Contoh Format atau Template Jurnal

Bagi kalangan akademisi, menulis jurnal adalah suatu tuntutan. Entah itu mahasiswa, guru, dosen, peneliti, bahkan tak jarang siswa pun juga sering ditugaskan untuk membuat jurnal. Jurnal merupakan suatu jenis karya tulis ilmiah, yang berisi analisis hasil penelitian.

Berbeda dengan karya ilmiah lain, seperi paper atau makalah, jurnal memiliki sifat yang lebih rigid. Sistematika jurnal harus disusun sesuai dengan kaidah penulisan jurnal secara umum. Jadi, kita tidak bisa sembarangan dalam menulis jurnal.

Bahkan, format atau template jurnal juga harus tertata secara sistematis dan runtut. Suatu karya tulis bisa disebut sebagai jurnal, juga harus diterbitkan oleh penerbit jurnal yang memiliki issn (International Standard Serial Number).

Masing – masing penerbit jurnal biasanya memiliki contoh format atau template jurnal sendiri sebagai syarat bagi karya tulis yang akan diterbitkan di jurnal tersebut. Meskipun masing-masing jurnal memiliki format atau template sendiri, tapi kita bisa menarik kesimpulan umum terkait sistematika jurnal.

Jurnal secara umum terdiri dari :

1# judul,
2# identitas penulis,
3# abstrak,
4# pendahuluan,
5# tinjauan teoritis,
6# metode penelitian,
7# hasil penelitian,
8# kesimpulan dan saran,
9# daftar Pustaka.

Lantas, seperti apa format atau template jurnal itu? Berikut terdapat contoh format atau template jurnal yang bisa Anda jadikan referensi untuk menulis jurnal. Meskipun detail format bisa berbeda, tapi sistematika penulisan atau konten jurnal secara umum dapat merujuk pada contoh format atau template jurnal berikut ini.

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *