiswa baru S2 (Bukan mahasiswa on going) ?
    Terus jika mendaftar S2 di Universitas yg ada di luar kota misalnya. Apakah tes wawancaranya akan di lakukan di kota kita tinggal atau di kota universitas yg kita daftar berada?
    Makasih sebelumnya ?

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Persiapan berkas yang utama adalah berkas pendaftaran ke universitas pilihan, disertai dengan syarat -syarat berkas beasiswa seperti yang tertera di laman kemdikbud. Karena beasiswa diberikan oleh kemdikbud, maka wawancara beasiswa akan dilaksanakan di kantor kemdibus, atau tempat yang ditntukan oleh kemdikbud (bukan universitas tempat pendaftaran). Semoga membantu.

  2. Dessy Eka berkata:

    Berarti kita harus terdaftar dahulu menjadi mahasiswa s2 ya mbak?

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Yup, betul kak. Harus ada LoA dahulu, tetapi lebih lengkap dapat melihat di beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id . karena setiap tahun bisa saja terdapat perubahan. 🙂

  3. Ami berkata:

    Assalamualaikum kak. Salam kenal, saya Ami. Mahasiswa unair.
    Saya ingin tanya” tentang BU kemendikbud ini
    Utamanya tentang essai.
    Apa saya boleh meminta kontak pribadi kakak? Misalnya line/wa/no hp begitu kak?
    Terimakasih
    Wassalam

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Walaikumsalam, mohon maaf keterlambatan kami membalas komentar kakak. Untuk permasalahan kontak mohon maaf sekali kak, kami tidak memiliki kontak person kak Luthfita selain email. Namun, mohon maaf email tersebut tidak bisa kami berikan. Akan tetapi, jika kakak ingin menghubungi beliau kakak bisa ketik kata kunci di google “LUTHFITA CAHYA IRANI”. Nanti akan keluar sosial media beliau. Terima kasih.

  4. Astrid berkata:

    Assalamu alakum k… Saya mau Tanya, kalau says tidak memilii Prestasi apapun apakah saya boleh mendaftar BU?

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Waalaikumsalam Astrid.

      Tentu saja boleh. Daftarkan saja, perkara penilaian, biarkan pihak penyeleksi yang menentukan. Kebetulan, ada penulis kami yang juga sukss mendapatkan BU sekalipun tidak memiliki prestasi apa pun yang dilampirkan. Yang terpenting, seluruh berkas lengkap, dan saat wawancara nanti, sampaikan yang terbaik dengan penuh percaya diri.

      Semoga sukses ya.

  5. Bunga berkata:

    Salam kak
    Saat ini saya on going s2 tetapi persyaratan toefl itp saya tidak sampai 500, apakah ada peluang untuk lolos seleksi administrasi ?

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Salam,

      Hallo Bunga, silahkan saja dicoba, peluang selalu ada, terutama bila kebetulan para pesaing lain pun juga sama-sama tidak ada yang bisa memenuhi standar secara penuh.

      Tetap semangat dan coba saja ya. Semoga sukses

  6. nurwahyu handayani berkata:

    assalaamu’alaikum kak mau bertanya ,kalau sudah di submit sisa tunggu pengumuman sajaa yah???

  7. akang_daniel berkata:

    Assalamualaikum kak Saya mahasiswa S1 On going saya tidak menguploud raport semester 6 dan saya membuat proposaL rencana studi langsung pada intinya kak tanpa membuat nya se rasional mungkin .Menurut kakak Apakah masih ada harapan saya lolos administrasi?

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Mohon maaf baru dibalas. Tentu selalu ada harapan.

      Hari ini sudah keluar pengumuman BU batch 1 2018. Apakah beruntung? Jika belum, masih ada batch 2. Semangat ya.

  8. yuyun berkata:

    Assalamualaikum kaka apakah rekening listrik pada saat pemeriksaan administrasi harus di bawa juga?

  9. Yuliana berkata:

    Assalamualaikum kak.. Saya udah daftar BU batch 1 tapi ngga lolos seleksi administrasi…alasannya skor di bawah passing grade.. Itu maksudnya apa yah kak? Mohon penjelasan nya kak..

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Waalaikumsalam Kak Yuliana,

      Ada sumber yang menyatakan bahwa seleksi tahun ini tidak hanya berdasarkan seleksi administrasi saja. Itu sebabnya, pada bagian pengumuman disebut seleksi tahap 1 dan 2, bukan seleksi administrasi. Untuk seleksi 1, berkas-berkas yang dikumpulkan akan dinilai untuk pembobotan, seperti IPK, nilai UN, bahasa, prestasi, esai dan lainnya. Nah, dari pembobotan inilah, nanti dijadikan sebagai passing grade. Jadi, apabila para pendaftar nilainya tinggi-tinggi, maka passing grade juga akan tinggi.

      Ini artinya jika dinyatakan tidak lolos dengan alasan skor di bawah passing grade, berarti berkas sudah lengkap, hanya saja skornya tidak masuk dalam peringkat teratas bagi yang memenuhi kuota.

      Jika ingin mendaftar ke batch 2 BU, berkas-berkas yang masih bisa diperbaiki, seperti skor TOEFL, esai, proposal, prestasi, bisa dimaksimalkan lagi. Semoga untuk batch 2 bisa lolos ya.
      🙂

  10. Tessa Olivia berkata:

    Assalamualaikum kak… Jika kita tidak lulus seleksi tahap 1.. Bagaimna u tuk mengikuti seleksi tahap 2,, apakah buat akun baru atau bagaimana kak…?

    Terimakash

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Waalaikumsalam Tessa,

      Jika sudah mendaftar batch 1 dan tidak lulus, bisa kembali mendaftar ke batch 2 dengan akun yang sama. Tidak perlu buat akun baru lagi. Tapi jika semisal mendaftarnya masih tahun depan, harus mendaftar dengan akun baru lagi.

      Semoga membantu 🙂

  11. Febriansyah Kulau berkata:

    Hallo kak ingin bertanya,
    Di form verifikasi tidak ada tertulis untuk membawa Kartu Keluarga. Tetapi di email pemberitahuan diminta untuk membawa semua berkas yang telah di upload. Sebaiknya seperti apa ya kak? Terimakasih

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Seluruh berkas asli yang diupload dipersiapkan saja. Karena berkas ini akan ditanyakan kelengkapannya saat wawancara, termasuk Kartu Keluarga. Jangan sampai ada yang tertinggal ya. Pelajari juga esai dan proposal rencana studi. Persiapkan diri dengan penuh keyakinan alias rasa percaya diri. Semoga sukses.

  12. febrindah berkata:

    permisi, maaf mau tanya. kalau tidak lolos seleksi tahap 1, karena tertulis dipengumuman “skor toefl tidak capai 500”. Apakah batch ke 2 masih bisa mendaftar lagi? sedangkan batch ke 2 saya sudah masuk semester ke 3 (persyaratan mak. semester 2). Terima kasih

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Menurut pengalaman teman-teman para awardee dan keterangan pihak BU, pendaftar yang tidak lolos batch 1 bisa mendaftar lagi pada batch 2 dengan akun yang sama. Jika keterangan yang kurang adalah skor toefl, diperbaiki saja skornya agar sesuai persyaratan. Berkas lain seperti esai, proposal dan prestasi juga bisa diperbaiki agar meningkatkan peluang lolos.

      Sedangkan untuk semester, pada batch 2, para mahasiswa semester 1 & 3 diperkenankan mendaftar. Jadi, silahkan mendaftar saja ya. Semoga lolos.

      • Arief berkata:

        Berarti bila skor TOEFL ITP Kita krg Dr 500 lgsg gugur di awal z nanti ? Atau msh Ada kesempatan dgn melihat passing grade component lainnya?

      • portal-ilmu.com portal-ilmu.com berkata:

        Kemungkinan besar gugur Kak, karena untuk persyaratan awal saja sudah tidak memenuhi. Apalagi, tahun ini kabarnya seleksi BU jauh lebih ketat dari sebelumnya dan jumlah pendaftarnya pun membludak. Itu artinya, kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Tapi ini juga kembali pada keberuntungan kita ya. Bisa jadi ada syarat yang tidak terpenuhi, tetapi lolos, dan ini fakta. Jadi, berdoa saja semoga beruntung.

  13. Ade Kurniawan berkata:

    Assalamualaikum kak
    Saya mau tanya.jika kita tidak lolos di bact 1 maka kita lanjutkan seleksi tahap 2,,dan di bact 2 t apa yg perlu kita lakukan atau kita persiapkan utuk seleksi t kak?
    Masalahnya jika kita ingin merubah atau menambahkan perlengkapan tidak bisa lgi,,tertulis disana sudh di submitted. Gmna solusinya t kak??

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Waalaikumsalam.
      Untuk ikut seleksi di Batch 2 BU bisa memperbaiki berkas-berkas seleksi, misal dengan menambah prestasi, memperbaiki esai, serta proposal studi. Namun, proses penambahan atau perubahan berkas ini baru bisa dilakukan setelah batch 2 dibuka. Jadi, untuk sekarang ini memang belum bisa karena belum dibuka, dan Batch 1 pun masih dalam masa seleksi.

      Silahkan ditunggu sampai buka ya. Semoga sukses dan lolos BU Batch 2. 🙂

  14. Iman berkata:

    Salam Mbak,
    Mau tanya, semisal kita mendaftar di Batch 2 dan alhamdulillah dinyatakan lulus, apakah langsung bisa kuliah di tahun yang sama? Ataukah harus menunggu tahun depannya. Misalnya BU Batch 2 diumumkan sekitar 1 September, dan mulai kuliah misalnya tgl 3 September.
    Terima kasih sebelumnya atas jawabannya.

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Salam,
      Bisa segera kuliah di tahun yang sama selama dari pihak kampus memungkinkan untuk itu. Untuk BU sendiri, perkuliahan lebih fleksibel, karena juga boleh digunakan untuk mahasiswa yang ongoing. Semoga sukses ya.

  15. Rissa berkata:

    Assalamu’alaikum Kak..

    Untuk jadwal pembukaan pendaftaran BU Batch 2 bisa dilihat dimana yaa? Sekarang masih seleksi tahap 1 dan 2 tp sy sudah dinyatakan tdk lulus krn tertulis “skor di bawah passing grade” sy ingin coba yg batch 2 tp tidak tahu kapan.. Mohon bantuannya. Terimakasih

    • portal-ilmu.com Admin berkata:

      Untuk batch 2 BU 2018 memang belum ada jadwal pasti pembukaan. Kemungkinan antara bulan Juni – Juli – Agustus, menunggu penyelesaian pengumuman seleksi BU batch 1 2018, yang juga mundur menjadi tgl 31 Mei.

      Terus pantau laman BU dan dashboard. Begitu pembukaan batch 2, nanti akun BU yang sudah digunakan mendaftar batch 1 dan belum lolos, akan bisa diedit dan diupload ulang berkasnya. Jadi, harus rajin-rajin buka laman BU ya.

      Semoga membantu dan Semoga sukses untuk BU batch 2 2018 ya.

  16. minakhul berkata:

    kak saya tidak mempunyai prestasi dalam bidang apapun tp dipersyaratan ada sertifikat, apakah saya boleh mendaftar beasiswa unggulan?

    • portal-ilmu.com portal-ilmu.com berkata:

      Tentu saja boleh. Silahkan mendaftar terlebih dahulu. Perkara prestasi, bisa dilengkapi dengan sertifikat peserta seminar, pelatihan dan sejenisnya. Ada kog yang lolos meski tidak sesuai prestasi yang disyaratkan. Semangat ya…

  17. salwa Nurbaiah berkata:

    assalamualaikum, kak aku mau nanya kalau maba. Bisa pake peringkat kelas atau paralel gaa?
    Trus kalau gaa ada pengalamana organisasi gmn?

    • portal-ilmu.com portal-ilmu.com berkata:

      Waalaikumsalam Kak. Bisa, untuk mahasiswa baru bisa menggunakan nilai sebelumnya. Tidak apa-apa, tapi usahakan jika ada pengalaman yang diisi, walaupun hanya ekstrakurikuler ya. Semoga beruntung.

      • Isnawati berkata:

        Assalamualaiku kak. Kak apa benar untuk yg sudah mendaftar di batch 1 harus buat akun baru lagi untuk mendaftar di batch 2 tahun ini krn ada salah satu awardee yg bilang seperti itu kak

      • portal-ilmu.com portal-ilmu.com berkata:

        Waalaikumsalam Kak.

        Tidak Kak, jika sudah ada akun di batch 1 kemarin, tidak perlu mendaftar ulang. Akunnya bisa digunakan dan diisi data baru. Jangan lupa submit beasiswa jika seluruh kelengkapan sudah diupload ya.

  18. ayu berkata:

    assalamu’alaikum kak. saya ingin mendaftar bu batch 2, saya sekarang semester 2 dan khs semester dua sudah keluar, tp perkuliahan semster 3 belum dimulai. apakah saya masih bisa ikut ya kak/ jika masih bisa ikut, khs semester 1/2 ya kak yg disertakan. terimakasih kak

  19. Aulia berkata:

    Assalamualaikum… Kak mau tanya, klo beasiswa BU ada kuota gitu gk? Misal untuk s1 berapa, s2 berapa, dan s3 berapa?
    Mungkin gk sih s3 peluangnya dat BU lebih besar dr s1 dan s2?
    Atau S1 peluang lebih besar dari s2 karena mengingat banyaknya pelamar dr s2? Terimakash..

    • portal-ilmu.com portal-ilmu.com berkata:

      Halo Kak Aulia,
      Biasanya ada kuota untuk total jumlah penerima beasiswa atau alokasinya, cuma untuk peluang tetap bergantung pada pesaingnya. Kuota untuk masing-masing jurusan mungkin bisa fleksibel.
      Semoga berhasil

  20. paulina christina dude berkata:

    slmat sore , saya ingin bertanya,kapan pembukaan pendaftaran batc ke 2
    terima kasih

  21. Rizka K berkata:

    Hallo kak..
    Saya mau tanya misalnya saya ada 2 berkas prestasi, saya memiliki salah satu dokumen aslinya sementara yang satunya tidak, lalu apakah saya masih bisa wawancara jika salah satu berkas itu tidak ada berkas aslinya ? Tapi saya benar benar mengikuti lomba tersebut

    • portal-ilmu.com portal-ilmu.com berkata:

      Hallo Kak,
      berdasarkan informasi yang kami dapat, panitia biasanya akan kroscek berkas aslinya saat wawancara nanti. Jadi,memang seluruh berkas yang diupload harus ada aslinya. Kecuali jika memang kebetulan tidak ditanyakan panitia, tidak jadi masalah. Jika ada dokumen pendukung lain yang bisa membuktikan keikutsertaannya dalam lomba tersebut, misal keterangan dari guru/ dosen/ pihak panitia/ dokumen foto dan lain sebagainya, barangkali bisa dibawa sebagai konfirmasi terhadap pihak panitia. Mengenai diterima atau tidak, itu bergantung panitianya.
      Semoga beruntung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *