INGIN TEMBUS BEASISWA UNGGULAN KEMDIKBUD BACTH 2 TAHUN 2017? INILAH TIPSNYA !

Saat ini tidak bisa dipungkiri lulusan sarjana di Indonesia sudah begitu membludaknya. Tak ayal apabila saat ini banyak Instansi pemerintahan atau non-pemerintah dan perusahaan banyak memilih lulusan dengan tingkat pendidikan  lebih tinggi dari S1, yaitu S2.

Masalah yang timbul kemudian ialah, biaya pendidikan untuk S2 saat ini tidaklah murah. Apalagi jika kondisinya kamu adalah mahasiswa yang baru lulus S1 dan mau lanjut S2 tanpa ada kerja sampingan, otomatis akan memakai beasiswa BO (read: Beasiswa Orang tua) hal ini secara tidak langsung akan menimbulkan efek “gak enak, sungkan, dan memberatkan karena secara ideal lulus S1 memang setidaknya kerja dahulu” atau bahkan bagi kalian yang berkompeten di S1 dan mau lanjut S2 namun kurang beruntung disegi finansial pasti akan mengubur harapan tersebut.

Disinilah saya mencoba membagi pengalaman tentang “Tips to get Beasiswa Unggulan from Kemdikbud” yang kira – kira antara bulan Juli – September akan dibuka Batch ke-2 di tahun 2017, karena ulasan intro diatas tadi sesungguhnya diambil dari kegelisahan dan pengalaman saya secara nyata saat memulai pendidikan S2 dahulu.

So, saya adalah awardee beasiswa unggulan masyarakat berprestasi yang mana untuk pendidikan S2 didanai hingga lulus dan meraih gelar Magister. BU (singkatan untuk Beasiswa Unggulan) jenis masyarakat berprestasi diperuntukkan untuk mahasiswa baru dan mahasiswa on-going. Beasiswanya sendiri meliputi biaya hidup (disesuaikan dengan kota tempat penempuhan pendidikan), biaya buku dan biaya UKT/SPP sampai kita lulus.

Langsung saja, what is the tips to get this scholarship ? Hal yang perlu diperhatikan bagi kalian para kandidat ialah, seleksi beasiswa ini terdiri dari tahap adsministrasi dan wawancara.

1. Administrasi

Pada tahap seleksi ini dilakukan secara online langsung melalui laman beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id . Banyak hal yang harus dilengkapi dan diupload pada proses ini namun hal yang paling penting dan menurut asumsiku memiliki point penilaian yang tinggi yaitu,

A# Akreditasi Universitas dan Jurusan

Pastikan universitas dan jurusan yang kalian pilih untuk penempuhan pendidikan S2 memiliki akreditasi yang bagus. Untuk mengecek akreditasi universitas dan jurusan, kalian bisa cek di

banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi

atau bisa langsung cek ke web resmi universitas yang kalian inginkan.

B# Prestasi

Sertakan sertifikat, Apabila kalian memiliki prestasi pemenang lomba sesuai dengan bidang pendidikan kalian, hal ini akan sangat menunjang dan memberikan nilai tambah.

C# Kemampuan Bahasa Asing

Rasanya mutlak sekali memiliki kemampuan berbahasa inggris untuk lanjut pada pendidikan S2 diberbagai jurusan apapun. Untuk sekelas Beasiswa Unggulan, kemampuan bahasa inggris kalian dapat dibuktikan dengan upload sertifikat ITP dari ETS (Educational Testing Service) yang berpusat di Amerika.

Kenapa ITP ? Karena ITP adalah assessment TOEFL yang diakui secara internasional. Jadi, point untuk aspek ini sangat tinggi. Lantas, dimana kalian bisa tes TOEFL ITP ? Kebanyakn Universitas Negeri disetiap kota mengadakan tes semacam ini dan biayanya kisaran Rp. 450.000 – Rp. 550.000 sesuai dengan kebijakan penyelenggara. Perlu diingat jika testnya lebih sulit beberapa tingkat dibandingkan tes TOEFL Equivalent yang biasa diadakan lembaga kursus bahasa inggris.

C# Pengalaman Organisasi

Point yang dinilai ialah, seberapa banyakkah kamu menduduki posisi penting dalam organisasi serta memiliki dampak positif bagi pengembangan interpersonal kalian. Disisi lain semakin seimbangnya antara  kegiatan organisasi dan nilai IPK yang baik juga menjadi penilaian yang cukup tinggi.

D# Upload Proposal Rencana Studi

Proposal ini akan memberikan gambaran bagi dewan juri dalam menilai keuntungan yang diberikan bagi Negara apabila memberikan beasiswa bagi kalian. So, buatlah proposal se-rasional mungkin.

Cantumkan tujuan yang jelas serta hal-hal apa saja yang akan kalian lakukan setelah lulus S2, sangat penting menyisipkan kegiatan yang memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas sesuai dengan bidang yang kalian dalami.

Tak lupa, juga cantumkan kagiatan diluar kampus berkaitan dengan aspek pengembangan diri kalian yang sekali lagi tentunya bermanfaat bagi orang banyak, misal menjadi pegiat sosial dibidang pendidikan bagi anak jalanan dll.

E# Upload Proposal Pendidikan

Naahh, ini juga menjadi point of interest-nya bagi dewan juri untuk menilai kapabilitas kalian sebagai kandidat awardee. Pastikan kembali bahwa proposal penelitian kamu memiliki dampak atau manfaat yang besar bagi pengembangan keilmuan atau bagi khalayak banyak sesuai dengan bidang yang kalian tekuni.

Intinya, hasil penelitian ini bisa secara realistis memberikan pengaruh pada perubahan secara positif dibidang keilmuan kalian. Misalnya, mahasiswa dari jurusan Bimbingan dan Konseling membuat proposal penelitian berkaitan dengan pengembangan media layanan BK yang dapat membantu siswa memanajemen konflik dll.

2. Wawancara

Bagi kalian yang sudah mendapatkan email berupa undangan untuk pelaksanaan sesi wawancara maka bersyukurlah karena kalian telah lolos tahap administrasi. Hal-hal yang perlu diperhatikan pada tahap ini ialah:

A# Lengkapi Berkas Asli

Pastikan apa yang kalian upload pada tahap administrasi, ada bukti “asli” fisiknya. Karena sebelum wawancara, berkas kalian akan dicocokan. Jangan sampai ada 1 berkaspun yang ketinggalan atau lupa tidak dibawa, hal ini bisa berakibat fatal. Siapkan semuanya secara seksama ya.

B# Surat Rekomendasi

Rekomendasi dari Ketua Program Pendidikan, Guru Besar atau Direktur Pascasarjana dapat memberikan point yag tinggi. Lantas bagaimana cara mendapatkannya ? Biasanya kalian bisa langsung mengajukan secara personal kepada pihak-pihak tersebut.

C# Perhatikan Tampilan Fisik dan Tingkah Laku

Selama proses wawancara hendaknya kalian berpakaian rapih (pakai baju formal) dan wangi. Hal ini menunjukkan kalau kalian menghargai lawan bicara. Selain itu tingkah laku yang tepat ditunjukkan ialah santai, rileks saja dan jangan gugup secara berlebihan. Hal ini lumrah dan sangat sering terjadi. Untuk mensiasatinya, lakukan pernafasan mendalam sebelum masuk ruangan dan ubat mindset ketakutan kelian menjadi sebuah spirit “aku bisa !”.

D# Gaya Bicara

Gaya bicara yang tegas, tidak berputar-putar dan ringkas memiliki point plus. Terlebih dari hal itu, kejujuran sangat penting. Tak jarang banyak kandidat yang rela berbohong untuk meninggikan kredibilitasnya. Misalnya, ketika ditanya, “Hal apa sajakah yang membanggakan dalam hidupmu ?” Kebanyakan menjawab hal-hal yang secara berlebihan dan bahkan harus berbohong.

Sesungguhnya untuk menjawab pertanyaan semacam itu, kalian bisa lakukan sesuai dengan kondisi diri sendiri. Misalnya hal yang paling membanggakan ialah dapat membawa orang tua duduk dan menyaksikan wisuda yang mana  memang ini pencapaian tertinggi dan sangat bermakmana bagi kalian. So, jujur dan sesuaikan dengan keadaanmu. Jangan dibuat-buat.

Nah itulah sederet tips yang perlu dipersiapkan untuk memperbesar kemungkinan tembus Beasiswa Unggulan dari Kemdikbud di tahun 2017 ini, semoga bermanfaat dan good luck