Doa Ziarah Kubur (Teks Arab, beserta Terjemahannya Lengkap)

Suatu saat ketika kita bepergian ke suatu tempat baik naik kendaraan ataupun jalan kaki, dan kemudian kita melewati Tempat Pemakaman Umum (TPU), kira-kira apa yang terlintas dalam pikiran dan benak kita sebagai seorang yang beriman. Pastinya kelak diri kita akan menyusul mereka juga.

Oleh karena itulah dalam agama Islam, Rasulullah saw. mengajarkan, ketika seseorang sedang keluar lalu melewati pemakaman atau kuburan, hendaknya seseorang tersebut membacakan doa  untuk mereka (jenazah yang dimakamkan di kuburan tersebut)

Ibarat ketika bertemu saudara sesama muslim dan kemudian saling mengucapkan satu salam antara satu dengan yang lainnya, tentu akan sangat senang sekali. Karena dalam ucapan salam juga mengandung unsur doa keselamatan kepada saudara kita yang lainnya.

Di sinilah salah satu letak keindahan agama Islam. Artinya, meskipun sudah beda alam, ternyata kita juga diajarkan untuk senantiasa memberikan doa ataupun salam kepada mereka. Terlebih lagi kepada orangtua, keluarga, dan guru-guru kita yang sudah meninggal dunia.

Lalu doa yang bagaimana yang harus kita baca ketika kita melewati atau akan berziarah ke suatu pemakaman??. Berikut doa yang hendaknya kita baca sesuai dengan salah satu riwayat hadits Nabi saw.

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَإِنَّا، إِنْ شَاءَ اللهُ لَلَاحِقُونَ، أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Assalaamu ‘alaikum ahlad diyaar minal mu’miniina wal muslimin , wa innaa insyaa Allaaahu lalaahiquun, nas alullaaha lanaa wa lakumul ‘aafiyah

Artinya:

“Semoga kesejahteraan untukmu, wahai penghuni kubur dari orang-orang mu’min dan muslim, dan sesungguhnya kami Insya Allah akan menyusul kalian (Semoga Allah merahmati orang yang mendahului diantara kita dan mereka yang menyusul kemudian). Aku memohon kepada Allah untuk diri kami dan kalian (suatu) keselamatan“ (HR. Muslim melalui sahabat Zuhair ra.)

Dalam kitab hadits yang lain, pada akhir kalimat dituliskan dengan lafadz نَسْأَلُ اللَّهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ  (nas alullaaha lanaa wa lakumul ‘aafiyah) yang artinya “…., kami memohon kepada Allah untuk diri kami dan kalian (suatu) keselamatan”

Semoga dengan penyampaian materi doa ziarah kubur ini, bisa membuat diri kita dan orang-orang di sekitar kita ingat akan yang namanya kematian pasti akan datang, dan kita tidak tahu kapan dan dimana tempat menghampirinya.

Sehingga dengan membaca doa ziarah kubur ini, kita dan orang-orang yang kita cintai yang ada di sekitar kita bisa senantiasa saling mengingatkan dan tolong menolong untuk mempersiapkan bekal, agar selamat dan terhindarkan dari siksaan Allah swt.

Sumber:

Said bin Ali al-Qahtani, Kumpulan Doa dalam Al-Qur’an & Hadits (terj), (Riyadh: Maktab Dakwah dan Bimbingan Jaliyat Rabwah), 2017
Muslim bin al-Hujjaj, Shahiih Muslim, (Beirut: Dar Ihya’ at-Turats al-‘Arabiy),tt, (diambil dari software al-Maktabah al-Syamilah v. 3.48)