Sejarah Indische Partij: Tujuan dan Program Kerjanya

Indriyana Rachmawati

Pernahkah kamu mendengar Indische Partij? Yang dulu tokohnya dikenal dengan sebutan tiga serangkai. Organisasi yang berdiri pada tanggal 25 Desember 1912, di Kota Bandung, merupakan suatu organisasi pengganti organisasi Indische Bond.

Indische Partij merupakan suatu organisasi orang Indo dan Eropa yang berada di Indonesia. Tokohnya pada saat itu dikenal dengan nama tiga serangkai. Dinamakan tiga serangkai, karena terdiri dari tiga orang, yaitu Douwes Dekker atau Danudirdja Setiabudi, dr.Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara.

Jangan lupa LIKE FP kami

Organisasi ini pergerakan nasionalnya bersifat politik murni, namun dengan semangat nasionalisme modern terhadap bangsa Indonesia. Cita-cita organisasi ini untuk menyatukan semua golongan yang tersebar di Indonesia, baik golongan asli Indonesia maupun golongan lain, seperti Indo, Cina, dan Arab. Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara merupakan tokoh yang pernah menuliskan tentang sindiran terhadap kolonial Belanda yang pada saat itu mengajak penduduk pribumi bangsa Indonesia untuk merayakan hari kemerdekaan Belanda, pada hal mereka telah dijajah oleh Belanda.

Tulisan tersebut, ditulis dalam sebuah risalah bahasa Belanda dengan judul Als ik een Nederlander was. Namun sayangnya, pada tahun 1913, ketiga tokoh tersebut, yaitu Douwes Dekker atau Danudirdja Setiabudi, dr.Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara ditangkap oleh Belanda. Mereka bertiga di buang ke Belanda.

Namun kepergian tiga tokoh tersebut memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap kegiatan indische partij. Bukan hanya bagi kegiatan Indische Partij, kehadiran ketiga tokoh, tersebut di Belanda justru memberikan dampak yang kuat bagi mahasiswa yang belajar disana. Insulinde merupakan nama ganti indisch partij.

Namun, kekuatan insulide semakin lemah, mana kala pengaruh sarekat islam yang semakin kuat, sehingga indische partij, menjadi lemah. Pada tahun 1919 Insulinde berubah nama menjadi National Indische Parttij, namun sayangnya, juga tidak memberikan pengaruh cukup besar ke rakyat Indonesia. Akhirnya, NIP hanya merupakan perkumpulan orang-orang terpelajar saja.

Baca juga: Gerakan Rakyat Indonesia

Tujuan Didirikannya Indeische Partij

  1. Memberantas rasa kesombongan rasial dan keistimewaan ras.
  2. Memperkuat daya tahan rakyat Hindia dengan mengembangkan individu ke aktifitas yang lebih besar secara teknis dan memperkuat kekuatan batin dalam soal kesusilaan.
  3. Memelihara nasionalisme Hindia dengan meresapkan cita-cita kesatuan kebangsaan semua Indiers, meluaskan pengetahuan umum tentang sejarah budaya Hindia, mengasosiasikan intelek secara bertingkat ke dalam suku dan antar suku yang masih hidup berdampingan pada masa ini, menghidupkan kesadaran diri dan kepercayaan kepada diri sendiri.
  4. Memberantas usaha untuk membangkitkan kebenciaan agama dan sektarisme.
  5. Memperbaiki keadaan ekonomi bangsa Hindia, terutama dengan memperkuat mereka yang ekonominya lemah.
  6. Mengadakan unifikasi, perluasan, pendalaman, meng-Hindia-kan pengajaran, yang semua hal tersebut ditujukan kepada kepentingan ekonomi Hindia, dimana tidak diperbolehkan adanya perbedaan perlakuan karena ras, seks, atau kasta dan harus dilaksanakan sampai tingkat yang setingi-tingnya yang bisa di capai.
  7. Berusaha untuk mendapatkan persamaan hak bagi semua orang Hindia.
  8. Memperkuat daya rakyat Hindia untuk mempertahankan tanah air dari serangan asing.
  9. Memperbesar pengaruh pro-Hindia di dalam pemerintahan.

Program kerja Indische Partij, yaitu:

  1. Menyerap cita-cita nasional Hindia atau Indonesia
  2. Memberantas kesombongan sosial dalm pergaulan, baik pemerintah maupun masyarakat
  3. Memberantas usaha-usaha yang membangkitkan kebencian antara agama yang satu dengan agama yang lain
  4. Berusaha untuk memperoleh persamaan hak bagi semua orang Hindia.
  5. Memperbesar pengaruh pro-Hindia di lapangan pemerintahan
  6. Dalam hal pengajaran, kegunaannya harus ditujukan untuk kepentingan ekonomi Hindia dan memperkuat mereka yang ekonominya lemah.

Referensi:

  1. www.astalog.com/5321/tujuan-utama-didirikannya-indische-partij.htm
  2. www.pengertiansejarah.com/sejarah-munculnya-organisasi-pergerakan-nasional-indische-partij-ip.html
  3. kartika.xyz/sejarah-kelas-xi/organisasi-indische-partij-ip

3 Replies to “Sejarah Indische Partij: Tujuan dan Program Kerjanya”

  1. tentangwebsites.blogspot.com berkata:

    blognya Sudah mantab gitu gan, cuma menurut saya recent post itu lumayan penting. salam blogger…

  2. Satria berkata:

    Makasih kawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close